Sukses

23 Wisata Batu Raden yang Bisa Jadi Alternatif Liburan Bareng Keluarga

Batu Raden merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Banyumas yang kaya akan obyek wisata, terutama wisata alam berupa curug atau air terjun.

Liputan6.com, Jakarta Batu Raden menjadi kecamatan di Kabupaten Banyumas yang memiliki segudang tempat wisata dan bahkan wisata Batu Raden kerap menjadi ikon Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Belum lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Banyumas tanpa mampir ke Batu Raden. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan yang menyenangkan semua ada di Baturraden. Kamu bisa mengajak keluarga atau orang-orang tercinta lainnya untuk menghabiskan akhir pekan dan waktu liburan.

Jika melihat ke belakang, indah dan cantiknya segala pemandangan yang ada di Batu Raden, ternyata menyimpan kisah pilu yang mana menjadi asal usul namanya. Jika kamu berkunjung ke tempat wisata Batu Raden, maka kamu akan menemukan dua sosok yang menjadi ikonnya. Baturraden berasal dari kata “batur” yang berarti pembantu dan “raden” yang berarti putri atau putra bangsawan. Ini berkaitan dengan legenda yang beredar di masyarakat.

Dahulu kala seorang batur bernama Suta jatuh hati kepada anak perempuan tuannya, Adipati Kutaliman. Cinta mereka ditentang dan mereka memutuskan untuk kabur, menikah dan akhirnya menetap di lereng Gunung Slamet. Akhirnya Adipati Kutaliman menemukan keberadaan mereka dan kemarahannya membuat Suta terbunuh serta mengantarkan takdir putrinya mengambil nyawanya sendiri.

Terlepas dari kisah pilu asal usul Baturraden, banyak tempat wisata di sini yang bisa kamu nikmati. Udara sejuk karena keberadaannya yang dekat dengan Gunung Slamet dijamin akan menyempurnakan suasana. Berikut Liputan6.com rangkum tentang berbagai wisata Batu Raden dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas serta berbagai sumber, Rabu (16/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata Alam Baturraden

1. Pancuran Pitu

Tempat wisata Baturraden yang pertama bisa kamu kunjungi adalah Pancuran Pitu. Pitu berarti tujuh dalam Bahasa Jawa. Pancuran Pitu merupakan salah satu tempat wisata Baturraden yang paling terkenal. Seperti namanya, di sini terdapat tujuh sumber mata air. Ketujuh sumber mata air ini merupakan mata air panas yang mengalir langsung dari Gunung Slamet.

Kamu dapat sampai di sini dengan menempuh perjalanan 2.5 km ke arah barat dari Lokawisata Baturraden. Kandungan belerang dan berbagai unsur mineral lain yang tinggi membuat sumber mata air Pancuran Pitu diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit tulang dan penyakit kulit.

2. Curug Bayan

Curug merupakan Bahasa Jawa yang memiliki arti air terjun. Air terjun menjadi tempat wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi jika berkunjung ke Baturraden. Berada di Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Curug Bayan menyajikan pemandangan hutan hijau yang akan memanjakan mata kamu. Kamu bisa menghilangkan penat dan rasa lelah dengan berkunjung ke Curug Bayan. Di sekitar area air terjun dengan ketinggian 7 meter ini juga disediakan berbagai fasilitas, termasuk penginapan.

3. Curug Telu

Jika pitu berarti tujuh, maka telu dalam Bahasa Jawa berarti tiga. Ya, air terjun yang satu ini memiliki tiga buah air terjun dengan ketiggian mencapai 50 m. Curug Telu berada di Desa Karangsalam, Baturraden dan kamu dapat mengunjungi Gua Alam yang tidak jauh dari sini. Untuk sampai di sini kamu perlu berjalan sepanjang 250 m terlebih dahulu dari pintu masuk.

4. Curug Gede

Sudah menjadi rahasia umum tentang Baturraden dan segudang curugnya. Serasa tidak akan ada habisnya jika membahas air terjun di Baturraden. Air terjun selanjutnya adalah Curug Gede. Seperti Curug Bayan, Curug Gede juga berada di Desa Ketenger, Baturraden. Kamu yang berkunjung ke sini pasti akan betah berlama-lama. Bagaimana tidak, sejauh mata memandang, kamu akan melihat pohon-pohon yang hijau nan asri. Kamu bisa mendirikan tenda di sekitar area air terjun dengan tinggi 25 meter ini jika kamu mau.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata Alam Baturraden

5. Curug Gumawang

Curug Gumawang memiliki air yang mengalir langsung dari  Gunung Slamet. Airnya yang jernih akan menyempurnakan waktu liburan kamu di Curug Gumawang. Terdapat telaga kecil di bawah air terjun dengan ketinggian 25 meter ini yang sering dijadikan tempat bermain anak-anak. Menyelam ke dalam telaga sepertinya menjadi salah satu kegiatan yang bisa kamu coba.

