Sukses

25 Cara Merawat Wajah Secara Alami, Sehat Tanpa Efek Samping

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat wajah secara alami dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Memiliki kulit yang terlihat cerah dan bersinar merupakan dambaan semua orang, termasuk perempuan. Untuk mewujudkannya, ternyata tidak sulit dan tidak harus menggunakan produk yang mahal.

Merawat wajah secara alami dapat menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar kita dan bisa dengan kebiasaan sehari-hari. Salah satu kebiasaan yang kerap tidak kita sadari ternyata membawa dampak baik untuk kesehatan wajah adalah olahraga.

Cara merawat wajah secara alami, sehat dan tanpa efek samping bisa mulai coba kamu terapkan sehari-hari. Dengan begitu, cara merawat wajah secara alami dapat kamu rasakan dengan maksimal.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara merawat wajah secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (24/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Merawat Wajah Secara Alami dan Sehat

1. Lidah Buaya

Cara merawat wajah secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Manfaat yang akan kita dapatkan dari menggunakan lidah buay yaitu membersihkan komedo, mencerahkan kulit wajah, menyegarkan wajah dan mengecilkan pori-pori wajah.

2. Mentimun

Cara merawat wajah secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Sifat ini dipercaya mampu mengatasi masalah yang terjadi pada kulit wajah, termasuk menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo secara alami, yaitu:

a. Ambil ½ buah timun, 1 sendok teh perasan air lemon, dan 1 sendok teh air perasan daun mint.

b. Lumatkan semua bahan dengan blender, masukan ke dalam botol kecil, dan dinginkan dalam lemari es selama sekitar 10 menit.

c. Oleskan ramuan tersebut pada wajah, lalu diamkan.

d. Setelah 15 menit, bilas wajah dengan air hangat dan ikuti dengan air dingin.

e. Lakukan perawatan ini secara teratur seminggu sekali.

3. Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan Vitamin E, A dan C nya berfungsi sebagai anti-oksidan yang bisa membantu untuk menutrisi dan melembapkan kulit Anda.

Perawatan dengan menggunakan pepaya, akan menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah, dan membersihkan komedo. Pepaya bisa dimanfaatkan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah.

4. Scrub Kopi Gula

Kopi memang telah biasa digunakan sebagai minuman. Sedangkan gula digunakan sebagai perasa manis. Namun ternyata, gabungan kedua bahan ini bisa dimanfaatkan sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati. Hal ini sangat berguna sebagai bahan untuk merawat kulit wajah.

5. Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu menyembuhkan kulit dari peradangan. Kentang juga bisa sekaligus menghilangkan bekas jerawat di badan. Cara menerapkannya adalah sebagai berikut:

a. Iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada jerawat di wajah.

b. Biarkan selama 10 menit.

c. Cuci wajah dengan air bersih.

d. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

3 dari 6 halaman

Cara Merawat Wajah Secara Alami dan Sehat

6. Minyak Kelapa

Cara merawat wajah secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah, termasuk asam laurat. Asam laurat menunjukkan sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang memerangi bakteri penyebab jerawat. Cara menerapkannya adalah sebagai berikut:

a. Ambil satu sendok makan minyak kelapa murni di telapak tangan.

b. Pijat secara merata di wajah.

c. Diamkan minyak selama 30 menit sebelum dibilas.

d. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari.

7. Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik, yang merupakan bakteri baik yang hidup di usus. Yogurt bisa membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Yogurt plain bisa dikonsumsi setiap hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, yogurt juga baik untuk perawatan wajah. Tingginya kadar air dalam yoghurt dapat membantu Anda melembapkan kembali kulit kering dan kusam. Hasilnya yaitu kulit wajah yang kenyal, elastis, dan lebih cerah.

8. Teh Hijau

Teh hijau bermanfaat untuk mengobati jerawat, dikonsumsi baik secara diminum atau diaplikasikan pada kulit. Ini berkat kandungan polifenol yang mengurangi sekresi sebum dan jerawat. Cara menerapkannya adalah sebagai berikut:

a. Tambahkan satu sendok teh teh hijau ke dalam secangkir air panas.

b. Seduh selama 5 sampai 7 menit dan saring.

c. Setelah teh agak dingin, celupkan kapas ke dalamnya.

d. Terapkan dengan lembut di wajah yang berjerawat.

e. Biarkan selama 15 hingga 20 menit dan kemudian bersihkan dengan air.

f. Lakukan ini 2 hingga 3 kali sehari.

g. Untuk manfaat tambahan, teh hijau juga bisa diminum secara rutin.

9. Madu

Siapa yang tak tahu jika madu merupakan bahan alami yang begitu terkenal di dunia kecantikan. Madu ini bisa kamu gunakan untuk menghilangkan flek hitam membandel. Cara menerapkannya adalah sebagai berikut:

a. Gunakan madu sebagai masker wajah.

b. Diamkan selama 20 menit.

c. Kemudian bilas dengan air bersih.

d. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

10. Oatmeal

Cara merawat wajah secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan oatmeal. Oatmeal juga cocok dipakai untuk menghilangkan flek hitam yang membandel. Kandungan sapoin yang terdapat dalam oatmeal berfungsi membuang sel kulit mati sekaligus mempercerah kulit wajah dengan cepat.

4 dari 6 halaman

Cara Merawat Wajah Secara Alami dan Sehat

11. Soda Kue

Kemunculan flek hitam membandel bisa disebabkan oleh bekas jerawat. Nah untuk menghilangkan bekas jerawat ini bukan hal mudah. Salah satunya kamu bisa menggunakan soda kue untuk menghilangkannya.

