Sukses

33 Tempat Wisata di Bandar Lampung dan Sekitarnya yang Selalu Hits

Rekomendasi tempat wisata di Bandar Lampung dan sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak rekomendasi tempat wisata di Bandar Lampung dan sekitarnya yang sayang jika dilewatkan. Ibu kota di provinsi Lampung ini dikenal memiliki panorama alam yang luar biasa indah dan memukau.

Tempat wisata di Bandar Lampung dan sekitarnya yang selalu hits adalah berupa perbukitan, pantai, museum, pulau-pulau kecil, taman nasional, hutan raya, mata air, dan masih banyak lagi lainnya.

Ketika berkunjung ke wilayah di ujung pulau Sumatera ini, tempat wisata di Bandar Lampung dan sekitarnya yang selalu hits wajib dikunjungi. Cocok untuk mengisi waktu libur bersama keluarga, teman, sahabat, dan pasangan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tempat wisata di Bandar Lampung dan sekitarnya yang selalu hits, Kamis (17/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Bandar Lampung dan Sekitarnya yang Selalu Hits

1. Museum Negeri Lampung

Museum Negeri Lampung adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Lokasinya ada di Jl. ZA. Pagaralam, dekat underpass Unila, serta memiliki banyak sekali koleksi benda-benda hasil seni, keramik dari negeri Siam dan negeri Cina dari jaman Dinasti Ming, stempel dan mata uang kuno berasal dari masa penjajahan Belanda.

Museum ini menyediakan ribuan koleksi mulai dari geologika, biologika, numismatika/heraldika, filoqika, keramologika, seni rupa dan teknologika. Ada juga beberapa peninggalan prasejarah, benda-benda zaman Hindu – Budha, zaman kedatangan Islam, masa penjajahan, dan paska kemerdekaan RI. 

2. Taman Kupu-kupu Gita Persada

Taman Kupu-kupu Gita Persada adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Tempat ini bisa menjadi rekomendasi liburan keluarga yang seru dan menyenangkan. Wisatawan bisa melihat banyak kupu-kupu dari dekat.

Lokasi tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits ini ada di Kecamatan Kemiling Bandar Lampung serta bersebelahan dengan Taman Rusa Tahura Wan Abdul Rahman.

3. Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Lokasinya di area perbukitan sebelah Barat kota Bandar Lampung. Lembah Hijau memberikan sensasi alam yang sejuk serta asri, cocok dijadikan tempat untuk menghilangkan penat.

Tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits ini merupakan perpaduan antara taman rekreasi pegunungan dan taman satwa, di mana tersedia cottage, ruang pertemuan, cafe, waterboom, arena outbound, dan wahana-wahana hiburan lain.

4. Pantai Mutun

Pantai Mutun adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Tempat ini hanya berjarak 10 km dari pusat Kota Bandar Lampung, memiliki pasir putih sejauh mata memandang, membuat siapapun ingin menghabiskan waktu liburan di sini.

Panorama alam juga memukau, sehingga wisatawan bisa seru-seruan dengan aneka water sports, mulai dari kano hingga menaiki banana boat di salah satu tempat wisata di Bandar Lampung ini. Fasilitas yang tersedia di sini juga sangat mumpuni, sehingga pengunjung tak menjadi khawatir. 

5. Bukit Sakura Lampung

Bukit Sakura Lampung adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Ini wisata Bandar Lampung yang menyuguhkan nuansa bak Negeri Sakura Jepang. Pemandangannya dipenuhi dengan pohon Sakura, sekaligus bangunan ala-ala Jepang.

Wisatawan bisa menyewa baju tradisional Jepang dengan segala pernak-perniknya. Tentu fasilitas tersebut melengkapi kebutuhan untuk berfoto. Lokasinya berada di dataran tinggi, ini membuat wisatawan bisa menikmati udara yang sejuk dan pemandangan indah.

6. Lengkung Langit

Lengkung Langit adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Ini lokasi wisata yang sudah diresmikan pada akhir tahun 2020. Lengkung Langit adalah taman wisata keluarga yang memadukan wisata alam dan spot foto yang fotogenik. Berbagai fasilitas disediakan pengelola, selain tentu saja pemandangan alam yang cantik.

7. Tugu Adipura 

Tugu Adipura atau Tugu Gajah adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Ada lebih kurang 4 patung gajah di tengah kolam di bagian bawah tugu. Lokasinya ada di perempatan jalan di antara jalan Radin Intan, jalan A.Yani, jalan Jenderal Sudirman dan jalan Diponegoro.

8. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Pulau ini memiliki keindahan alam bawah memukau. Wisatawan bisa snorkeling dan diving. Pulau Pahawang terbagi menjadi dua yaitu Pahawang Besar dan Kecil, di mana bisa diakses masyarakat umum juga merupakan pulau pribadi.

9. Pulau Tangkil

Pulau Tangkil adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung hanya membutuhkan waktu 10 menit perjalanan mengendarai boat. Pulau Tangkil memiliki pasir putih sejauh mata memandang dan air pantai yang sangat jernih.

10. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Walaupun jarak yang akan ditempuh cukup jauh dari Bandar Lampung, di sini wisatawan bisa melihat aktivitas lumba-lumba.

Selain bermain dengan lumba-lumba, wisatawan bisa berenang di sebuah laguna cantik yang berada di balik bukit Teluk Kiluan.

11. Vihara Thay Hin Bio

Vihara Thay Hin Bio adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Tempat ini satu kawasan dengan Teluk Betung di mana didirikan atas keinginan masyarakat Lampung keturunan Tionghoa. Dinamakan Vihara Kuan Im Thing, karena dalam perjalanannya vihara ini diperluas dan berganti nama menjadi Vihara Than Hin Bio.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Bandar Lampung dan Sekitarnya yang Selalu Hits

12. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Ini pusat konservasi besar yang menampung setidaknya 300 ekor gajah dan sampai saat ini terus bertambah.

Saat memilih untuk bertandang ke sini, wisatawan bisa diajak langsung untuk berinteraksi dengan gajah. Lokasi tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits ini di Lampung Timur dan buka dari jam 8.00 WIB hingga 18.00 WIB. 

13. Kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman

Hutan Raya Wan Abdul Rahman adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Tempat ini akan sangat cocok untuk yang mencari ketenangan atau sekadar healing forest atau bathing forest.

Tempat ini juga memiliki banyak spot yang bisa kita kunjungi, serta melihat dan mencoba viewing platform Tahura Wan Abdul Rahman. Tersedia juga beberapa air terjun yang bisa dinikmati oleh pengunjung. 

14. Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Lokasinya di area perbukitan sebelah Barat kota Bandar Lampung.

Ini perpaduan antara taman rekreasi pegunungan dan taman satwa, di mana tersedia cottage, ruang pertemuan, cafe, waterboom, arena outbound, dan wahana-wahana hiburan lain.

15. Muncak Teropong Laut

Muncak Teropong Laut adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Wisatawan bisa menikmati keindahan Teluk Lampung beserta perkotaan dari atas ketinggian.

Birunya laut dan sejumlah pulau kecil akan menjadi latar berfoto yang kian indah seiring datangnya senja. Sekilas, tempat ini terlihat seperti versi mininya The Lodge Maribaya, Bandung. Tempat ini berlokasi di Desa Muncak, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung.

16. Mata Air Way Suppuk

Mata Air Way Suppuk adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Jernihnya air di Mata Air Way Suppuk memungkinkan pengunjung untuk melakukan kegiatan snorkeling.

Terdapat banyak spot foto bawah air (underwater) yang keren punya disana selain itu mata air yang jernih dan segar membuat kalian ingin berenang serta menyelam (snorkeling) disana .

17. Pulau Anak Krakatau

Pulau Anak Krakatau adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Ini pulau vulkanik kecil, bagian dari anggota dari kepulauan Krakatau. Tampilan pulau ini didominasi oleh gunung api yang masih selalu aktif, Gunung Anak Krakatau. Pulau Anak Krakatau merupakan wisata Lampung Selatan yang begitu diandalkan.

18. Batu Granit

Batu Granit adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Wisata satu ini memiliki daya tarik berupa kumpulan batu besar yang masuk kelompok batuan granit. Ukuran batu di lokasi ini bervariasi bahkan ada yang seukuran kapal ferry.  

Selain pemandangan yang indah, Batu Granit bisa menjadi objek wisata edukasi, terutama tentang bagaimana proses terbentuknya batu ini.

19. Pantai Kedu

Pantai Kedu adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Wisata satu ini menawarkan keindahan pantai dengan latar pemandangan Gunung Rajabasa dan Krakatau. Pantai Kedu terkenal akan indahnya pemandangan sunset ditemani ombak pantai yang menggulung indah dan hamparan pasir putih yang bersih.

20. Pantai Tanjung Helau

Pantai Tanjung Helau adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Pasirnya yang berwarna putih dan halus, diujung pasirnya ada jajaran batu karang yang indah dan juga berfungsi untuk memagari bibir pantai. Dari bibir pantai, pengunjung bisa melihat megahnya Gunung Krakatau.

21. Pantai Kahai

Pantai Kahai adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Jika umumnya pantai di Lampung hanya menyediakan wahana permainan di laut, namun di pantai ini wahana-wahana berada di daratan. Pantai Kahai berada di Jalan Pesisir Batu Balak, Rajabasa, Hargo Pancoran, Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan.

22. Pantai Bagus

Pantai Bagus Kalianda atau Bagoes adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Meski belum setenar pantai-pantai lainnya, tetapi panorama yang disajikan bisa dibilang istimewa. Pantai ini terletak di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Embe dan Juga Grand Elty Krakatoa.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Bandar Lampung dan Sekitarnya yang Selalu Hits

23. Pantai Batu Lapis

Pantai batu lapis adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Wisata ini memiliki karakter yang unik karena pantai tersusun oleh batu yang berlapis-lapis, bukan hamparan pasir.

