Sukses

17 Tempat Wisata Alam di Jakarta untuk Melepaskan Penat Anda

Di tengah hiruk-pikuk kehidupan kota, ada segudang wisata alam di Jakarta yang patut dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin hal pertama yang terlintas di benak Anda jika membahas tentang Jakarta adalah macet dan gedung-gedung tinggi. Padatnya kehidupan Jakarta juga seringkali membuat stres, letih berlebih dan bahkan depresi orang-orang di sana.

Jika sudah begitu, maka Anda perlu istirahat sejenak untuk mengatur ulang diri Anda. Berkunjung ke tempat wisata, terutama wisata alam mungkin dapat Anda coba. Akan tetapi, pernahkah Anda berpikir untuk berlibur ke tempat wisata alam di Jakarta saja? Ya, tempat yang akrab dengan macet dan berbagai gedung tinggi ini juga menyimpan banyak wisata Alam yang dapat menjadi alternatif liburan Anda dan keluarga.

Anda dapat mengajak, saudara, sahabat, orang tua, pasangan dan bahkan keluarga besar Anda untuk istirahat sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota Jakarta dengan berkunjung ke tempat wisata alamnya. Wisata alam di Jakarta juga tidak kalah menakjubkan dari wisata-wisata alam di luar sana.

Tidak hanya melepas penat, di beberapa tempat wisata tersebut Anda juga dapat mengambil foto untuk menyimpan kenangan Anda. Berikut liputan6 rangkum dari jakarta-tourism.go.id sebagai website di bawah Dinas Pariwisata DKI Jakarta tentang berbagai wisata alam di Jakarta, Selasa (11/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Taman di Jakarta

1. Taman Wisata Alam Mangrove, Pantai Indah Kapuk (PIK)

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini merupakanbagian dari wilayah Hutan Angke Kapuk. Anda dapat melihat berbagai jenis burung air dan hijaunya pohon bakau dan suasana rawa di sini. Selain untuk menarik wisatawan ke sini, taman wisata alam mangrove ini juga dimanfaatkan untuk melestarikan fungsi bakau.

Harga tiket masuk ke sini, mulai dari Rp10.000 sampai Rp150.000 bagi WNA tanpa KITAS. Anda dapat mengunjungi tempat wisata yang satu ini menggunakan transportasi umum, seperti bus Transjakarta atau mobil pribadi.

2. Taman Suropati dan Taman Patung Diponegoro

Anda yang penat dengan padatnya kehidupan Jakarta, akan senang jika berkunjung ke ruang terbuka hijau seperti Taman Suropati dan Taman Patung Diponegoro ini. Kedua taman tersebut bagaikan oase di tengah gurun karena merupakan ruang terbuka hijau di tengah Jakarta.

Di Taman Patung Diponegoro, Anda dapat menikmati tanaman yang memiliki banyak warna, kolam biru dan patung kuda Pangeran Diponegoro. Sedangkan di Taman Suropati, Anda dapat melakukan aktivitas fisik, seperti jogging, bersepeda atau hanya sekedar berjalan-jalan. Air mancur yang dapat memantulkan warna hijau zamrud yang cantik juga akan memanjakan mata Anda. Yang paling penting adalah Anda dapat mengakses dua taman tersebut.

3. Taman Cattleya Slipi

Taman yang satu ini juga bisa Anda kunjungi untuk melepas penat sejenak. Taman Cattleya Slipi terletak di wilayah Tomang Jakarta Barat. Anda dapat menikmati rindangnya berbagai jenis pohon yang berjumlah 948 beserta tanaman hias, seperti pohon jenis tremebesi, beringin, kecrutan, yangliu dan glondongan tian.

Jika berkunjung te tempat wisata alam di Jakarta yang satu ini jangan lupa untuk mengabadikan foto dengan kamera Anda. Anda dapat mengunjungi taman ini secara gratis dari jam tujuh pagi hingga jam sepuluh malam. 

3 dari 6 halaman

Wisata Taman di Jakarta

4. Taman Tebebuya Jagakarsa

Tempat wisata alam di Jakarta yang satu ini sangat cocok untuk berlibur Anda dengan keluarga. Anda dapat bermain dan berolahraga sepuas hati di sini. Taman ini berada di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Taman asri dengan rumput hijau dan kolam teratai ini akan melengkapi waktu quality time Anda dengan keluarga. Salah satu pohon yang menjadi daya tarik taman ini adalah pohon tabebuya yang berasal dari Brazil dengan warna pink pada bunganya seperti bunga sakura.

5. Taman Mataram

Taman yang terletak di Kebayoran Baru ini menjadi salah satu taman atau ruang terbuka hijau yang banyak dikunjungi masyarakat. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena taman ini menarik para wisatawan salah satunya dengan berbagai jenis bunga yang ada, termasuk bungan merah, alamanda kuning, mandevila, bottle rush dsb.

Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah menemui pohon kedondong, buni dan nangka. Anda dapat berolahraga, bersantai dengan anak-anak atau hanya sekedar duduk di taman ini dengan nyaman dengan fasilitas playground dan gym kecilnya. Lagi-lagi Anda tidak perlu khawatir tentang biaya karena taman ini juga dapat diakses secara gratis.

6. Hutan Kota GBK

Sebelum menjadi tempat wisata alam di Jakarta, terutama di pusat kotanya, dulu taman ini merupakan lapangan golf driving range. Anda dapat merasakan suasana sejuk dengan pohon-pohon yang rindang untuk bersantai sejenak.

4 dari 6 halaman

Wisata Taman Jakarta

7. Taman Kembang Kerep

Tempat wisata alam di Jakarta ini terletak di dekat dengan pintu keluar Tol Kembangan, Jakarta Barat. Jika Anda tidak sempat melakukan camping, maka dengan datang ke taman ini Anda dapat merasakan suasana camping yang diinginkan. Selain itu, terdapat rumah pohon, dan dua kolam yang akan melengkapi waktu bersantai kalian.

8. TWA Mangrove Angke Kapuk

Taman wisata ini sudah ada sejak penjajahan Belanda, yakni pada tahun 1939 dan terletak di Kamal Muara, PIK. Anda dapat menikmati hutan mangrove dengan berbagai fauna, seperti Elang Laut Perut Putih dan Bangau Abu-abu.

Selain itu, Anda juga dapat menyewa perahu dan berkeliling di area sekitar. Jika Anda ingin berlama-lama di sini, maka Anda dapat menyewa penginapan dan bahkan terdapat paket bulan madu. Tiket masuk ke taman ini hanya sekitar Rp15.000. Anda dapat menuju ke tempat wisata alam di Jakarta yang satu ini menggunakan transjakarta.

9. Taman Waduk Pluit

Taman wisata alam di Jakarta yang murah meriah selanjutnya, apalagi jika bukan Waduk Pluit. Tentu saja di sini Anda dapat memggunakan fasilitas fitness yang tersedia dan juga lapangan basketnya secara gratis. Selain itu Anda juga bisa mencoba piknik di sini seperti orang-orang.

10. Bookhive

Bookhive Jakarta merupakan perpustakaan kecil yang dapat diakses secara gratis. Tujuan adanya bookhive ini adalah untuk meningkatkan minat dan kesukaan masyarakat terhadap membaca buku. Terdapat berbagai buku bekas yang bisa kamu baca di sini. Bentuk bookhive juga unik karena menyerupai rumah.

5 dari 6 halaman

Wisata Alam di Jakarta

11. Pulau Pelangi

Pulau Pelangi juga kerap disebut dengan Pulau Petodan Barat. Pulai ini merupakan pulau resor yang dapat menjadi pilihan tempat liburan Anda. Anda dapat menikmati pasir putih di sekitar pulau dan pemadangan gugusan pulau-pulau, seperti Pulau Putri, Pulau Peton, Pulau Sepa dan Pulau Melinjo.

Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan di pulau ini, seperti wahana banana boat, kano, snorkling, scuba diving, glass bottom boat dan memancing. Anda dapat menjangkau tempat ini dengan melalui Dermaga Marina, Ancol dengan tarif mulai dari Rp100.000.

12. Pulau Tidung

Tempat wisata alam di Jakarta selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Pulau Tidung. Pulau yang masih menjadi bagian dari Pulau Seribu ini menawarkan suasana menenangkan dari hutan bakau. Jika beruntung, Anda dapat berpartisipasi membantu menanam pohon bakau di sini. Mata Anda akan dimanjakan dengan pemandanga indah dari ekosistem laut. Anda juga dapat mencoba aktivitas snorkeling di sini.

13. Lapangan Banteng

Tidak hanya bersantai, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman berharga dari informasi sejarah tempat yang satu ini. Selain itu, Anda juga bisa berolahraga sambil menikmati pertunjukan air mancur.

14. Taman Kembang Sepatu

Jika Anda berkunjung ke Lubang Buaya, maka Anda dapat mencoba mampir ke Taman Kembang Sepatu. Terdapat playground, jalur jogging hingga gazebo. Anda dapat menghilangkan lelah dengan berkunjung ke taman ini sejenak.

6 dari 6 halaman

Wisata Alam di Jakarta

15. Taman Salix

Ruang terbuka hijau ini berada di Jalan Mufakat, Jakarta Selatan. Beberapa fasilitas yang tersedia di taman ini, termasuk lapangan voli, gazebo, CPG, outdoor fitness, kolam serta aliran sungai. Terdapat 834 pohon di Taman Salix, seperti kelap, mahoni dan leda. Taman yang teduh dan asri ini bisa dikunjungi oleh siapapun dan dari kalangan usia berapa pun.

16. Hutan Kota Cijantung

Hutan kota yang satu ini terletak di Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Anda dapat menikmati area sekitar hutan yang terjaga kebersihannya dan beragam pohon. Karena tempatnya yang terjaga kebersihannya, maka ketika Anda melakukan aktivitas, seperti olahraga di sini akan lebih baik jika Anda juga tetap menjaga kebersihan lingkungan hutan.

17. Danau Sunter

Jika Anda ingin melepas penat dengan wisata Air, maka Danau Sunter bisa menjadi salah satu pilihannya. Danau yang satu ini terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Anda dapat menikmati danau dengan yang udara sejuk dan cuaca yang tidak begitu panas. Anda dapat mengayuh sepeda bebek air dengan membayar biaya mulai dari Rp15.000 hingga Rp25.000.

Selain itu, Anda juga dapat memuaskan perut Anda dengan mengunjungi warung-warung di tepi danau. Anda dapat mengunjungi tempat yang satu ini dengan menggunakan taksi, ojek dan berbagai transportasi lainnya.

 

Reporter magang: Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini