17 Wisata di Boyolali, Hamparan Pegunungan dan Air Terjun yang Indah dan Memesona

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 07 Okt 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 15:30 WIB
Libur Imlek Dimanfaatkan Warga Mendaki Merbabu
Perbesar
Pemandangan Gunung Merbabu di Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (3/2). Gunung dengan tinggi 3145 mdpl ini dapat ditempuh dengan waktu 7 - 8 jam berjalan kaki. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta Boyolali merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki julukan Kota Susu, karena tempat ini terkenal dengan peternakan sapi perah. Selain itu, wisata di Boyolali menjadi destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan, karena terdapat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang tak pernah sepi dari pengunjung wisata. Hamparan pegunungan yang indah membuat siapa saja ingin menghabiskan waktu liburan di sini.

Wisata di Boyolali akan sangat cocok dijadikan sebagai tujuan utama liburan bagi kamu pencinta alam, terutama kegiatan naik gunung yang tak asing lagi. Namun bagi kamu yang tidak ingin melakukan pendakian, tersedia wahana seru yang menyenangkan untuk dikunjungi yaitu taman air, waduk, serta beberapa candi peninggalan sejarah.

Kabupaten Boyolali selain dijuluki kota susu, juga terkenal dengan produksi keramiknya yang sudah menembus hingga pasar internasional ini, memiliki sejumlah potensi wisata yang layak untuk dikunjungi. Saat Anda ingin menikmati waktu liburan untuk melepas penat, maka wisata di Boyolali adalah pilihan tepat untuk melakukan rehat.

Berikut ini wisata di Boyolali yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/10/2022).  

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Wisata di Boyolali

Merapi dari Gunung Merbabu
Perbesar
Pemandangan Gunung Merapi dilihat dari atas Gunung Merbabu di Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (2/2/2019). Aktivitas Gunung Merapi dalam beberapa hari terakhir masih tinggi dan masih berada di level 2 atau waspada. (Merdeka/Arie Basuki)

1. Agro Wisata Sapi Perah

Wisata di Boyolali yang wajib Anda kunjungi ketika ingin berlibur adalah Agro Wisata Sapi Perah. Seperti yang kita ketahui bahwa Boyolali memang terkenal dengan produksi susu sapi dan peternakan sapinya, oleh karena itu, sempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat ini, karena saat berada di sini kamu bisa belajar bagaimana cara merawat sapi hingga mencoba memerah susunya. Tidak hanya susu sapi biasa, kamu juga bisa menikmati olahan-olahan susu sapi lainnya tentu dengan harga yang ramah di kantong. 

2. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Wisata di Boyolali yang sangat memukau serta populer adalah Gunung mErapi dan juga Merbabu. Kedua gunung ini merupakan gunung yang berada di Kabupaten Boyolali, sehingga selalu ramai dengan kegiatan pendakian dan camping. Karena sifatnya yang masih aktif atau kapan saja bisa mengalami erupsi, maka pengunjung harus selalu waspada ketika ingin mendaki ke Gunung Merapi dan selalu bertanya di pos pendakian sebelum pergi ke puncak. Gunung Merbabu berada di sebelah Gunung Merapi yang tentu memiliki pemandangan indah dan menawan sejauh mata memandang. 

3. Waduk Kedung Ombo

Destinasi wisata di Boyolali selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Waduk Kedung Ombo. Saat berada di tempat ini, pengunjung bisa melakukan swafoto juga menikmati pemandangan yang memanjakan mata. Keindahan alam dan luasnya hamparan waduk dengan udara yang cukup sejuk. Tempat ini juga memiliki berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola diantaranya bumi perkemahan, hutan wisata, tempat memancing, wisata air, hingga rumah makan apung.

4. Taman Air Tlatar

Selain waduk, destinasi wisata di Boyolali yang wajib Anda kunjungi saat liburan adalah Taman Air Tlatar, yang  merupakan rekomendasi tempat menyenangkan dan seru untuk dikunjungi bersama keluarga. Berbagai wahana permainan anak bisa kamu coba di sini, sehingga liburanmu bareng keluarga semakin seru. Fasilitas yang disediakan juga lengkap, berupa rumah makan lesehan, pemancingan, kios cendera mata hingga kolam renang anak dan dewasa.  

5. Umbul Tirto Mulyo

Tempat wisata di Boyolali yang wajib Anda kunjungi adalah Umbul Tirto Mulyo, yang bisa digunakan untuk mandi dengan sensasi layaknya para raja di zaman dulu. Tempat ini memiliki suansa keraton begitu terasa di pemandian satu ini. Apalagi, lokasinya yang juga sangat nyaman untuk bersantai dan berendam membuatmu semakin betah. Selain itu, banyak juga spot foto instagramable yang bisa kamu eksplor di sini.

6. Kampoeng Air Kragilan

Wisata di Boyolali selanjutnya adalah Kampoeng Air Kragilan di mana merupakan sebuah Desa wisata yang menawarkan pemandangan alam yang asri, hijau, dan alami dengan suara gemericik air yang turun dari bukit ini akan membuat liburanmu semakin menyenangkan. Anda juga bisa menggunakan tempat ini untuk bersantai bersama keluarga menikmati liburan yang indah dan menyenangkan. 


Wisata di Boyolali

Air Terjun Kedung Kayang (Sumber: Wonderful Indonesia)
Perbesar
Air Terjun Kedung Kayang Boyolali, Jawa Tengah. (Sumber: Wonderful Indonesia)

 

7. Air Terjun Kedung Kayang

Wisata di Boyolali yang memiliki pemandangan indah adalah Air Terjun Kedung Kayang. Tempat ini memang sudah sangat populer dan terkenal di berbagai kalangan, dengan pemandangan utamanya adalah air terjun yang cukup tinggi dengan air yang segar dari pegunungan di sana. Air Terjun Kedung Kayang ini wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Boyolali. Terletaka diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu membuat tempat ini layak dikunjungi ketika melakukan pendakian. Lokasi yang cukup jauh memang sangat melelahkan, namun terbayar dengan suasana sejuk yang ada di tempat ini. 

