20 Cara Melembutkan Rambut Secara Alami, Tampil Lebih Percaya Diri

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 07 Okt 2022, 12:25 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 12:25 WIB
Beda dari Keratin Biasa! Ini Dia Hydrolyzed Keratin, Formula Terbaru Untuk Perawatan Rambut Lembut Kualitas Salon!
Perbesar
Beda dari Keratin Biasa! Ini Dia Hydrolyzed Keratin, Formula Terbaru Untuk Perawatan Rambut Lembut Kualitas Salon!

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut lembut serta berkilau, tentu adalah idaman semua wanita. Karena rambut yang bercahaya mampu menunjang penampilan, sehingga tampil lebih percaya diri. Berbagai cara dilakukan untuk memiliki rambut indah dan berkilau, tentu dengan beragam teknik perawatan rambut baik itu secara alami maupun dengan tindakan seperti menggunakan obat rambut. Cara melembutkan rambut yang mudah dan aman, tentu dengan bahan alami seperti jeruk, wortel, madu, seledri dan masih banyak lagi.

Cara melembutkan rambut yang memiliki tekstur kering dan kasar bisa dengan pengobatan rumahan, di mana bahan yang Anda butuhkan hanyalah kombinasi bahan pelembab dan kebiasaan perawatan rambut yang sehat. Anda juga bisa mempertimbangkan solusi dan langkah yang mudah ke dalam rutinitas sehari - hari.

Sekarang masih banyak wanita yang menempuh cara melembutkan rambut secara instan, namun perlu diketahui bahwa harus menggunakan teknik yang tepat, serta hasilnya tidak bertahan dalam waktu yang lama, misalnya dengan catok atau mengoleskan shine spray. Jika menginginkan rambut berkilau dengan waktu yang lama, maka perawatan yang dilakukan juga harus teratur.

Berikut ini cara melembutkan rambut yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/10/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cara Melembutkan Rambut

Rambut Kuat dan Lembut, Modal Tepat Buat Jajal Tren Gaya Rambut Terbaru
Perbesar
Rambut Kuat dan Lembut, Modal Tepat Buat Jajal Tren Gaya Rambut Terbaru

1. Ketahui jenis rambut

Melansir dari laman Healthline, cara melembutkan rambut dengan mudah, adalah memahami jenis rambut Anda, sebelum mencoba untuk melakukan pengobatan rumahan. Rambut yang kering dan kasar tentu bisa menggunakan TLC ekstra, akan tetapi jika memiliki rambut  lurus mungkin tidak membutuhkan banyak minyak dibandingkan dengan rambut keriting. 

2. Minyak kelapa

Setelah mengetahui jenis rambut, Anda bisa memilih untuk menggunakan perawatan dengan minyak kelapa, yang tentunya menjadi semakin lazim dalam produk kecantikan. Meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat bermanfaat bagi kulit kering, akan tetapi pasti ada manfaat pelembutan potensial untuk rambut Anda. Selain itu, Anda bisa mencari produk yang sudah diresapi dengan minyak kelapa, atau dengan mengoleskan minyak murni ke rambut Anda setelah keramas. 

3. Minyak zaitun

Melansir dari sumber yang sama, menggunakan minyak zaitun tentu memberikan efek baik pada kesehatan internal, tetapi penelitian juga muncul tentang perannya dalam perawatan rambut. Ketika menggunakan minyak zaitun, akan membantu mencegah molekul air meregang dan merusak kutikula. Kelemahannya adalah penghalang semacam ini juga bisa membuat rambut Anda berminyak. Oleh karena itu, penggunaan minya ini harus teratur dan tidak dalam takaran yang berlebihan. 

4. Minyak argan

Selain minyak kelapa dan minyak zaitun, cara melembutkan rambut juga bisa menggunakan minyak argan yang berasal dari ekstrak buah argan Maroko. Diketahui minyak ini dikenal karena sifat pelembabnya, bahkan beberapa produsen kosmetik telah menambahkan minyak ke banyak sampo, kondisioner, dan perawatan, tetapi rambut yang sangat kering dapat mengambil manfaat lebih banyak dari minyak argan murni.

