Sukses

18 Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Bisul dan Disentri

Manfaat bunga kamboja untuk kesehatan, membantu mengobati bisul dan penyakit disentri.

Liputan6.com, Jakarta Tanaman kamboja adalah salah satu tanaman yang mengandung banyak senyawa kimia. Selain aromanya yang harum, kamboja juga bermanfaat untuk kesehatan manusia. Di dalamnya terdapat asam plumerat, asam serotinat, plumierid, dan agoniadin.

Tak hanya itu, kulit dari bunga kamboja mengandung zat pahit beracun dan getahnya mengandung damar dan asam plumeria, sehingga membantu mengatasi berbagai penyakit. Manfaat bunga kamboja yang baik untuk kesehatan, bisa mengobati bisul juga menghambat disentri.

Mayoritas masyarakat di Indonesia biasanya menggunakan tanaman kamboja sebagai penghias taman, untuk menggelar berbagai upacara keagamaan, hingga sebagai penenang jiwa. Namun siapa yang menyangka bahwa tanaman ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan juga kecantikan. Manfaat bunga kamboja berkhasiat mengobati penyakit radang saluran pernafasan, TBC, maupun hepatitis.

Manfaat bunga kamboja juga bisa digunakan untuk meredakan demam, menghentikan batuk, melancarkan keluarnya air seni, mencegah pingsan, menghentikan mencret, dan penyakit lainnya. Hal ini karena senyawa seperti triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin, mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat bunga kamboja yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/11/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

1. Antibiotik dan Mengobati Sakit Gigi

Manfaat bunga kamboja untuk kesehatan, berperan sebagai antibiotik yang baik serta dapat mengobati sakit gigi. Hal ini karena getah dari kamboja memiliki alkaloid, tanin, flavonoid dan triterpenoid berkhasiat mengobati sakit gigi berlubang. Anda bisa mengambil beberapa tetes getah kamboja dengan bola kapas, lalu letakkanlah kapas pada gigi yang sakit. Meskipun bersifat sementara, namun bisa membantu Anda mengatasi sakit gigi. 

2. Mengobati Bisul

Bunga kamboja juga berfungsi secara baik, mengobati bisul dengan cara memanaskan daun kamboja di atas api hingga layu. Setelah itu, Anda bisa olesi dengan minyak zaitun dan tempelkan pada bisul dalam keadaan masih panas.

3.Mengobati Kaki Bengkak

Manfaat selanjutnya untuk kesehatan, secara ampuh mengobati kaki bengkak juga tumit yang pecah-pecah. Akar dan batang dan daun kamboja bisa Anda rebus hingga mendidih, lalu tambahkan sedikit garam mineral. Tunggu hingga air rebusan menjadi dingin, lalu Anda bisa gunakan untuk merendam kaki yang bengkak dua kali sehari.

4. Gonorrhoea dan Borok

Bagi penderita penyakit menular seksual (PMS) yang mengalami kencing nanah atau gonorrhoea, bisa mengoleskan getah kamboja pada borok yang sudah dicuci dengan air hangat. Kamboja tidak akan  memberikan efek samping apapun, seperti obat-obatan kimia yang apabila digunakan secara berkepanjangan maka rentan menimbulkan efek samping. 

5. Mengusir Nyamuk

Ekstrak dari bunga kamboja, saat ini kerap digunakan sebagai salah satu bahan untuk campuran lotion anti nyamuk. Hal ini karena kandungan minyak atsiri yang terkandung, memiliki senyawa geraniol yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk.

3 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

 

6. Melembapkan Kulit

Kandungan minyak atsiri yang ada pada bunga kamboja bermanfaat untuk melembapkan kulit, sehingga digunakan oleh banyak orang ketika pemijatan. Minyak kamboja dapat mengikat molekul air,  yang dapat mempertahankan kadar air dalam kulit, sehingga kelembaban kulit Anda akan selalu terjaga dengan baik. 

7. Menjaga Kebersihan Kulit 

Bunga kamboja juga bisa menjaga kebersihan kulit, karena kandungan minyak atsiri yang dikombinasikan dengan  ekstrak etanol, menunjukkan efek sinergis pada aktivitas antibakteri. Oleh karena itu, dengan mencampurkan kandungan ini dengan zat tertentu, bisa membersihkan kulit secara merata. 

