8 Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang Dianjurkan, Berikan Banyak Keistimewaan

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 07 Okt 2022, 19:55 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 19:55 WIB
8 Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang Dianjurkan, Berikan Banyak Keistimewaan
Perbesar
Biar nggak ketinggalan, berikut ini jadwal sholat, imsakiyah, dan buka puasa hari ke-7, 23 Mei 2018. (Ilustrasi: ultrahdwalls.com)

Liputan6.com, Jakarta Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dianjurkan dapat memberikan banyak pahala dan keistimewaan apabila kita melaksanakannya. Maulid Nabi sendiri adalah hari di mana umat Muslim memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Amalan Maulid Nabi ini banyak dilaksanakan oleh setiap umat Islam menjelang waktunya untuk semata-mata mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperteguh keimanan. Dalam kalender hijriyah, Maulid Nabi jatuh pada 12 Rabiul Awal 1444 Hijriah.

Ada sejumlah amalan Maulid Nabi yang bisa anda amalkan, yakni zikir, perbanyak selawatan, pembacaan buku rawi atau barzanji (buku sejarah kehidupan Nabi Muhammad saw), hingga sedekah.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang Dianjurkan

8 Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang Dianjurkan, Berikan Banyak Keistimewaan
Perbesar
Ilustrasi Berpuasa Credit: pexels.com/Hint

1. Menjalankan puasa sunah

Menjalankan puasa Sunah merupakan salah satu amalan Maulid Nabi Muhammad SAW. Mengutip dari laman Umma, Ustaz Ainul mengatakan bahwa pada saat hari kelahiran yang bertepatan pada hari Senin, Nabi mensyukurinya dengan puasa.

Ketika ditanya tentang puasa hari Senin, Rasulullah SAW menjawab “Karena saat itu aku dilahirkan dan saat itu aku dibangkitkan.” (HR. Muslim). 

Tujuan Nabi Muhammad SAW berpuasa adalah ungkapan syukur untuk kedua nikmat Allah SAW tersebut. Ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW mensyukuri hari lahirnya dengan cara ibadah yaitu ibadah puasa. Selain bersyukur, amalan lain ketika kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah dengan puasa juga berarti kita ikut bersyukur atas nikmat Allah.

2. Shalawat

Masih dalam referensi yang sama, Ustaz Ainul juga mengatakan, amalan yang tak kalah penting untuk dilakukan dalam menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah membaca shalawat Nabi. Hal ini juga ditegaskan dalam surat Al-Qur’an, yang memiliki arti:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab: 56) 

“Ketika kita menghadirkan Nabi Muhammad SAW dalam hati kita dengan mencintai dan bergembira atas kelahiran-Nya, pada Maulid Nabi Muhammad, maka kita lakukan yang terbaik dengan menghidupkan sunah-sunah nabi, puasa, sedekah, shalawat Nabi Muhammad mendoakan Nabi dan kita, sebab jaminannya adalah kelak kita akan mendapatkan syafaat Nabi,” ujar Ustaz Ainul, dilansir dari laman Umma. 


Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang Dianjurkan

8 Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang Dianjurkan, Berikan Banyak Keistimewaan
Perbesar
Ilustrasi Memberi Sedekah Credit: freepik.com

3. Memberikan Sedekah

Mengutip dari Oase.id, dalam menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, dianjurkan untuk bersedekah. Ini bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur atas berkah yang diberikan oleh Allah kepada kita. 

Allah SWT bersabda “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahkan (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim; 7)

4. Meneladani Sunah Rasul

Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang selanjutnya adalah meneladani sunah Rasul. Cobalah untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan sunah Rasul serta anjuran dalam Al-Qur’an. Hal ini karena sebaik-sebaik kita bersikap dan berbuat adalah yang sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah dan diperintahkan dalam Al-Qur’an. 


Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang Dianjurkan

8 Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang Dianjurkan, Berikan Banyak Keistimewaan
Perbesar
Ilustrasi Berdzikir.

5. Mengadakan atau Mengahdiri Pengajian 

Mengadakan pengajian atau majlis taklim yang bertemakan anjuran untuk melakukan kebaikan serta meneladani sikap Rasulullah SAW, menjadi salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan ketika Maulid Nabi. 

Hal ini karena perayaan Maulid di Bulan Rabiul Awal menjadi bentuk kecintaan umat Muslim kepada insan yang sangat mulia dan makhluk yang paling dicintai Allah SWT yakni Baginda Rasulullah SAW. Dengan melaksanakan atau menghadiri majelis taklim saat Maulid Nabi, setiap Muslim akan diingatkan untuk terus mencintai Nabi Muhammad SAW. 

6. Berdzikir

Amalan Maulid Nabi selanjutnya adalah berdzikir kepada Allah SWT. Berdzikir adalah salah satu cara untuk lebih dekat dengan sang pencipta. Berdzikir juga menjadi salah satu cara untuk menjadi pribadi yang lebih baik, beriman dan bertaqwa.


Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang Dianjurkan

8 Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang Dianjurkan, Berikan Banyak Keistimewaan
Perbesar
Ilustrasi Membaca Kitab Suci Al-Qur'an.

 7. Membaca Al-Qur’an 

Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW selanjutnya yaitu membaca Al-Qur’an. Dalam perayaan Maulid Nabi, umumnya akan diisi dengan pembacaan ayat-ayat yang berhubungan dengan kehadiran atau diutusnya Rasulullah SAW sebagai pencerah untuk seluruh umat sekaligus sebagai rahmat bagi alam semesta. 

Membaca Al-Qur’an juga mempunyai banyak keutamaan, salah satunya yaitu menjadi syafaat kelak saat di hari kiamat. 

Dari Zaid, ia mendengar jika Abu Sallam berkata, telah menceritakan kepadaku Abu Umamah Al Bahili ia berkata; Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Bacalah Al Qur`an, karena ia akan datang memberi syafaat kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti." (HR. Muslim) [ No. 804 Syarh Shahih Muslim] Shahih.

8. Mempelajari Riwayat Nabi 

Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang terakhir yaitu membaca dan mempelajari semua sejarah serta riwayat Rasulullah SAW melalui kitab maupun buku. Selain itu, kita juga dapat menceritakan kebaikan-kebaikan dan keutamaan-keutamaan Nabi Muhammad SAW kepada sesama Muslim.   

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya