Sukses

Paus Fransiskus Ikut Doakan Korban Tragedi Kanjuruhan Malang, Ucap Duka Cita

Paus Fransiskus ucapkan duka cita dan ikut mendoakan korban dalam tragedi Kanjuruhan Malang.

Liputan6.com, Jakarta Tragedi Kanjuruhan Malang bukan hanya menjadi topik hangat di Indonesia, namun sudah terdengar hingga ke berbagai negara. Tragedi yang menewaskan ratusan orang tersebut, kini menjadi sorotan dunia. Kabar duka itu juga terdengar hingga ke kepala negara Vatikan, Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus menyampaikan duka cita dan panjatkan doa untuk para korban tewas dan terluka dalam tragedi Kanjuruhan Malang. Insiden tersebut disebut paling mematikan dalam sejarah sepak bola Indonesia.

"Saya berdoa untuk mereka yang kehilangan nyawa dan yang terluka setelah bentrokan yang meletus setelah pertandingan sepak bola di Malang, Indonesia," kata Paus Fransiskus dikutip dari laman Vatican News, Selasa (4/10/2022).

Menurut data pemerintah, korban meninggal 125 orang. Sementara disebutkan sekitar 180 lainnya terluka dalam peristiwa tersebut. Dalam tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022, akan selalu dikenang. Dalam laman Twitter @PostinusGul, menampilkan video singkat Paus Fransiskus yang tengah mengucap doa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turut mendoakan

Paus Fransiskus turut mendoakan para korban yang meninggal dalam tragedi Kanjuruhan Malang. Doa dan ucapan dukacita tersebut disampaikan oleh Bapa Paus Fransiskus setelah Doa Angelus (Doa Malaikat Tuhan) pada 2 Oktober 2022 di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Roma.

"Saya juga berdoa untuk mereka yang kehilangan nyawa dan terluka dalam bentrokan yang terjadi setelah pertandingan sepak bola di Malang, Indonesia," ucapnya, dikutip dari laman Twitter @PostinusGul.

Kerusuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang terjadi pada Minggu (1/10/2022) malam. Kejadian tersebut terjadi ketika Arema FC kalah 2-3 dari Persebaya Surabaya di kandang sendiri. Suporter menyerbu ke lapangan dan dibalas tembakan gas air mata oleh polisi sehingga penonton berhamburan, berdesakan, hingga berkerumun yang berujung banyak orang menjadi korban jiwa.

3 dari 4 halaman

Aksi bela sungkawa di seluruh dunia

Aksi bela sungkawa juga dilakukan oleh semua orang dengan cara beraneka ragam. Mulai dari ucapan dalam media sosial berupa ungkapan duka hingga doa untuk para korban dan keluarga. Selain itu banyak pula tokoh sepak bola dunia yang turut menyampaikan belasungkawanya dalam acara Sidang Umum Anggota Real Madrid 2022 pada Minggu (2/10/2022).

Presiden dari klub besar Eropa, Real Madrid, Florentino Perez mengajak untuk mengheningkan cipta untuk tragedi sepak bola tersebut. Bentuk ungkapan bela sungkawa ini ia sampaikan dalam acara Sidang Umum Anggota Real Madrid 2022 di Kota Madrid.

Selain dilakukan oleh presiden klub yang bermarkas di Stadion Santiago Bernabeu tersebut, laga antara Real Madrid dan Osasuna semalam pun diawali dengan mengheningkan cipta yang diikuti para pemain dan penonton di tribun.

4 dari 4 halaman

Pesan duka dari Kedubes

Pesan duka ini disampaikan dalam Telegram resmi Kedubes Rusia.

"Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobievadan seluruh staf Kedubes Rusia di Jakarta mengucapkan belasungkawa yang mendalam terkait tragedi di Malang," demikian bunyi pernyataan tersebut dikutip dari akun Telegram Kedubes Rusia, dikutip dari Internasional Liputan6.com.

"Turut berduka cita bersama dengan kerabat mereka yang meninggal dunia. Mengharapkan agar mereka yang luka-luka cepat pulih kembali."

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins menyampaikan doa untuk korban. Dalam utasnya, Dubes Jenkins turut mendoakan para korban dan keluarga atas tragedi Kanjuruhan.

"Turut berduka cita atas jatuhnya korban jiwa dalam insiden yang terjadi di pertandingan sepak bola di Malang. Doa kami menyertai keluarga para korban 🙏," tulis Dubes Owen Jenkins di akun Twitter @DubesInggris yang dikutip Selasa (4/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.