Sukses

6 Cara Pola Asuh Nikita Willy, Sudah Ajarkan Anak Tidur Sendiri

Ajarkan anak tidur hingga makan sendiri, pola asuh Nikita Willy banjir pujian.

Liputan6.com, Jakarta Sejak melahirkan anak pertama pada April 2022 di Amerika Serikat, keluarga kecil Nikita Willy tak lepas dari perhatian. Selain karena putuskan menetap di Negeri Paman Sam sampai lahiran, keputusan Nikita Willy melahirkan secara normal juga banjir pujian dari publik.

Kini, Baby Izz sudah menginjak usia 6 bulan, pola asuh anak Nikita Willy pun jadi sorotan. Bintang sinetron Safa dan Marwah itu sudah membiasakan sang anak tidur sendiri hingga memberikan menu MPASI (Makanan Pendamping Asi) berupa mie dan paha ayam.

Berikan paha ayam sebagai menu MPASI Baby Izz, Nikita Willy tuai beragam komentar. Menjawab komentar tersebut, istri Indra Priawan itu menjelaskan bahwa ia memutuskan menggunakan metode BLW (Baby Led Weaning). BLW adalah metode memperkenalkan makanan kepada bayi dengan membebaskan sang bayi makan sendiri.

Meski ada yang tak setuju, tak sedikit yang salut dengan pola asuh Nikita Willy karena mengajarkan anak mandiri sejak dini. Tanpa babysitter, Nikita Willy mengasuh Baby Izz bareng Indra Priawan sejak Baby Izz lahir.

Ajarkan anak tidur hingga makan sendiri, berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang pola asuh anak ala Nikita Willy, Jumat (14/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ajarkan Anak Tidur Sendiri

Sejak Baby Izz berusia 4 bulan, Nikita Willy sudah ajarkan sang buah hati untuk tidur sendiri. Nikita Willy menjelaskan bahwa mengajarkan Issa untuk tidur sendiri merupakan tujuan ia dan Indra Priawan kalau sudah punya anak.

“Kenapa Issa kita latih untuk tidur sendiri, karwna itu udah tujuan aku dan Indra kalau punya anak, mereka harus punya kamar sendiri dan tidur sendiri. Jadi kita ajarin dari kecil gitu, takutnya nanti kalau kita ajarin saat todler, akan susah banget ngelepasnya gitu.” Jelas Nikita Willy.

Sang buah hati sempat tak ingin tidur sendiri, namun ketelatenan dan kesabaran Nikita Willy akhirnya membuat Baby Izz bisa tidur sendiri di usianya yang masih 4 bulan.

"Kita sleep trained dia pada saat umur empat bulan. Awalnya dia enggak bisa tidur sendiri tanpa aku," kata Nikita.

"Tapi sekarang Alhamdulillah sudah bisa, jadi dia sudah bisa independent sleep-nya, dan dia bisa tidur lebih lama juga," imbuhnya.

Nikita Willy juga menambahkan bahwa keputusannya membiarkan anaknya tidur sendiri agar tidur sang buah hati tidak terganggu. Ketika tidur sendiri, Baby Izz lebih bisa tidur sendiri tanpa gangguan.

"Kalau misalkan dia tidur bareng sama kita, setiap dia mengeluarkan suara sedikit, aku reflek kayak nyamperin dia, dan itu ganggu tidurnya dia banget," jelas Nikita.

"Karena baby itu kan masih active sleep, masih suka berisik-berisik pada saat tidur, padahal dia lagi tidur," sambungnya.

3 dari 7 halaman

2. Bangunkan Anak dari Tidur

Dalam video yang diunggahnya pada September 2022 lalu, Nikita Willy juga perlihatkan momen saat di mana ia dan Indra Priawan bangunkan Baby Izz dari tidurnya hingga menyambut anaknya itu dengan kata-kata manis.

Setelah Baby Issa bangun, Nikita Willy dan Indra Priawan langsung sigap untuk membantu buah hatinya itu berganti baju.

4 dari 7 halaman

3. Makan Sendiri

Pertama kali makan makanan MPASI, Baby Izz langsung dibiarkan makan sendiri, namun tentunya dengan pendampingan Nikita Willy dan Indra Priawan. Mulai dari kentang, brokoli sampai paha ayam, menu MPASI Baby Izz ini sempat tuai beragam komentar.

Dalam Story Instagramnya, Nikita Willy pernah menjelaskan jika ia menerapkan metode BLW (Baby Led Weaning). Sang buah hati mulai makan di usia 6 bulan kurang seminggu, Nikita sudah berkonsultasi dengan dokter anak.

“6 bulan kurang seminggu Izz starts makan pastinya dengan izin dokter anak.” Jelas Nikita Willy.

“Karena kita selalu travel jadi kita putuskan menggunakan metode BLW (Baby Led Weaning) agar Izz bisa enjoy makan sama kita di meja makan dan kita gak harus rapot bikin bubur apalagi saat bepergian.” Tambahnya.

Ikut workshop hingga baca buku, Nikita Willy belajar menerapkan metode BLW tersebut kepada Baby Izz yang sudah mulai MPASI.

“Aku ikut workshop untuk BLW, virtual course dan baca buku baby led weaning supaya yakin untuk menerapkan metode tersebut. Kita baru pemula jadi sampai sekarang juga masih belajar.”

5 dari 7 halaman

4. Sikat Gigi Sebelum Tidur

Nikita Willy juga sudah mengajarkan toilet training kepada anak, dimulai dengan membiasakan Baby Izz sikat gigi sebelum tidur. Belum lama ini, di unggahan Story Instagramnya, Nikita Willy perlihatkan momen saat ia menyikat gigi Baby Izz dengan sikat gigi khusus.

Ajarkan anak sikat gigi, parenting ala Nikita Willy ini banjir pujian dari warganet. Dalam video yang beredar, Baby Izz terlihat anteng dan menurut dengan arahan sang bunda.

6 dari 7 halaman

5. Tanpa Baby Sitter

Sejak melahirkan anak pertamanya pada April 2022 lalu, Nikita Willy memutuskan untuk merawat sang buah berdua dengan sang suami tanpa bantuan baby sitter. Fokus urus buah hati, artis dengan nama lengkap Nikita Purnama Willy ini memilih untuk libur sementara dari aktivitas syuting

7 dari 7 halaman

6. Tidak Pakaikan Baby Izz Sarung Tangan

Dalam Story Instagramnya, Nikita Willy pernah paparkan secara singkat soal cara pola asuh yang diterapkannya kepada Baby Izz. Artis kelahiran 1994 ini menjelaskan jika sejak kecil ia tidak pernah memakaikan Baby Izz sarung tangan.

“Dari lahir aku tidak pakaikan Izz sarung tangan, karena menurut buku montessoriyang aku baca supaya bayi bisa meraba hal hal baru melalui tangannya (sensory sejak lahir).” Tulis Nikita Willy

“Usia 3 bulan Izz juga mulai memasukkan tangan ke mulut, juga tidak pernah aku larang.” Tambahnya

“Usia 4 bulan kita ajarkan untuk ambil mainan dihadapan mukanya. Jadi 4-5 bulan dia sudah suka masukin barang2 yang kita berikan di depan mukanya lalu memasukkan ke mulutnya, tidak pernah dilarang asalkan aman supaya dia tau oh barang ini keras, lembut, dll.” Paparnya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.