8. Waduk Bade

Selain difungsikan untuk pembangkit listrik  wisata di Boyolali ini juga ramai dikunjungi oleh wisatawan karena menawarkan pemandangan alam yang indah dihiasi pepohon rimbun dan hijau. Udara sekitar cukup sejuk pengunjung pasti betah menghabiskan waktu di sini. Tempat wisata di Boyolali ini juga memiliki spesies ikan yang cukup melimpah, jadi sering dimanfaatkan masayarakat untuk aktivitas memancing.

9. Makam Ki Ageng Singoprono Boyolali

Wisata di Boyolali juga memiliki destinasi religi yang bisa Anda kunjungi, di mana Anda bisa menghabiskan waktu liburan berharga dengan bersenang-senang namun memiliki ilmu dan kekuatan religi. Hal itu bisa Anda lakukan dengan melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Singoprono, yang jaraknya sekitar 12 kilometer dari pusat kota. Anda tidak perlu khawatir, karena tersedia pemandu yang akan membimbing Anda. 

10. Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali

Selain makam Ki Ageng Singoprono, Anda juga bisa mengunjungi Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali, yang letaknya memang lumayan jauh dari kota. Untuk berkunjung kesini Anda tidak boleh sembarangan, harus izin dulu dengan juru kunci setempat, dengan mengenakan pakaian sopan dan tertutup. Di tempat ini juga terdapat tembok tegak berisi silsilah Ki Ageng Kebo, serta Anda juga bisa belajar seputar kisah hidup beliau kepada juru kunci makam. 

11. Air Terjun Watu Abang 

Wisata di Boyolali yang wajib Anda kunjungi juga adalah salah satu air terjun yang sangat populer yaitu Air Terjun Watu Abang. Memiliki lokasinya yang tidak terlalu jauh membuat banyak sekali wisatawan yang berkunjung untuk menikmati suasana yang ada di tempat ini. Alamnya juga jauh lebih asri dengan nuansa yang sejuk dan menenangkan, sehingga menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat. 

12. Air Terjun Semuncar

Air Terjun Semuncar adalah salah satu wisata di Boyolali yang memiliki pemandangan tak ada bandingnya. Hal ini tidak mengherankan karena keindahan dan suasana yang ditawarkannya oleh air terjun di lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Boyolali ini sangat memesona. Ada dua jalur untuk mencapai air terjun ini. Untuk bisa menuju ke sini, Anda akan melintasi area perkebunan warga sekitar, kedua melewati jalur Sungai Cipendok yang cukup terjal.


Wisata di Boyolali

Makam Nyi Ageng Serang Diyakini Tenggelam di WKO Boyolali
Perbesar
Waduk Kedung Ombo (WKO). (Solopos)

13. Omah Bambu Merapi New Selo

Wisata di Boyolali selanjutnya ini, terletak di New Selo, Omah Bambu serta merupakan destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan. Tersedia beragam spot foto yang instagramable, selain itu pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar, seperti lereng gunung Merapi dari kejauhan. Ditambah udara yang sejuk dan suasana alam yang asri, kamu akan betah berlama-lama di sini.

14. Watu Gajah

Selain banyaknya air terjun, wisata di Boyolali dengan alam perbukitan yang kamu wajib kunjungi adalah Watu Gajah. Destinasi satu ini cocok untuk kamu yang suka petualangan alam, karena untuk mencapai spot ini, kamu perlu usaha tersendiri. Watu Gajah merupakan spot yang berada di lereng Gunung Merapi, sebelum Pasar Bubrah dari jalur Selo, Boyolali, di samping itu juga suasana yang sejuk dan menenangkan tentu membuat pengunjung betah untuk bersantai di sini.

15. Tikungan Cinta

Wisata di Boyolali yang masih menyuguhkan nuansa alam perbukitan berikutnya adalah Tikungan Cinta. Kamu bisa menikmati keindahan secara lanskap perbukitan yang asri serta hutan pinus yang menyegarkan di gardu pandang satu ini. Selain itu, di sini kamu juga bisa menikmati spot foto instagramable di taman bunga matahari, sehingga pengunjung yang menyukai fotografi bisa menyalurkan bakatnya di sini, karena tempat ini memiliki banyak spot yang potensial untuk dipotret.

16. Candi Sari

Wisata di Boyolali selanjutnya adalah Candi Sari yang merupakan tempat yang sangat ramai untuk dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Candi Sari menjadi salah satu bui tempat yang terbuka dan memiliki histori yang kental. Wiatawan yang datang juga bersama si kecil untuk mengenalkannya pada sejarah. Tempat ini juga ditemukan sekitar tahun 1978. Bukit yang ada menjadi sumber mata air yang menarik para wisatawan. Bukit ini berada di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo.

17. Kebun Raya Indrokilo

Tempat wisata di Boyolali ini merupakan salah satu kebun raya baru yang bisa menjadi jujugan saat liburan. Tempat ini menjadi rekomendasi menarik untuk liburan keluarga, karena lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Saat berada di sini, pengunjung bisa melihat tujuh ikon yang menjadi ciri khas dari objek wisata ini diantaranya, Gerbang Pasingsingan setinggi 12 meter, yang bentuknya terinspirasi dari monumen Chiang Kai Shek Memorial Hall di Taipei.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya