Sukses

Kronologi Kubah Masjid Islamic Center Jakarta Utara Kebakaran, Ini 6 Faktanya

Kubah Masjid Islamic Center Jakarta Utara kebakaran, 20 unit mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk membantu memadamkan api.

Liputan6.com, Jakarta Masjid Islamic Center Jakarta Utara alami kebakaran. Kebakaran tersebut terjadi di sebagian bangunan. Menurut petugas pemadam kebakaran, Edi, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 15.22 WIB. Api membakar di bagian kubah masjid. 20 unit mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk membantu memadamkan api.

"Yang terbakar kubahnya. Bangunan yang di bawahnya masih dilakukan pemadaman," ujar Edi kepada Liputan6.com yang dikutip dari News Liputan6.com, Rabu (19/10/2022).

Asap hitam pun membumbung tinggi usai si jago merah melalap kubah masjid Jakarta Islamic Center yang berlokasi di Jalan Kramat Jaya Raya Nomor 1, RT 6/RW 1, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. Dilaporkan Merdeka.com, petugas dari suku dinas kebakaran Jakarta Utara hingga kini masih berupaya memadamkan si jago merah.

Berikut ini telah Liputan6.com rangkum kabar lengkapnya dari berbagai sumber, kronologi kubah Masjid Islamic Center Jakarta Utara kebakaran, Rabu (19/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kronologi kebakaran

Kebakaran terjadi di Gedung Jakarta Islamic Centre (JIC), Koja, Jakarta Utara. Sebanyak 55 personel pemadam kebakaran meluncur ke lokasi.

"Ya benar kebakar," kata Kasie Damkar DKI Jakarta Saepulloh, dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com, Rabu (19/10).

Ia mengatakan laporan kejadian diterima petugas sekira pukul 15.24 Wib. Selanjutnya, petugas yang langsung menuju lokasi tiba sekira pukul 15.31 dan langsung melakukan proses pemadaman. Saepulloh mengatakan, bahwa yang terbakar adalah bagian kubah masjid Islamic Centre.

Api berasal dari kubah yang merambat ke atap bangunan. Kobaran api membakar kubah Masjid Islamic Center di Jalan Kramat Jaya Raya, Koja, Jakarta Utara pada Rabu (19/10) sore. "Dari kubah merambat ke atap bangunan," katanya Kasudin Gulkarmat Jakarta Utara, Rahmat Kristanto dikutip dari Merdeka.com Rabu (19/10).

3 dari 7 halaman

2. 20 mobil pemadam dikerahkan

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan informasi terbaru mengenai peristiwa kebakaran Kubah Masjid Islamic Center, Jakarta Utara.

Pihaknya menyatakan pada Rabu (19/10/2022) pukul 17.01 WIB telah melakukan sejumlah upaya penanganan. Total sebanyak 20 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) telah dikerahkan.

"Dalam proses penanganan pemadaman oleh 20 Unit Damkar, 1 Unit TRC BPBD, 1 Unit PLN Posko Marunda, 1 Unit PMI, 1 Unit AGD Dinkes, 1 Unit Dishub, 1 Unit Satpol PP, Personil PSKB/Tagana Dinsos, Personil Polsek, dan Personil Koramil," tulis Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI Jakarta dalam keterangan resminya.

Selain itu, juga telah dilakukan pengerahan awal sebanyak 5 Unit mobil Damkar di lokasi kejadian pada pukul 15.31 WIB dengan waktu operasi pada pukul 15.32 WIB.

4 dari 7 halaman

3. Sebabkan kubah masjid ambruk

Kebakaran tersebut menyebabkan kubah masjid ambruk. Detik-detik bagaimana kubah tersebut runtuh pun terekam bidikan kamera warga di media sosial. Berdasarkan rekaman yang beredar, tampak kubah masjid yang tengah dilalap api runtuh seketika. Warga yang menyaksikan itu pun tampak berteriak histeris.

"Allahu Akbar..Itu kubahnya ambruk," ucap salah seorang warga dalam video yang beredar, dikutip melalui News Liputan6.com, Rabu (19/10).

5 dari 7 halaman

4. Jadi perbincangan di Twitter

Sementara itu, warganet di media sosial Twitter banyak yang membicarakan peristiwa ini. Dalam salah satu video, terlihat detik-detik kubah Masjid Islamic Center ambruk. Banyak pula warganet yang berada di sekitar masjid yang membagikan kejadian tersebut.

"Ini deket rumah. Kubahnya udah roboh, ambruk. Sekarang ambulance dan pemadam kebakaran bolak balik terus. Ya Allah lindungilah kami. Stay safe teman teman yang di Jakarta Utara," tulis akun Twitter @itsme_gee.

"Innalillahi Winna Ilaihi Raji'un , Masjid Islamic Center Jakarta Utara Kebakaran , semoga segera padam dan tidak ada korban Jiwa Aamiin," tulis akun Twitter @yulied.

6 dari 7 halaman

5. Masih dicari penyebabnya

Mengutip News Liputan6.com, Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Utara, Rahmat Kristanto menyebut, pihaknya masih belum mengetahui penyebab terbakarnya masjid Jakarta Islamic Center.

"Sedang dicari tahu, kami masih belum tahu penyebabnya," ujar dia kepada Liputan6.com, Rabu (19/10/2022).

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Wibowo belum berani memastikan penyebab kebakaran di Masjid Jakarta Islamic Center, Koja Jakarta Utara. Pihaknya masih menunggu laporan dari puslabfor.

"Jadi sedang ada pekerjaan renovasi kubah, dimungkinkan bahwa kebakaran itu karena pekerjaan itu atau bukan kita masih menunggu hasil pemerisaan dari Labfor polri, saya sudah minta bantuan Labfor polri," ujar dia kepada Liputan6.com, Rabu (19/10/2022).

7 dari 7 halaman

6 Periksa 4 pekerja

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Wibowo menyebut pihaknya tengah memeriksa empat pekerja menungkap kebakaran kubah Masjid Jakarta Islamic Center di Koja, Jakarta Utara. Dia memeriksa empat petugas untuk mengetahui standar operasional prosedur (sop) dalam mengerjakan renovasi kubah masjid tersebut.

"Untuk sementara ada 4 pekerja sudah kita bawa ke polres untuk dimintai keterangan. Kita mau lihat SOP seperti apa, termasuk pihak-pihak terkait dalam pekerjaan itu akan kita panggil semua untuk dimintai keterangan," ujar dia kepada Liputan6.com, Rabu (19/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.