6. Telaga Sunyi

Jika ke Baturraden, kamu bisa menyempatkan waktu sejenak untuk berkunjung ke Telaga Sunyi. Lokasinya yang berada di tepi jalan, membuatnya tidak sulit ditemukan. Telaga Sunyi terletak di antara pohon-pohon pinus dan damar. Kamu bisa menikmati udara sejuk Baturraden di tempat wisata yang satu ini.

 

7. Curug Bidadari

Masih berdekatan dengan Curug Telu, kamu akan menemukan Curug Bidadari. Cantik namanya seperti wujud nyata Curug Bidadari. Meskipun rute yang harus kamu tempuh sedikit lebih menantang, tetapi semua akan terbayarkan dengan suasana sejuk dan alami dari area air terjun ini. Bak tempat para bidadari turun untuk mandi, pintu masuk ke air terjun ini menyerupai menyerupai gua yang membuat  air terjun semakin menarik.

8. Curug Muntu

Curug Muntu mungkin menjadi salah satu hidden gem air terjun di kawasan Baturraden. Meskipun belum banyak diketahui dan dikunjungi, panorama yang ditawarkan oleh Curug Muntu tidak kalah cantik dari berbagai curug di Baturraden lainnya.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata Alam Baturraden

9. Curug Kembar

Berada di sekitar 2 km dari Kebun Raya Baturaden, Curug Kembar menawarkan panorama yang begitu mempesona. Meskipun tingginya hanya sekitar 7 meter, kamu tetap bisa menikmatinya dengan nyaman sambil berenang dan bermain air. Suasana pegunungan yang begitu sejuk akan melengkapi kunjungan kamu di Curug Kembar ini.

10. Curug Pinang

Memiliki jalur yang sama dengan Telaga Sunyi, Curuh Pinang juga berada di Desa Karangsalam, Baturraden. Akses menuju Curug Pinang cukup mudah karena kamu bisa menemukan berbagai petunjuk jalan. Kamu yang sudah terlalu lelah dengan hiruk pikuk kehidupan kota akan sangat cocok jika berkunjung ke Curug Pinang, suara kicauan burung dan aliran air berpadu bagaikan alunan  musik yang menenangkan.

11. Grojogan Ratu

Jika kamu adalah orang yang suka mengunjungi tempat wisata populer, maka kamu jangan sampai tidak mengunjungi Grojogan Ratu di kawasan wisata Baturraden. Grojogan Ratu berada di lereng gunung Slamet, tepatnya di Desa Karangsalam, Baturraden. Terdapat spot foto menarik yang bisa kamu coba di Grojogan Ratu dan letaknya yang berada di tepi jalan membuatanya semakin mudah dijangkau.

12. Curug Jenggala

Curug Jenggla merupakan obyek wisata yang berada di Dusun III Kalpagu, Ketenger, Kecamatan Baturraden. Kamu bisa menikmati air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 30 meter ini dengan suasana asri dan sejuk karena berada di kaki Gunung Slamet. Terdapat tiga air terjun di area Curug Jenggala yang terbentuk sejajar.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata Alam Baturraden

13. Kebun Raya Baturraden

Kamu yang ingin menghabiskan waktu liburuan bersama anak atau keluarga sambil belajar, sepertinya akan cocok jika berkunjung ke Kebun Raya Baturraden. Berbagai tanaman, mulai dari liliana, perdu, anggrek dan pohon besar lainnya ada di sini. Anak-anak kamu juga bisa mencoba playground sederhana di sekitar area Kebun Raya Baturraden. Kebun Raya Baturraden merupakan bagian dari Wana Wisata Baturraden, tepatnya di Desa Kemutug Lor.

14. Desa Wisata Ketenger

Selain karena banyaknya air terjun yang bisa kamu temui di Desa Ketenger, Desa Ketenger juga memiliki pesonanya sendiri. Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan mengetahui berbagai pengetahuan tentang kesenian tradisional. Beberapa pertunjukan tradisional yang bisa kamu nikmati, termasuk Kuda Lumping, Begalan, Rengkong, Lengger, Calung dsb.

15. CAUB

CAUB atau Camp Area Umbul Bangkok merupakan tempat wisata yang tepat bagi kamu yang ingin menikmati indahnya Baturraden serta sekitar Purwokerto di malam hari. Kamu yang suka berkemah juga akan cocok dengan tempat wisata yang satu ini. CAUB berada di sekitar 600 meter di atas permukaan laut dengan udara yang sejuk. Di sini terdapat berbagai fasilitas, seperti tenda untuk berkemah, gazebo, mushola, dsb yang akan memudahkan kamu.

Kamu juga bisa berkunjung ke sini bersama teman-teman untuk menghabiskan waktu yang menyenangkan. Jika kamu keluar untuk berjalan-jalan, Gunung Slamet juga akan menampakan dirinya tanpa malu-malu. Oleh karena itu, kamu sangat bisa mengambil foto dengan latar belakang pemandangan yang sangat indah.

