Sukses

15 Cara Memutihkan Wajah dalam 1 Minggu yang Mudah dan Aman

Cara memutihkan wajah dalam 1 minggu dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat dan menggunakan bahan-bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan wajah dalam 1 minggu bisa kamu lakukan dengan berbagai metode. Cara memutihkan wajah bisa dilakukan dengan cara modern menggunakan berbagai peralatan canggih atau secara alami dengan melakukan perawatan rutin dan menggunakan bahan-bahan alami. 

Penggunaan bahan-bahan alami untuk memutihkan wajah dengan cepat menjadi pilihan banyak orang, karena lebih murah dan aman. Sementara itu, penggunaan peralatan modern tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, walaupun langkah ini lebih praktis.

Cara memutihkan wajah dalam 1 minggu dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat dan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan seperti buah, tanaman sayur, dan bahan sehat lainnya dapat kamu gunakan untuk memutihkan wajah dengan penerapan rutin.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/10/2022) tentang cara memutihkan wajah dalam 1 minggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Wajah dalam 1 Minggu

Minum Cukup Air

Cara memutihkan wajah dalam 1 minggu yang pertama yaitu minum cukup air. Menjaga kulit tetap terhidrasi akan membuatnya nampak sehat dan cerah. Kulit kering dapat memicu produksi minyak berlebih, yang dapat berkontribusi pada jerawat. Menjaga asupan air bisa membantu menjaga kulit tetap lembut dan halus.

Lemon

Lemon yang juga kaya antioksidan dan vitamin C juga bisa dijadikan cara memutihkan wajah dalam 1 minggu. Tidak hanya itu, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Caranya menggunakannya sebagai berikut:

1. Oleskan perasan air lemon pada wajah Anda

2. Diamkan selama 15 menit

3. Bilas dengan air hangat

Pepaya

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah kamu.

Cara menggunakannya mudah saja, pertama haluskan pepaya. Setelah lembut, gunakan sebagai masker. Lalu, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Melakukan perawatan ini dengan rutin selama 2 3 kali dalam seminggu akan membantu kulit wajah memutih dengan cara yang alami.

3 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Wajah dalam 1 Minggu

Hindari makanan dan minuman tertentu

Makanan tertentu dapat memicu kulit memerah, bahkan gelap. Menghindarinya dapat membantu mempertahankan warna kulit putih. Cara memutihkan wajah dalam 1 minggu yaitu dengan menghindari makanan dan minuman seperti alkohol, makanan pedas, makanan tinggi gula, susu, dan gorengan.

Tomat

Cara memutihkan wajah dalam 1 minggu bisa juga menggunakan tomat. Senyawa antioksidan yaitu likopen yang ada dalam tomat terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah dan berseri. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur. Kemudian oleskan pada wajah, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Terapkan secara rutin 2-3 kali seminggu maka kamu akan melihat hasilnya.

Yoghurt

Yoghurt mengandung kalsium dan zinc yang baik untuk wajah. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi, sedangkan zinc berperan mengatasi masalah kulit. Ada juga vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan kulit dan membuatnya bersinar alami. Penggunaanya cukup mudah, cukup dengan menyediakan yoghurt segar tanpa rasa, lalu gunakan sebagai lulur pada tubuh.

4 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Wajah dalam 1 Minggu

Hindari stres

Stres dapat berdampak pada kesehatan kulit. Para ilmuwan percaya bahwa itu dapat meningkatkan tingkat peradangan, menurunkan aliran darah ke kulit, dan menunda penyembuhan kulit. Mengurangi stres dan meluangkan waktu untuk bersantai bisa menjadi upaya dalam cara memulihkan kulit yang sehat.

Lidah Buaya

Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya. Selain itu, lidah buaya juga berfungsi untuk melembabkan dan membersihkan kulit wajah.

Cara memutihkan wajah dalam 1 minggu dengan lidah buaya adalah sebagai berikut:

1. Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah

2. Oleskan secara merata pada kulit wajah

3. Diamkan selama 15 menit

4. Bilas dengan air bersih. Sebaiknya lakukan cara ini secara rutin pada pagi dan sore hari agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar penuaan wajah dapat melambat dan membantu regenerasi kulit. Anti-oksidannya yang alami juga berperan penting agar noda atau flek wajah dapat tersamarkan dan hilang sempurna.

Cara menggunakannya cukup dengan tumbuk halus kentang yang telah direbus, lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta. Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Cara memutihkan wajah dalam 1 minggu ini akan efektif jika kamu mengaplikasikannya secara rutin pada malam hari sebelum tidur.

5 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Wajah dalam 1 Minggu

Tidur yang cukup

Tidur dapat membantu mendukung kesehatan mental dan memungkinkan tubuh untuk pulih dari kerusakan, yang dapat bermanfaat bagi kulit. Kurang tidur dikaitkan dengan penuaan kulit, berkurangnya fungsi penghalang, dan ketidakpuasan dengan penampilan kulit.

Tepung Beras

Salah satu cara memutihkan wajah dalam 1 minggu yaitu menggunakan tepung beras. Hal ini karena tepung beras mengandung vitamin B, allantoin dan juga tirosinane yang bisa mambuat kulit cerah secara alami. Kamu bisa menggunakan susu ataupun madu sebagai bahan campuran untuk masker tepung beras.

Cara membuat masker ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu siapkan 1 sendok makan tepung beras, kemudian tambahkan 1 sendok makan susu full cream dan aduk hingga merata. Setelah itu usapkan pada wajah kurang lebih 15 menit. Selanjutnya, kamu bisa bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

Putih Telur

Protein yang tinggi akan membantu regenerasi kulit agar sel kulit mati segera hilang dan tergantikan dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Kamu bisa menerapkan cara memutihkan wajah dalam 1 minggu menggunakan putih telur dengan mudah.

Tinggal pisahkan putih dan kuning telur, lalu kocok hingga berbusa. Kamu bisa menambahkan madu dan jeruk nipis agar bau amis dapat tersamarkan. Terapkan pada wajah, kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, tinggal bilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin setelah mandi.

6 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Wajah dalam 1 Minggu

Berolahraga

Cara memutihkan wajah dalam 1 minggu lainnya yaitu dengan berolahraga. Berolahraga bisa membantu memperbaiki struktur kulit. Para peneliti menyarankan kamu untuk olahraga teratur karena itu dapat meningkatkan kerusakan kulit yang berkaitan dengan usia.

Mentimun

Mentimun dikenal kaya mineral dan vitamin yang dapat menyegarkan kulit. Jika kamu mengalami wajah kusam, maka mentimun menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasinya. Berikut cara penggunaannya, pertama-tama iris timun tipis-tipis. Kemudian tempelkan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit dan basuh wajah hingga bersih.

Madu

Cara memutihkan wajah dalam 1 minggu adalah dengan menggunakan madu. Madu berfungsi sebagai pelembap alami sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati. Cara pemakaiannya, oleskan madu pada seluruh tubuh lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan kulit putih alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.