Sukses

19 Wisata Alam Indonesia yang Terbaik dan Mendunia, Cuilan Surga di Nusantara

Tempat wisata alam Indonesia ada beragam mulai dari pemandangan gunung, hingga alam bawah laut yang alami dengan ikan warna-warni.

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Indonesia memang sudah tak perlu diragukan lagi. Keindahan dan keeksotisan alamnya mampu terkenal ke seluruh dunia. Kekayaan alamnya tersebut bisa ditemui dari Sabang sampai Merauke.

Tempat wisata alam Indonesia ada beragam mulai dari pemandangan gunung, hingga alam bawah laut yang alami dengan ikan warna-warni. Kekayaan alam yang ada di Indonesia membuat potensi wisata alam Indonesia tak akan ada habisnya untuk dieksplorasi. 

Apabila kamu suka mengeksplorasi alam, mengunjungi potensi wisata alam Indonesia wajib dilakukan. Potensi wisata alam Indonesia ini sangat cocok dinikmati keindahannya. Dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman traveling yang menyenangkan dan seru.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata alam Indonesia terbaik dan mendunia yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Alam Indonesia yang Berupa Pantai Terbaik dan Mendunia

1. Pantai Pink, Komodo

Pink Beach merupakan pantai yang berada di cekungan bagian selatan Pulau Komodo. Warna pink di pantai ini berasal dari batuan koral yang hancur di lautan. Namun ada yang bilang, pasir merah jambu tersebut berasal dari hewan mikroskopik bernama firaminifera.

2. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Tempat wisata alam Indonesia yang berikutnya adalah Pantai Tanjung Tinggi di Belitung. Pantai Tanjung Tinggi dikenal dengan bebatuan granit raksasa di sepanjang pesisirnya. Pantai Tanjung tinggi diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Keistimewaan dari pantai berpasir putih ini adalah ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai.

3. Pantai Nihiwatu, Sumba

Pantai Nihiwatu merupakan salah satu tempat wisata alam Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Pantai ini bahkan masuk dalam 17 besar World’s 100 Best Beaches In The World oleh CNN pada 2016 lalu. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, air super jernih, dan panorama matahari terbenam yang cantik.

4. Nusa Penida, Bali

Salah satu tempat wisata Indonesia terbaik dan mendunia dari Pulau Bali adalah Nusa Penida. Nusa Penida sekarang tentunya sangat banyak diminati wisatawan. Apalagi dengan keindahan yang ditawarkan oleh Nusa Penida dengan berbagai pantai uniknya. Tidak salah bila Nusa Penida menjadi salah satu destinasi yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Berbagai destinasi menarik bisa kamu kunjungi seperti Pantai Kelingking, Angel’s Billabong, Pantai Atuh, Pasih Uug (Broken Beach), Crystal Bay, hingga Mata Air Tembeling.

5. Pantai Ora, Seram Utara

Wisata alam Indonesia di Maluku yang memiliki keindahan tiada tara adalah Pantai Ora di Seram Utara. Dengan pantai yang dihiasi oleh pegunungan, laut biru yang jernih serta pepohonan yang rindang, panorama alamnya membuat siapa saja betah tinggal di sini. Selain pemandangan yang luar biasa indahnya, pondok-pondok yang eksotis juga menambah keunikan Pantai Ora.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Alam Indonesia yang Berupa Keindahan Bawah Laut Terbaik dan Mendunia

6. Raja Ampat, Papua

Raja Ampat merupakan rumah bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska. Menurut laporan yang dikembangkan oleh The Nature Conservancy dan Conservation International, sekitar 75% spesies dunia hidup di Raja Ampat.

7. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi berada pada wilayah "Coral Tri-Angle" atau wilayah segitiga terumbu karang, yaitu wilayah yang memiliki keanekaragaman terumbu karang dan keanekaragaman hayati laut lainnya tertinggi di dunia. Wakatobi memiliki 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia.

8. Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken termasuk dalam International Heritage yang menjadi favorit para penyelam baik lokal hingga mancanegara. Bunaken terkenal dengan underwater great walls atau biasa disebut hanging walls yang merupakan dinding-dinding karang besar berbentuk vertikal dan melengkung ke atas.

