Sukses

10 Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami, Aman dan Ampuh Banget

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan kulit tubuh secara alami dapat dilakukan hanya menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar. Kulit tubuh putih dan mulus merupakan idaman setiap wanita, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Dengan begitu, banyak kaum hawa yang memilih menggunakan produk pencerah kulit dan perawatan mahal untuk mendapatkan kulit tubuh yang putih dan mulus. Namun bagi sebagian orang, perawatan tersebut terbilang mahal. Untuk itu, banyak wanita yang mencari cara memutihkan kulit tubuh secara alami dengan bahan-bahan sederhana dan mudah ditemukan.

Perlu diketahui bahwa kulit kusam dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih, dehidrasi, hingga penumpukan sel kulit mati. Oleh karena itu, cara memutihkan kulit tubuh secara alami dipercaya lebih aman karena tidak memberikan efek samping.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara memutihkan kulit tubuh secara almi yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (30/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami

1. Bengkoang

Cara memutihkan kulit tubuh yang paling terkenal adalah dengan menggunakan bengkoang. Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting untuk memutihkan kulit dan menjaga kulit agar tetap bersih bersinar.

Berikut caranya:

a. Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air.

b. Gunakan sarinya sebagai masker lulur mandi yang alami.

c. Bisa juga dicampurkan dengan parutan bengkoang yang nanti berfungsi sebagai scrub

2. Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran kulit terjaga sehingga kulit tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkar mata hitam anda.

Berikut caranya:

a. Blender mentimun tanpa air hingga berbentuk seperti jel.

b. Usapkan pada seluruh tubuh.

c. Diamkan selama 30 menit.

d. Lalu basuh dengan menggunakan air bersih sembari mandi.

3. Tomat

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar kulit cerah dan berseri. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV. Berikut caranya:

a. Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur.

b. Lalu oleskan pada seluruh tubuh.

c. Diamkan selama 30 menit.

d. Lalu bilas dengan air bersih atau mandi.

3 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami

4. Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat mengurangi bercak hitam serta meredakan jerawat. Cara memutihkan kulit tubuh menggunakan cuka apel dapat dilakukan secara rutin 1–2 kali sehari. Berikut caranya:

a. Encerkan cuka apel menggunakan air dengan perbandingan 1:1.

b. Oleskan larutan tersebut ke kulit, diamkan selama 2–3 menit, lalu bilas.

5. Yogurt

Tentu Anda tahu bahwa yogurt merupakan produk olahan susu. Oleh karena itu, yogurt mengandung kalsium dan zinc. Kalsium dalam yogurt berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit. Ada juga vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan kulit Anda dan membuatnya bersinar alami. Berikut caranya:

a. Sediakan yogurt segar tanpa rasa.

b. Gunakan sebagai lulur pada tubuh.

6. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang dapat menetralkan radikal bebas. Kunyit termasuk dalam salah satu cara memutihkan kulit tubuh secara alami dan cepat. Berikut caranya:

a. Krim susu dan bubuk kunyit.

b. Campurkan kedua bahan tersebut hingga berbentuk pasta.

c. Oleskan pada seluruh tubuh.

d. Diamkan selama 15 menit.

e. Bilas dengan air hangat.

4 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami

7. Lidah Buaya

Cara memutihkan kulit tubuh secara alami yang berikutnya adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya merupakan bahan kosmetik yang sering ditemui produk pencerah kulit. Berikut caranya:

a. Petik daun lidah buaya secukupnya.

b. Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah.

c. Oleskan secara merata pada tubuh Anda.

d. Diamkan selama 15 menit.

e. Bilas dengan air bersih.

8. Air Beras

Ketika hendak menanak beras, jangan terburu-buru untuk membuang air bekas mencuci berasnya. Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan dapat memutihkannya. Berikut caranya:

a. Saat mencuci beras, jangan buang airnya.

b. Biarkan air beras agar mengendap.

c. Gunakan endapan air beras sebagai lulur alami.

9. Lemon

Jeruk lemon mengandung kaya anti-oksidan dan vitamin C. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Berikut caranya:

a. Siapkan buah lemon dan peras.

b. Oleskan perasan lemon pada kulit Anda.

c. Biarkan selama beberapa menit.

d. Bilas dengan air bersih sambil mandi.

Cara ini akan membuat kulit Anda menjadi segar dan merona karena lemon merupakan alat bleaching yang alami.

10. Pepaya

Enzim papain yang terkandung dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit kulit Anda. Berikut caranya:

a. Siapkan buah pepaya.

b. Haluskan pepaya menggunakan blender.

c. Jadikan sebagai lulur.

d. Diamkan selama 30 menit.

e. Mandi dengan air hangat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.