Nothing Artinya Tidak Ada, Ketahui Juga Makna Idiomatiknya

Oleh Mabruri Pudyas Salim pada 06 Okt 2022, 13:50 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 13:50 WIB
Trik Menata Ruang Serba Putih Agar Tak Terkesan Hampa
Perbesar
Desain ruang serba putih modern yang clean karya Addo Architecture.(dok. Arsitag.com/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta Nothing artinya tidak ada. Maksudnya, nothing adalah kata yang menggambarkan situasi tidak ada apa-apa, bukan apa-apa, atau tidak ada nilainya. Selain itu, bisa dipahami pula bahwa nothing artinya adalah kosong, absen, dan sebagainya. Selain tidak ada, menurut Online Etymology Dictionary, nothing artinya hal yang tidak penting, hal yang tidak berarti.

Sederhananya, nothing artinya banyak tergantung konteksnya. Bahkan kata nothing digunakan dalam ilmu fisika yang mengacu pada situasi ruang hampa. Dengan kata lain, nothing artinya hampa.

Nothing bisa jadi mengacu pada suatu penilaian seseorang pada sesuatu yang dianggap tidak ada artinya bagi mereka. Misalnya saja uang, bagi orang miskin atau prasejahtera, selembar uang seratus ribu Rupiah bisa sangat berarti untuk menghidupi keluarga.

Namun, bagi orang yang sudah kelebihan uang, jumlah uang tersebut tidak berarti apa-apa atau nothing. Bahkan, jika mereka kehilangan uang seratus ribu dari dalam dompet mereka, itu tidak akan berdampak apapun dalam kehidupannya, sementara mereka memiliki uang dalam jumlah besar di akun bank.

Dari penjelasan tersebut nothing artinya tidak memberikan dampak apapun. Untuk lebih memahami nothing artinya apa, berikut adalah penjelasan lebih mendalam seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (6/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Makna Harfiah Nothing

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nothing artinya tidak ada. Tidak ada yang dimaksud bisa tidak ada artinya, tidak ada nilainya, kosong dan sebagainya. Lebih dari itu, nothing bisa juga berarti hampa. Namun sebelum terlalu jauh membahas arti nothing dalam konteks tertentu, penting bagi kita untuk mengetahui maknanya secara harfiah.

Karena nothing merupakan kata dari bahasa Inggris, untuk memahami makna nothing secara harfiah diperlukan kamus. Dalam penelusuran makna harfiah dari kata nothing, di sini akan digunakan kamus bahasa Inggris online dari berbagai macam versi.

Menurut Merriam-Webster, ada tiga makna dari kata nothing, (1) not any thing, no thing, yang mana keduanya jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya tidak ada apa-apa; (2) no part, yang artinya tidak ada bagian; (3) tanpa minat, tanpa nilai, atau tanpa konsekuensi.

Sementara itu, dalam Dictinary.com ada tambahan arti lain dari nothing, yakni sesuatu yang tidak ada; tidak ada; ketiadaan. Sedangkan menurut Thefreedictionary.com, nothing artinya sebagai kata sifat adalah tidak penting, tidak signifikan, atau tidak berharga. Kata nothing juga dapat menduduki fungsi keterangan dalam sebuah kalimat, yang berarti tidak ada cara atau sama sekali tidak.

Dari sejumlah penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa nothing artinya adalah tidak ada. Tidak ada yang dimaksud, bisa tidak ada sesuatu, tidak ada nilainya, tidak ada caranya, dan sebagainya.

Kata nothing tidak hanya memiliki makna secara harfiah saja, melainkan juga memiliki makna secara kiasan atau idiomatik.


Makna Idiomatik Nothing

Malas Bekerja
Perbesar
Ilustrasi Malas Bekerja Credit: unsplash.com/rae

Dikutip dari Ayo Berbahasa, makna idiomatik merupakan makna yang tidak menerangkan sebenarnya alias kiasan. Makna idiomatis sendiri berasal dari kata idiom.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), idiom adalah konstruksi yang maknanya tidak sama dengan gabungan makna unsurnya. Jadi, makna idiomatis bisa diartikan sebagai makna yang menyangkut idiom atau makna yang tidak sama dengan gabungan makna unsurnya alias makna kiasan.

Dalam percakapan bahasa Inggris, nothing sering digunakan dalam ekspresi-ekspresi yang bersifat idiomatik. Berikut adalah sejumlah contoh idiom dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata nothing:

a. next to nothing

Menurut Merriam-Webster, next to nothing artinya adalah sangat sedikit. Idiom tersebut biasanya digunakan untuk mengungkapkan hal-hal yang ketersediaannya sudah sangat sedikit atau hampir habis.

(1) I've had next to nothing to eat. "Saya hampir tidak punya apa-apa untuk dimakan."

b. nothing to write home about

Menurut Collins Dictionary, idiom nothing to write home about artinya tidak menarik atau tidak ada yang mengesankan.

(2) So a dreary Monday afternoon in Walthamstow is nothing to write home about, right? "Jadi Senin sore yang suram di Walthamstow tidak ada yang menarik, bukan?

c. hiding to nothing

Menurut The Free Dictionary, hiding to nothing adalah situasi sulit yang tidak mungkin menghasilkan kesuksesan.

(3) I'm on a hiding to nothing right now trying to persuade my teacher to give me an extra credit assignment. "Saya dalam situasi sulit sekarang, mencoba membujuk guru saya untuk memberi saya tugas kredit tambahan."

d. make something out of nothing

Make something out of nothing artinya adalah untuk membuat keributan tentang sesuatu yang kecil, sepele, atau tidak penting; untuk melebih-lebihkan atau terlalu fokus pada masalah kecil dan membuatnya tampak seperti masalah besar. dengan kata lain, make something out of nothing adalah tindakan membesar-besarkan masalah.

(4) You got one B and you're acting like you're failing the class. You're making something out of nothing, if you ask me. "Kamu mendapat satu nilai B, dan kamu bertingkah seolah-olah gagal total di kelas. Kamu hanya membesar-besarkan masalah, jika kamu bertanya kepada saya."

e. good for nothing

Good for nothing artinya adalah sepenuhnya tanpa nilai; tidak ada gunanya sama sekali. Idiom ini bisa digunakan pada benda maupun orang.

(5) This junky old computer my dad gave me is good for nothing! "Komputer tua rongsokan yang diberikan ayah saya ini tidak berguna!"

f. not know from nothing

Not know from nothing artinya adalah Benar-benar tidak tahu atau tidak tahu sama sekali tentang sesuatu.

(6) Don't ever second-guess my judgment again, you hear me? You don't know from nothing! "Jangan pernah menebak-nebak penilaian saya lagi, kau dengar? Kamu tidak tahu apa-apa!


Nothing dalam Terminologi Fisika

Ilustrasi fisika kuantum. Sumber: Science Daily
Perbesar
Ilustrasi fisika kuantum. Sumber: Science Daily

Dilansir dari Popular Mechanics, bagi seorang fisikawan, nothing buka berarti tidak ada apa-apa di dalamnya. Sebaliknya, apa yang disebut sebagai nothing dianggap masih menyimpan banyak hal.

Ketika kita memikirkan tentang 'nothing', kita biasanya memikirkan ruang tanpa apa pun di dalamnya. Sebuah ruang yang memiliki partikel nol, tidak ada partikel di setiap tempat di mana partikel bisa berada. Fisikawan menyebutnya 'keadaan vakum', dan berkat mekanika kuantum, ia memiliki karakteristik khusus.

Salah satu prinsip dasar terdalam dalam mekanika kuantum adalah prinsip ketidakpastian Heisenberg. Prinsip tersebut menyebutkan bahwa tidak mungkin mengetahui posisi pasti partikel dan momentum tepat. Semakin banyak Anda tahu tentang satu variabel, semakin sedikit Anda tahu tentang yang lain.

Tetapi prinsip ketidakpastian juga berlaku untuk besaran lain. Prinsip yang sama berlaku untuk energi dan waktu. Semakin banyak Anda tahu tentang energi partikel, semakin sedikit Anda tahu tentang partikel itu, dan sebaliknya. Di sini, sesuatu yang aneh terjadi: Jika Anda tahu bahwa tidak akan pernah ada partikel di suatu titik tertentu, tiba-tiba titik itu bisa memiliki sejumlah energi, kadang-kadang cukup untuk membuat partikel.

Partikel-partikel ini disebut 'partikel virtual', dan pada dasarnya adalah fluktuasi kuantum. Setelah Anda membuat cukup 'nothing', alam semesta mulai mencoba menemukan cara untuk mengisinya, bahkan jika itu berarti menciptakan partikel dari udara tipis.

Ada juga kemungkinan bahwa seluruh alam semesta hanyalah satu partikel virtual besar. Hipotesis 'vakum genesis' berteori bahwa seluruh alam semesta dimulai sebagai fluktuasi besar dalam 'nothing' yang datang sebelumnya. Meskipun belum terbukti, ini adalah ide yang menarik untuk dipikirkan: bahwa pada akhirnya, semua yang kita—Anda, saya, seluruh alam semesta—jumlahkan hanyalah sekumpulan besar yang tidak ada apa-apanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya