Gomawo Artinya Terima Kasih, Ketahui Penggunaan dan Balasannya dalam Bahasa Korea

Oleh Husnul Abdi pada 05 Okt 2022, 15:40 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 15:40 WIB
Our Beloved Summer. (SBS via Soompi)
Perbesar
Our Beloved Summer. (SBS via Soompi)

Liputan6.com, Jakarta Gomawo artinya mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Istilah ini mungkin lebih akrab bagi pencinta drama Korea. Hal ini karena gomawo merupakan ungkapan yang biasanya digunakan dalam drama Korea.

Tidak heran sekarang ini di Indonesia banyak anak muda yang mulai menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak terlepas dari kepopuleran drama Korea. Penggunaan bahasa Korea ini pun juga semakin familier di telinga orang Indonesia.

Gomawo artinya dalam bahasa Indonesia perlu dipahami. Pasalnya, istilah ini cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari di Korea. Bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa Korea, memahami makna gomawo tentu sangat penting.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/10/2022) tentang gomawo artinya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Gomawo Artinya

Twenty Five Twenty One. (Netflix)
Perbesar
Twenty Five Twenty One. (Netflix)

Gomawo artinya tentu sudah tidak asing lagi bagi para pencinta Korea, terutama drama Korea. Istilah ini sering kali muncul di drama Korea karena memang ungkapan yang kerap digunakan di Negeri Ginseng tersebut. Namun, gomawo artinya bagi orang-orang yang belum terlalu familier dengan budaya Korea mungkin tidak memahami maknanya.

Gomawo artinya terima kasih dalam bahasa Indonesia. Gomawo artinya ungkapan terima kasih, yang biasanya digunakan pada keadaan tidak formal dan digunakan saat santai saja dalam bahasa Korea. Gomawo artinya terima kasih yang disampaikan kepada teman sebaya atau seumuran saja. Bila kamu mengungkapkan gomawo pada orang yang lebih tua atau kepada orang asing, hal ini akan dianggap tidak sopan di Korea.

Jadi, dari penjelasan tersebut kamu mungkin memahami gomawo artinya makasih, yaitu ucapan terima kasih yang lebih santai dan informal. Selain gomawo artinya terima kasih, kamu juga bisa menggunakan ungkapan terima kasih lainnya dalam bahasa Korea. Kamu mungkin juga pernah mendengar ungkapan kamsahamnida, gomapseumnida, dan gomawoyo yang juga bisa menjadi ucapan terima kasih dalam bahasa Korea.


Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea

K-Drama Our Beloved Summer
Perbesar
K-Drama Our Beloved Summer dibintangi Kim Da Mi dan Choi Woo Sik. (Foto: Instagram/ourbelovedsummer_id)

Gomawo artinya terima kasih yang digunakan untuk teman sebaya dan bersifat informal. Kamu tentunya juga perlu mengenali ungkapan terima kasih lainnya yang lebih formal dalam bahasa Korea. Ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea memang memiliki tingkatan tertentu dari informal dan formal. Kamu tentunya perlu mengenali penggunaan masing-masing ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea ini.

Berikut ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea selain gomawo:

Gomawoyo

Ungkapan terima kasih selain gomawo adalah gomawoyo, yang juga bersifat tidak formal. Namun, penggunaan ungkapan gomawoyo ini bisa kamu gunakan kepada orang yang baru dikenal atau yang berusia lebih muda. Gomawoyo merupakan ungkapan terima kasih yang lebih sopan daripada gomawo.

Kamsahae dan Kamsahaeyo

Selain gomawo artinya terima kasih dan gomawoyo yang lebih sopan, ada pula kamsahae dan kamsahaeyo. Kamsahae adalah ungkapan terima kasih yang juga dapat digunakan dalam suasana santai. Sementara itu, kamsahaeyo merupakan ungkapan terima kasih yang lebih sopan dibandingkan kamsahae, namun penggunaannya masih dalam tingkat informal atau santai. Tingkatan kamsahaeyo sama dengan gamawoyo dalam kesopanan.

Kamsahamnida

Gomawo artinya ungkapan terima kasih dalam suasana santai. Kamu tentunya juga perlu mengenali ungkapan terima kasih yang formal dan lebih sopan. Kamsahamnida artinya ungkapan terima kasih yang lebih formal. Ungkapan terima kasih ini digunakan kepada orang yang lebih tua, atasan, hingga senior. Kamu juga bisa menggunakan kamsahamnida pada orang yang baru dikenal atau orang yang dihormati. Penggunaan ungkapan terima kasih kamsahamnida ini yang paling umum digunakan di Korea.

Gomapseumnida

Ungkapan terima kasih yang juga digunakan dalam suasana formal berikutnya yaitu gomapseumnida. Ungkapan terima kasih ini juga biasa digunakan kepada orang yang lebih tua dan dipakai dalam situasi yang resmi.


Jawaban Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea

Twenty Five Twenty One
Perbesar
Twenty Five Twenty One (Foto: Netflix)

Byeolmalseumeulyo

Byeolmalseumeulyo adalah jawaban dari ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea yang bisa kamu gunakan. Byeolmalseumeulyo artinya sama-sama atau terima kasih kembali.

Kwenchanseumnida atau Kwenchanayo

Kwenchanseumnida atau Kwenchanayo juga bisa menjadi jawaban ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea. Kwenchanseumnida atau Kwenchanayo artinya tidak apa-apa. Ungkapan satu ini memang memiliki banyak fungsi, dan salah satu fungsi ungkapan Kwenchanseumnida atau Kwenchanayo adalah untuk menjawab ungkapan terima kasih dari orang lain.

Ne atau Eung

Ne atau Eung juga biasa dijadikan jawaban ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea. Ne dan eung artinya adalah “ya”. Ne merupakan bentuk jawaban ungkapan terima kasih yang lebih sopan daripada eung. Jawaban ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea ini merupakan jawaban yang paling singkat yang bisa kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari.

Chonmaneyo

Chonmaneyo bisa menjadi jawaban ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea. Chonmaneyo artinya terima kasih kembali. Jawaban dari ungkapan terima kasih ini lebih sering digunakans ecara tertulis dan jarang digunakan secara lisan dalam percakapan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya