Sukses

15 Cara Mengatasi Bibir Hitam dan Kering Secara Alami

Cara mengatasi bibir hitam bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami, seperti buah-buahan hingga tumbuh-tumbuhan.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi bibir hitam bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami, seperti buah-buahan hingga tumbuh-tumbuhan. Hal ini tentunya bisa dijadikan alternatif perawatan bagi kamu yang mengalami masalah bibir kusam.

Kulit bibir yang hitam dan kering tentunya memengaruhi penampilan. Kamu bisa mengatasi bibir hitam dan kering dengan menjaganya tetap terhidrasi. Selain itu, perawatan bibir agar tetap cerah meliputi perawatan, perlindungan, dan penutrisian pada bibir.

Cara mengatasi bibir hitam bisa dipraktikkan dengan mudah di rumah. Kamu tinggal mengumpulkan bahan-bahan alami yang diperlukan, kemudian gunakan sesuai dengan langkah-langkah yang tepat. Dengan begitu, kamu akan terhindari dari bibir hitam dan kering.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/10/2022) tentang cara mengatasi bibir hitam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Bibir Hitam

Tetap Terhidrasi

Cara mengatasi bibir hitam yang pertama yaitu dengan cukup minum air putih. Dehidrasi akan menyebabkan kulit kering dan bibir pecah-pecah. Ini bisa menyebabkan bibir kering dan gelap. Bibir dapat menjadi salah satu area tubuh pertama yang terlihat kering dan gelap akibat dehidrasi. Minum air yang cukup dan melembapkan bibir secara rutin bisa menjaga bibir tetap merah merona setiap hari. Minum cukup cairan adalah salah satu cara terbaik untuk merawat kulit. Tambahkan seiris mentimun atau lemon ke dalam segelas air untuk minuman yang lezat dan menyegarkan.

Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi bibir hitam secara alami. Lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Buah-buahan sitrus ini bisa membuat bibir tampak lebih cerah dan mengelupas kulit mati. Kamu bisa mengoleskan beberapa tetes air lemon atau jeruk nipis. Kamu juga bisa menggosokkan buah ini ke bibir. Pastikan bibir tidak pecah-pecah atau sangat kering sebelum menggunakannya.

Kunyit

Kunyit mengandung khasiat penyembuhan yang bisa mengatasi bibir kering dan kusam. Cara mengatasi bibir hitam dengan kunyit cukup mudah, yaitu dengan menumbuk 2 ruas kunyit sampai halus lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Menurut sebuah studi 2010, kunyit dapat bertindak sebagai inhibitor melanin. Kamu juga bisa menggunakan kunyit dengan mencampur 1 sendok makan susu dan bubuk kunyit secukupnya untuk membuat pasta. Dengan ujung jari yang basah, gosokkan pasta di bibir. Biarkan sekitar lima menit sebelum membilasnya dengan air dingin.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki khasiat yang menenangkan dan memulihkan bibir yang kering dan kusam. Ini bisa membantu bibir lebih merah merona. Vitamin E di dalamnya membantu memulihkan kelembapan. Sebuah penelitian menunjukkan senyawa dalam lidah buaya menghambat produksi melanin. Cara mengatasi bibir hitam dengan lidah buata yaitu sekali setiap hari oleskan tipis-tipis gel lidah buaya segar ke bibir. Setelah kering, bilas dengan air hangat.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Bibir Hitam

Delima

Delima mengandung senyawa 'punicalagins' yang menghambat produksi melanin dan mencegah bibir menggelap. Buah delima merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk menghilangkan kusam pada bibir. Cara mengatasi bibir hitam yaitu dengan menghancurkan buah delima dan mengoleskannya pada bibir. Diamkan selama 15 menit dan bilas dnegan air bersih.

Madu

Cara mengatasi bibir hitam selanjutnya adalah dengan madu. Kandungan glukosa dan fruktosa yang terdapat dalam madu akan merangsang epidermis untuk membuat kolagen baru. Ini membuat bibir akan terlihat lebih merah secara alami. Untuk mendapatkan khasiatnya, campur madu dengan gula, kemudian gosokkan pada bibir secara perlahan hingga kulit mati terangkat.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K yang tinggi yang bisa mencerahkan bibir secara alami. Cara memerahkan bibir secara alamimenggunakan minyak zaitun cukup mudah, yaitu mengoleskan minyak zaitun setiap hari ke bibir.

Minyak Kelapa

Selain zaitun, minyak kelapa juga bisa membantu mencerahakan bibir dan membuatnya tampak merah merona. Minyak kelapa juga memiliki efek antimikroba untuk melindungi kulit bibir yang pecah-pecah dari masuknya kuman penyebab infeksi. Cara mengatasi bibir hitam pun sederhana, cukup mengoleskan minyak kelapa ke bibir secara rutin.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Bibir Hitam

Stroberi

Cara mengatasi bibir secara alami berikutnya yaitu menggunakan stroberi. Stroberi mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang bisa mencerahkan dan mencegah penuaan kulit. Menggunakan stroberi ampuh untuk pengelupasan kulit dan mencerahkan bibir yang kusam. Hancurkan satu buah stroberi dan campurkan dengan satu sendok teh madu serta minyak zaitun. Bersihkan bibir dan aplikasikan campuran stroberi dengan jari. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Alpukat

Alpukat bisa digunakan sebagai scrub untuk memerahkan bibir. Alpukat kaya akan antioksidan dan vitamin yang bisa menutrisi kulit. Cara mengatasi bibir hitam dengan alpukat yaitu dengan menghaluskan daging alpukat secukupnya, lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Buah Bit

Buah bit dikenal sebagai pewarna merah alami dengan beragam manfaat. Kamu bisa menggunakan buah bit sebagai lip balm alami. Lip balm buah bit juga bisa bertindak sebagai eksfoliator alami dan akan membantu sebagai cara mengatasi bibir hitam. Kamu cukup menghaluskan sepotong buah bit dan mengoleskannya ke bibir.

Timun

Mentimun sebagian besar terdiri dari air yang membantu menjaga bibir tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, timun adalah sumber vitamin C yang memainkan peran kunci dalam produksi kolagen sehingga membantu membersihkan bibir dari kulit mati yang kering. Cara mengatasi bibir hitam dengan timun yaitu, gosokkan mentimun pada bibir secara rutin.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Bibir Hitam

Cokelat

Cara mengatasi bibir secara alami berikutnya yaitu dengan cokelat. Cokelat hitam kaya akan antioksidan. Ini bisa meningkatkan hidrasi dan ketebalan jaringan kulit di bibir. Cokelat sangat bagus untuk menutrisi dan memperbaiki bibir yang kering dan kusam.

Daun Mint

Daun mint dikenal memberikan sensasi dingin dan segar pada bibir. Daun mint mengandung vitamin dan mineral yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi bibir hitam secara alami. Cara mengaplikasikan daun mint pada bibir yaitu dengan menghaluskan dua lembar daun mint dan oleskan pada bibir. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air.

Air Mawar

Air mawar bisa membantu menghidrasi kulit bibir. Kandungan antioksidannya juga mencegah bibir berubah menjadi gelap. Cara mengatasi bibir hitam secara alami menggunakan air mawar yaitu dengan mengoleskannya setiap hari secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.