14 Cara Meluruskan Rambut Keriting yang Mudah Tanpa Rontok, Menunjang Penampilan

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 06 Okt 2022, 13:30 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 13:30 WIB
Rambut Keriting - Vania
Perbesar
Ilustrasi Rambut Keriting/https://unsplash.com/Pouriya Kafaei

Liputan6.com, Jakarta Cara meluruskan rambut keriting secara alami serta rentan terhadap kerusakan, maka Anda perlu untuk melakukannya dengan sangat hati-hati. Hal ini sangat berbeda dilakukan terhadap orang yang memiliki rambut lurus. Memang termasuk dalam proses rumit yang melibatkan banyak produk pelindung panas, namun ketika melakuknya dengan benar, maka hasilnya akan maksimal.

Rambut keriting memang indah, tetapi terkadang ada yang ingin lurus untuk acara khusus atau gaya tertentu. Salah satu cara meluruskan rambut keriting dan membantu mencegah kerusakan hingga kerontokan, maka Anda perlu tahu tentang langkah-langkah mulai dari proses mencuci rambut hingga memberikan serum untuk rambut. Mungkin tidak akan bertahan lama hingga mingguan, namun bisa membuat Anda merasa glamor dan bergaya sepanjang waktu. 

Memiliki rambut yang lembut, indah, dan subur tentu menjadi impian semua orang, untuk itu cara mendapatkan tidak bisa dilakukan secara instan, namun perlu perawatan. Kunci dari cara merawat rambut yang terbaik sebenarnya hanya telaten dan menggunakan produk terbaik untuk rambut. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki rambut keriting, dan mengetahui bagaimana cara meluruskan rambut keriting sangat penting untuk menunjang penampilan. 

Berikut ini cara meluruskan rambut keriting yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/10/2022). 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cara Meluruskan Rambut Keriting Tahap Pertama

Rambut Keriting - Vania
Perbesar
Ilustrasi Rambut Keriting/https://unsplash.com/Ivana Cajina

1. Mencuci rambut dengan sampo

Langkah mudah yang bisa Anda lakukan sebagai cara meluruskan rambut keriting, dengan memberikan sampo dan kondisioner rambut. Hal ini adalah langkah yang cukup mudah untuk dilakukan dalam proses pelurusan, cuci dan kondisioner rambut sebelum mencoba menggunakan setrika datar. Cobalah untuk memilih sampo dan kondisioner anti-keriting atau pelembut.

Cara menggunakan sampo, maka mulailah dari ujung rambut Anda dan aplikasikan ke tengah rambut, kemudian Anda bisa mengambil sisir bergigi lebar dan usapkan pada rambut Anda untuk menghilangkannya. Hal ini akan mempermudah proses menyisir, karena rambut keriting dapat dengan mudah kusut. Kemudian, biarkan kondisioner menempel di rambut Anda selama beberapa menit sebelum membilasnya.

2. Keringkan rambut 

Keringkan rambut dengan kain mikrofiber, agar mempermudah tugas mengeringkan rambut, gunakan kain mikrofiber atau kaus lama untuk menghilangkan kelebihan air dari rambut, kemudian peras air dengan lembut melalui rambut Anda dengan kain sampai rambut tidak basah kuyup. Hindari menggosok rambut Anda dengan kain karena dapat membuat rambut kusut, dan cobalah untuk tidak mengernyitkannya karena akan membentuk ikal. 

3. Sisir rambut menggunakan sisir bergigi lebar

Sisir rambut menggunakan sisir yang bergigi lebar, dan mulailah dari ujung rambut Anda hingga ke akarnya. Hindari menggunakan sikat karena sering kali dapat membuat rambut tersangkut, sehingga lebih mudah patah. Jika Anda menyisir rambut saat mandi, proses ini akan jauh lebih mudah. 

4. Oleskan serum dan gel

Semprotkan pelindung panas pada rambut, ketika akan menggunakan beberapa alat penata rambut panas, sehingga  bisa menggunakan serum, semprotan, atau gel. Memilih salah satu yang anti kusut dan dirancang khusus untuk rambut yang disetrika rata akan memberi Anda perlindungan terbaik. Oleskan serum secara merata ke seluruh rambut untuk perlindungan terbaik.


Cara Meluruskan Rambut Keriting Tahap Kedua

ilustrasi cara memotong rambut keriting/pexels
Perbesar
ilustrasi cara memotong rambut keriting/pexels

1. Bagi rambut menjadi beberapa bagian

Untuk mempermudah pengeringan, maka Anda bisa membuat 4 ikatan dengan memisahkan rambut di tengah dan sekali lagi dari telinga ke telinga. Saat Anda mengerjakan setiap ikatan maka bagilah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil seukuran kuas yang Anda gunakan. Selain itu, bisa gunakan jepit rambut untuk menahan rambut sampai Anda siap untuk melakukan bagian berikutnya.

