Sukses

24 Tempat Wisata Belitung Paling Hits, Rasakan Pengalaman Foto di Bawah Air

Berikut sejumlah rekomendasi tempat wisata Belitung yang paling hits dan menawarkan pengalaman baru.

Liputan6.com, Jakarta Pulau Belitung adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatera, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. berdasarkan lokasinya secara geografis, tidak mengherankan jika banyak tempat wisata Belitung berupa pantai yang sangat indah dan terkenal.

Namun perlu untuk diketahui bahwa tempat wisata Belitung tidak hanya pantai saja. Ada banyak tempat wisata Belitung di luar pantai yang tak kalah indahnya. Di Pulau belitung juga terdapat perbukitan, air terjun, dan sebagainya.

Yang jelas, tempat wisata Belitung menyediakan berbagai macam tempat wisata yang cukup lengkap. Bahkan ada satu tempat wisata Belitung yang sangat inovatif di mana pengunjung bisa mengambil foto di bawah air. Berfoto di bawah air pasti akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan dan menyenangkan.

Penasaran dengan tempat wisata Belitung? Berikut adalah sejumlah rekomendasi tempat wisata Belitung, yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (22/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pantai Tanjung Tinggi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Pulau Belitung terkenal dengan pantai-pantainya yang indah. Maka kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisata Belitung berupa pantai. Yang pertama yaitu Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai ini terkenal berkat film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Pantai Tanjung tinggi diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan.

Keistimewaan dari pantai berpasir putih ini adalah ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai. Ukuran granit tersebut mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik bahkan lebih besar dari sebuah bangunan rumah.

Pantai Tanjung Kelayang

Mirip seperti Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang juga memiliki bebatuan granit super besar. Bentuknya sangat mirip dengan kepala burung garuda. Pada 2016 silam pantai Tanjung Kelayang ditetapkan pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)dengan kegiatan utama di bidang pariwisata. Hal ini membuat pantai Tanjung Kelayang menjadi salah satu tempat wisata Belitung unggulan.

Pantai Punai

Beralih ke sisi tenggara Belitung, kamu bisa menjumpai pantai Punai yang berada di desa Tanjung Kelumpang. tempat wisata Belitung ini juga terdapat batu-batuan granit, hanya saja gugusan batu granit di pantai Punai berukuran lebih kecil. Dari pantai ini, kamu juga bisa menyebrang ke sebuah pulau kecil dengan berjalan kaki di perairan dangkal. Pulau ini sendiri dahulu merupakan habitat dari burung Punai sehingga dikenal dengan nama Pulau Punai.

Pantai Penyabong

Kalau kamu masih tidak puas menikmati indahnya pemandangan laut di Belitung, kamu bisa mampir ke Pantai Penyabong. Tempat wisata Belitung ini terletak di Padang Kandis, Membalong, Kabupaten Belitung.

Di pantai ini kamu dapat menikmati indahnya panorama pantai dan laut Belitung yang juga dikelilingi oleh batu-batu granit yang berukuran besar. Di pantai ini terdapat dua batu granit berukuran besar yang Batu Baginde. Kamu bisa mencoba naik ke atas batu granit yang ada di pantai tersebut dan menikmati indahnya pemandangan pantai dan laut yang masih bersih dan alami sambil menyaksikan jajaran pulau yang indah di tengah lautan.

3 dari 7 halaman

Pantai Tanjung Pendam

Bagi penggemar kerajinan tangan, atau yang ingin melihat karya warga lokal sekaligus menikmati indahnya pantai, Tanjung Pendam adalah tempat wisata Belitung yang wajib dikunjungi.

Tersohor sebagai titik untuk menikmati sunset, bisa bersantai pendopo yang sudah disediakan di sepanjang pantai atau duduk manis di pasir di bawah deretan pohon yang meneduhkan untuk menyaksikan langit berganti warna.

