Sukses

Manfaat Sampah Organik dan Anorganik, Kenali Cara Mengelolanya

Manfaat sampah organik dan anorganik perlu kamu kenali.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sampah perlu dipahami setiap orang. Sampah sendiri merupakan sisa-sisa kegiatan setiap hari dari manusia, atau dari proses alam yang terjadi. Ada dua jenis sampah di lingkungan, yaitu sampah organik dan anorganik.

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Sampah organik ini masih bisa dipakai jika dikelola dengan prosedur yang benar. Jadi, sampah ini bisa bermanfaat bagi kehidupan. Sampah organik adalah sampah yang mudah mengalami daur ulang.

Selain sampah organik, kamu juga bisa mengenali sampah anorganik. Berbeda dengan sampah organik, sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat diproses secara alami. Sampah ini cukup sulit untuk didaur ulang.

Manfaat sampah organik dan anorganik perlu kamu kenali. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/11/2022) tentang manfaat sampah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Sampah Organik

Sebelum mengenali manfaat sampah organik, kamu perlu memahami jenisnya terlebih dahulu. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup. Jenis-jenis sampah organik adalah sebagai berikut:

- Sampah Organik Basah. Sampah organik basah merupakan sampah organik yang banyak mengandung air. Sampah organik basah contohnya adalah sisa sayur, kulit pisang, buah yang busuk, kulit bawang dan sejenisnya. Kandungan air yang tinggi ini menyebabkan jenis sampah organik ini cepat membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap.

- Sampah Organik Kering. Jenis sampah organik berikutnya adalah sampah organik kering. Sampah organik kering merupakan sampah organik yang sedikit mengandung air. Contoh sampah organik misalnya kayu, ranting pohon, dan daun kering. Kebanyakan sampah organik sulit diolah kembali. Contoh dari dari sampah organik adalah nasi, kulit buah, buah dan sayuran busuk, ampas teh/ kopi, bangkai hewan, dan kotoran hewan/ manusia.

Manfaat sampah organik yang dapat didaur ulang tentunya sangat berguna untuk kehidupan. Syaratnya tentu harus dikelola dengan baik agar menjadi sesuatu yang berguna.  Manfaat sampah organik sangat banyak, yang mana bisa menjadi sumber pemasukan bila diolah dengan baik. Bahkan dapat menimimalisir banyak sampah di tempat pembuangan akhir.

Manfaat sampah organik adalah sebagai berikut:

1. Sampah Organik Untuk Kompos/Pupuk Organik

Sampah organik adalah sampah yang dapat didaur ulang. Sampah organik seperti buah busuk dan sayuran dapat dibuat menjadi suatu hal berguna, di antaranya kompos. Bahkan, pengolahan sampah organik untuk dijadikan kompos tidaklah sulit.

2. Tambahan Pakan Ternak

Manfaat sampah organik adalah sebagai tambahan pakan ternak. Tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai tambahan pakan kambing, sapi, dan kerbau, sampah organik juga dapat diolah menjadi pelet untuk makanan ayam dan ikan.

3. Biogas dan Listrik

Sampah organik adalah sampah yang juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan sampah organik yang berasal dari kotoran hewan maupun manusia, limbah tempe dan tahu digunakan sebagai bahan utama.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sampah Anorganik

Selain manfaat sampah organik, kamu tentunya juga perlu mengenali manfaat sampah anorganik. Manfaat sampah anorganik adalah sebagai bahan kerajinan dari sampah/ limbah. Contohnya sampah plastik dapat dibuat tas, taplak meja makan, hingga pernak pernik.

Contoh sampah anorganik adalah plastik, botol/ kaleng minuman, kresek, ban bekas, besi, kaca, kabel, barang elektronik, bohlam lampu dan plastik. Memang sampah anorganik sulit terurai tetapi tetap dapat kamu manfaatkan kembali, jangan sampai dibiarkan begitu saja.

4 dari 4 halaman

Cara Mengelola Sampah agar Bermanfaat

Setelah memahami manfaat sampah organik dan anorganik, kamu tentunya perlu mengenali cara mengelola sampahagar bermanfaat. Pengelolaan sampah dengan menerapkan prinsip 3R perlu kamu lakukan. 3R ini yaitu (Reuse, Reduce, dan Recycle). Apalagi, mengelola sampah dengan prinsip 3R sangat mudah dan tidak membutuhkan peralatan apa pun. Berikut cara mengelola sampah agar bermanfaat:

1. Reuse (Penggunaan kembali)

Reuse adalah mengunakan kembali sampah secara langsung, dengan fungsi yang masih sama ataupun fungsi yang beda.

Contoh kegiatan reuse dalam kehidupan sehari-hari:

- Menggunakan kembali wadah yang sudah kosong untuk fungsi yang lain.

- Memakai kertas yang masih kosong untuk keperluan menulis.

 2. Reduce (Pengurangan)

Reduce adalah pengurangan segala kegiatan yang dapat menimbulkan sampah.

Contoh kegiatan reduce dalam kehidupan sehari-hari:

- Memilih produk dengan kemasan yang bisa di daur ulang.

- Hindari pengunaan dan pemakaian produk yang menimbulkan banyaknya sampah.

- Menggunakan produk yang bisa diisi ulang kembali.

- Menghindari penggunaan barang yang tidak perlu.

 3. Recycle (Daur ulang)

Recyle adalah pemanfaatan kembali sampah dengan beberapa tahapan pengolahan.

Contoh kegiatan recyle (daur ulang) sehari-hari:

- Olah sampah plastik menjadi kerajinan tangan.

- Olah sampah organik untuk kompos.

Dalam mengelola sampah bisa dengan daur ulang, supaya memiliki nilai yang bermanfaat lagi. Daur ulang adalah suatu cara untuk mengelola sampah dengan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan dan pembuatan produk sampai bernilai guna lagi. Manfaat dari daur ulang antara lain adalah penghematan SDA ( Sumber Daya Alam), penghematan Energi, penghematan lahan TPA, lingkungan menjadi lebih asri, serta pengurangan biaya belanja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.