5. Gunakan masker rambut mingguan

Cara melembutkan rambut juga bisa menggunakan perawatan dengan masker mingguan. Minyak nabati bisa menjadi cara yang efektif untuk menambahkan kelembapan yang sangat dibutuhkan pada rambut kering. Diketahui masker rambut dapat membantu rambut untuk menyerap kelembapan lebih efektif serta lebih lembut dari waktu ke waktu. 

6. Tanah liat bentonit

Salah satu cara melembutkan rambut dengan bahan alami adalah menggunakan tanah liat bentonit, yang memiliki kandungan zat yang berasal dari gunung berapi, serta secara tradisional digunakan untuk penyakit pencernaan. Tanah liat bentonit juga terkadang mampu mengatasi masalah kulit, seperti kekeringan, eksim, dan gigitan serangga. Cara menggunakan cukup sederhana, Anda bisa mencampurkan tanah liat bagian yang sama dengan air atau cuka, untuk membentuk pasta kental, lalu oleskan di rambut kemudian bilas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 


Cara Melembutkan Rambut

Rambut
Perbesar
Ilustrasi rambut lembut dan halus. (Unsplash.com/ye Fung Tchen)

7. Jangan dicuci dengan air panas

Cara melembutkan rambut juga sangat sederhana, di mana Anda dianjurkan untuk tidak mencuci rambut dengan air panas. Air panas dapat menyebabkan kerusakan pada rambut yang memiliki tekstur kusam dan kering. Pilih air hangat sebagai gantinya, atau dengan air dingin setelah Anda selesai menggunakan conditioner.

8. Cuci secara strategis

Jika memiliki ujung rambut yang kering serta kulit kepala yang berminyak, maka anda tetap harus mencuci rambut secara teratur agar kulit kering dan berminyak bisa teratasi. Cobalah keramas kulit kepala Anda dan kemudian kondisikan ujung rambut saja, sehingga membantu mengurangi minyak berlebih di bagian atas rambut. 

9. Cuci hanya sesering yang diperlukan

Seiring bertambahnya usia, maka tekstur rambut juga dapat berubah, dan  mungkin tidak membutuhkan sampo setiap hari. Melansir dari sumber yang sama, orang dengan rambut sangat kering mungkin hanya membutuhkan sampo mingguan. Oleh karena itu, Anda  hanya perlu mencuci rambut setiap dua hari sekali sesuai dengan kebutuhan. 

10. Mudah dengan alat yang dipanaskan

Cara melembutkan rambut secara instan juga bisa menggunakan pengering rambut atau setrika datar, yang bahan pokoknya  untuk banyak gaya rambut. Namun risiko yang bisa timbul adalah, pengering rambut memiliki panas tinggi yang berkepanjangan sehingga membuat gelembung di kutikula rambut Anda yang menyebabkan rambut rusak yang kemudian dapat patah. 

11. Lakukan perawatan yang sering

Cara melembutkan rambut sangat mudah, dengan melakukan perawatan rambut yang berkualitas, baik itu secara pewarnaan, pengeritingan, atau perawatan pelurusan, karena hasilnya bisa membuat Anda ketagihan. Anda bahkan mungkin tergoda untuk mendapatkan perawatan lain setelah beberapa minggu,  namun banyak efeknya yang bersifat sementara. Inti dari setiap perawatan adalah bahan kimia, yang dapat mengeringkan dan merusak rambut Anda setelah beberapa saat.

 


Cara Melembutkan Rambut Secara Alami

Rambut Lembut Dalam 2 Rangkaian Perawatan Sederhana
Perbesar
Berikut cara mudah menjaga kelembutan rambut dengan keramas menggunakan Sunsilk Soft & Smooth Shampoo yang dilengkapi dengan conditioner-nya

12. Adonan Yoghurt dan Telur

Cara melembutkan rambut secara alami bisa dengan campuran beberapa komponen seperti telur dan yoghurt. Kombinasi bahan ini, sangat baik untuk kesehatan rambut dan membuatnya lebih kuat. Cara menggunakannya cukup sederhana, di mana Anda bisa campur satu butir telur dengan enam sendok makan yoghurt dan aduk hingga tercampur rata, lalu oleskan di rambut kemudian bilas. 

13. Pisang

Selain campuran yohurt, dengan menggunakan buah pisang, dapat membantu melembutkan rambut secara alami. Hal ini karena kandungan vitaminn  yang membantu merawat rambut dari kerusakan, dengan mengambil satu atau dua buah pisang, kemudian bisa Anda haluskan daging buah pisang, lalu oleskan di rambut hingga 10 sampai 15 menit, bilas hingga bersih untuk hasil yang maksimal. 

14. Alpukat

Selain pisang, dengan alpukat dapat membantu melembutkan rambut, juga mengatasi masalah rambut kering dan rambut bercabang. Anda bisa mengambil satu buah alpukat yang sudah benar-benar masak, lalu kupas alpukat dan blender daging buah dengan air secukupnya. Oleskan di rambut dan tunggu beberapa menit, kemudian dibilas menggunakan air bersih

15. Madu

Cara melembutkan rambut juga bisa menggunakan madu, yang mengandung zatnya yang kompleks, serta menjaga kelembaban rambut  dan membuatnya senantiasa lembut dan tidak kering atau kasar. Sebelum mengaplikasikan madu di kulit kepala, Anda bisa keramas terlebih dahulu, lalu oleskan madu ke seluruh bagian rambut dan tunggu beberapa menit kemudian bilas.

16. Minyak Jarak

Minyak jarak yang mengandung asam risinolat tinggi, bermanfaat sebagai anti-bakteri dan anti-jamur, dan menjaga kebersihan akar rambut serta bagian rambut lain. Cara menggunakannya, Anda bisa hangatkan 100 ml minyak jarak, lalu usapkan secara merata ke seluruh bagian rambut, dan pijat secara perlahan kulit kepala, kemudian bungkus dengan kain dan diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilsa hingga bersih.

 

 


Cara Melembutkan Rambut

4. Menyehatkan Kulit Kepala
Perbesar
Dengan kandungan karbon yang tinggi arang ternyata bisa melembutkan rambut (Sumber foto: Respectyou.me)

17. Jeruk Nipis 

Cara melembutkan rambut secara alami bisa menggunakan jeruk nipis, karena mengandung vitamin C yang tinggi membuat rambut menjadi lembut dan tampak berkilau. Langkah yang bisa Anda tempuh adalah dengan mengambil dua atau tiga buah jeruk nipis lalu peras dan tambahkan 500 – 1000 ml air. Setelah itu, sehabis keramas Anda bisa mengoleskan campuran ini secara merata di kulit kepala, diamkan selama beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

18. Pepaya

Cara melembutkan rambut secara alami bisa menggunakan buah pepaya yang banyak kandungan vitamin A dan C. Cara mengaplikasikan cukup sederhana, siapkan setengah gelas pepaya matang dan sedikit gelas yogurt tawar, campur dan oleskan secara merata di kulit kepala, seperti cara sebelumnya Anda bisa diamkan selama beberapa menit kemudian bilas hingga bersih. 

19. Cuka dan Minyak gandum

Dengan kombinasi nutrisi  dari gandum dan cuka, mampu melembutkan rambut secara alami. Namun sebelum digunakan, Anda bisa melakukan keramas terlebih dahulu, kemudian campurkan 100 ml atau setengah gelas cuka apel dengan satu sendok makan minyak gandum, lalu oleskan secara merata ke permukaan rambut selagi basah. Setelaah itu, diamkan selam beberapa menit, bilsa hingga bersih untuk hasil yang maksimal.

20. Mayonaise

Penggunaan mayonaise sebagai masker rambut akan memberikan beberapa manfaat, yakni menjaga kelembaban rambut, melindungi dari paparan sinar matahari atau bahan kimia, menjaga keseimbangan pH rambut, serta merawat kerusakan rambut. Anda bisa menggunakan mayonaise setelah keramas, dengan cara usapkan mayonaise ke seluruh permukaan rambut, bungkus selam beberapa menit dan bilas dengan sampo hingga bersih. 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya