Sukses

19 Tempat Wisata di Gorontalo Seru, Bak Liburan ke Luar Negeri

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Gorontalo yang akan membuat kamu merasa seperti sedang berlibur ke luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin masih banyak orang yang kurang mengenali tempat wisata di Gorontalo. Padahal banyak tempat wisata di Gorontalo yang sangat bagus. Bahkan banyak sekali wisata Gorontalo yang memiliki daya tarik yang tak kalah dengan tempat wisata di luar negeri.

Gorontalo sendiri merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang wilayahnya terletak di Semenanjung Utara Pulau Sulawesi. Dari letaknya secara geografis saja dapat dibayangkan bahwa Gorontalo memiliki bentang alam yang sangat indah.

Penggemar wisata pantai jelas akan dimanjakan ketika berlibur di Gorontalo. Namun, jangan kira jika Gorontalo hanya punya pantai saja. Ada banyak tempat wisata yang sangat indah yang jarang sekali diketahui orang.

Mulai dari backpacking, healing, wisata keluarga, bahkan wisata alam. Penasaran dengan tempat wisata di Gorontalo? Berikut adalah daftarnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (2/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Wisata Hiu Paus

Wisata Hiu Paus adalah tempat wisata di Gorontalo yang sangat bagus dan memesona. Wisata Hiu Paus berada di pesisir laut Teluk Tomini, Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone.

tempat wisata ini bisa dibilang cukup mudah untuk diakses, karena tidak jauh dari pusat Kota Gorontalo. Dari pusat Kota Gorontalo, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan melintasi jalan Trans Sulawesi, sudah bisa sampai di lokasi. Daya tarik dari tempat wisata ini adalah laut yang memiliki air yang jernih dan pantai yang begitu bersih.

2. Danau Limboto

Danau Limboto bisa dibilang cukup terkenal. Apalagi, Danau Limboto merupakan danau terbesar di Pulau Sulawesi dan merupakan muara dari lima sungai yang ada di Gorontalo. Di Danau Limboto, pengunjung bisa mengamati kehidupan para nelayan tradisional sekaligus menikmati hasil tangkapannya.

3. Penangkaran Burung Maleo

Di sini, pengunjung bisa melakukan aktivitas treking di lokasi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW). Penangkaran yang juga disebut Hutan Hungayono ini berada di Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango (Bonbol), Gorontalo.

Selain treking, pengunjung juga bisa merasakan suasana alam yang sesungguhnya. Apalagi tempat wisata ini merupakan habitat asli hewan endemik Sulawesi, seperti tarsius, monyet hitam, dan burung maleo.

3 dari 7 halaman

4. Bukit Savana Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo adalah tempat wisata di Gorontalo yang memiliki suasana seperti pulau yang tidak berpenghuni. Akses menuju ke Pulau Diyonumo ini memakan cukup banyak waktu. Kurang lebih total 3.5 jam waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke tempat ini dari pusat Kota Gorontalo.

Namun, perjalanan tersebut akan terbayar dengan keindahan alam dan ketenangan yang ditawarkan. Di sini, pengunjung bisa memancing hingga berkemah. Sekilas memang pulau ini tampak seperti pulau terpencil pada umumnya, pantai pasir putih, air jernih, dan hutan.

5. Air Panas Lombongo

Air Panas Lombongo menyajikan tempat pemandian air panas. Uniknya, tempat pemandian air panas ini terletak di tengah hutan. Tentunya ini akan memberikan pengalaman dan sensasi tersendiri bagi pengunjungnya.

Perpaduan udara dingin dan air hangat memberikan kesejukan kepada para pengunjung. Di lokasi pemandian ini, terdapat dua kolam air panas dengan luas 500 meter persegi dan kedalaman berkisar satu hingga dua meter. Di kolam ini, pengunjung bisa berendam untuk meregangkan ketegangan tubuh, sembari menikmati sejuknya pemandangan hutan hujan tropis Gorontalo.

6. Pulau Bohu

Pulau Bohu berada di Desa Garapia, Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara. Pulai ini punya segudang keindahan. Menariknya lagi, lokasi pulau ini tidak jauh dari pusat kota, bisa ditempuh dengan mengendarai sepeda motor dalam waktu sekitar 30 menit.

Pulau Bohu menawarkan daya tarik berupa suasana eksotis dengan hamparan pasir putih yang membentang dengan rerimbun pohon cemara. Apalagi ombaknya tidak terlalu besar dan pantainya dangkal, sehingga cocok untuk sekadar bermain air dan menikmati keindahan alam.

4 dari 7 halaman

7. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha berada di bukit kelurahan Dembe I. Ada 3 benteng dengan nama yang berbeda, yakni Ulupahu, Otahiya, dan Otanaha sendiri. Menurut sejarah, Benteng Otanaha adalah peninggalan bangsa Portugis yang kala itu dibangun pada sekitar abad ke-15.

8. Pulau Saronde

Pulau Saronde memiliki pantai berpasir putih. Di pulau ini, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seperti snorkeling hingga berkemah. Tempat wisata di Gorontalo ini bahkan sudah terkenal sampai ke luar negeri dengan keindahan pantai dan alam bawah lautnya. Pantainya yang begitu jernih biasa dijadikan tempat berenang, menyelam dan bermain yang sangat menyenangkan.

9. Danau Perintis Bone Bolango

Danau perintis bone bolango berada di Kabupaten Bone Bolango (Bonbol), Provinsi Gorontalo. Danau ini terletak di antara dua desa yang berbeda, di bagian selatan merupakan wilayah Desa Boludawa, sebelah timur merupakan wilayah desa Huluduotamo, Kecamatan Suwawa.

Suasana alam di danau ini bisa dibilang masih terbilang asri. Pada waktu pagi, pengunjung bisa menyaksikan langsung matahari terbit dari balik Gunung Tilongkabila. Gunung tersebut memiliki ketinggian 1.393 meter dari permukaan laut (mdpl).

5 dari 7 halaman

10. Pantai Botubarani

Pantai Botubaran memiliki keunikan tersendiri, di mana wisatawan dapat bermain dengan hiu paus. Menyelam dengan hiu paus yang tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

11. Bukit Lelato Pohuwato

Bukit lelato pohuwato berada di Desa Lomuli, Kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato. Bukit Lelato Pohuwato merupakan wisata paralayang pertama di wilayah Gorontalo bagian timur. Wisata paralayang ini merupakan hasil inovasi dari warga desa Lomuli. Mereka melihat letak geografis desa tersebut berada di dataran tinggi, menjadi salah satu alasan mereka menciptakan wisata tersebut.

Tertarik berkunjung ke tempat wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona? Wisata ekstrem ini sangat mudah dijangkau oleh siapa pun. Sebab, akses jalan menuju lokasi ini sangat dekat dengan jalan utama desa.

12. Hutan Pinus Motilango

Hutan pinus motilango terletak di Desa Motilango, Kecamatan Tibawa. Ada sensasi berbeda saat berkunjung ke hutan pinus ini. Lantaran lokasi tempat wisata di Gorontalo ini jauh dari hiruk-pikuk keramaian Kota. Sudah tentu udara di sekitarnya pasti sejuk dan masih alami.

13. Taman Laut Olele

Taman laut olele cocok untuk para pecinta diving dan snorkeling. Bagaimana tidak, banyak sekali spot penyelaman favorit yang sangat indah di Taman Laut Olele ini. Ada keberadaan coral endemik yang bentuknya mirip dengan lukisan Salvador Dali sehingga disebut Salvador Dali coral. Pantai wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona yang berpasir putih serta air yang jernih, menambah keindahan Taman Laut Olele.

6 dari 7 halaman

14. Pantai Libuo Pohuwato

Pantai Libuo memiliki garis pantai yang panjang dan pasir putih lembut memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung. Lokasi tempat wisata di Gorontalo ini cukup mudah diakses, pengunjung bisa mengendarai roda dua maupun roda empat untuk sampai di pintu masuk pantai. Jarak tempuhnya sekitar 30 menit dari pusat Pemerintahan Kabupaten Pohuwato.

15. Pulo Cinta

Pulo Cinta adalah wisata berupa resort ala Maldives. Pulo Cinta memiliki hamparan pasir putih yang luas. Pulau ini terletak di Teluk Tomini. Tempat wisata di Gorontalo ini menawarkan sensasi menginap di tepi pantai layaknya yang ada di Maldives.

16. Desa Wisata Religi Bongo

Desa Wisata Religi Bongo cocok untuk dikunjungi jika ingin merasakan nikmatnya tinggal di pedesaan. Di sini, kamu bisa merasakan pengalaman nikmatnya hidup layaknya orang desa. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menginap di bangunan dengan bentuk yang unik, yang tenang karena jauh dari perkotaan.

17. Air Terjun Didingga

Air Terjun Didingga memiliki daya tarik berupa air terjun yang sangat indah. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih. Tempat wisata di Gorontalo ini sangat cocok untuk dikunjungi bagi kamu yang menginginkan suasana yang masih sangat alami.

7 dari 7 halaman

18. Bukit Layang

Bukit Layang memungkinkan pengunjung dapat menikmati landscape Kota Gorontalo dari ketinggian. Tidak hanya itu, jika kamu datang di pagi buta, kamu berkesempatan untuk menyaksikan indahnya matahari terbit.

19. Air Terjun Taludaa

Air Terjun Taludaa sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang menginginkan suasana yang menyegarkan. Tempat wisata di Gorontalo yang juga disebut sebagai Air Terjun Permai ini memiliki ketinggian sekitar 46 meter dari permukaan tanah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.