Take Care Artinya dalam Bahasa Indonesia dan Penggunaannya yang Benar

Oleh Husnul Abdi pada 07 Okt 2022, 20:05 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 20:05 WIB
Take Care Artinya
Perbesar
Ilustrasi berpisah, pamitan. (Photo by Junseong Lee on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Take care artinya perlu dipahami oleh setiap orang. Pasalnya, istilah ini sudah cukup sering digunakan oleh anak muda zaman sekarang, terutama di media sosial. Bahkan, pengucapan kata take care juga sudah dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Take care artinya berkaitan dengan kepedulian seseorang terhadap orang lain. Hal ini biasanya diucapkan ketika kamu akan berpisah dengan seseorang. Kalimat ini digunakan sebagai penyemangat dan pengingat untuk orang lagi agar tetap menjaga diri

Take care artinya bentuk kepedulian terhadap orang yang akan pergi atau berpisah dengan kamu.  Selain itu, istilah ini juga bisa digunakan agar seseorang berhati-hati dan waspada terhadap apa yang sedang dihadapinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/10/2022) tentang arti take care.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Arti Take Care

Ilustrasi kata-kata tentang perpisahan
Perbesar
Ilustrasi kata-kata tentang perpisahan. (Foto oleh Vie Studio dari Pexels)

Take care artinya dalam bahasa Indonesia perlu kamu ketahui. Take care artinya perlu dipahami setiap orang sesuai dengan konteks pembicaraan. Pertama, take care artinya jaga diri atau hati-hati di jalan. Take care biasanya dipakai ketika seseorang mengucapkan salam perpisahan terhadap orang lain.

Take care artinya hati-hati, terutama saat kamu dan lawan bicaramu telah menyelesaikan percakapan dan akan pulang ke rumah masing-masing atau berpisah. Tidak hanya itu, take care artinya juga kerap digunakan sebagai pesan agar seseorang lebih waspada saat dalam situasi berbahaya seperti ketika ada bencana.

Contoh penggunaan take care dalam konteks ini yaitu:

Okay then. Take care. (Baiklah. sampai jumpa)

Selain itu, dalam konteks lainnya, take care artinya bisa jadi merawat atau mengurus. Jadi, take care tidak berarti hati-hati lagi, dan tidak digunakan untuk kalimat perpisahan. Hal ini biasanya terjadi bila kalimat take care berada di tengah kalimat. Contohnya dalam kalimat berikut:

We will take care of them together. (Kami akan mengurus semuanya bersama-sama.)


Kata Lain Pengganti Take Care

Kuasai Bahasa Inggris
Perbesar
Ilustrasi Belajar Bahasa Inggris Credit: pexels.com/pixabay

Take care artinya adalah jaga diri atau hati-hati, sehingga kamu juga mungkin sering mendengar kalimat lainnya seperti take care of yourself, take good care of yourself, dan lain sebagainya. Istilah tersebut juga populer digunakan oleh anak muda zaman sekarang. Take care memiliki berbagai padanan kata dalam bahasa Indonesia. Kamu juga bisa mengenali berbagai kata lainnya untuk menunjukkan perhatian dan kepedulian terhadap orang lain dengan mengungkapkan beberapa kata-kata lainnya.

Take care artinya adalah jaga diri atau hati-hati, sehingga kamu juga mungkin sering mendengar kalimat lainnya saat perpisahan. Mengutip powerthesaurus.org, untuk mengungkapkan salam perpisahan dan menunjukkan kepedulian terhadap seseorang, selain take care kamu bisa menggunakan kalimat-kalimat sebagai berikut:

- be safe

- take care of yourself

- be careful

- take good care of yourself

- be healthy

- be fine

- be well

- stay good

- stay calm

- stay healthy

- stay well-rested

- stay well-nourished

- take care of yourselves

- watch your back

Itulah beberapa istilah lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti take care.


Contoh Penggunaan Take Care

Ilustrasi belajar bahasa Inggris
Perbesar
Ilustrasi belajar bahasa Inggris. (Photo Copyright by Freepik)

Penggunaan istilah take care artinya kamu menunjukkan rasa perhatian dan kepedulian terhadap kondisi orang lain saat akan berpisah. Kamu tentunya sudah sering kali mendengar kalimat ini disampaikan saat akan berpisah dengan orang lain. Saat ini take care sudah cukup umum digunakan dalam percakapan sehari-hari, baik secara lisan maupun tulisan.

Istilah take care artinya kerap muncul ketika beberapa orang saling bertukar kabar dan saling mendoakan, atau sekadar bertemu di jalan. Mengutip KapanLagi, berikut beberapa contoh penggunaan kata take care dalam kalimat:

- Okay then. Take care. (Baiklah. sampai jumpa)

- May you all have a safe and peaceful holiday and please take care if you are on the road. (Semoga kamu semua merasakan liburan yang tenang dan aman dan mohon berhati-hati jika kamu berada di jalan.)

- Protect and take care of your body as best as you can, it is the only thing you are sure to have forever. (Lindungi dan rawatlah tubuhmu sebaik yang kamu bisa, ini adalah satu-satunya hal yang akan kamu miliki selamanya.)

- Be careful with sparklers, fireworks, and bonfires, take care of yourself. (Berhati-hatilah dengan petasan, kembang api, dan api unggun, jaga dirimu sendiri.)

Itulah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata take care untuk menunjukkan rasa peduli dan perhatian kamu terhadap orang lain. Kamu bisa mengucapkannya secara lisan ataupun mengirimkannya secara tulisan kepada orang tersayang agar mereka tetap menjaga diri di manapun berada. Take care adalah kalimat yang mungkin saja diperlukan seseorang di kala ia akan pergi jauh atau mengalami kemalangan ataupun sedang ditimpa musibah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya