Sukses

25 Wisata di Kulon Progo yang Bisa Jadi Alternatif Destinasi Liburan Anda

Kulon Progo merupakan salah satu Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyimpan banyak wisata alam.

Liputan6.com, Jakarta Berdirinya Yogyakarta International Airport di Kulon Progo menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi penggerak wisata terutama di Kulon Progo dan sekitarnya. Hal ini karena tidak menutup kemungkinan potensi wisatawan yang berkunjung ke berbagai wisata di Kulon Progo lebih besar ketika ada bandara international tersebut.

Berbagai tempat wisata di Kulon Progo juga mulai dibuka kembali setelah adanya kelonggaran pasca pandemi Covid-19 bahkan bermunculan  berbagai tempat wisata baru. Oleh karena itu, Anda jangan sampai melewatkan untuk berwisata ke Kulon Progo ketika berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kulon Progo merupakan kabupaten yang berada paling Barat Provinsi DIY. Kulon Progo juga berbatasan langsung dengan Purworejo yang juga memiliki banyak tempat wisata alam menarik. Lupakan sejenak hiruk pikuk kehidupan kota yang padat dan lepaskan penat Anda dengan menjelajahi Kulon Progo.

Kulon Progo yang kaya akan wisata alam dijamin akan membuat Anda ingin kembali lagi ke sini. Berikut Liputan6.com rangkum tentang berbagai tempat wisata di Kulon Progo yang patut Anda kunjungi dari Dinas Pariwisata Kulon Progo dan berbagai sumber, Kamis (20/10/2022):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Pantai Kulon Progo

1. Pantai Glagah

Pantai Glagah menjadi rekomendasi tempat wisata di Kulon Progo yang bisa Anda kunjungi. Anda dapat menikmati menawannya hamparan pasir dan laguna yang sangat luas di sini hanya dengan membayar retribusi mulai dari Rp6.000 per orang. Pantai Glagah terletak di Kecamatan Temon, Kulon Progo dan berjarak sekitar 10 km dari Kota Wates. Bagi Anda yang gemar memancing, Anda juga dapat melakukan aktivitas tersebut dan bahkan menyewa kano. Jika beruntung, Anda dapat menemui berbagai acara festival yang sebelumnya biasa diadakan ketika tahun baru tiba.

2. Pantai Krisik

Selain Pantai Glagah, di Pantai Trisik Anda juga dapat menikmati hamparan pasir hitam mengkilap di sepanjang pantai. Anda tidak perlu khawatir akan merasa bosan ketika berkunjung ke Pantai Trisik karena di sini terdapat konservasi penyu yang akan menambah pengalaman Anda. Pohon-pohon cemara yang rimbun di sekitar pantai juga menjadi pilihan tepat untuk mengambil foto di sini.

3. Pantai Bugel

Jika Anda menyukai berkunjung ke Pantai Krisik, maka Anda jangan sampai melewatkan Pantai Bugel. Anda juga bisa mendapatkan ketenangan dengan panorama pantai besi dan hijaunya pohon-pohon cemara di sekitarnya. Pantai Bugel juga bisa menjadi pilihan tempat untuk melihat indahnya matahari terbit dan terbenam.

4. Pantai Congot

Berada di sebelah barat Pantai Glagah, Pantai Congot tepatnya terletak di Desa Jangkaran, Temon, Kulon Progo. Jika Anda adalah salah satu orang yang memiki hobi dan ketertarikan di dunia memancing, maka Anda harus mengunjungi pantai tempat melaut dan mendaratnya para nelayan ini. Anda hanya perlu membayar mulai dari Rp5.000 untuk menikmati panorama pantai dengan pantai hitam yang satu ini.

5. Pantai Bidara

Tempat wisata di Kulon Progo selanjutnya adalah Pantai Bidara. Pantai ini berada di Kelurahan Bugel, Kapanewon Panjatan. Pantai yang baru di buka saat awal tahun 2021 ini menawarkan suasana alami yang dapat menenangkan Anda. Anda juga dapat melepas penat dengan menikmati matahari terbenam di Pantai Bidara. Berdasarkan informasi yang beredar, pantai ini dipercaya menjadi tempat bertapa Sultan Hamengkubuwono IX pada masa lalu.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Air Terjun dan Wisata Air Di Kulon Progo

6. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka mungkin menjadi salah satu hidden gem  tempat wisata di Kulon Progo. Air terjun yang berada di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo ini menawarkan suasana sejuk dan nyaman untuk Anda yang ingin melepaskan penat. Tiga mata air yang menjadi sumber Air Terjun Kembang Soka membuatnya tidak pernah suruh bahkan saat musim kemarau tiba. Untuk mendapatkan semua ini, Anda perlu berjalan 200 m dari tepat parkir dan bahkan melewati jembatan kayu terlebih dahulu. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena semua perjalanan akan terbayar tuntas begitu Anda tiba.

