Sukses

24 Tempat Wisata di Pekalongan yang Selalu Hits, Wajib Dikunjungi

Rekomendasi tempat wisata di Pekalongan.

Liputan6.com, Jakarta - Di mana saja tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits? Kota Pekalongan memiliki segudang destinasi wisata alam dan edukasi yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Populer disebut sebagai Kota Batik dan Kota pertama di Indonesia serta Asia Tenggara yang masuk dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO.

Tempat wisata di Pekalongan yang alam terdiri dari pegunungan, perbukitan, pantai, air terjun atau curug, sungai, telaga, hingga kebun teh. Kemudian, tempat wisata di Pekalongan yang edukasi dan wajib dikunjungi ada Museum Batik Pekalongan. Di sini ada sekitar 1.149 koleksi batik dan wisatawan bisa sekaligus belajar membatik.

Tak hanya wisata alam dan edukasi, wisatawan yang sudah selesai berpetualang di alam dan belajar budaya di Pekalongan, wajib banget mampir ke pusat perbelanjaannya yang selalu hits seperti Pusat Grosir Sentono. Di sini wisatawan bisa belanja kenang-kenangan atau oleh-oleh sebanyak-banyaknya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam dua puluh empat tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits, Kamis (20/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pekalongan yang Selalu Hits

1. Kedung Sipingit atau Black Canyon

Kedung Sipingit adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Lokasinya diapit dengan tebing besar yang bisa wisatawan susuri dengan aliran sungai yang cukup deras. Airnya yang berwarna hijau kebiruan ini cocok bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin.

Kedalaman tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini berkisar antara 3,5 meter hingga 7 meter. Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini seperti berenang, trekking, body rafting, river tubing hingga memancing. Ini tempat wisata Pekalongan terbaru yang instagramable.

Di kawasan tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits dan dikenal dengan sebutan Black Canyon ini, tersedia lokasi untuk berkemah yang menyajikan pemandangan alam yang indah. Buat yang ingin berkunjung ke tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini, catat lokasinya yang terletak di Desa Kayu Puring, Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah.

2. Bengkelung Park

Bengkelung Park adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Lokasi wisatanya sangat cocok dikunjungi bersama keluarga karena akses jalan yang cukup mudah dan pas untuk bersantai. Namun, wisatawan tetap perlu berhati-hati karena bebatuan di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits cukup licin.

Ini tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti membawa pelampung untuk mengarungi sungai atau bersepeda. Selain itu, banyak juga spot menarik di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini.

3. Watu Ireng

Watu Ireng adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Di lokasi wisata ini, wisatawan bisa melakukan aktivitas seru dan juga menantang seperti rapeling, panjat tebing. Disediakan pula fasilitas seperti hammocking dan kursi gantung. Pemandangan alam yang indah menjadi pesona utama wisata di Pekalongan ini.

Hamparan hutan pinus, hutan karet, dan sawah dari ketinggian menjadi view utamanya. Ini tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Semua wahana di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits sudah dilengkapi dengan alat pengaman dan pemandu, jadi wisatawan tak perlu cemas.

4. Telaga Sigebyar Mangunan 

Telaga Sigebyar Mangunan adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Lokasi wisatanya berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Telaga Sigebyar Mangunan terkenal dengan udara yang sejuk dan menenangkan.

Ketenangan air telaga dan pemandangan bukit-bukit hijau yang mengelilinginya akan membuat wisatawan betah merasa betah berlama-lama. Wisatawan juga bisa melakukan aktivitas berperahu kayak di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini.

5. Alun-Alun Kota Pekalongan

Alun-alun kota Pekalongan adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Di sini sangat cocok untuk bersantai. Lokasi tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini, bersebelahan dengan Masjid Jami’ Pekalongan atau Masjid Agung Kauman Pekalongan.