12. Buttermilk

Buttermilk juga bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam yang membandel bekas jerawat. Manfaat lainnya yakni bisa membantu untuk memudarkan noda dan flek hitam namun tidak menimbulkan sensasi terbakar pada kulit. Kandungan asam laktat di dalamnya akan mengurangi pigmentasi kulit dan mencerahkan kulit Anda secara bertahap.

13. Susu

Cara merawat wajah secara alami bisa menggunakan susu. Pada wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal dan tidak berkerut. Susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen, serta vitamin B6 di dalamnya berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap.

14. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang juga bisa digunakan sebagai cara merawat wajah secara alami. Kandungan nutrisi yang ada pada buah alpukat ialah karotenoid antioksidan, vitamin E dan juga vitamin C. Vitamin C pada alpukat bisa membuat kulit tetap kenyal.

15. Air Beras

Masker air beras dapat membantu merawat kerutan dan garis halus. Beras mengandung asam linoleat dan squalene yang meningkatkan produksi kolagen. Hal ini dapat membantu menjaga elastisitas kulit. Beras adalah sumber vitamin B yang kaya yang mendorong pertumbuhan sel dan memperlambat penuaan.

5 dari 6 halaman

Cara Merawat Wajah Secara Alami dan Sehat

16. Pisang

Pisang dikenal sebagai botox alami, mengandung nutrisi melawan kerutan super yang membantu memudarkan bintik-bintik penuaan dan mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Nutrisi dalam pisang membantu melawan keriput dan menjaga kulit tetap awet muda.

17. Kunyit

Cara merawat wajah secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan mengeluarkan cahaya alaminya.

18. Putih Telur

Putih telur mengandungan protein yang tinggi. Tak heran jika putih telur bermanfaat dalam regenerasi kulit dan mampu mengangkat sel kulit mati. Hal ini yang menjadikan putih telur cocok untuk menghilangkan bekas jerawat hitam. Cara menghilangkan bekas jerawat adalah sebagai berikut:

a. Siapkan 1 butir telur ambil putih telurnya.

b. Kocok putih telur hingga berbusa, lalu tambahkan madu atau jeruk nipis.

c. Oles rata ke bagian tubuh yang belang dan diamkan 30 menit.

d. Langkah terakhir, bilas menggunakan air hangat.

e. Lakukan perawatan ini secara rutin sebelum mandi agar kulit belang dapat hilang dengan cepat.

19. Minyak Zaitun

Cara merawat wajah secara alami yang lainnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mampu mencerahkan kulit yang belang. Minyak zaitun juga dapat menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit karena kandungan zat linoleic acid di dalamnya.

20. Tomat

Adanya kandungan antioksidan dalam tomat yaitu lycopine dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan tabir surya alami. Sehingga mampu membuat kulit tubuh kembali cerah sekaligus berkilau. Buah tomat juga mengandung vitamin C dan E yang baik untuk kulit.

6 dari 6 halaman

Cara Merawat Wajah Secara Alami dan Sehat

21. Daun Mint

Daun mint kaya akan vitamin A yang mampu berperan sebagai penghilang noda bekas jerawat. Vitamin A ini berfungsi untuk mengendalikan produksi minyak pada kulit dan menjaganya agar tetap lembut. Cara menghilangkan bekas jerawat adalah sebagai berikut:

a. Siapkan beberapa helai daun mint.

b. Hancurkan daun mint dan saring untuk mendapatkan sari-sarinya.

c. Oleskan sari daun mint ini pada noda bekas jerawat.

d. Diamkan sampai benar-benar mengering atau sekitar 30 menit.

e. Bersihkan wajah dengan membilasnya menggunakan air dingin.

22. Bengkoang

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bahan baku bengkoang sebagai pemutih. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting untuk memutihkan wajah dan menjaga wajah agar tetap bersih bersinar. 

23. Bersihkan Wajah 2-3 Kali Sehari

Cara merawat wajah secara alami yang lainnya adalah membersihkan wajah. Kegunaannya bukan hanya untuk menjaga kebersihan kulit, tapi mengurangi minyak di kulit. Membersihkan wajah memang ritual yang tidak boleh kamu lewati, selain untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, juga akan mendapatkan wajah yang cerah dan segar.

Namun jangan terlalu sering membersihkan wajah. Pasalnya, membersihkan wajah secara berlebihan dapat mengurangi kadar minyak yang ada. Sekedar informasi, minyak pada wajah juga memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan keseimbangan kadar minyak dan air jadi penentu kondisi kelembaban kulit wajah. Jadi, sebagai cara merawat wajah secara alami, sebaiknya bersihkan wajah 2-3 kali sehari saja.

24. Rutin Melakukan Olahraga

Cara merawat wajah secara alami selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Dengan rutin berolahraga, bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, namun juga berpengaruh pada kesehatan kulit Anda.

Disaat berolahraga, kelenjar keringat banyak memproduksi keringat dari pori-pori kulit. Nah, keringat tersebut membuat kotoran-kotoran yang terkunci di dalam pori-pori ikut terdorong keluar, sehingga pori-pori kembali bersih. Selain itu, sirkulasi oksigen yang lebih lancar saat berolahraga membuat kulit di tubuh juga wajah lebih cerah dan merona. 

25. Cukupi Kebutuhan Air Putih Setiap Hari

Selain menjaga kebersihan dan melakukan perawatan, cara merawat wajah secara alami yang selanjutnya adalah dengan wajib mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari. Minum air putih bukan hanya menghilangkan dehidrasi saja, melainkan melarutkan racun dari dalam tubuh. Manfaat air putih dalam perawatan wajah kusam mampu menjaga kelembapan dan kehalusan kulit. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.