Tak perlu pikir panjang, hanya 25 menit saja dari bandara, kalian sudah tiba di pantai Tanjung Pendam. Dengan pasir putihnya dan air laut yang tenang, pengunjung pun bisa berenang santai di sepanjang pantai ini. Di kejauhan sebuah pulau akan tampak dengan jelas. Itulah Pulau Kalimuak, pulau kecil yang menyimpan beberapa peninggalan zaman kolonial, seperti tugu dan sumur tua yang diduga sebuah terowongan, serta gapura dan gazebo bergaya Tiongkok dan benda-benda yang dikeramatkan.

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas adalah salah satu pulau di Belitung yang memiliki mercusuar kuno setinggi 70 meter yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda 1882. Nilai sejarah disini terkenal dengan kisah yang terjadi pada abad ke-17 dimana Pulau Belitung jadi tujuan dagang para saudagar China dan Arab. Hal ini dibuktikan dengan penemuan keramik-keramik Dinasti Ming dari abad 17 di wilayah tambang Kepenai, Buding, dan Kelapa Kampit.

Pulau Lengkuas dapat dicapai dengan menyewa perahu nelayan dari beberapa tempat, yaitu Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, atau Tanjung Tinggi. Waktu tempuh menggunakan perahu dari Tanjung Kelayang ke Pulau Lengkuas memakan waktu sekitar 20 menit. Sementara itu, dibutuhkan waktu sekitar 30-45 menit apabila menumpang perahu dari Tanjung Binga atau Tanjung Tinggi.Untuk menuju ke lokasi penyewaan perahu, perjalanan memerlukan waktu sekitar setengah jam dari bandara H.A.S Hanandjoeddin.

Desa Nelayan (Tanjung Binga)

Sebelum berlayar ke Pulau Lengkuas, ada baiknya singgah di Desa Nelayan Tanjung Binga. Tempat wisata Belitung ini dapat ditempuh dalam waktu 30 menit saja dari bandara. Melintasi kampung ini, pengunjung akan disajikan pemandangan ikan-ikan yang menjadi hasil tangkapan nelayan yang sedang dijemur di pinggir jalan. Selain itu, keramahan penduduk kampung membuat pengunjung akan merasa nyaman saat mampir ke kampung yang menjadi penghasil ikan asin terbesar di Belitung ini. Ikan-ikan hasil tangkapan nelayan nantinya akan dipasarkan ke seluruh Belitung dan Jakarta. Jenis ikan yang menjadi hasil tangkapan nelayan adalah ikan Laisy.

Batu Mentas

Lokasi tepatnya berada di Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat. Kalian bisa mencapainya dengan menggunakan mobil dari bandara selama kurang lebih 30 menit. Tempat wisata Belitung ini memiliki keindahan alam dengan air sungainya yang jernih dan dikelilingi ribuan batu granit, serta hutan yang lebat, dan keunikan flora dan fauna. Selain itu di batu Mentas terdapat penangkaran hewan terlangka yaitu Pelilean dan Rusa Belitung.

Belum lagi kehidupan masyarakat lokal dengan sentra kebun nanas dan ladanya, juga akan jadi pengalaman seru ketika berukunjung kesana. Warga Batu Mentas juga terkenal dengan keahlian membuat kerajinan anyaman dan kerajinan rotan, yang cocok untuk buah tangan.

4 dari 7 halaman

Bukit Peramun

Bukit Peramun adalah sebuah tempat wisata Belitung yang terkenal dengan pemandangan dan satwa endemiknya. Satwa yang ada di sini yang juga menjadi daya tariknya adalah Tarsius. Bukit dengan ketinggian sekitar 129 meter ini dapat didaki selama 30 menit lamanya.

Bukit Pangkuan

Bukit Pangkuan adalah sebuah tempat wisata Belitung dengan konsep agrowisata. Bukit Pangkuan cocok dikunjungi oleh keluarga karena ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor. Sebagai tempat agrowisata, setiap pengunjung diajak untuk memanen setiap buah yang telah siap. Mulai dari kelengkeng, rambutan, melon, jambu, hingga sirsak, semuanya bisa ditemukan jika berkunjung ke Bukit Pangkuan.

Bukit Berahu

Bukit Berahu memiliki berbagai fasilitas mulai dari restoran dan juga villa untuk bermalam lengkap dengan sarana rekreasi seperti kolam renang. Lebih seru lagi karena tempat wisata Belitung ini berada di dataran yang lebih tinggi sehingga Anda bisa menikmati indahnya pantai dan laut Belitung dari kejauhan.