6. Desa Lolong

Desa Lolong adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Adanya arung jeram menjadi daya tarik utama wisata di Pekalongan. Arung jeram di Sungai Sengkarang ini cocok untuk pemula dan wisatawan akan didampingi pemandu untuk menjamin keamanan.

Wisatawan dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti arung jeram di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits, selama sekitar dua jam dengan jarak berkisar antara 9 kilometer hingga 12 kilometer. Selain arung jeram, di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini wisatawan dapat melakukan tubing, outbound, dan berkemah.

7. Curug Jlarang

Curug Jlarang adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Di sini ada kolam sedalam sembilan meter. Lokasi tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini harus ditempuh dengan berjalan kaki melewati pematang sawah, wisatawan akan mendapatkan sajian air yang jernih. Ini tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits yang wajib banget dikunjungi.

8. Curug Bajing

Curug Bajing adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Air terjun setinggi 75 meter ini menawarkan pemandangan yang tak kalah indah dengan curug lainnya. Catatan pentingnya, arus airnya yang deras dan kolam yang dalam, wisatawan tidak boleh berenang di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini. Lokasi tepatnya dari tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini berada di dalam hutan lindung.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pekalongan yang Selalu Hits

9. Kebun Teh Pagilaran

Kebun Teg Pagilaran adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Wisatawan bisa menempuhnya dengan jarak hanya 40 kilometer dari pusat kota Pekalongan.

Lokasi tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini tepatnya terletak di Perbukitan Dieng. Tempatnya juga masuk dalam wilayah Desa Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang.

10. Welo Asri

Welo Asri adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Welo Asri menawarkan wisata air yang jernih dan sejuk. Wisatawan bisa mencoba berbagai wahana asyik seperti tubing, body rafting, atau susur sungai.

Wisatawan yang ingin melakukan susur sungai, ada dua pilihan trek yaitu trek pendek dengan jarak 80 meter dan trek panjang dengan jarak sekitar satu kilometer. Ada pula wahana flying fox bagi wisatawan yang menyukai ketinggian.

11. Wisata Linggo Asri

Wisata Linggo Asri adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Lokasinya terletak di tepi jalan lintas provinsi. Tempat wisata ini menawarkan berbagai arena bermain untuk keluarga, mulai dari kolam renang, kebun binatang mini, bumi perkemahan.

Selain itu, wisatawan pun bsia menikmati outbound seperti flying fox, arung jeram, dan trekking hutan. Tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian sekitar 700 mdpl, hawanya menyejukkan. Ini tempat wisata Pekalongan terbaru yang instagramable.

12. Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Gunung ini puncak tertinggi dalam rangkaian pegunungan Serayu Selatan. Tingginya mencapai 2.117 mdpl. Selain trekking, wisatawan bisa mengunjungi beberapa tempat menarik di sekitar gunung Ragojembangan ini.

13. Curug Madu

Curug Madu adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Nama curug ini berasal dari pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Jika wisatawan memakan buahnya kemudian minum air dari curug, maka akan timbul rasa manis seperti madu dalam mulut.

Ini tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits dan wajib banget dikunjungi. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, terdiri dari kombinasi bebatuan, curug, dan kolam membuatnya begitu instagramable. Sejuknya air dan angin akan membuat wisatawan betah berlama-lama di sini.

14. Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Selain memiliki pasir putih dan birunya laut yang masih asri, wisawatan pun akan disuguhkan dengan panorama pagi yang sangat eksotis.

Lengkap dikelilingi pohon-pohon cemara yang akan membuat suasana menjadi lebih sejuk dan menenangkan. Jika tertarik berkunjung ke tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini, wisatawan hanya perlu membayar Rp5000.

15. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Lokasi wisatanya tak jauh dari pusat kota. Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di pantai sambil menikmati indahnya sunset.

Selain pantai, di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini pun ada akuarium dan koleksi biota laut yang mirip seperti Seaworld. Ada pula taman bermain, panggung terbuka, kursi serta taman untuk bersantai, becak air, warung makan, musholla, toilet dan kamar mandi bilas, serta sederet fasilitas lain.

16. Puncak Tugu

Puncak Tugu adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Di sini akan selalu disuguhkan hamparan hijau pepohonan dari atas ketinggian yang sangat eksotis. Wisatawan pun bisa menyewa tempat kemah, sehingga memberi wisatawan kesempatan untuk melihat keindahan sunrise di pagi hari.

Agar wisatawan bisa sampai di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini, wisatawan harus mendaki sekitar 1.5 jam. Sementara biaya masuk ke tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits hanya Rp5.000 saja, terjangkau sekali.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pekalongan yang Selalu Hits

17. Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Masuk kategori wisata edukasi, wisatawan pun bisa melihat sekitar 1.149 koleksi batik di sini. Ada pula wayang beber yang terbuat dari kain batik dengan usia mencapai ratusan tahun hingga alat tenun bukan mesin atau alat tenun tradisional.

Koleksi batik yang ada di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini, tidak hanya yang berasal dari Jawa tengah saja, tetapi dari wilayah Jawa lainnya. Tidak hanya melihat keanekaragaman batik, di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits bisa sekaligus belajar membatik.

18. Mangrove Park

Mangrove Park adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Ini dulunya tambak udang milik Dinas Pertanian Kota Pekalongan yang kemudian ditanami pohon bakau yang berfungsi untuk mencegah abrasi air laut sekaligus untuk tempat wisata.

Wisatawan bisa mencoba berperahu mengitari lokasi pembibitan bakau dan mengamati berbagai jenis pohon bakau yang ada. Selain itu, ada pula perpustakaan, kolam sentuh bakau, galeri, gardu pandang dan tempat pemancingan ikan. Lokasi pasnya ada di Kelurahan Kandang Panjang, kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

19. Pusat Grosir Setono

Pusat Grosir Setono adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Di sini wisatawan bisa belanja kenang-kenangan atau oleh-oleh, bisa coba berkunjung ke pusat grosir Setono. Pusat grosir ini terletak di jalur pantura. Di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini bisa menemukan berbagai jenis kain batik yang beragam dengan harga yang terjangkau.

20. Pantai Slamaran Indah

Pantai Slamaran Indah adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Tempat ini tidak terlalu ramai walaupun lokasinya dekat dengan alun-alun kota Pekalongan. Menikmati matahari terbenam menjadi aktivitas terbaik di pantai ini. Lokasi tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini berada di Krapyak Lor, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah.

21. Puncak Anjir

Puncak Anjir adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Ini berupa bukit dengan ketinggian sekitar 1.400 mdpl. Wisatawan bisa menikmati panorama Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet, dan Gunung Rogojembangan.

Di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini, wisatawan sudah disediakan camping ground di pos 3. Di tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini, berburu matahari terbit mudah dilakukan dan nyaman untuk dilakukan.

22. Curug Muncar

Curug Muncar adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Curug Muncar memiliki ketinggian 1.249 mdpl yang dikelilingi pemandangan menawan lereng gunung Rogojembangan. Ini tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Lokasi tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini berada di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan atau sekitar 30 kilometer dari Kajen ibukota Kabupaten Pekalongan.

23. Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Wisatawan bisa menikmati jalan-jalan sembari menikmati pemandangan alam yang memesona. Wisatawan tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini  bisa menikmati pemandangan matahari terbit maupun terbenam. Camping juga bisa dilakukan di sini.

24. Curug Bidadari 

Curug Bidadari adalah tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits. Wisata di Pekalongan ini memiliki kolam yang terbentuk dari lima ceruk aliran air sehingga wisatawan bisa berendam sambil menikmati pemandangan yang asri.

Bagi wisatawan yang mahir berenang, wisatawan bisa terjun dari salah satu tebing yang mengapit Curug Bidadari. Lokasi tempat wisata di Pekalongan yang selalu hits ini berada di Jolotigo, Talun, Pekalongan, Jawa Tengah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.