16. Bukit Bintang

Berada di Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden, Bukit Bintang adalah tempat wisata lainnya yang cocok untuk menikmati indahnya Banyumas dari Ketinggian, terutama ketika malam tiba.  Kamu bisa bersantai dan menghabiskan waktu berharga bersama keluarga dan orang-orang tercinta di Bukit Bintang.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Baturraden

17. Lokawisata Baturraden

Jika membahas Baturraden, maka tidak lengkap jika tidak menyebut Lokawisata Baturraden. Ya, bisa dikatakan tempat wisata yang satu ini adalah jantung dari wisata di Baturraden. Ikon dua tokoh yang disebutkan sebelumnya, yakni Suta dengan putri sang adipati berada di sini. Kamu tidak bisa meninggalkan Banyumas tanpa berkunjung ke sini. Kamu hanya perlu melakukan perjalanan sepanjang 15 km dari Pusat Kota Purwokerto untuk sampai di Lokawisata Baturraden.

Tempat wisata yang satu ini bisa dikunjungi oleh semua kalangan usia. Kamu bisa menikmati pemandangan indah, mencoba wahana dan mencicipi berbagai makanan khas Banyumas, seperti pecel, mendoan dsb. Fasilitas, seperti kolam luncur, taman rekreasi, Pancuran Pitu dsb yang sangat lengkap dijamin akan menyempurnakan liburan kamu di Baturraden.

18. Wana Wisata Baturraden

Ada banyak hal yang bisa kamu lihat dan nikmati di Wana Wisata Baturraden. Ini merupakan hutan lindung dan tempat rekreasi. Selain itu, kamu juga bisa liburan sambil belajar di Wana Wisata Baturraden. Kamu bisa menikmati sejuknya udara tanpa polusi sambil melakukan berbagai macam hal di sini. Mulai dari hiking, tracking, kemah kamu bisa melakukan semuanya di sini. Tempat wisata di Baturraden yang satu ini juga kerap dijadikan tempat pelaksanaan acara pramuka, seperti Jambore Nasional.

 

19. Small World

Wisata edukasi yang bertema alam ini berada di Jl. Raya Baturaden Barat No.270, Karangmangu, Kecamatan Baturraden. Anak-anak bahkan orang dewasa pasti akan senang ketika diajak berkunjung ke Small World. Bagaimana tidak, kamu bisa menikmati suasana bak di luar negeri, tetapi dengan biaya yang sangat terjangkau.

Seperti namanya, di sini terdapat berbagai miniatur landmark dan ikon terkenal dari berbagai negara di seluruh dunia. Mulai dari miniatur Twin Tower, Big Ben, Colosseum, Menara Eiffel dsb bisa kamu lihat di sini. Suasana sejuk dan pemandangan alam sekitar area mungkin akan membuat Anda merasa berada di bagian dunia yang berbeda.

20. The Forest Island Purwokerto

The Forest Island terletak di Desa Pandak, Kecamatan Baturraden. Tempat wisata yang satu ini juga menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin berlibur bersama keluarga. Kamu bisa menikmati taman bunga, waterboom dan kolam renang di sini. Suasana sekitar yang masih alami akan menyempurnakan liburan kamu di The Forest Island.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Baturraden

21. Baturraden Adventure Forest

Bagi kamu yang suka aktivitas, seperti outbond atau berkemah bersama teman-teman, maka kamu bisa mencoba Baturraden Adventure Forest. Di sini kamu bisa berpetualang menjelajah hutan. Aktivitas lain yang bisa kamu coba, termasuk paintball, rapelling dsb. Kamu bisa mencapai Baturraden Adventure Forest dengan menuju ke Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden.  

22. The Village

Jika Small World akan mengajak kamu berkeliling dunia, maka di The Village kamu akan diajak untuk merasakan suasana ala-ala Eropa. Tempat wisata rekreasi dan edukasi ini memiliki gaya bangunan klasik khas Eropa yang bernama Taman Tematik. Kamu juga bisa mencoba menaiki paddle boat untuk mengarungi danau yang tersedia. Area lain yang bisa kamu kunjungi adalah bird dome yang cocok dijadikan spot foto menarik.

Di dalamnya terdapat burung-burung. Jika kamu membawa anak-anak, di sini tentu saja ada area bermain anak, bahkan dengan beberapa satwa seperti kelinci dan kuda. The Village berada di Rempoah, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas.

23.  Taman Langit

Jika kamu berada di Desa Kebumen, Baturraden, maka coba untuk berkunjung ke Taman Langit. Kamu bisa menikmati berbagai macam makanan sambil menatap pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Indahnya alam pegunungan akan segera menyambut kamu di sini.

 

Reporter magang: Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.