Bukit Batu Baginde

Bukit indah ini berada di bagian Selatan Belitung. Selain dapat melihat hamparan pepohonan hijau di depan mata, dari tempat wisata ini kamu juga bisa melihat birunya air Pantai Penyabong. Keduanya memang berdekatan. Bongkahan batu granit yang disebut Bukit Batu Baginde ini ada dua jenis, Batu Betina dan Batu Jantan. Saat ini baru Batu Betina yang boleh didaki.

Untuk sampai kemari Anda harus melewati jalan panjang yang halus, lalu sedikit traking ke tengah hutan dengan jalanan becek dan sempit. Di akhir perjalanan, Anda akan memanjat dinding bukit tersebut sebelum akhirnya dapat melihat pemandangan dari atas ketinggian yang indah.

Tempat wisata Belitung ini masih lumayan sepi, karena medan perjalanannya sedikit menantang. Tetapi dengan begitu, tempat ini cocok untuk Anda berlibur sambil menenangkan diri, menikmati ciptaan Tuhan yang mengagumkan.

5 dari 7 halaman

Danau Kaolin

Danau Kaolin ini merupakan sebuah danau yang cukup besar dan dikelilingi perbukitan pasir. Keunikan dari danau Kaolin ini adalah airnya yang berwarna biru diapit oleh timbunan tanah putih. Danau terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang sudah tak terpakai lagi dan membentuk bentang alam yang indah. Wisata Bangka Belitung ini terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung. Danau ini juga menjadi salah satu andalan wisata Bangka Belitung.

Batu Mentas

Batu Mentas di Belitung merupakan bagian dari kawasan Hutan Lindung Gunung Tajam. Berada di kawasan pegunungan, udara di tempat wisata Belitung satu ini tak hanya sejuk namun juga menyegarkan. Hal ini dikarenakan alam di kawasan ini masih sangat terjaga dan asri. Di kawasan hutan lindung ini ada berbagai jenis satwa termasuk Tarsius (Cephalus Bancanus Saltator) yang lebih dikenal sebagai Pelile'an oleh warga setempat.

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata merupakan museum literatur pertama yang ada di Indonesia. Di museum ini, Anda bisa melihat koleksi film Laskar Pelangi dan juga berbagai karya dari Andrea Hirata lainnya. Keistimewaan lain dari museum ini adalah pengunjung dapat menikmati musik dari para seniman belitung. Museum kata sudah berdiri sejak 2010, lho.

SD Muhammadiyah Gantong

Bagi para penggemar film Laskar Pelangi, nampaknya tidak lengkap kalau mengunjungi Belitung sebelum singgah ke SD Muhammadiyah Gantong. Bangunan sekolah ini adalah replika bangunan sekolah dari novel Laskar Pelangi yang dibangun untuk kebutuhan syuting film tersebut. Pasalnya, bangunan sekolah yang asli yang terletak tepat di pinggir Pantai Timur Belitung itu sudah tidak ada lagi.

Di sini, kamu bisa berkeliling dan menikmati sekolah yang kamu saksikan di dalam film Laskar Pelangi. Sambil berjalan-jalan, kamu bisa sambil mengabadikan setiap sudut sekolah yang punya cerita sejarah yang telah diceritakan lewat film Laskar Pelangi.

6 dari 7 halaman

Dermaga Kirana

Dermaga Kirana merupakan tempat wisata Belitung lainnya yang masih berhubungan dengan film Laskar Pelangi. Di Dermaga Kirana juga terdapat beberapa rumah keong yang menjadi daya tarik di tempat itu.

Penamaan rumah keong berasal dari bentuknya yang menyerupai keong dengan lantai berbentuk zigzag. Bahan pembuatan rumah ini hampir menyerupai rotan dengan jeda pada tiap garis batangnya sengaja dibuat agar pengunjung dapat melihat penampakan langitnya. Wisata ini sangat cocok dikunjungi ketika hari cerah.

