7 Manfaat Garam untuk Wajah, Atasi Jerawat Hingga Kantung Mata

Oleh Woro Anjar Verianty pada 05 Okt 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 11:30 WIB
Ilustrasi garam Epsom
Perbesar
Ilustrasi garam Epsom. (Photo by Tara Winstead from Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat garam untuk wajah mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang. Garam lebih dikenal sebagai salah satu bumbu penyedap rasa yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Menjadi bagian penting dalam masakan, manfaat garam untuk wajah juga tidak kalah pentingnya.

Manfaat garam untuk wajah juga sudah teruji, melalui berbagai penelitian. Manfaat garam untuk wajah ini diketahui didapat dari kandungan mineralnya yang tinggi. Tidak hanya mineral, garam juga kaya akan natrium, magnesium, kalium dan kalsium yang tinggi.

Untuk bisa mendapatkan manfaat garam untuk wajah yang maksimal, garam biasanya diolah menjadi berbagai macam produk kecantikan tradisional berbentuk masker, toner, scrub dan lain sebagainya. Hal ini karena garam dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan kulit.

Untuk memahami manfaat garam untuk wajah dengan lebih baik, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat garam untuk wajah yang masih jarang diketahui. Rabu (5/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Manfaat Garam untuk Wajah

Gambar Ilustrasi Garam
Perbesar
Sumber: Freepik

1. Melawan Jerawat

Manfaat garam untuk wajah yang pertama adalah dapat melawan jerawat. Garam membantu memerangi kelebihan produksi minyak, yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Garam juga menyerap racun, termasuk bakteri penyebab jerawat, dan bekerja untuk mengobati bintik-bintik hitam yang mengganggu yang ditinggalkan jerawat.

Untuk penghilang noda pada wajah dengan mudah, campurkan 1 cangkir air hangat dengan 3 sendok makan garam laut. Celupkan kain lap ke dalam campuran dan letakkan di atas area yang terkena selama beberapa menit, lalu bilas dan tepuk wajah anda hingga kering.

 

2. Mengelupas Kulit Mati

Tekstur garam laut menjadikannya exfoliant yang sempurna untuk mengangkat kulit mati. Tapi kekuatan pengelupasan garam laut tidak terbatas pada sifat fisiknya. Mineral dalam garam laut itu sendiri membuka pori-pori untuk pembersihan yang lebih dalam, dan manfaat pemurniannya membantu kulit menyerap pelembab.

Untuk membuat scrub sederhana dari garam, anda cukup campurkan seperempat cangkir garam laut dan setengah cangkir minyak zaitun menjadi pasta. Oleskan saat anda dikamar mandi dan gosok kulit wajah anda dengan gerakan melingkar.


Manfaat Garam untuk Wajah

Mengurangi Konsumsi Garam
Perbesar
Ilustrasi Garam Credit: pexels.com/Glove

3. Bertindak sebagai Toner Wajah

Manfaat garam untuk wajah yang selanjutnya adalah untuk toner wajah. Garam menyerap minyak berlebih dan membantu meratakan warna kulit, menjadikannya toner alami yang sempurna. Campurkan 1 sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air hangat dan gunakan bola kapas untuk menyeka wajah anda, setiap hari untuk mendapatkan cahaya yang indah.

Selain itu anda juga bisa menjadikannya sebagai toner dengan cara mencampurkan satu cangkir air hangat dengan satu sendok makan garam laut dan sedikit garam epsom sampai keduanya larut. Gunakan botol semprot untuk menyemprotkan ke kulit atau usap menggunakan kapas.

 

4. Lulur Wajah yang Melembutkan

Garam adalah exfoliant alami yang mengelupas kulit mati. Ia juga memiliki mineral untuk melembutkan kulit dan mengembalikan hidrasi. Cobalah mencampurkan seperempat cangkir garam dan setengah cangkir minyak zaitun atau minyak kelapa lunak menjadi pasta kental. Jika diinginkan, tambahkan 10 tetes minyak esensial favorit anda.

Perhatikan bahwa beberapa minyak, seperti lavender, dapat mengiritasi jenis kulit tertentu, jadi pastikan memilih minyak yang tidak mengiritasi kulit. Oleskan dengan waslap atau telapak tangan anda, gosok kulit wajah dengan gerakan melingkar. Butiran garam bisa bersifat abrasif, jadi mulailah dengan menggosok lembut untuk melihat bagaimana kulit anda merespons.


Manfaat Garam untuk Wajah

Garam 3
Perbesar
Foto: Money Signs

5. Masker Penyeimbang

Baik garam dan madu memiliki sifat anti-inflamasi untuk menenangkan kulit dan menenangkan jerawat dan iritasi. Mereka juga membantu mempertahankan hidrasi di lapisan kulit yang paling membutuhkannya. Cobalah mencampurkan dua sendok teh garam lyang sebaiknya ditumbuk halus dengan empat sendok teh madu mentah untuk membuat pasta yang bisa dioleskan.

Oleskan secara merata pada kulit yang bersih dan kering, hindari area mata. Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Sebelum membilas, rendam kain lap dalam air yang sangat hangat, dan remas dengan lembut. Letakkan waslap hangat di wajah anda selama 30 detik. Gunakan jari-jari anda untuk melakukan eksfoliasi dengan lembut dalam gerakan melingkar sambil membilas kulit secara menyeluruh dengan air hangat.

 

6. Menenangkan dan Mengangkat Kotoran di kulit

Garam menyerap kotoran, kotoran, dan racun serta membersihkan pori-pori kulit anda secara mendalam. Kandungan mineral garam membantu memulihkan lapisan pelindung di kulit dan membantunya menahan hidrasi.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari mencuci muka dengan air garam. Cobalah untuk menambahkan sepertiga cangkir kecil garam epsom ke dalam ember berisi air hangat dan aduk hingga garam larut dan menjadi satu dengan air. Kemudian gunakan air garam untuk mencuci wajah anda secara merata.


Manfaat Garam untuk Wajah

Garam
Perbesar
Ilustrasi/copyright pexels.com/pixabay.com

7. Penghilang Kantung Mata

Manfaat garam untuk wajah yang berikutnya adalah untuk mengatasi kantung mata yang muncul akibat kelelahan dan kurang tidur. Garam dapat menenangkan mata bengkak dan menyerap kelebihan cairan dengan manfaat anti-inflamasi yang ada pada garam.

Cobalah untuk mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam dua cangkir air hangat sampai garam larut. Belah kapas menjadi dua, lalu rendam dalam larutan dan letakkan di sekitar mata anda atau di mana pun pada bagian wajah yang terasa bengkak.

Demikian informasi tentang manfaat garam untuk wajah, garam merupakan salah satu bahan alami yang dapat dengan mudah kita temui. Terdiri dari bahan alami membuat garam menjadi salah satu alternatif produk kecantikan yang aman untuk tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya