Sukses

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain, Langkah-Langkahnya Praktis

Cara transfer uang lewat ATM BRI bisa kamu ikuti dari memasukkan kartu hingga mengeluarkannya kembali.

Liputan6.com, Jakarta Cara transfer uang lewat ATM BRI sangat mudah untuk dilakukan. Pasalnya, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang telah tertera di layar mesin ATM. Kamu tinggal memilih opsi-opsi sesuai dengan tujuan kamu menggunakan ATM.

Bank BRI merupakan salah satu bank terbesar milik pemerintahan yang telah berdiri sejak tahun 1895. BRI adalah singkatan dari Bank Rakyat Indonesia. BRI memiliki banyak kantor cabang di seluruh Indonesia, sehingga membuat kamu lebih mudah bertransaksi, termasuk untuk transfer menggunakan ATM.

Cara transfer uang lewat ATM BRI bisa kamu ikuti dari memasukkan kartu hingga mengeluarkannya kembali. Kamu harus berhati-hati dalam memasukkan pin ATM agar tidak dilihat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/11/2022) tentang cara transfer uang lewat ATM BRI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Cara transfer uang lewat ATM BRI sebenarnya mudah saja. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang tertera di mesin ATM saja. Cara transfer uang lewat ATM BRI yaitu sebagai berikut:

1. Masukkan kartu ATM BRI. Cara transfer uang lewat ATM BRI yang pertama adalah dengan memasukkan kartu ATM BRI pada slot yang tersedia. Saat memasukkan kartu, pastikan kartu telah berada dalam posisi yang tepat, yaitu logo tulisan BANK BRI di pojok kanan bawah. Kemudian tunggu beberapa saat hingga menu pada layar muncul.

2. Pilih bahasa. Untuk mempermudah proses, kamu bisa memilih bahasa Indonesia. Tunggu sesaat hingga muncul tampilan menu baru. Setelah muncul, klik pilihan LANJUTKAN yang ada pada bagian pojok bawah layar.

3. Masukkan PIN ATM. Cara transfer uang lewat ATM BRI selanjutnya ialah ketik PIN atau kata sandi yang kamu punya melalui papan ketik ATM. Jangan lupa untuk menutupinya saat menuliskan pin dengan tangan lainnya.

4. Pilih Transaksi lainnya. Tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan menu di layar mesin ATM. Setelah menu muncul, kamu hanya perlu menekan tombol sejajar dengan pilihan TRANSAKSI LAINNYA karena kamu hendak melakukan transfer.

5. Pilih transfer. Selanjutnya, muncul tampilan menu baru di layar berupa pilihan jenis transaksi. Cara transfer uang lewat ATM BRI yaitu pilih opsi TRANSFER untuk melanjutkan.

6. Pilih bank tujuan transfer. Setelah itu, pada layar mesin ATM akan menampilkan pilihan tujuan transfer yang diinginkan. kamu bisa menekan tombol yang sejajar dengan opsi pilihan ke sesama BRI atau ‘BANK LAIN’.

7. Masukkan kode bank. Setelah itu, kamu harus memasukan kode bank nomor rekening tujuan. Apabila tidak hafal dengan kode bank tujuan, kamu bisa melihatnya dengan memilih pilihan ‘DAFTAR KODE BANK’.

3 dari 4 halaman

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

8. Masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan. Cara transfer uang lewat ATM BRI berikutnya yaitu hafalkan kode bank tujuan yang berupa 3 digit untuk dibubuhkan ke dalam nomor rekening tujuan. Jika telah memasukan kode bank yang diminta, kamu hanya perlu memasukkan nomor rekening tujuan lalu tekan tombol BENAR.

9. Masukkan jumlah nominal uang. Kemudian, kamu hanya perlu menuliskan jumlah nominal uang yang akan ditransfer. Pastikan nominal yang diinput sudah sesuai dengan rencana. Setelah itu, tekan tombol BENAR.

10. Nomor referensi. Jika tidak ada nomor referensi tertentu, kamu bisa lewati langkah ini.

11. Konfirmasi data tujuan transaksi. Cara transfer uang lewat ATM BRI adalah tunggu beberapa saat hingga mesin ATM menampilkan konfirmasi pembayaran berupa nama bank, nomor rekening, atas nama pemegang rekening, dan juga jumlah nominal yang akan ditransfer. Jika seluruh informasi telah benar, kamu bisa melanjutkan proses transaksi dengan memilih YA pada layar.

12. Ambil bukti transaksi. Tunggu beberapa saat hingga proses transfer selesai dilakukan. Setelah itu, ambil bukti transfer berupa struk yang keluar dari slot mesin ATM. Biasanya, struk dibutuhkan sebagai bukti telah melakukan transaksi.

13. Keluarkan kartu ATM. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk mengeluarkan kartu ATM dengan memilih pilihan TIDAK pada menu yang tersedia. Atau kamu juga bisa menekan tombol CANCEL pada papan ketik mesin ATM.

4 dari 4 halaman

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Setelah mengenali cara transfer uang lewat ATM BRI, kamu juga perlu mengetahui tata cara menggunakan ATM BRI. Pasalnya, lazimnya tiap mesin ATM bank menyajikan fitur yang berbeda. Berikut cara mengambil uang di ATM BRI:

1. Masukkan kartu ATM BRI Kamu ke dalam ATM BRI

2. Pastikan logo BRI berada di posisi atas

3. Kemudian pilih bahasa yang kamu ingin gunakan selama proses mengambil uang.

4. Pada layar akan muncul pesan berupa tips aman bertransaksi di ATM, pilih “lanjutkan”

5. Selanjutnya adalah dengan memasukkan pin ATM Kamu yang berjumlah 6 digit. Jangan sampai salah sebanyak 3 kali. Jika salah hingga 3 kali maka kartu ATM Kamu akan diblokir.

6. Lalu akan muncul tampilan nominal angka dalam rupiah yang akan Kamu tarik. Jika jumlah nominal yang Kamu inginkan Kamu maka Kamu hanya perlu menekannya.

7. Jika tidak pilih “transaksi lainnya” lalu pilih “penarikan tunai” kemudian masukkan nominalnya.

8. Kemudian akan muncul konfirmasi pilihan nominal Kamu. Jika benar pilih “Benar”. Jika salah pilih “Salah” dan masukkan lagi nominalnya.

9. Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar beserta dengan resinya.

10. Ada beberapa ATM yang memang tidak mengeluarkan resi karena kehabisan kertas atau memang di setting agar saldo hanya keluar di layar saja.

11. Terakhir akan muncul tulisan, “Apakah Kamu ingin melanjutkan transaksi lain?” jika Kamu memilih “Tidak”, maka kartu ATM akan keluar.

12. Pastikan semua hal sudah berada di tempat yang aman sebelum Kamu keluar dari ATM. Pastikan uang dan kartu ATM sudah masuk ke dalam dompet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.