7. Grojogan Watu Jonggol

Grojogan Watu Jonggol merupakan air terjun yang berada Desa Wisata Nglinggo. Anda dapat menikmati suasana sejuk dan segarnya air dengan banyaknya bebatuan alami di sekitar Grojogan Watu Jonggol ini. Lepaskan rasa lelah Anda dengan berkunjung dan mengambil foto cantik di sini.

8. Air Terjun Kedung Pedut

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata di Kulon Progo yang banyak digemari anak muda, maka Air Terjun Kedung Pedut adalah jawabannya. Air Terjun Kedung Pedut berada di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo atau sekitar 50 km ke arah barat dari Kota Yogyakarta. Anda dapat menikmati pemandangan air terjun berkabut ketika air jatuh ke kolam di sini. Selain itu, Anda juga dapat mencoba wahana flying fox dan mengabadikan momen di berbagai spot foto yang ada. Untuk mencapai Air Terjun Kedung Pedut, Anda harus berjalan sepanjang 500 m dari parkiran melalui jalan setapak yang sudah di-coor block.

9. Ekowisata Sungai Mudal

Ekowisata Sungai Mudal berada di desa yang sama dengan Air Terjun Kedung Pedut, tepatnya di Dusun Banyunganti. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang, berkemah dan flying fox. Anda harus berjalan sepanjang 500 m dari tempat parkir untuk menuju tempat yang juga menjadi sumber air bersih masyarakat ini.

10. Curug Sidoharjo

Curug Sidoharjo atau curug yang juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Perawan adalah salah satu tempat wisata di Kulon Progo. Curug Sidoharjo tepatnya berada di Dusun Madigondo, Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kulon Progo. Air terjun ini merupakan yang tertinggi di Yogyakarta. Anda dapat menikmati keindahan Curug Sidoharjo dengan bebrjalan selama 10 menit dari tempat parkir terlebih dahulu. Meskipun demikian, Anda tidak akan menyesal begitu tiba. Anda disarankan datang ke sini ketika musim hujan karena debitnya akan berkurang ketika musim kemarau. Awasi anak Anda baik-baik jika membawa mereka berkunjung ke sini.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Alam di Kulon Progo

11. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo berada di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo dan merupakan puncak tertinggi Pegunungan Manorek di 1017 mdpl. Anda dapat melihat panorama yang luar biasa dari Puncak Suroloyo, termasuk pemandangan Candi Borodudur, Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Gunung Merbabu. Anda bahkan bisa melihat Samudra Hindia dari sisi selatan puncak. Jika Anda berkunjung pada tanggal 1 Syuro, Anda mungkin dapat berkesempatan melihat upacara jamasan Keraton Yogyakarta.

12. Wisata Kalibiru

Jika Anda ingin memanjakan mata Anda dengan indahnya perpaduan panorama bukit dan hutan, maka Kalibiru adalah tempat wisata di Kulon Progo yang tepat bagi Anda. Tidak hanya menikmati indahnya pemandangan melalui menara pandang, Anda juga dapat mencoba outbond, termasuk flying fox, trekking dsb. Fasilitas yang disediakan di sini juga sudah lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang apapun. Tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik, tempat wisata yang satu ini juga digemari oleh wisatawan dari berbagai negara. Tiket masuk ke wisata Kalibiru mulai dari Rp10.000.

13. Bukit Ngisis Nglinggo

Bukit Ngisis Nglinggo menjadi tempat wisata favorit selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda dapat menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menikmati indahnya pemandangan bukit yang dikelilingi oleh berbagai gunung. Bukit Ngisis Nglinggo juga menjadi salah satu alternatif tempat wisata untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. Jika ingin sekadar berkunjung dan menenangkan pikiran, Anda hanya perlu membayar tiket masuk mulai dari Rp5.000. Tempatnya yang strategi, yaitu di kawasan Nglinggo Barat, Pagerhajo, Samigaluh menjadikan tempat yang satu ini mudah dikunjungi.

14. Kebun Teh Nglinggo

Setelah mengunjungi Bukit Ngisi, maka Anda bisa sekalian berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo. Kebun Teh Nglinggo merupakan satu-satunya kawasan kebun teh yang ada di Yogyakarta. Anda dapat menikmati hijau dan asrinya hamparan kebun teh dengan berjalan kaki atau menggunakan mobil offroad dan akan lebih sempurna jika ditemani matahari terbit dari Bukit Ngisis.

15. Kebun Bunga Matahari di Pantai Glagah

Anda yang mencintai fotografi dengan latar belakang bunga-bunga bisa mengunjungi kebun bunga matahari yang terletak dekat dengan Pantai Glagah. Anda bisa puas menikmati bunga matahari di sini.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Alam di Kulon Progo

16. Ayunan Langit

Ayunan Langit merupakan tempat wisata di Kulon Progo yang resmi dibuka pada tahun 2017 silam. Ayunan Langit terletak di Purwosari, Girimulyo. Anda dapat menantang adrenalin Anda dengan berayun di pinggir tebing setinggi 800 m dan di atas jurang. Selama berayun, Anda juga bisa menikmati indahnya Perbukitan Menoreh.

17. Puncak Widosari

Sesuatu yang unik dari Puncak Widosari adalah bongkahan batu besar di tengah pemandangan hijau yang menentramkan. Terdapat gardu pandang bagi Anda yang ingin mengabadikan momen di Puncak Widosari. Puncak Widosari  berada di Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Anda juga dapat menikmati cantiknya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari Puncak Widosari.

18. Canting Mas Puncak Dipowono

Tempat wisata yang ada di sekitar Pegunungan Menoreh selanjutnya adalah Canting Mas Puncak Dipowono. Tempat wisata yang berada di Hargowilis, Kokap, Kulon Progo ini telah dibuka kembali sejak tahun 2019 lalu. Jika berkunjung ke sini, Anda dapat mencoba berbagai spot foto, termasuk “teras kaca”. Anda dapat menghabiskan waktu untuk menikmati indahnya perpaduan panorama bukit dan danau sambil makan atau minum.

19. Puncak Kleco

Masih dengan pilihan tempat wisata di kawasan perbukitan, tempat selanjutnya adalah Puncak Kleco. Puncak Kleco berada di Desa Purwoharji, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Untuk sampai di Puncak Kleco, Anda perlu melakukan trekking sejauh 1 km atau menyewa jasa ojek di sekitar tempat wisata. Meskipun demikian, usaha Anda dijamin tidak akan sia-sia karena sesampainya di sini Anda akan langsung disambut oleh pemandangan hijau yang akan memanjakan mata. Anda juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dan terbit dari atas sini serta mengabadikan momen berharga dengan berbagai spot foto.

20. Pule Payung

Pule Payung merupakan tempat wisata yang sempat berhasil mewakili Kulon Progo dalam kompetisi Anugerah Pesona Indonesia (API) serta meraih juara. Pule Payung berada di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, tepatnya di ketinggian 450 mdpl. Anda dapat puas menikmati pemandagan Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo serta mencoba berbagai spot foto. Beberapa spot foto yang dapat Anda coba, termasuk spot angkasa, lolipop, wolu, jembatan surga, sepeda langit dsb.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Alam di Kulon Progo

21. Gua Kiskendo

Anda dapat mengunjungi gua yang masih aktif ini di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, tepatnya di Pegunungan Menoreh. Anda dapat menikmati pahatan cerita ramayana di relief mulut gua, stalagmit dan stalaktit yang masih terjaga. Anda juga dapat menyewa bumi perkemahan di sekitar kawasan gua ini.

22. Gua Kidang Kencono

Gua Kidang Kencono memiliki panjang lorong mencapai 350 m. Jika berkunjung ke sini Anda akan melihat indahnya stalagmit dan stalaktit yang masih alami. Gua Kidang Kencono berada di Desa Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo atau berdekatan dengan Gua Kiskendo.

23. Puncak Proman

Puncak Proman merupakan tempat wisata uang berada di atas Bukit Proman, Pedukuhan Tritis, Ngargosari, Samigaluh. Puncak Proman merupakan salah satu tempat yang sangat instagramable dan disukai oleh banyak wisatawan yang ingin memenuhi kebutuhan sosial media mereka. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat dan setelah itu Anda perlu mendaki anak tangga sepanjang 100 meter dari tempat parkir untuk menuju puncak.

24. Gunung Jaran

Berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, puncak Gunung Jaran menawarkan indahnya pemandangan Kebun Teh Nglinggo, hutan pinus dan puncak Gunung Kukusan yang tidak terkalahkan. Anda dijamin akan senang berlama-lama di tempat wisata ini. Gunung Jaran, tepatnya terletak di Desa Wisata Nglinggo, Samigaluh.

25. Hutan Mangrove

Bukan lagi sekadar kawasan konservasi bakau, kini kawasan hutan mangrove telah menjadi tempat wisata yang cukup digemari oleh wisatawan. Hutan Mangrove ini berada di Desa Jangkaran, Temon Kulon, Kulon Progo dan tidak jauh dari Pantai Congot. Di sini sudah tersedia berbagai fasilitas untuk menunjang kebutuhan wisatawan.Selain itu juga terdapat beberapa spot foto menarik, termasuk jembatan api-api yang bisa Anda coba. Anda juga dapat mengunjungi dua kawasan lainnya, yaitu Mangrove Pasir Mendhit dan Mangrove Pantai Kadilangu.

 

Reporter magang: Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.