9. Gili Trawangan, NTB

Lombok menjadi daya tarik wisata yang tak kalah eksotis dari Bali sebagai salah satu tempat wisata alam Indonesia terbaik dan mendunia. Jajaran pantai, gugusan pulau kecil, dan kehidupan laut yang spektakuler untuk dijelajahi, pulau Lombok menjadi paket lengkap untuk berlibur di kawasan Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, Lombok juga terkenal dengan Gili yang dimilikinya. Gili berarti pulau kecil dalam bahasa Sasak. Lombok memiliki lebih dari 20 Gili. Tiga yang paling diminati wisatawan adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

10. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur merupakan gugusan pulau yang keindahannya sudah memikat dunia internasional. Salah satu objek wisata yang paling terkenal di kepulauan Derawan adalah spesies ubur-ubur yang tidak berbahaya. Banyak wisatawan lokal maupun luar negeri yang berbondong-bondong untuk menikmati keindahan ubur-ubur ini. Pemandangan baik di daratan maupun pemandangan di bawah laut Kepulauan Derawan ini benar-benar sangat mengagumkan.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Alam Indonesia yang Berupa Pegunungan Terbaik dan Mendunia

11. Rinjani, Lombok

Tempat wisata alam Indonesia yang berikutnya adalah Gunung Rinjani. Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan gunung favorit bagi pendaki karena keindahan pemandangannya. Salah satu daya tarik terbesar Rinjani adalah Danau Segara Anak dengan warna biru lautnya.

12. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo tentunya tidak boleh dilupakan sebagai tempat wisata alam Indonesia terbaik dan mendunia. Tak berbeda jauh dengan pemandangan Gunung Semeru yang indah, Bromo menyajikan pemandangan sunrise dan padang pasirnya yang sangat luas.

Salah satu tempat wisata alam Indonesia ini tidak terlalu tinggi, kamu bisa menuju puncaknya dengan menyusuri tangga yang ada. Selain itu, kamu juga dapat berkeliling di kawasan Gunung Bromo dengan menunggangi kuda.

13. Pegunungan Dieng, Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo merupakan kawasan pegunungan eksotis di Jawa Tengah. Dieng adalah dataran tinggi yang curam dan terjal, tetapi ditanami oleh berbagai macam tanaman dan sayuran.

14. Pengunungan Jayawijaya

Pegunungan Jaya Wijaya adalah rangkaian pegunungan tertinggi di Indonesia. Di puncak Jaya Wijaya ini juga terdapat ada salju abadi satu-satunya di Indonesia. Ketiga puncak di pegunungan ini yaitu Puncak Carstens, Puncak Mandala, dan Puncak Trikora masuk dalam “seven summits” dunia. Puncak ini memiliki trek pendakian yang amat sulit dan biaya pendakian yang terbilang sangat mahal.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Alam Indonesia yang Berupa Danau Terbaik dan Mendunia

15. Danau Toba, Sumatera Utara

Tempat wisata alam Indonesia terbaik dan mendunia berikutnya adalah Danau Toba. Danau Toba merupakan danau kawah kebanggaan Sumatera Utara sekaligus kebanggaan Indonesia. Danau Toba ditempatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga termasuk danau terdalam di dunia yaitu sekira 450 meter.

16. Danau Sentani, Papua

Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau terluas di Papua ini memiliki 21 buah pulau kecil yang ditinggali oleh Suku Sentani. Di danau ini juga terdapat 30 spesies ikan air tawar dan empat di antaranya merupakan endemik Danau Sentani.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Alam Indonesia yang Berupa Konservasi Terbaik dan Mendunia

17. Taman Nasional Komodo

Tempat wisata alam Indonesia terbaik dan mendunia yang selanjutnya adalah Taman Nasional Komodo. Taman Nasional Komodo memiliki tiga pulau utama, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar. Dua dari tiga pulau ini dijadikan Warisan Alam UNESCO karena menjadi habitat asli komodo.

18. Hutan Hujan Tropis Sumatera

Hutan Hujan Tropis Sumatera merupakan lokasi pelestarian untuk beberapa spesies yang hampir punah seperti harimau Sumatera, orangutan Sumatera, gajah Sumatera dan badak Sumatera bercula dua. Hutan Hujan Tropis terbagi menjadi beberapa area, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

19. Ujung Kulon, Banten

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan kawasan konservasi melingkupi area 1.206 kilometer persegi, dengan 443 km persegi berada di perairan. Beberapa jenis tumbuhan dan satwa yang terancam punah dapat ditemukan di sini. Ujung Kulon diresmikan oleh UNESCO sebagai Warisan Alam pada 1991.

Ujung Kulon juga menjadi tempat tinggal dari badak Jawa yang paling serius menghadapi kepunahan. Di sini terdapat hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan hujan tropika dataran rendah, dan padang rumput.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.