Sukses

15 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Bugar dan Terhindar Dari Penyakit

cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Cara menjaga kesehatan tubuh biasanya disesuaikan dengan usia, kebutuhan, kesibukan dan kemampuan seseorang. Kesehatan merupakan salah satu aspek kehidupan yang diinginkan oleh banyak orang dan untuk mendapatkannya diperlukan konsistensi dalam menjaganya.

Cara menjaga kesehatan tubuh tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan, yang perlu diperhatikan adalah konsistensi untuk tetap melakukannya dan menjadikannya kebiasaan. Dengan menjaga pola hidup sehat, anda tidak hanya akan terhindar dari serangan berbagai jenis penyakit, namun juga dapat meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Dalam cara menjaga kesehatan tubuh, anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya. Hal ini tentu menjadi pilihan yang lebih baik, daripada harus mengeluarkan banyak uang untuk biaya pengobatan saat terserang penyakit.

Untuk pedoman anda yang ingin memulai menjalani pola hidup sehat, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/10/2022). Tentang cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

1. Makan Makanan yang Sehat

Cara menjaga kesehatan tubuh yang pertama adalah makan makanan yang sehat. Makan kombinasi makanan yang berbeda, termasuk buah, sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Orang dewasa harus makan setidaknya lima porsi (400g) buah dan sayuran per hari.

Anda dapat meningkatkan asupan buah dan sayuran dengan selalu memasukkan sayuran ke dalam makanan anda. Dengan Makan sehat, anda akan mengurangi resiko kekurangan gizi dan penyakit tidak menular (PTM) seperti diabetes, penyakit jantung, stroke dan kanker.

 

2. Makan Perlahan

Menurut penelitian, orang yang makan lebih cepat lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan, dibandingkan dengan orang yang makan lebih lambat. Dalam satu penelitian, juga disarankan bahwa ini 115 persen lebih mungkin terjadi pada wanita paruh baya.

Saat anda makan, tubuh anda melepaskan 'hormon kenyang' yang memberi tahu otak anda bahwa anda sudah makan dan harus berhenti. Namun, karena proses ini memakan waktu sekitar 20 menit, orang yang makan dengan cepat mungkin mengonsumsi terlalu banyak makanan dan hanya menerima sinyal ini saat sudah terlalu banyak makan.

 

3. Kurangi Konsumsi Garam dan Gula

Mengonsumsi jumlah natrium diatas takaran yang disarankan, akan menempatkan anda pada risiko tekanan darah tinggi, yang pada gilirannya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kebanyakan orang mendapatkan natrium melalui garam. Kurangi asupan garam anda menjadi 5g per hari atau setara dengan sekitar satu sendok teh.

Di sisi lain, mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan meningkatkan risiko kerusakan gigi dan penambahan berat badan yang tidak sehat. Pada orang dewasa dan anak-anak, asupan gula bebas harus dikurangi hingga kurang dari 10 persen dari total asupan energi. Ini setara dengan 50g atau sekitar 12 sendok teh untuk orang dewasa.

3 dari 6 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

4. Kurangi Asupan Lemak Berbahaya

Lemak yang dikonsumsi harus kurang dari 30 persen dari total asupan energi. Ini akan membantu mencegah kenaikan berat badan yang tidak sehat. Ada berbagai jenis lemak, tetapi lemak tak jenuh lebih disukai daripada lemak jenuh dan lemak trans.

Lemak tak jenuh yang lebih disukai ditemukan pada ikan, alpukat, kacang-kacangan, dan pada bunga matahari, kedelai, kanola serta minyak zaitun. Sedangkan lemak jenuh ditemukan dalam daging berlemak, mentega, minyak kelapa sawit dan kelapa. Kemudian lemak trans ditemukan dalam makanan yang dipanggang dan digoreng, seperti pizza beku, kue kering, biskuit, serta minyak goreng dan olesan.

 

5. Berolahraga (minimal) 3 Kali Seminggu

Cara menjaga kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah rutin berolahraga. Menurut Active Health, orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang hingga berat setiap minggu. Untuk mencapai tujuan ini tidaklah sulit. Anda dapat mencoba tetap melakukan lebih banyak aktivitas yang sudah anda lakukan.

Atau pilih aktivitas yang menurut anda akan anda nikmati dan mulailah melakukannya. Hal ini bisa berupa perubahan kecil. Misalnya, alih-alih berjalan dengan anjing Anda, kenakan sepatu lari Anda dan joging dengan anjing anda. Dan jika anda sudah berlari dua kali seminggu, tambahkan hari ketiga untuk menjelajahi berbagai rute dengan kecepatan yang santai dan menyenangkan.

 

6. Jangan Merokok

Merokok tembakau menyebabkan berbagai penyakit paru-paru, penyakit jantung dan stroke. Tembakau membunuh tidak hanya perokok langsung tetapi bahkan non-perokok melalui paparan tangan kedua.

Jika saat ini anda seorang perokok, belum terlambat untuk berhenti. Setelah anda melakukannya, anda akan merasakan manfaat kesehatan langsung dan jangka panjang. Jika anda bukan perokok, itu bagus. Jangan mulai merokok dan perjuangkan hak anda untuk menghirup udara bebas asap rokok.

4 dari 6 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

7. Tutup Mulut Saat Batuk atau Bersin

Penyakit seperti influenza, pneumonia dan TBC ditularkan melalui udara. Ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, agen infeksi dapat ditularkan ke orang lain melalui tetesan udara. Ketika anda merasa batuk atau bersin datang, pastikan anda telah menutup mulut anda dengan masker wajah atau menggunakan tisu kemudian membuangnya dengan hati-hati.

Jika anda tidak memiliki tisu di dekat anda saat batuk atau bersin, tutupi mulut anda sebanyak mungkin dengan lekukan atau bagian dalam siku anda. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit yang mudah menular melalui udara dan menghentikan penyebarannya secara luas.

 

8. Mencegah Gigitan Nyamuk

Nyamuk adalah salah satu hewan paling mematikan di dunia. Penyakit seperti demam berdarah, chikungunya, malaria dan filariasis limfatik ditularkan oleh nyamuk. Anda dapat mengambil langkah-langkah sederhana untuk melindungi diri anda dan orang yang anda cintai dari penyakit yang dibawa oleh nyamuk.

Jika anda bepergian ke daerah yang diketahui memiliki penyakit bawaan nyamuk, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan vaksin untuk mencegah penyakit yang ditularkan melalui nyamuk. Kenakan kemeja dan celana lengan panjang berwarna terang dan gunakan obat nyamuk. Di rumah, gunakan tirai jendela dan pintu, gunakan kelambu dan bersihkan lingkungan anda setiap minggu untuk menghancurkan tempat perkembangbiakan nyamuk.

 

9. Periksa Tekanan Darah Secara Teratur

Hipertensi atau tekanan darah tinggi, sering disebut sebagai pembunuh dalam diam. Hal ini karena banyak orang yang menderita hipertensi mungkin tidak menyadari masalah ini karena mungkin tidak memiliki gejala apa pun. Jika dibiarkan, hipertensi dapat menyebabkan penyakit jantung, otak, ginjal, dan penyakit lainnya.

Pastikan untuk memeriksakan tekanan darah anda secara teratur dibantu oleh petugas kesehatan sehingga anda tahu dengan pasti kondisi anda. Jika tekanan darah anda tinggi, dapatkan saran dari petugas kesehatan untuk pengobatannya. Hal ini penting dalam pencegahan dan pengendalian hipertensi.

5 dari 6 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

10. Minum Antibiotik Hanya Sesuai Resep

Antibiotik adalah salah satu ancaman kesehatan masyarakat terbesar di generasi saat ini. Ketika antibiotik kehilangan kekuatannya, infeksi bakteri menjadi lebih sulit untuk diobati, yang menyebabkan biaya medis yang lebih tinggi, lama tinggal di rumah sakit, dan peningkatan kematian.

Antibiotik kehilangan kekuatannya karena penyalahgunaan dan penggunaan berlebihan pada manusia dan hewan. Pastikan anda hanya minum antibiotik jika diresepkan oleh profesional kesehatan yang berkualifikasi. Dan setelah diresepkan, selesaikan hari perawatan seperti yang diinstruksikan.

 

11. Minum Lebih Banyak Air

Cara menjaga kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah minum lebih banyak air. Anda mungkin pernah mendengar pepatah untuk minum 8 gelas air sehari, namun tidak banyak yang benar-benar mengikuti ini dan sering kali memilih untuk menghitung total asupan cairan mereka, yang biasanya termasuk soda, kopi, dan minuman lainnya.

Namun, tubuh anda tidak terdiri dari minuman ringan dan minuman manis. Perlu diingat bahwa sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Ada banyak manfaat dari minum lebih banyak air, seperti membantu kita untuk mengontrol asupan kalori kita, memberi energi pada otot kita, menjaga ginjal kita tetap sehat, dan menghidrasi kulit.

 

12. Tidur Selama 6 - 8 Jam Setiap Hari

Tidur selama 6 - 8 adalah jumlah jam tidur yang disarankan orang dewasa setiap malam untuk kesehatan yang lebih baik. Menurut sebuah makalah tentang durasi dan kematian tidur, para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam, 12 persen lebih mungkin meninggal sebelum waktunya.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak tidur berlebihan, karena ditemukan juga bahwa orang yang tidur lebih dari 8 - 9 jam setiap hari memiliki 30 persen risiko kematian dini. Jadi pastikan untuk tidur pada waktu yang memungkinkan anda untuk beristirahat selama 6 - 8 jam, lalu bangun saat alarm berbunyi.

6 dari 6 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

13. Tersenyum dan Tertawalah Lebih Banyak

Ini adalah salah satu perubahan paling sederhana, namun memberikan efek kuat yang dapat dengan mudah anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental anda. Ketika kita tertawa, kita bernapas lebih dalam dan menghirup lebih banyak udara, yang merangsang jantung, paru-paru, dan otot kita.

Ini juga meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak kita, yang secara positif mempengaruhi fisiologi dan suasana hati kita yang secara otomatis menempatkan kita ke dalam keadaan yang lebih baik dan lebih bahagia. Jadi sering-seringlah tersenyum dan masukkan lebih banyak tawa ke dalam hari-hari anda.

 

14. Bicaralah dengan Seseorang yang Dipercayai Jika Merasa Sedih

Depression adalah penyakit umum di seluruh dunia dengan lebih dari 260 juta orang terkena. Depresi dapat bermanifestasi dalam berbagai cara, tetapi mungkin membuat anda merasa putus asa atau tidak berharga atau anda mungkin sering memikirkan pikiran negatif dan mengganggu atau memiliki rasa sakit yang luar biasa.

Jika anda mengalami ini, ingatlah bahwa anda tidak sendirian. Bicaralah dengan seseorang yang anda percayai seperti anggota keluarga, teman, kolega, atau profesional kesehatan mental tentang perasaan anda.

 

15. Buat Jurnal Kemenangan Harian

Cara menjaga kesehatan tubuh yang terakhir adalah dengan membuat jurnal kemenangan harian. Merujuk seorang profesor Harvard Business School dalam ceramah TEDx-nya tentang mencapai kesuksesan melalui kemenangan kecil, pendidik Mehrnaz Bassiri mengatakan bahwa membuat catatan harian kemajuan membantu kita untuk merenungkan hari-hari kita dan mencatat semua pencapaian kecil yang seharusnya tidak diperhatikan.

Kebiasaan ini membantu kita mencatat dan merayakan kemenangan kecil kita, bahkan pada hari-hari yang membuat frustasi ketika kita merasa belum mencapai banyak hal. "Kemenangan" ini bisa berupa melakukan sesuatu yang membuat anda bahagia. Ingatlah bahwa anda dapat menjalani hidup yang lebih sehat hanya dengan melakukan perubahan kecil, satu per satu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.