Sukses

Wisata Umbul Sidomukti Padukan Alam dan Petualangan, Ini Harga Tiket dan Fasilitasnya

Wisata Umbul Sidomukti sangat cocok bagi anda yang ingin melepas penat dengan pemandangan alam dan wahana-wahana seru.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Umbul Sidomukti awalnya merupakan sumber mata air di kaki gunung Ungaran. Pada tahun 2007 area sekitar mata air ini kemudian dikembangkan menjadi sebuat tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang indah dengan beragam fasilitas yang menarik. 

Wisata Umbul Sidomukti berlokasi di kecamatan Bendungan, Semarang. Berada di ketinggian 1.200 Mdpl Umbul Sidomukti berbeda dengan wisata Semarang lain yang kebanyakan berupa wisata sejarah. Tempat wisata satu ini menawarkan wisata alam dengan pemandangan dari ketinggian yang menenangkan, dipadukan dengan wahana-wahana petualang yang seru.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi tepatnya di lereng Gunung Ungaran membuat berenang di kolam Umbul Sidomukti memberi sensasi seperti berenang di atas awan. Oleh pengelola kolam dibuat bertingkat dengan bentuk tidak beraturan namun sangat estetik.

Wisata Umbul Sidomukti sangat cocok bagi anda yang ingin melepas penat dengan pemandangan alam dan wahana-wahana seru. Berikut rangkuman Liputan6.com tentang informasi wisata Umbul Sidomukti yang dilansir dari berbagai sumber, Kamis (3/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Umbul Sidomukti: Tiket & Fasilitas

Tiket

Untuk masuk ke Wisata Umbul Sidomukti wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar 10.000 rupiah untuk hari kerja, dan 15.000 rupiah untuk akhir pekan dan hari libur. Dengan membayar biaya tiket masuk pengunjung sudah dapat menikmati pemandangan sekitar Umbul Sidomukti, menikmati fasilitas kolam renang, dan sebagian Little ranch. Sedangkan, untuk menikmati fasilitas Wahana Adrenalin dan Goa Tirta pengunjung akan dikenakan biaya tambahan. 

Tempat wisata di lereng Gunung Ungaran ini buka setiap hari dan buka 24 jam. Namun beberapa fasilitas memiliki perbedaan jam operasional, seperti cafe dan resto yang buka pukul 08.00-21.00.

Fasilitas

Umbul Sidomukti dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menarik minat wisatawan dan membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman. Terdapat fasilitas dasar seperti lahan parkir, toilet yang bersih, dan mushola. Ada pula cafe dan restoran yang menyajikan berbagai makanan dengan harga yang ramah di kantong. Serta beragam wahana seru yang sayang untuk dilewatkan. Dilansir dari laman Umbul Sidomukti, berikut fasilitas yang tersedia di Wisata Umbul Sidomukti.

Toko, Cafe, & Resto

1. Toko Souvenir

Terdapat satu toko souvenir yang menjual berbagai macam souvenir untuk dibawa pulang pengunjung setelah berwisata di Umbul Sidomukti.

2. Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Pondok Kopi Umbul Sidomukti merupakan Cafe yang menyajikan menu berbagai minuman olahan kopi. Pengunjung dapat menikmati kopi ditemani panorama alam yang sangat indah. Menu kopi yang tersedia pun beragam, seperti espresso based coffee, black coffee, manual brew, dan traditional coffee.

Cafe ini kerap menjadi tempat nongkrong favorit anak muda sambil menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Berlokasi 700 meter dari area kolam, pengunjung dapat menikmati pemandangan perbukitan dan sawah sambil merasakan sejuknya udara kawasan pegunungan.

3. Resto Panorama 

Resto Panorama menyajikan berbagai menu olahan susu serta menu makan yang bervariasi dan tertentu enak. Resto Panorama memiliki pemandangan yang amat cantik dan sangat cocok digunakan untuk kalangan muda.

4. Cafe Taman Renang Alam

Cafe satu ini menjadi cafe yang lokasinya paling dekat dengan area kolam renang. Cafe ini buka mulai dari jam 8 pagi sampai 5 sore, menyajikan makanan dan minuman sederhana seperti nasi goreng, mie instan, nasi pecel, dan lain-lain. Pengunjung dapat menikmati sajian makanan dengan view kolam renang.

5. Pondok Lesehan

Pondok Lesehan adalah restoran dengan konsep lesehan. Menyajikan berbagai menu masakan dari bahan berkualitas yang berupa ikan segar, seafood, dan lain-lain.

3 dari 4 halaman

Wisata Umbul Sidomukti: Wahana Adventure & Edukasi

Umbul Sidomukti juga menyediakan berbagai wahana seru yang menarik untuk dicoba.

1. ATV

Menaiki ATV untuk mengelilingi area sekitar Umbul Sidomukti menjadi pilihan wahana menarik untuk dicoba. Dengan wahana ini pengunjung dapat melihat panorama Desa Wisata Sidomukti dengan ber-offroad ria. 

Jalur ATV dibuat melintasi berbagai macam perkebunan yang ada di sekitar Desa Sidomukti. Meskipun cukup memacu adrenalin, wahana satu ini aman untuk anak-anak yang sudah bisa mengendarai ATV sendiri. Pengunjung akan dikenakan biaya 50 ribu untuk dapat merasakan sensasi menaiki wahana ATV.

2. Flying Fox

Flying fox Umbul Sidomukti menawarkan sensasi meluncur melewati melewati dua lembah yang menantang adrenalin. Dengan panjang lintasan 110 meter dan ketinggian 70 meter, lintasannya menghubungkan antara lereng bukit satu dengan bukit lain.

Terdapat dua pilihan track, marine bridge di lembah atau rapeling menuruni lembah sisi kolam. Pengunjung akan bergantung pada dua utas tali pengaman dan mengenakan helm. Keamanan spot outbond ini sangat terjamin karena ada instruktur yang siaga memasangkan alat pengamannya. Untuk dapat merasakan adrenalin flying fox pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 30.000 rupiah. 

3. Marine Bridge

Wahana ini melatih keberanian dan ketegasan dalam mengambil keputusan. Pengunjung akan berjalan dari satu titik menuju titik lain di posisi yang sejajar. Lintasan nya yang digunakan adalah jaring dengan lubang sekitar 20 cm. Meskipun menggunakan alat pengamanan yang optimal, pengunjung akan merasakan pergulatan dengan rasa takutnya sampai akhirnya berani mulai melangkah.

Setelah berhasil melewati marine bridge pengunjung dapat merasakan sensasi yang luar biasa yang membuat adrenalin terpicu dan ingin mengulanginya lagi. Lokasi yang sangat extrim membuat setiap ayunan langkah akan terasa menggetarkan. Pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 20.000 rupiah untuk dapat merasakan sensasi berjalan di atas jaring yang dipasang di ketinggian.

4. Sepeda Awang

Dinamakan sepeda awang karena para pengunjung bisa merasakan sensasi bersepeda sambil melayang di udara. Awang merupakan bahasa Jawa yang artinya melayang. Wahana ini dilengkapi tali pengaman membentang di atas jurang sebagai lintasan. Sepedah Awang melintas di atas jurang dengan kedalaman sekitar 50 meter dari rentangan tali tempat jalur sepedah.

Pengunjung dapat merasakan mengayuh sepeda seperti pemain sirkus. Pengunjung yang ingin mencoba wahana sepeda awang ini cukup membayar 25.000 rupiah per satu kali perjalanan.

4 dari 4 halaman

Wisata Umbul Sidomukti: Wahana & Resort

9. Triangle

Wahana Triangle merupakan perpaduan tiga  permainan yang memacu adrenalin, yaitu magic box, badui bridge, dan stick bridge. Meluncur dengan Magic Box dengan latar kota ungaran dan sekitarnya akan memberikan sensasi yang tak terlupakan

Setelah itu pengunjung perlu melanjutkan perjalanan dengan meniti jembatan Baduy Bridge. Terlihat mudah memang, tapi diperlukan fokus pada langkah dan keseimbangan. Terakhir pengunjung harus menyelesaikan Stick Bridge menuju garis akhir. Pengunjung dapat mencoba wahana Triangle dengan membayar sebesar 50.000 rupiah.

5. Little Ranch

Little Ranch merupakan wahana bermain dan belajar yang diperuntukan untuk anak-anak. Wahana satu ini dilengkapi dengan Petting Zoo, Taman Bunga, Kebun Strawberry, Berkuda, Pasir Kinetik, dan Mewarnai.

6. Gua Tirta Mulya

Goa Tirta Mulya merupakan Goa buatan dengan panjang 135 meter yang terletak di kawasan Umbul Sidomukti. Ujung goa terdapat pemandangan yang sangat indah dan terdapat spot untuk foto yang menarik. Konon Gua ini dulu digunakan oleh masyarakat untuk mencari sumber air di lereng Gunung Ungaran.

7. Taman Renang Alam

Taman renang alam menjadi salah satu atraksi yang menarik minat banyak pengunjung. Kolam renang ini terdiri dari tiga tingkat kolam yang memiliki kedalaman berbeda-beda. Taman renang alam, sesuai dengan namanya masih sangat alami. Kolam renang ini berlantai dan berdinding batu-batu. Airnya merupakan mata air pegunungan Ungaran.

8. Fasilitas Penginapan di Resort Umbul Sidomukti

Kawasan wisata kaki Gunung Ungaran ini sudah dilengkapi dengan penginapan. Terdapat beberapa pilihan penginapan yang dapat dipilih, yaitu dengan mendirikan tenda, menginap di villa, atau homestay nyaman dengan fasilitas memadai. Dengan menginap, wisatawan dapat menikmati indahnya malam dengan gemerlap kota Semarang dari ketinggian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.