Sukses

Monday Artinya Senin, Ketahui Nama-Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Monday artinya hari Senin

Liputan6.com, Jakarta Monday artinya merupakan salah satu nama hari dalam bahasa Inggris. Dalam kehidupan sehari-hari tentu erat kaitannya dengan hari, tanggal, bulan, dan tahun. Nama hari dalam bahasa Inggris sudah hafal di kepala kita, sebab dari bangku SD sudah dipelajari.

Mempelajari nama-nama hari dalam bahasa Inggris seperti Monday artinya hari Senin sangatlah penting. Hal ini juga menjadi dasar memahami vocabulary atau kosa kata dasar yang lekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Kosa kata ini juga akan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. 

Hari dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai setiap periode selama 24 jam, dimulai dari tengah malam, yang terbagi dalam satu minggu, bulan, atau tahun sesuai dengan rotasi bumi terhadap porosnya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai Monday artinya dan nama hari lainnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti Monday

Monday artinya adalah hari Senin. Pelafalan kata Monday yakni /ˈmʌndeɪ/. Monday biasa disingkat menjadi kata Mon. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, Monday artinya Senin adalah hari kedua dalam satu pekan. Kata Senin banyak dipadankan dengan kata Isnain (dari bahasa Arab) yang berarti dua, namun secara korespondensi fonetis justru paling bersesuaian dengan kata Sheni dalam bahasa Ibrani yang berarti hari kedua. Monday artinya hari Senin adalah hari pertama masuk kerja dan sekolah. Monday artinya hari Senin juga merupakan hari pertama dalam minggu menurut ISO 8601. Monday artinya Senin yang berarti hari di mana akan datang setelah hari Minggu.

3 dari 5 halaman

Nama-Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Berikut ini terdapat beberapa nama-nama hari dalam bahasa Inggris yang wajib anda ketahui, yakni:

1. Sunday

Sunday merupakan kata bahasa Inggris dari hari Minggu dan dibaca dengan /ˈsʌndeɪ/. Kara Sun juga bisa disingkat menjadi Sun.

2. Tuesday

Bahasa Inggris dari hari Selasa adalah Tuesday. Kata Tuesday ini dibaca dengan /ˈtjuːzdeɪ/. Tuesday dalam bahasa Inggris memiliki singkatan Tue dan Tues.

3. Wednesday

Nama hari selanjutnya adalah Wednesday, yakni yang berarti hari Rabu. Menurut kamus Oxford, kata Wednesday dilafalkan dengan /ˈwɛnzdeɪ/. Biasanya kata ini disingkat menjadi Wed atau pun Weds.

4. Thursday

Selanjutnya adalah Thursday yang artinya hari Kamis. Thursday dilafalkan dengan /ˈthərzdē/ dan memiliki singkatan Thur atau Thurs.

5. Friday

Hari Jumat dalam bahasa Inggris disebut dengan Friday yang dibaca /ˈfrʌɪdeɪ/. Dikutip dari kamus Oxford, kata Friday hanya bisa disingkat menjadi Fri.

6. Saturday

Nama hari yang terakhir adalah Saturday. Saturday berarti hari Sabtu dalam bahasa Indonesia. Kata Saturday dibaca dengan /ˈsatədeɪ/ dan disingkat menjadi Sat.

4 dari 5 halaman

Contoh Kalimat dengan Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris

Supaya lebih memahami Monday artinya Senin dan nama-nama hari dalam bahasa Inggris, berikut ini terdapat beberapa contoh kalimat yang menggunakan nama-nama hari dalam bahasa Inggris:

1. The market is closed every Sunday (Pasar tutup setiap hari Minggu.)

2. My brother and his friends always go to club every Monday ( Kakak laki-laki ku dan teman-temannya selalu pergi ke klub setiap hari Senin.)

3. They will discuss this later, at Tuesday’s meeting (Mereka akan membahas hal ini nanti pada meeting di hari Selasa.)

4. On Wednesday, a mountain erupted in Japan and made people run scared ( Di hari Rabu, sebuah gunung Meletus di Jepang dan membuat orang-orang lari ketakutan.)

5. You must submit your homework on Thursday without exception (Kamu harus menyerahkan pekerjaan rumah mu di hari Kamis tanpa terkecuali.)

6. I’m going to the city park on Friday with my family (Aku akan pergi ke taman kota pada hari Jumat bersama dengan keluarga ku.)

7. My family and I will visit the zoo on Saturday to enjoy the weekend together (Keluargaku dan aku akan mengunjungi kebun binatang pada hari Sabtu untuk menikmati akhir pekan bersama.)

5 dari 5 halaman

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

Berikut ini terdapat beberapa nama-nama bulan dalam bahasa Inggris dan contoh kalimatnya, yakni:

1. January – January

2. Februari – February

3. Maret – March

4. April – April

5. Mei – May

6. Juni – June

7. Juli – July

8. Agustus – August

9. September – September

10. Oktober – October

11. November – November

12. Desember – December

Untuk lebih memahaminya, berikut ini terdapat contoh kalimat penggunaan nama-nama bulan dalam bahasa Inggris adalah:

1. The first month is Januari (Bulan pertama adalah Januari).

2. My brother will be graduated from university in April (Kakak laki-lakiku akan lulus dari universitas pada bulan April).

3. Riana will give birth to her first child this December (Riana akan melahirkan anak pertamanya bulan Desember nanti).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.