Sukses

B2B Adalah Business To Business, Pahami Pengertian dan Model Bisnisnya

B2B adalah model bisnis yang terus berkembang pesat di Indonesia. Untuk lebih mengenalnya, berikut ini pengertian dan dasar dasar B2B, serta contohnya.

Liputan6.com, Jakarta B2B adalah singkatan dari istilah Business To Business yang merupakan istilah yang sering didengar di dunia bisnis. B2B adalah bentuk transaksi antara bisnis, seperti yang melibatkan produsen dan grosir, atau grosir dan pengecer. Namun berbeda dengan bentuk transaksi biasa B2B mengacu pada transaksi bisnis antara perusahaan, dan bukan antara perusahaan dan konsumen,

B2B adalah metode penjualan penting bagi banyak bisnis. B2B adalah pasar yang berkembang dan menguntungkan perusahaan karena memberikan keuntungan dalam jumlah yang besar. Namun hal ini datang dengan persyaratan khusus untuk dapat melakukan transaksi menjual dan memasarkan.

Di Indonesia sendiri telah ada banyak perusahaan yang menerapkan metode bisnis B2B. Perusahaan B2B juga dapat dengan mudah ditemui, perusahaan B2B adalah perusahaan yang menawarkan apa jasa atau barang yang dibutuhkan oleh perusahaan lain untuk menjalankan bisnis mereka.

B2B adalah model bisnis yang terus berkembang pesat di Indonesia. Untuk lebih mengenalnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022). Tentang pengertian dan dasar dasar B2B, serta contohnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

B2B Adalah

B2B adalah singkatan dari Business-to-business atau juga yang sering disebut B-to-B. Business-to-business mengacu pada bisnis yang dilakukan antara perusahaan dengan perusahaan, dan bukan antara perusahaan dengan konsumen individu.

Bisnis B2B adalah perusahaan yang menjual produk atau layanannya ke perusahaan lain. Ini berbeda dengan model B2C di mana mereka menjual kepada konsumen individu. Bisnis ini termasuk produsen produk, grosir, distributor, pengecer, dan banyak lagi.

B2B adalah transaksi atau bisnis yang dilakukan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya, seperti grosir dan pengecer. Transaksi B2B cenderung terjadi dalam rantai pasok, dimana satu perusahaan akan membeli bahan baku dari perusahaan lain untuk digunakan dalam proses manufaktur.

Transaksi B2B adalah umum dalam rantai pasokan, karena perusahaan membeli komponen dan produk seperti bahan mentah lainnya untuk digunakan dalam proses manufaktur. Produk jadi kemudian dapat dijual kepada individu melalui transaksi bisnis to konsumen.

Dalam konteks komunikasi, bisnis-ke-bisnis mengacu pada metode di mana karyawan dari perusahaan yang berbeda dapat terhubung satu sama lain, seperti melalui media sosial. Jenis komunikasi antara karyawan dari dua atau lebih perusahaan ini disebut komunikasi B2B.

3 dari 5 halaman

Dasar-Dasar B2B

Dalam strategi pemasaran B2B yang sukses harus mengikuti langkah-langkah penting yang diperlukan dalam perencanaan pemasaran, yaitu mendefinisikan audiens anda, membangun citra otoritas, membuat strategi konten yang kuat, dan mendiversifikasi saluran anda.

Seperti halnya pemasaran B2C, media sosial dapat memberikan lahan yang subur untuk pertumbuhan perusahaan B2B. Platform LinkedIn juga sangat berguna bagi perusahaan yang melakukan bisnis di area Business-to-business.

Pada tingkat yang lebih spesifik, direktori online khusus dapat menjadi cara untuk meningkatkan kesadaran tentang produk anda dan berhubungan dengan perusahaan yang tertarik. Publikasi perdagangan juga merupakan taktik untuk dipertimbangkan, di samping berpartisipasi dalam pameran dagang dan konferensi industri.

Selain pendekatan pemasaran tradisional, perusahaan Business-to-business perlu memberikan perhatian khusus untuk membangun hubungan sebelum melakukan penjualan. Jaringan adalah komponen penting dari pemasaran B2B.

4 dari 5 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Model Bisnis B2B

Menjadi salah satu model bisnis yang berkembang dengan pesat. Model bisnis B2B juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang berdampak pada pemilik bisnis dan timnya. Berikut penjelasannya:

Kelebihan Model Bisnis B2B

1. Pesanan yang lebih besar. Penjualan B2B tinggi dan pesanan dibuat dalam jumlah besar. Ini berarti pendapatan bisa lebih tinggi dengan penjualan lebih sedikit daripada bisnis B2C.

2. Meningkatkan konversi. Bisnis mengkonversi lebih baik daripada individu. Ini membuat upaya pemasaran lebih berhasil dan membuang lebih sedikit uang untuk menarik pelanggan baru.

3. Struktur yang disederhanakan. Komunikasi antar bisnis terjadi secara teratur sehingga penjual lebih mengetahui kebutuhan pelanggan mereka.

 

Kekurangan Model Bisnis B2B

1. Siklus pembelian yang panjang. Konsumen B2B membutuhkan waktu lama untuk membuat keputusan pembelian. Berbagai pemangku kepentingan terlibat dan memerlukan sejumlah persetujuan untuk maju.

2. Pasar terbatas. Penjual B2B memiliki lebih sedikit pelanggan potensial dan yang mereka miliki sangat penting. Jika bahkan satu pelanggan tidak senang, mereka bisa kehilangan banyak uang.

3. Peramalan kesulitan. Baik produsen maupun pengecer dapat mengalami masalah dengan perkiraan permintaan karena B2B memiliki siklus inventaris yang lebih pendek. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan permintaan yang terlalu tinggi dan meninggalkan semua pihak dengan stok mati.

5 dari 5 halaman

Contoh B2B (Business-to-Business)

Model Business-to-Business mencakup berbagai industri, mulai dari teknologi dan manufaktur hingga mobil, pemeliharaan dan banyak lagi. Layanan perangkat lunak juga dapat disediakan di bawah model bisnis B2B. Perangkat lunak seperti Asana, Dropbox, dan banyak perangkat lunak lainnya sering diajukan sebagai proposisi B2B

Mengingat keragaman industri teknologi, model bisnis mencakup beberapa cabang. Contohnya adalah perusahaan Apple, dimana selain penjualan perangkat keras dan perangkat lunak B2C, perusahaan berhubungan dengan beberapa pemasok manufaktur untuk komponen iPhone.

Kemudian ada Samsung, yang merupakan salah satu pemasok terbesar Apple dalam produksi iPhone. Apple juga memiliki hubungan B2B dengan perusahaan seperti Intel, Panasonic dan produsen semikonduktor Micron Technology.

Transaksi B2B juga merupakan tulang punggung industri otomotif. Banyak komponen kendaraan diproduksi secara independen, dan produsen mobil membeli suku cadang ini untuk merakit mobil. Ban, baterai, elektronik, selang dan kunci pintu, misalnya, biasanya diproduksi oleh berbagai perusahaan dan dijual langsung ke produsen mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.