Batuan di tepi pantai yang memiliki bentuk berlapis-lapis, inilah yang menjadi daya tarik utama yang jarang dijumpai di lokasi lain. Pantai ini berada di Jl. Tj. Heran - Penengahan No.4, Totoharjo, Kec. Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

24. Pantai Canti

Pantai Canti adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Lokasinya berada di kawasan Kalianda, Lampung Selatan. Di sekitar pantai Canti terdapat gua alam, batu karang yang fotogenik, ombak tenang dan juga pasir pantai yang luas. Pemandangan laut biru dan adanya pulau kecil di depan pantai serta perbukitan disekitarnya adalah perpaduan khas yang tidak boleh dilewatkan.

25. Pantai Guci Batu Kapal

Pantai Guci Batu Kapal adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Lokasinya berada di Kalianda, Lampung Selatan memiliki bibir pantai yang cantik. Di pantai ini terdapat batu-batu karang yang berbentuk menyerupai kapal.

Konon tempat ini adalah sebuah pelabuhan, yang menjadi tempat bersandar kapal-kapal bangsa asing. Pelabuhan ini dikutuk oleh si Pahit Lidah menjadi batu. Si Pahit Lidah tidak menyukai orang-orang di pelabuhan karena terlalu sibuk dan mengacuhkan si Pahit Lidah saat mencoba menyapa mereka.

26. Pantai Lepas Kunjir

Pantai Lepas Kunjir adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Ini spot wisata favorit di pesisir kecamatan Rajabasa. Dari pantai ini, wisatawan bisa menikmati laut selat sunda dan Gunung Anak krakatau. Selain pemandangan selat sunda, Pantai Lepas Kunjir juga memiliki potensi air panas belerang di sejumlah titik.

27. Pantai Minang Rua

Pantai Minang Rua adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Lokasinya berada di Desa Kelawi, Bakauheni, Lampung Selatan. Patai ini menjadi primadona wisata Lampung Selatan yang banyak dikunjungi masyarakat. Selain menghadirkan keindahan pasir putih nan landai yang terhampar, pantai ini memiliki banyak pesona alam lainnya tak banyak ditemui di tempat lain.

28. Pantai Tanjung Tuha

Pantai Tanjung Tuha adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Wisata satu ini masih alami, belum ada fasilitas yang dibangun seperti pondokan dan wahana-wahana pantai.

Di sekitar pantai ada bukit-bukit dan lahan hijau yang ditumbuhi tanaman jagung milik masyarakat. Pengunjung bisa menikmati hembusan angin di pinggir pantai sambil berfoto di batuan fotogenik yang berjejeran di pinggir pantai. Batuan yang ada di tepin pantai sangat fotogenik.

29. Pantai Wartawan

Pantai Wartawan adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Wisata satu ini sangat terkenal dengan adanya sumber air panas yang multifungsi. Selain menikmati pemandangan alam yang sangat menarik, pengunjung dapat menikmati sensasi memasak menggunakan air panas di tepi pantai. Pengunjung dapat menikmatinya saat surut.

30. Pantai Klara

Pantai Klara adalah salah satu tempat wisata Lampung yang wajib dikunjungi. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Raya Way Ratay No. 99, Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Pantai Klara mempunyai pondok yang disewakan di sepanjang tepi pantai dengan tarif terjangkau. Pantai Klara menyediakan sarana kamar mandi untuk bilas tubuh setelah seharian berendam di air laut.

Di Pantai Klara, pengunjung bisa mencari aneka hewan laut sekitaran batu karang, ketika airnya surut. Di sana Anda bisa menemukan teripang, kerang, dan bulu babi.

31. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Di sini tidak ada hiu sama sekali. Saat mengunjungi pantai ini, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan batu karang yang menjulang tinggi seperti deretan gigi hiu.

Pantai gigi hiu terletak di Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Orang sekitar biasanya menyebut Pantai Pegadungan, Karang Pegadungan, atau Pantai Batu Layar, karena deretan batu karang yang melebar dan terlihat seperti layar perahu.

32. Bumi Kedaton

Taman Wisata Bumi Kedaton adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Nuansa pegunungan yang hijau dan berhawa sejuk jelas menjadi daya tarik utama tempat wisata Lampung ini.

Taman wisata ini berada pada ketinggian ketinggian 700-900 meter di atas permukaan laut dengan menempati lahan bekas area perkebunan durian.

33. Danau Suoh

Danau Suoh adalah tempat wisata di Bandar Lampung yang selalu hits. Lokasinya di Dusun Kalibata, Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Terdapat tiga danau di lokasi ini. Danau-danau yang terbentuk akibat gempa Liwa 1994 yaitu Danau Lebar Suoh, Danau Minyak dan Danau Asam. Danau Suoh dikenal paling luas dan paling banyak dikunjungi wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.