Sukses

9 Manfaat Mandi Pagi Sebelum Subuh yang Jarang Diketahui

Manfaat mandi pagi sebelum subuh sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian terkemuka.

Liputan6.com, Jakarta - Ingin mencoba mandi pagi sebelum subuh? Tidak ada salahnya. Ini karena ada segudang manfaat mandi pagi sebelum subuh yang selama ini jarang diketahui. Khasiat mandi pagi sebelum subuh sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian terkemuka.

Apa manfaat mandi pagi sebelum subuh yang dimaksudkan? Liputan6.com lansir dari berbagai literatur kesehatan, manfaat mandi pagi sebelum subuh adalah mampu meningkatkan energi baik, meningkatkan kreativitas, menjaga kesehatan kulit wajah, meningkatkan kesuburan pria, hingga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat mandi pagi sebelum subuh memang baik dan lebih direkomendasikan menggunakan air dingin daripada air hangat. Meski demikian, psikolog klinis dan pakar tidur di New York, Dr. Janet K. Kennedy melansir dari NYTimes, merekomendasikan mandi dengan air agak dingin dan bukan dingin untuk menghindari kenaikan suhu tubuh secara drastis.

Jika peningkatan suhu tubuh terjadi secara drastis, maka ini akan meningkatkan risiko seseorang bisa terkena hipotermia. Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang sembilan manfaat mandi pagi sebelum subuh yang jarang diketahui, Kamis (20/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Mandi Pagi Sebelum Subuh dan Penjelasannya

1. Meningkatkan Energi Baik

Manfaat mandi pagi sebelum subuh atau saat subuh sangat baik untuk meningkatkan aura atau energi baik seseorang. Virginia Commonwealth University School of Medicine melakukan penelitian dan menemukan manfaat mandi pagi ini.

Dampaknya akan semakin baik bagi yang mandi menggunakan air dingin, bukan air sangat dingin. Ini akan mengubah tingkat kimia di otak yang dapat membuat noradrenalin, yang mana membantu memberikan perasaan energi dan waspada.

2. Meningkatkan Kreativitas

Mandi sebelum subuh pun mampu meningkatkan kreativitas seseorang. Adanya manfaat mandi pagi sebelum subuh ini diungkap Harvard University. Khasiat mandi pagi sebelum subuh sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki minggu sulit ditempat kerja dan benar-benar ingin tampil dengan baik.

Mengapa manfaat mandi pagi sebelum subuh ini mampu meningkatkan kreativitas? Ini disebabkan karena beberapa orang yang membutuhkan sesuatu yang disebut masa inkubasi. Proses ini dapat terjadi di kamar mandi sebagai zona relaksasi yang cukup banyak dibandingkan perasaan setelah meditasi atau yoga. Pada saat itu, akan muncul ide-ide terbaik.

3. Mengatasi Wajah Berjerawat

Manfaat mandi pagi sebelum subuh pun bisa mengatasi masalah wajah yang berjerawat. Mengapa ini akan berhasil? Pennsylvania University menjelaskan mandi pagi sebelum subuh menjadi metode terbaik bagi mereka yang memiliki masalah dengan wajah berminyak atau berjerawat.

Holly Philips, MD internis di NYC serta kontributor berita CBS menyebutkan mandi di pagi hari sangat baik bagi mereka yang mempunyai kulit berminyak karena minyak dapat menumpuk di malam hari dan mandi sangat bagus untuk membersihkan pori-pori.

4. Meningkatkan Kesuburan Pria

Pria yang ingin meningkatkan kesuburannya bisa mencoba dengan mandi pagi sebelum subuh. Manfaat mandi pagi sebelum subuh adalah dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi pria, terutama mereka yang masih usia muda.

Adanya manfaat mandi pagi sebelum subuh ini diungkap dalam sebuah penelitian University of California, mandi pagi sebelum subuh selama satu minggu dapat membantu meningkatkan produksi sperma laki-laki secara signifikan.

Agar bisa mendapatkan manfaat mandi pagi sebelum subuh ini, direkomendasikan menggunakan air dingin lantaran jika mandi subuh dilakukan dengan air hangat, dampak yang akan terjadi adalah sebaliknya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Mandi Pagi Sebelum Subuh dan Penjelasannya

Apa lagi manfaat mandi pagi sebelum subuh yang perlu diketahui? Dalam buku berjudul Yang Terucap Yang Tertulis Cara Gampang Jadi Orang Baik oleh Mas Wantik, ini penjelasan manfaat mandi pagi sebelum subuh:

5. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat mandi pagi sebelum subuh mampu melancarkan peredaran darah. Adanya khasiat mandi pagi ini diungkap dalam sebuah hasil penelitian lembaga riset trombosit di Inggris.

Mandi pada waktu fajar dapat melancarkan peredaran darah, kemudian tubuh akan terasa lebih segar dan bugar. Lancarnya sistem peredaran darah akan sangat berguna untuk memulai kegiatan pada pagi hari.

6. Meredakan Depresi

Mereka yang selalu dihadapkan dengan aktivitas padat dan melelahkan, harus mencoba mandi pagi sebelum subuh. Manfaat mandi pagi sebelum subuh bisa meredakan depresi.

Mengapa ini akan berhasil? Mandi di waktu pagi sebelum subuh akan terasa lebih sepi dan tenang serta tidak diburu waktu. Kondisi ini akan membuat tubuh terasa lebih segar dan pikiran menjadi lebih rileks.

7. Meningkatkan Sel Darah Putih

Manfaat mandi pagi sebelum subuh bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang berkaitan erat dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Dijelaskan, jika produksi sel darah putih dalam tubuh meningkat, daya tahan tubuh melawan virus pun akan semakin baik.

Adanya manfaat mandi pagi ini akan membuat tubuh jadi lebih bugar dan tidak mudah sakit, karena daya tahan tubuh terjaga dengan baik.

8. Menyembuhkan Ketergantungan Obat dan Narkotika

Manfaat mandi pagi sebelum subuh disebut mampu menyembuhkan ketergantungan obat dan narkotika. Diungkap, ternyata selama ini mandi pagi sudah diterapkan dalam masa penyembuhan para pecandu narkoba.

Hal ini dibuktikan Pondok Pesantren Suryalaya di Tasikmalaya, Jawa Barat. Mandi pagi sebelum subuh disebut sebagai mandi taubat. Terbukti para santri di pondok ini banyak yang sembuh dari kecanduan narkoba.

9. Memperbaiki Kesehatan Jaringan Tubuh

Kesehatan jaringan tubuh adalah kunci seseorang memiliki kulit sehat. Manfaat mandi pagi sebelum subuh ini bisa didapat dengan mudah. Kulit dengan kebiasaan mandi pagi sebelum subuh akan terasa lebih kenyal dan tidak kering.

Selain itu, manfaat mandi pagi sebelum subuh juga akan membantu mengurangi sekaligus menghilangkan adanya noda, bintik hitam, dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Seseorang akan memiliki wajah yang lebih segar. Lalu, kuku akan lebih kuat, sehat, dan tidak mudah patah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.