8. Mengatasi Penyakit Disentri 

Bunga kamboja berfungsi secara baik, mengatasi penyakit disentri. Hal ini karena bunga kamboja telah digunakan secara turun temurun, sebagai ramuan dengan cara direbus sebanyak 12-24 gram bunga kamboja kering dengan 400 cc air hingga airnya menyusut setengah. Setelah dingin, maka air  dari bunga kamboja bisa dikonsumsi untuk mengatasi penyakit disentri. 

9. Sebagai Obat Penurun Demam

Bunga kamboja bermanfaat sebagai obat penurun demam, karena kandungan triterpenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin yang bersifat sebagai antipiretik. Zat-zat pada bunga kamboja juga bersifat anti inflamasi, yang bisa mengatasi radang, dan dapat meredakan rasa sakit demam. 

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

10. Bahan Pembuatan Parfum

Manfaat bunga kamboja berikutnya yang bisa Anda peroleh adalah sebagai parfum yang alami, karena bunga kamboja dikenal memiliki wangi yang khas. Hal ini menjadikan produsen parfum memanfaatkan minyak atsiri sebagai bahan pembuatan parfum. 

11. Menyehatkan Rambut

Tidak hanya berperan secara baik untuk kulit tampak lebih lembut, namun kandungan minyak atsiri dari bunga kamboja, berkhasiat dalam menjaga kesahatan rambut. Adapun ekstrak minyak dari bunga kamboja memiliki khasiat membuat rambut lebih lembab, lembut, halus, dan sehat.

12. Bahan Makanan

Bunga kamboja juga digunakan sebagai bahan makanan yang bisa dikonsumsi, di mana memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Salah satu olahan tradisional yang ada di bali, menggunakan kamboja sebagai bahannya adalah lawar don jepun.

13. Dijadikan Teh

Tak hanya digunakan sebagai bahan makanan, namun bisa diolah untuk teh. Bunga yang berguguran di tanah, bisa Anda cuci, kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari sampai kering. Teh dari bunga kamboja berkhasiat memberikan efek sejuk pada sistem pencernaan. 

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

14. Meredakan Nyeri pada Persalinan

Manfaat bunga kamboja juga bisa meredakan nyeri saat persalinan. Anda bisa melakukan pijatan jelang proses persalinan, dengan minyak esensial yang membantu meredakan nyeri. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Therapeutic Massage & Bodywork, ibu hamil yang tengah melakukan proses persalinan merasakan tingkat nyeri skala 7-9 (nyeri parah). Akan tetapi setelah dipijat dengan minyak bunga kamboja, nyeri yang dialami secara perlahan menurun hingga skala 4-5. 

15. Stres

Adapun ekstrak dari bunga kamboja yang mengandung senyawa geraniol, citronellol, dan linalool, berikatan dengan reseptor hidung dan mengeluarkan aroma yang menenangkan. Dengan minyak ekstrak yang dimiliki oleh bunga kamboja, dapat memberikan rasa rileks dan meredakan stres. Hal ini juga akan memicu produksi enkephalin dan hormon endorfin di dalam tubuh.

16. Mengobati Kencing Nanah

Bunga kamboja berkhasiat mengobati kencing nanah, akibat penyakit yang menular pada seks. Cara mengobatinya juga mudah dilakukan, Anda bisa merebus bunga ini dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu minum sehari sekali.

17. Mencegah Penyakit Kulit

Bunga kamboja juga bisa membantu mengatasi dan mencegah iritasi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit kulit adalah salah satu penyakit yang memang tergolong mudah menular, maka Anda bisa mencegahnya dengan melakukan pengobatan herbal menggunakan bunga kamboja. 

18. Menghilangkan Kutil

Khasiat bunga kamboja juga membantu menghilangkan kutil. Saat mengaplikasikan bunga kamboja ke kutil, maka Anda harus berhati-hati karena getah bunga ini sangat tajam sehingga dapat melukai bagian kulit. Untuk penggunaanya, jangan sampai menyentuh area kulit lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.