Sukses

Hal-Hal yang Perlu Ditekankan dalam Senam Irama Adalah Kontinuitas Gerakan, Pelajari Mendalam

Hal-hal yang perlu ditekankan dalam senam irama adalah kesesuaian dengan irama, fleksibilitas, hingga kontinuitas gerakan.

Liputan6.com, Jakarta Hal-hal yang perlu ditekankan dalam senam irama adalah kesesuaian dengan irama, fleksibilitas, hingga kontinuitas gerakan. Senam irama adalah senam dengan gerakan yang mengikuti irama yang berupa tepukan tangan, ketukan, nyanyian musik, dan sebagainya. 

Hal-hal yang perlu ditekankan dalam senam irama adalah gerakan saat adanya ketukan musik atau irama. Untuk menyempurkana gerakan, para atlet biasanya melakukan senam irama dengan  alat bantu senam yang berupa bola, pita, tali, gada, dan simpai.

Hal-hal yang perlu ditekankan dalam senam irama adalah materi dasar untuk bekal para atlet. Senam irama mensyaratkan adanya keluwesan, keseimbangan, dan keserasian gerak dengan iringan musik.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai hal-hal yang perlu ditekankan dalam senam irama beserta pengertian dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Senam Irama

Seperti namanya, senam irama adalah senam yang bergerak sesuai dengan iringan atau irama musik, nyanyian, dan ketukan. Dalam melakukannya, senam irama perlu adanya penekanan pada keselarasan dan ketepatan gerakan. 

Senam irama lebih mementingkan unsur keselarasan gerakan dengan iringan musik daripada unsur lainnya. Maka dari itu, senam ini sering didominasi dengan gerakan berlari kecil, melompat, berputar, dan gerakan-gerakan lainnya yang menunjukkan keluwesan tubuh. Senam irama juga sering dilakukan dengan beberapa properti, seperti pita, bola, tongkat, gada, dan lain-lainnya.

Dalam praktiknya, senam irama memadukan gerakan tari dan balet yang terdiri dari gerakan pemanasan, bagian inti, dan bagian pendinginan. Unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama untuk melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan, serta daya tahan untuk seluruh anggota tubuh.

3 dari 5 halaman

Hal-Hal yang Perlu Ditekankan dalam Senam Irama

Hal-hal yang perlu ditekankan dalam senam irama adalah kesesuaian dengan irama, fleksibilitas, hingga kontinuitas gerakan. Berikut ini penjelasannya:

1. Kesesuaian Irama

Hal-hal yang perlu ditekankan dalam senam irama adalah kesesuaian irama. Gerakan yang dilakukan dalam senam irama diiringi oleh musik, lagu, atau nyanyian sehingga harus ada kesesuaian antara tempo lagu dengan gerakan yang dilakukan. Selain itu, irama lagu juga dapat mempengaruhi bentuk dan kecepatan gerakan. Biasanya, tempo yang digunakan sebagai patokan untuk senam irama adalah 2/3, 3/4, atau juga 4/4.

2. Fleksibilitas

Fleksibilitas merupakan salah satu hal-hal yang perlu ditekankan dalam senam irama, misalnya saja bagaimana cara menggerakan sendi dan otot pada sudut-sudut tertentu secara dinamis. Sehingga tubuh bisa meliuk, merentang, membungkuk, dan masih banyak lagi. Tanpa fleksibilitas yang baik, para atlet dapat cedera saat melakukan senam irama. Untuk itu, fleksibilitas dalam senam irama sangatlah penting, hal ini untuk melatih tubuh supaya bisa bergerak lebih leluasa.

3. Kontinuitas Gerakan

Selanjutnya, hal-hal yang perlu ditekankan dalam senam irama adalah kontinuitas atau kesinambungan dalam gerakan. Rangkaian gerak yang dilakukan selama senam irama haruslah terus dilakukan dan tidak terputus. Maka dari itu, dibutuhkan kemampuan untuk menyusun rangkaian gerak dan dipraktikkan pada saat melakukan senam irama, hal ini supaya dapat dilakukan secara kontinu namun tetap indah dan dapat membantu melatih otot-otot tubuh.

4 dari 5 halaman

Unsur Senam Irama

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu ditekankan dalam senam irama, anda perlu memahami unsur-unsur senam irama. Berikut penjelasannya:

1. Keindahan

Sebagai senam yang memakai ritme, maka gerakan senam ini mempunyai unsur keindahan. Di mana senam ini termasuk pertunjukan, sehingga unsur keindahan gerakan menjadi poin penting dalam senam irama.

2. Ketrampilan

Unsur selanjutnya dari senam irama adalah keterampilan. Dalam senam irama, yang menjadi nilai salah satunya adalah kreativitas atau keterampilan dalam menggerakkan badan serta membuat sebuah koreografi.

3. Keluwesan

Selanjutnya, unsur-unsur senam irama adalah keluwesan. Sebab keluwesan dapat tercipta dari cara menyusun koreografi dan latihan secara teratur.

4. Kelenturan

Unsur-unsur senam irama berikutnya adalah kelenturan. Sebab senam irama sangat erat kaitannya dengan nuansa balet dan akrobatik, yang gerakannya harus lentur. 

5. Kekuatan

Setiap senam tentu membutuhkan energi. Ketika melaksanakan senam ini, Anda juga harus memiliki kekuatan. Kekuatan juga dibutuhkan dalam melakukan berbagai gerakan senam irama. 

6. Keseimbangan

Unsur-unsur senam irama yang berikutnya adalah keseimbangan. Unsur ini dipakai ketika melangsungkan koreografi yang cukup rumit. Gerakan senam yang sulit juga membutuhkan keseimbangan, seperti memutar badan dengan satu kaki hingga menangkap bola.

7. Ketepatan irama

Unsur terakhir dalam gerakan senam irama adalah ketepatan dalam setiap gerakan dengan irama. Sebab senam ini tak hanya bergantung pada hitungan ketukan saja, namun juga penghitungan waktu saat alat harus dilempar dan ditangkap. 

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Senam Irama

Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani dan Kesehatan karya Muhajir dan Budi Santosa, terdapat tuga jenis senam irama yang perlu anda ketahui, yakni:

1. Jenis senam irama yang pertama adalah terinspirasi dari gerakan dunia seni peran yang diinisiasi oleh Delsarte pada tahun 1811-1871. Senam ini lebih didominasi dengan gerakan-gerakan yang sering digunakan dalam dunia seni peran. Selain itu, senam irama jenis ini dibuat sebagai media latihan dalam berakting.

2. Selanjutnya, senam irama yang digagas oleh Jacques Dalcroze ingin mengungkapkan makna dari suatu lagu dalam bentuk gerakan senam. Tentunya, senam irama jenis ini lebih mementingkan unsur musik dan keselarasan gerak daripada unsur yang lain. Salah satu murid Dalcroze pernah berpendapat bahwa senam irama harus dilakukan dengan penuh penghayatan, dari situlah terciptalah senam "Ausdruk Gymnastiek".

3. Terakhir adalah senam irama yang dipadukan dengan gerakan tari balet. Senam ini dipopulerkan oleh Rudolf Laban pada tahun 1879-1958. Senam irama jenis ini lebih mementingkan keindahan dan ketepatakan gerakan daripada yang lainnya.

Demikian penjelasan tentang hal-hal yang perlu ditekankan dalam senam irama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.