Sukses

12 Cara Melancarkan Haid Secara Alami, untuk Menstruasi Tidak Teratur

Ketahui cara melancarkan haid secara alami, yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara melancarkan haid tidak selalu harus dengan bantuan obat. Cara melancarkan haid juga bisa dilakukan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dapat dengan mudah ditemui di rumah. Dengan menerapkan cara melancarkan haid secara alami, risiko efek samping yang mungkin muncul dapat diminimalisir.

Penting untuk mengetahui cara melancarkan haid saat anda mengalami menstruasi tidak teratur. Hal ini karena menstruasi adalah bagian yang penting namun sering diabaikan dari kehidupan seorang wanita. Membahas menstruasi dapat membuat banyak wanita tidak nyaman, bahkan sebagian besar gadis tidak menyadari menstruasi.

Setiap wanita dapat menstruasi tidak teratur. Siklus menstruasi yang teratur terjadi setelah 28 hari hingga 35 hari dan berlangsung sekitar 4-6 hari. Anda dapat menghitung periode menjadi tidak teratur jika tidak dimulai bahkan setelah 35 hari atau terjadi dengan jeda jumlah hari yang berbeda setiap kali.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara melancarkan haid secara alami, yang bisa langsung dicoba sendiri di rumah, Jumat (21/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menstruasi Tidak Teratur

Sebelum masuk ke dalam cara melancarkan haid, sebelumnya perlu dipahami dahulu apakah gangguan menstruasi yang dialami adalah termasuk menstruasi tidak teratur atau tidak. Berikut adalah beberapa poin yang harus dijawab sebelum mengkategorikan gangguan menstruasi yang dialami adalah menstruasi tidak teratur:

1. Durasi: Tanyakan pada diri anda apakah menstruasi anda berakhir setelah durasi yang lebih lama atau lebih pendek

2. Aliran menstruasi: Lacak aliran menstruasi anda dan lihat apakah itu lebih berat atau lebih ringan dari biasanya. Anda juga dapat melacak seberapa sering anda perlu mengganti pembalut.

3. Berdarah: Apakah anda mengalami pendarahan di luar periode normal anda?

4. Rasa sakit: Apakah anda mengalami rasa sakit yang lebih dari biasanya? Atau kurang? Apakah rasa sakitnya berbeda dari yang biasanya anda harapkan?

5. Faktor lain: Apakah anda mengalami perubahan lain dalam hidup? Apakah menstruasi anda disertai dengan perubahan suasana hati yang baru?

Selain menjawab pertanyaan diatas, terdapat beberapa gejala lain yang dapat menandakan bahwa seseorang mengalami menstruasi tidak teratur, yaitu:

1. Panjang siklus menstruasi akan diperpanjang selama lebih dari 35 hari

2. Hilang lebih dari 3 siklus berturut-turut

3. Pendarahan hebat dengan gumpalan atau bercak

4. Kram perut dan sakit punggung

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami menstruasi tidak teratur, faktor penyebab ini bisa terjadi karena hal internal maupun eksternal tubuh. Berikut adalah beberapa faktor penyebab menstruasi tidak teratur:

1. Ketidakseimbangan hormon

2. Menggunakan pil kontrasepsi

3. Kegemukan

4. Perubahan gaya hidup

5. Diinduksi stres

6. Gangguan tiroid seperti pengobatan, pembedahan, dan terapi yodium radioaktif yang diinduksi

7. Sindrom ovarium polikistik

3 dari 5 halaman

Cara Melancarkan Haid Secara Alami

Ada berbagai perawatan untuk menstruasi yang tidak teratur sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Dan ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat anda coba di rumah untuk mengembalikan siklus anda. Berikut penjelasannya:

1. Teh jahe

Jahe bermanfaat untuk berbagai penyakit dan gejala, termasuk menstruasi yang tidak teratur. Konsumsi jahe mentah secara teratur dapat membantu mengatur menstruasi anda. Jahe mengandung gingerol yang membantu menurunkan peradangan dalam tubuh.

Jahe juga membantu dalam kontrak otot rahim dan memfasilitasi keseimbangan hormonal. Ini menstandarisasi kejadian bulanan periode. Minum segelas teh jahe panas dengan sedikit jus lemon dan sedikit madu, baik saat perut kosong di pagi atau sore hari, meningkatkan metabolisme.

 

2. Pepaya mentah

Pepaya mentah terkenal karena aksinya pada menstruasi yang tidak teratur. Papaya mentah meningkatkan kontraksi rahim anda yang membantu terjadi selama periode anda. Konsumsilah jus pepaya mentah secara teratur selama beberapa bulan tetapi jangan meminumnya selama periode anda.

 

3. Jaggery

Cara melancarkan haid secara alami yang selanjutnya adalah dengan konsumsi Jaggery. Jaggery manis dan memiliki banyak khasiat obat. Konsumsi jaggery secara teratur dapat membantu mengatur menstruasi yang tidak teratur. Ini juga membantu mengurangi kram rahim.

 

4. Kunyit

Kunyit adalah obat rumah ajaib yang dapat kita gunakan dalam kondisi apa pun. Konsumsi kunyit secara teratur dapat membantu mengatur menstruasi yang tidak teratur. Ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang membantu mengurangi kram rahim. Jika anda ingin menunda menstruasi secara alami, cobalah mengonsumsi kunyit dengan susu hangat dan madu. Minumlah setiap hari sampai anda mendapatkan menstruasi.

4 dari 5 halaman

Cara Melancarkan Haid Secara Alami

5. Lidah buaya

Jus lidah buaya adalah obat yang sangat baik untuk mengatur menstruasi anda dan mengurangi kelebihan berat badan. Ini juga meningkatkan metabolisme anda dan menjaga sistem usus anda tetap sehat. Aloe Vera membantu memperbaiki ketidakseimbangan hormon anda dan mengobati ketidakteraturan menstruasi anda. Tapi jangan pernah menggunakan Aloe Vera selama periode. Ini dapat meningkatkan kontraksi rahim.

 

6. Cuka sari apel

Mengkonsumsi cuka sari apel dapat membantu anda mengatur menstruasi dan hormon pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik. Anda juga dapat menurunkan berat badan dan menurunkan kadar gula darah dan insulin.  Cuka sari apel rasanya pahit, jadi anda bisa mengonsumsinya dengan mencampurnya dengan madu untuk menetralisir rasa pahitnya.

 

7. Kayu manis

Kayu manis sangat penting di dapur kita dan juga dalam kesehatan kita. Ini membantu mengatur aliran darah ke rahim dan dapat mengobati menstruasi yang tidak teratur. Ini dapat mengurangi sakit perut, mual, dan muntah selama periode.  Untuk hasil terbaik, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas susu dan konsumsilah.

 

8. Buah bit

Cara melancarkan haid yang berikutnya adalah konsumsi buah bit. Mengkonsumsi bit dapat membantu mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur dan gejalanya. Buah bit mengandung asam folat dan zat besi dalam jumlah tinggi yang membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Ini juga berfungsi sebagai emmenagogue.

5 dari 5 halaman

Cara Melancarkan Haid Secara Alami

9. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Kebiasaan makan yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab haid tidak teratur. Makan makanan cepat saji, makanan olahan, dan alkohol dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Anda harus memastikan bahwa diet anda mencakup sayuran hijau, buah-buahan, buah-buahan kering, daging merah, ikan, dan makanan yang memberi anda nutrisi lengkap secara teratur.

 

10. Olahraga teratur

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat, dan mengatur menstruasi adalah salah satunya. Ini membantu menjaga berat badan anda dan menjaga keseimbangan hormon anda. Pada sindrom ovarium polikistik, seorang wanita dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak perlu yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Melakukan olahraga teratur dapat mengatasi masalah ini.

 

11. Yoga

Yoga juga bermanfaat untuk menyeimbangkan pikiran dan tubuh. Itu membuat tubuh dan pikiran anda tetap tenang. Penelitian menunjukkan bahwa yoga membantu mengurangi nyeri haid dan gejala emosional yang terkait dengan menstruasi, seperti depresi dan kecemasan, dan meningkatkan kualitas hidup pada wanita dengan dismenore primer.

 

12. Mandi air hangat

Salah satu metode paling populer untuk percepatan ringan siklus menstruasi adalah dengan mandi air hangat atau panas. Tidak hanya itu dapat membuat anda rileks dan menerapkan sebagian gejala PMS, tetapi juga, panasnya melemaskan otot-otot perut, dan dengan demikian merangsang aliran darah dari rahim. Dengan cara yang sama, lakukan kompres hangat yang diletakan di daerah perut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.