Selain itu, Anda juga dapat berfoto di dalam rumah keong tersebut. Kamu juga dapat menyewa sampan atau perahu dayung yang ada di sini. Bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar dari atas kapal.

Pagoda Vihara Puri Tri Agung

Pagoda vihara adalah tempat wisata Belitung yang indah dan memukau. Memiliki arsitektur bangunan yang menawan, pura yang baru diresmikan berdiri pada 2015 lalu semakin dikenal luas di kalangan wisatawan. Lokasi tempat wisata di Belitung ini berada di Kota sungailiat, Kabupaten Bangka, tepatnya di dalam kawasan Pantai Tikus menjadi alasan lain mengapa bangunan pagoda ini menjadi sangat dikenal. Dari atas tempat wisata di Belitung seperti pagoda ini, wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Tikus yang memiliki garis pantai yang panjang, selain juga pasir lembut dan airnya yang jernih.

Tugu Satam

Di pusat kota Tanjung Pandang, di simpang lima, ada sebuah tugu dengan ikon menyerupai batu berwarna hitam di atasnya. Itu adalah Tugu Satam. Satam merujuk kepada sejenis batu berwarna hitam yang bisa ditemukan di Belitung. tugu ini merupakan ikon dari Pulau Belitung. Di sekitarnya terdapat sejumlah restoran di mana kamu bisa berwisata kuliner.

Kota Manggar

Belum puas dengan sajian kuliner di sekitar Tugu Satam? Kamu bisa berkunjung ke tempat wisata kuliner yang paling melegenda di Belitung, yakni Kota manggar. Manggar sendiri merupakan sebuah kota kecil di Belitung yang terkenal dengan budaya ngopinya.  Di sepanjang jalan, kamu akan menemukan banyak warung kopi. Itulah mengapa, Manggar kerap disebut sebagai kota 1001 warung kopi.

Ini jelas merupakan surganya pecinta kopi. Kopi manggar memiliki rasa yang istimewa dan beraroma wangi yang berbeda dari jenis kopi lainnya. Sembari menikmati kopi manggar yang spesial, ada juga ragam camilan lezat yang disediakan di warung-warung kopi.

7 dari 7 halaman

Air Terjun Gurok Beraye

Air Terjun Gurok Beraye merupakan tempat wisata Belitung yang menawarkan perairan yang jernih. Debit air yang mengalir di air terjun tersebut akan menyesuaikan musim, jika musim panas maka air akan mengalir kecil dan sebaliknya.

Di sini, pengunjung akan disajikan pemandangan alam yang asri dan masih hijau. Selain itu, ada banyak spot foto di sini. Yang paling menarik adalah underwater photo booth, di mana kamu bisa berfoto di bawah air.

Air Terjun Kapala Kawai

Air Terjun Kapala Kawai merupakan salah satu tempat wisata Belitung yang terletak di sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Di sini, pengunjung dapat berenang dan mengabadikan foto sepuasnya.

Terdapat tujuh tingkatan di air terjun setinggi kurang lebih 15 meter tersebut. Suasana yang ada di sekitarnya juga sepi dan tenang, cocok bagi kamu yang ingin sejenak menenangkan diri.

Air Terjun Marsila

Air Terjun Marsila merupakan salah satu dari deretan air terjun yang ada di Belitung. Di tempat wisata Belitung ini, pengunjung dapat menemukan sebuah spot berenang dengan air jernih dan menyegarkan. Lokasinya dekat dengan hutan sehingga masih terasa asri dan menyejukkan.

Yang menarik di tempat ini adalah air terjun yang berbentuk seperti tirai serta perairannya yang kehijauan jernih. Anda dapat melakukan underwater photo booth saat di sini.

Sail Belitung

Tempat wisata Belitung yang wajib dikunjungi saat ke pulau ini adalah Sail Belitung. Sail Belitung merupakan pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya dan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi. Selain itu, yang tidak kalah menarik adalah adanya event internasional yang diadakan secara tahunan.

Pada event tersebut, ratusan perahu jenis Yacht dari berbagai negara berkumpul. Awalnya perahu-perahu Yacht tersebut berlayar dari Australia kemudian singgah di berbagai tempat menarik di dunia, termasuk Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.