2. Keringkan rambut dengan sikat bundar

Cara meluruskan rambut keriting, setelah selesai mencuci dan dibagi menjadi beberapa ikatan, maka langkah selanjutnya adalah keringkan rambut dengan sikat bundar. Langkah ini memang memakan waktu cukup lama, namun cobalah untuk menggunakan cara ini. Dengan menggunakan sikat berbulu bulat, tarik rambut saat Anda mengeringkannya, lalu arahkan pengering rambut ke arah sikat, tetapi jaga jaraknya sekitar enam inci. Anda bisa lakukan ini sampai rambut benar-benar kering, dan pastikan untuk selalu mengarahkan nozzle ke bawah saat mengeringkan rambut.

3. Siapkan pelurus rambut

Cara meluruskan rambut keriting juga bisa menggunakan pelurus rambut yang tepat, di mana beberapa orang mengalami kesulitan meluruskan rambut hanya karena menggunakan jenis flat iron yang salah. Pelurus keramik sangat bagus untuk jenis rambut halus hingga normal karena akan membantu melembutkan rambut. Untuk rambut keriting, pelat emas atau titanium pada pelurus benar-benar merupakan pilihan terbaik. Pelurus yang lebih besar, akan sangat bagus untuk proses penataan, tetapi akan mempersulit proses pelurusan.

4. Gunakan pelurus rambut

Cara meluruskan rambut keriting selanjutnya adalah menggunakan pelurus rambut, di mnaa saat meluruskan rambut Anda, cobalah untuk menjalankan pelurus hanya melalui sehelai rambut satu kali. Inilah sebabnya mengapa ketegangan adalah kuncinya, karena semakin kencang Anda menarik rambut, semakin cepat rambut akan diluruskan. Jika rambut Anda mendesis saat meluruskan rambut, maka Anda belum benar-benar mengeringkannya. Ambil pengering rambut dan keringkan rambut, sebelum Anda meluruskannya lagi. 


Cara Meluruskan Rambut Keriting Tahap Ketiga

Rambut Keriting - Vania
Perbesar
Ilustrasi Rambut Keriting/https://unsplash.com/Averie Woodard

1. Penataan rambut 

Lakukan sentuhan akhir, di mana Anda telah selesai meluruskan semua rambut, maka bisa membuat penataan gaya apa pun yang dibutuhkan rambut Anda. Jika Anda ingin ujung rambut Anda melengkung ke bawah, ambil pelurus dan jalankan melalui ujung rambut, dan buat lengkungkan dengan lembut ke bawah sehingga ujung rambut melengkung ke bawah. 

2. Serum rambut

Cara meluruskan rambut keriting juga bisa tambahkan kilau dengan serum. Untuk menahan rambut Anda di tempatnya dan menciptakan kilau, semprotkan atau aplikasikan serum ke seluruh rambut, yang membantu membuat rambut Anda lebih halus. 

 


Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami

ilustrasi rambut keriting/unsplash
Perbesar
ilustrasi rambut keriting/unsplash

Adapun cara meluruskan rambut keriting secara alami, menggunakan beberapa bahan diataranya:

a. Lidah Buaya

Cara meluruskan rambut keriting juga bisa menggunakan rangkaian lidah buaya, yang merupakan tanaman serbaguna. Caranya cukup sederhana, dengan menyiapkan satu batang lidah buaya dan pisahkan gel dari dagingnya. setelah itu Anda bisa masukkan ke dalam panci kecil dan panaskan sampai kontennya berubah menjadi cair, setelah dingin bisa langsung dioleskan pada batang rambut dan diamkan untuk kurang lebih 40 menit

b. Telur dan Susu

Cara meluruskan rambut keriting bisa menggunakan campuran susu dan telur. Hal ini karena telur mengandung protein tinggi yang mampu melemaskan rambut, membuatnya jatuh dengan lembut. Caranya cukup mudah, dengan menyiapakan sebanyak 3-4 telur dan pisahkan bagian putihnya, dan campur dengan 3 gelas susu dan aduk sampai mengental. Selanjutnya Anda bisa mengoleskan dari akar sampai bawah rambut, tunggu hingga 20-30 menit dan bilas.

c. Pisang dan Minyak Zaitun

Perpaduan minyak dan minyak zaitun dapat membantu meluruskan rambut dari dalam serta meningkatkan kualitas tekstur. Cara menggunakan cukup sederhana, dengan 2 pisang yang sudah matang, lalu campurkan dengan 3 sendok makan minyak zaitun, dan aduk sampai rata dan mengental. Oleskan pada batang rambut dan biarkan selama satu jam lalu bisal menggunakan air dan sampo sampai bersih.

d. Pepaya dan Madu

Pepaya kaya akan beragam vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan rambut, meskipun memiliki aroma yang tidak sedap, namun dapat meluruskan rambut keriting. Anda bisa menyiapkan satu potong pepaya, dan blender buah pepaya sampai halus, kemudian campurkan dengan dua sendok teh madu sampai mengental. Oleskan pada seluruh bagian rambut dari akar sampai ujungnya dan tnggu selama satu setengah jam sebelum kamu bilas menggunakan sampo dan air dingin sampai bersih. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya