12 Cara Mengatasi Ambeien, Pahami Gejala dan Penyebabnya

Oleh Liputan6.com pada 04 Okt 2022, 14:50 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 14:50 WIB
Hemoroid atau ambeien atau wasir
Perbesar
Hemoroid atau ambeien atau wasir/Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Ambeien atau wasir atau juga yang dikenal dengan hemorrhoids merupakan penyakit yang banyak diderita oleh banyak orang. Oleh sebab itu cara mengatasi ambeien harus dipahami. Meskipun biasanya ambeien tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi tidak jarang penyakit yang satu ini menimbulkan rasa tidak nyaman saat melakukan kegiatan. Ambeien merupakan kondisi ketika pembuluh darah yang berada di bagian bawah anus dan rektum bengkak.

Dilansir dari Harvard Health Publishing : Harvard Medical School, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, sekitar 75 persen orang yang berusia di atas 45 tahun akan mengalami ambeien atau wasir. Beberapa di antaranya bisa jadi tidak mengalami gejala ambeien, tetapi tidak sedikit orang yang akan pada suatu waktu mengalami masalah yang terkait dengan ambeien, termasuk nyeri, gatal dan pendarahan.

Kasus ambeien yang diderita setiap orang dapat berbeda. Hal ini karena jenis dan tingkat keparahan ambeien yang beragam. Oleh karena itu, cara mengatasi ambeien juga banyak variasinya. Secara garis besar, terdapat dua jenis wasir atau ambeien yang diderita oleh banyak orang, yaitu wasir internal dan wasir eksternal. Wasir atau ambeien internal biasanya terletak di rektum serta tidak terlihat atau dirasakan. Sedangkan wasir eksternal berada di kulit luar anus.

Anda tidak perlu khawatir dengan cara mengatasi ambeien karena terdapat beberapa cara yang dapat Anda coba di rumah dengan perawatan rumahan. Berikut liputan6 rangkum dari berbagai sumber tentang cara mengatasi ambeien, penyebab dan gejalanya, pada Selasa (4/20/22) :

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Penyebab Ambeien

Ilustrasi sembelit.
Perbesar
Ilustrasi sembelit.

Dilansir dari jurnal yang berjudul “Haemorrhoids: Pathology, pathophysiology and aetiology” oleh P B Loder dkk disebutkan bahwa penyebab penyakit wasir tidak diketahui. Akan tetapi dilansir dari MedicalNewsToday, terdapat beberapa faktor risiko yang dapat menjadi penyebab munculnya ambeien. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Kehamilan

Selama kondisi hamil, jaringan yang berada di rektum menjadi lebih lemah serta terjadinya pembengkakan  dan pembuluh darah rileks yang disebabkan oleh hormon. Sebuah studi menyebutkan bahwa persentase wanita hamil dapat mengalami ambeien sekitar 35 persen.

2. Menua

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ambeien umum terjadi pada orang-orang yang berusia di atas 45 atau 50 tahun. Akan tetapi, hal ini tidak menutup kemungkinan ambeien menyasar anak yang usianya lebih muda dan bahkan anak-anak.

3. Diare

Ambein dapat muncul setelah seseorang mengalami diare kronis.

4. Sembelit

Sembelit akan menambah tekanan pada dinding pembuluh darah dalam upayanya memindahkan tinja. Oleh karena itu, sembelit dapat menyebabkan ambeien.

5. Terlalu lama duduk

Berlama-lama menghabiskan waktu untuk duduk, terutama di toilet dapat menyebabkan wasir. Kebiasaan menggunakan ponsel ketika buang air besar dan membuat duduk di atas closet terlalu lama termasuk dalam hal yang dimaksudkan.

6. Diet

Memakan makanan yang kurang kandungan seratnya juga menjadi ancaman seseorang dapat terkena ambeien.

7. Obesitas

Sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki berat badan berlebih akan memiliki risiko lebih tinggi mengalami ambeien. Hal ini karena mungkin adanya peningkatan tekanan di dalam perut.

8. Genetik

Beberapa orang berpotensi mengalami ambeien karena keturunan.

9. Cedera pada Sumsum Tulang Belakang

10. Operasi

11. Penyakit Radang Usus


Gejala dan Cara Mengatasi Ambeien

Kenali Gejala dan Penyebab Wasir
Perbesar
Kenali Gejala dan Penyebab Wasir

Masih dilansir dari MedicalNewsToday, berikut gejala ambeien yang mungkin diderita oleh seseorang :

1. Pendarahan

2. Gatal dan/ atau iritasi di daerah anus

3. Rasa tidak nyaman, rasa sakit atau nyeri di sekitar anus.

4. Terdapat benjolan dan pembengkakan pada daerah sekitar anus

5. Tonjolan atau pelebaran vena yang mungkin menyakitkan atau tidak

6. Terdapat kotoran yang mungkin bocor secara tidak sengaja

Terdapat perawatan rumahan dan perawatan medis lebih lanjut sebagai cara mengatasi ambeien. Berikut perawatan rumahan yang dapat Anda coba sebagai cara mengatasi ambeien :

1. Berendam Secara Teratur di Pemandian Air Hangat

Cara mengatasi ambeien pertama yang dapat Anda coba adalah dengan berendam, terutama bagian anus pada air hangat atau mandi sitz selama 10 hingga 15 menit sebanyak dua atau tiga kali sehari, terutama setelah buang air besar.

2. Sekam Psyllium

Dilansir dari Cleveland Clinic, ahli bedah kolorektal, Jeremy Lipman, MD menyebutkan bahwa sekam psyllium atau psyllium husk merupakan suplemen yang dapat membantu Anda meningkatkan asupan serat dan melembutkan tinja. Akan tetapi, tidak direkomendasikan bagi Anda untuk meningkatkan serat terlalu banyak dan terlalu cepat karena akan berpotensi menyebabkan kram perut.

3. Lidah Buaya

Cara mengatasi ambeien yang satu ini juga dapat dikatakan cukup mudah. Anda dapat menggunakan lidah buaya dalam rangkaian cara mengatasi ambeien. Lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu menenangkan radang karena ambeien. Akan tetapi, Anda dapat mencoba cara yang satu ini hanya dengan menggunakan lidah buaya murni, bukan dalam bentuk olahan krim dan bahan lainnya.


Cara Mengatasi Ambeien

Buah
Perbesar
Konsumsi beberapa buah dan sayuran ini untuk atasi sembelit (Credit: Freepik/lifeforstock)

4. Makan Makanan yang Mengandung Banyak Serat

Serat akan melembutkan tinja dan membuatnya lebih mudah dilewati dan akan mengurangi tekanan pada wasir. Beberapa makanan terbaik yang dapat Anda konsumsi untuk membantu mengurangi ambeien, seperti roti gandum, sereal, beras merah, buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan dan biji bijian.

5. Menggunakan Produk Kebersihan yang Sesuai

Sebagai bagian dari cara mengatasi wasir, disarankan bagi Anda untuk mengurangi produk-produk kebersihan yang mengandung pewarna, minyak esensial dan perfume. Hal ini karena produk-produk tersebut bukan tidak mungkin menyebabkan ambeien menjadi gatal atau membengkak.

6. Kompres dengan Es

Dilansir dari Healthline, Anda dapat menggunakan kompres es atau kompres dingin untuk daerah anus selama 15 menit. Hal ini akan membantu Anda dalam meredakan pembengkakan. Sebelum mengkompres dengan es, pastikan Anda telah membungkus es dengan kain atau handuk yang lembut dan tidak disarankan menempelkan lanngsung es tersebut karena dapat merusak kulit dan bahkan berbahaya.

7. Analgesik

Dilansir dari MedicalNewsToday, mungkin analgesik tidak benar-benar menyembuhkan ambeien, tetapi dapat mengurangi rasa sakit karena ambeien. Anda dapat mengonsumsi aspirin, ibuprofen dan asetaminofen.

8. Menggunakan Salep atau Tisu Topikal

Cara mengatasi ambeien yang satu ini juga patut Anda coba. Anda dapat menggunakan salep atau tisu penenang yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti tisu witch hazel. Atau Anda dapat menggunakan krim over-the-counter (OTC) untuk wasir eksternal yang dapat membantu mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman.


Cara Mengatasi Ambeien dan Perawatan Medis

Jalan Cepat
Perbesar
Ilustrasi Jalan Cepat Credit: pexels.com/Vila

9. Berolahraga

Dilansir hemorrhoids.org, cara mengatasi ambeien selanjutnya juga termasuk berolahraga. Olahraga yang Anda coba, termasuk aerobik sedang misalnya jalan cepat sekitar 20-30 menit sehari dalam sehari.

10. Menggunakan Pakaian Katun Longgar

Anda dapat mengganti pakaian dengan bahan poliester Anda yang ketat dengan bahan katun yang lebih longgar, terutama untuk pakaian dalam. Hal ini memungkinkan menjaga area anus tetap bersih dan kering dan dapat mengurangi gejala risiko infeksi pada luka terbuka.

11. Menggunakan Bantal Donat

Dilansir dari hemorrhoid.org, bantal donat akan sangat membantu para penderita ambeien. Bantal tersebut dirancang khusus untuk bagian bawah Anda dan membuat duduk menjadi lebih baik dan nyaman pada penderita ambeien. Anda akan dapat duduk tanpa merasakan sakit dan sedikit relaks.

12. Minyak Kelapa

Cara mengatasi ambeien yang satu ini juga cukup mudah. Minyak kelapa mempunyai sifat anti inflamasi yang kuat serta dilansir dari Healthline, berdasarkan penelitian pada tahun 2008, minyak kelapa bisa digunakan untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan. Sifat anti bakterinya juga memungkinkan ambeien Anda sembuh lebih cepat. Selain itu, minyak kelapa juga dapat mengatasi sembelit, penyebab wasir. Anda dapat mengonsumsi minyak kelapa secara teratur atau mengoleskannya secara eksternal dengan kapas lembut atau dicampur dengan air di bak mandi.

Perawatan Medis Ambeien

Dalam beberapa kasus, ambeien mungkin tidak dapat disembuhkan dengan cara-cara di atas dan memerlukan rangkaian perawatan medis lebih lanjut bahkan operasi jika memiliki gejala parah atau komplikasi. Beberapa di antaranya dilansir dari Healthline, seperti :

1. Ligasi karet gelang

2. Injeksi (skleroterapi)

3. Koagulasi (Inframerah, laser atau bipolar)

4. Prosedur bedah, seperti pengangkatan wasir dan stapling wasir dsb.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya