10 Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Ampuh dan Efektif, Pahami Juga Penyebabnya

Oleh Woro Anjar Verianty pada 04 Okt 2022, 14:30 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 14:30 WIB
Nyeri haid
Perbesar
Nyeri haid/copyright: rawpixels.com

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi nyeri haid penting untuk diketahui hal ini karena lebih dari separuh wanita di dunia mengalami menstruasi dengan nyeri haid (dismenore) yang menyertai selama satu sampai dua hari setiap bulan. Dan meskipun nyeri haid bisa hanya berupa ketidaknyamanan, rasa sakit biasanya disebabkan oleh kram menstruasi.

Kram menstruasi terjadi ketika rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisannya, juga dikenal sebagai lapisan rahim. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit di perut, punggung bawah, selangkangan atau paha atas. Rasa sakit ini bisa berkembang hingga akhirnya mengganggu aktivitas, sehingga penting untuk mengetahui cara mengatasi nyeri haid ini.

Terdapat berbagai faktor penyebab nyeri haid yang mungkin terjadi, yang biasanya disebabkan oleh gangguan kesehatan yang mendasari jika terjadi dalam jangka waktu yang lama. Namun secara umum terdapat beberapa cara mengatasi nyeri haid yang bisa dicoba terlebih dahulu untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/10/2022) tentang cara mengatasi nyeri haid dan kemungkinan penyebab yang mendasarinya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cara Mengatasi Nyeri Haid

Ilustrasi Air Minum/ Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Air Minum/ Pixabay

Cara Mengatasi Nyeri Haid

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri haid yang diderita, namun penting untuk diingat bahwa teknik ini tidak selalu berhasil, terutama untuk kondisi kronis, tetapi teknik ini dapat meredakan nyeri haid ringan hingga sedang.

1. Minum lebih banyak air

Cara mengatasi nyeri haid yang pertama adalah dengan mengonsumsi banyak air. Kembung dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan memperburuk kram menstruasi. Air minum dapat mengurangi kembung selama menstruasi dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. Juga, minum air panas dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh anda dan mengendurkan otot-otot anda. Ini dapat mengurangi kram yang disebabkan oleh kontraksi rahim.

 

2. Nikmati teh herbal untuk meredakan peradangan dan kejang otot

Jenis teh herbal tertentu memiliki sifat anti-inflamasi dan senyawa antispasmodik yang dapat mengurangi kejang otot di rahim yang menyebabkan kram. Minum teh chamomile, adas atau jahe adalah cara alami yang mudah untuk meredakan kram menstruasi. Ditambah lagi, teh herbal ini dapat memiliki manfaat lain, seperti menghilangkan stres dan membantu mengatasi insomnia.


Cara Mengatasi Nyeri Haid

Memberikan Anak Teh Herbal
Perbesar
Ilustrasi Teh Herbal Credit: pexels.com/Clarke

3. Cobalah suplemen makanan

Vitamin D dapat membantu tubuh anda menyerap kalsium dan mengurangi peradangan. Suplemen lain, termasuk omega-3, vitamin E dan magnesium, dapat membantu mengurangi peradangan dan bahkan mungkin membuat menstruasi anda tidak terlalu menyakitkan. Untuk hasil terbaik, konsumsi suplemen setiap hari, tidak hanya selama periode anda.

 

4. Latihan untuk relaksasi otot dan endorfin

Jika anda kesakitan, olahraga mungkin menjadi hal terakhir yang anda pikirkan. Tetapi bahkan olahraga ringan melepaskan endorfin yang membuat anda merasa bahagia, mengurangi rasa sakit dan mengendurkan otot-otot anda. Lima belas menit yoga, peregangan ringan, atau jalan kaki mungkin adalah semua yang anda butuhkan untuk merasakan manfaat fisik dan mental dari olahraga.

 

5. Cobalah terapi pijat untuk mengurangi kram dan stres

Cara mengatasi nyeri haid yang selanjutnya adalah dengan terapi pijat. Pijat dapat mengurangi kejang rahim dengan merelaksasi rahim. Untuk mengelola kram menstruasi dengan paling efektif, terapi pijat harus fokus pada area perut. Tetapi pijat seluruh tubuh yang mengurangi stres Anda secara keseluruhan juga dapat membantu meredakan kram menstruasi.

 

6. Kurangi stres untuk memperbaiki gejala periode mental dan fisik

Stres dapat memperburuk kram. Gunakan teknik penghilang stres seperti meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau cara favorit anda sendiri untuk menghilangkan stres. Jika anda tidak yakin bagaimana cara menghilangkan stres, cobalah citra terpandu. Cukup tutup mata anda, ambil napas dalam-dalam dan bayangkan tempat yang tenang dan aman yang penting bagi anda. Tetap fokus pada ruang ini setidaknya selama beberapa menit saat anda menarik napas dalam-dalam.


Cara Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya
Perbesar
Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya

7. Makan makanan anti-inflamasi

Beberapa makanan dapat memberikan kelegaan alami untuk kram, dan rasanya enak. Makanan anti-inflamasi dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan rahim anda. Cobalah makan buah beri, tomat, nanas, dan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, atau bawang putih. Sayuran berdaun hijau, almond, walnut, dan ikan berlemak, seperti salmon, juga dapat membantu mengurangi peradangan.

 

8. Gunakan tambalan panas

Menggunakan tambalan atau bungkus yang dipanaskan di perut anda dapat membantu mengendurkan otot-otot rahim anda. Otot-otot inilah yang menyebabkan kram menstruasi. Panas juga dapat meningkatkan sirkulasi di perut anda, yang dapat mengurangi rasa sakit. Bantalan pemanas listrik dan botol air panas tidak nyaman digunakan sebagai tambalan, tetapi itu adalah pilihan yang baik jika anda menghabiskan waktu di rumah dan tidak perlu banyak bergerak.

 

9. Minum obat pereda nyeri

Pereda nyeri yang dijual bebas (OTC) dapat membantu mengatasi kram menstruasi dan nyeri terkait periode lainnya, seperti sakit kepala. Obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) adalah yang terbaik, hal ini karena NSAID tidak hanya menghilangkan rasa sakit dan peradangan, tetapi juga mengurangi jumlah prostaglandin yang dibuat oleh tubuh anda dan mengurangi efeknya. Obat-obatan ini bekerja paling baik jika diminum pada tanda pertama kram atau nyeri.

 

10. Berendam dalam bak air hangat

Berendam dalam bak mandi air panas adalah cara lain untuk mengelilingi otot perut, panggul, dan punggung anda dengan kehangatan untuk membuat tubuh rileks. Anda dapat meningkatkan kekuatan penghilang rasa sakit dari rendaman yang baik dengan menambahkan garam Epsom yang dapat membantu meredakan nyeri otot. Cobalah untuk bersantai di pemandian air panas setidaknya selama 15 menit untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya.


Penyebab Nyeri Haid Berkepanjangan

Inilah Tanda-Tanda Nyeri Haid Anda Tidak Normal
Perbesar
Inilah Tanda-Tanda Nyeri Haid Anda Tidak Normal

Penyebab Nyeri Haid Berkepanjangan

Ada banyak alasan untuk nyeri haid, dan jika anda mengalami periode nyeri kronis dan panjang, wajar untuk bertanya alasan dibaliknya. Dokter dapat membantu anda memahami mengapa anda mengalami kram yang menyakitkan setiap bulan. Beberapa penyebab paling umum dari periode nyeri haid yang kronis dan panjang diantaranya adalah:

1. PMS (sindrom pre menstruasi)

Juga dikenal sebagai sindrom pramenstruasi, PMS mempengaruhi 90% wanita yang sedang menstruasi. PMS dimulai beberapa hari sebelum menstruasi Anda dimulai dan berlanjut hingga hari pertama atau kedua menstruasi. Dokter mengira PMS disebabkan oleh penurunan kadar estrogen dan progesteron sebelum awal setiap periode. PMS memiliki banyak gejala, termasuk kelelahan, lekas marah dan kram menstruasi.

2. Fibroid

Fibroid rahim adalah pertumbuhan jinak yang dapat berkembang di lapisan rahim. Mereka bisa sangat kecil sehingga tidak mungkin untuk melihatnya dengan mata telanjang, atau cukup besar untuk mengubah bentuk rahim Anda. Mereka biasanya muncul selama tahun-tahun subur dan sering menyusut atau hilang sama sekali setelah menopause. Karena fibroid tumbuh di lapisan rahim, mereka dapat menyebabkan menstruasi yang berat dan kram menstruasi yang menyakitkan.

3. PID (penyakit radang panggul)

Ketika rahim dan ovarium terinfeksi, ini disebut penyakit radang panggul (PID). Infeksi biasanya dimulai ketika bakteri dari infeksi menular seksual (IMS) masuk ke organ reproduksi. PID juga dapat terjadi setelah prosedur pembedahan. Sementara banyak wanita tidak mengalami gejala PID, hal itu dapat menyebabkan kram yang menyakitkan bagi sebagian orang.


Penyebab Nyeri Haid Berkepanjangan

3 Cara Mengatasi Nyeri Haid
Perbesar
3 Cara Mengatasi Nyeri Haid

4. PMDD (gangguan dysphoric pre menstruasi)

Gangguan dysphoric pramenstruasi adalah bentuk PMS yang lebih parah yang mempengaruhi sekitar 5% wanita yang sedang menstruasi. Dokter tidak yakin apa yang menyebabkan PMDD, tetapi wanita dengan tingkat stres, depresi, atau riwayat keluarga depresi yang tinggi lebih mungkin mengalaminya. Gejala PMDD mirip dengan PMS, tetapi lebih intens, termasuk kram yang lebih menyakitkan.

5. Kista ovarium

Kista adalah kantung cairan yang biasanya tidak berbahaya yang terbentuk di dalam atau di tubuh Anda. Kista ovarium berkembang di ovarium, biasanya selama ovulasi. Banyak wanita mengembangkan setidaknya satu kista kecil setiap bulan yang secara alami memudar. Namun, beberapa wanita memiliki kista ovarium multipel atau besar yang dapat menyebabkan rasa sakit atau komplikasi. Dalam kasus ini, perawatan medis mungkin diperlukan untuk mengatasi kista.

6. Endometriosis

Lapisan rahim, juga dikenal sebagai endometrium, tumbuh di dalam rahim. Tetapi jika anda menderita endometriosis, endometrium anda tumbuh di luar rahim, biasanya di bagian lain dari organ reproduksi anda seperti ovarium atau saluran tuba. Ketika tubuh anda mencoba melepaskan jaringan rahim selama periode, endometrium yang tumbuh di luar rahim tidak punya tempat untuk pergi. Itu bisa terperangkap di dalam tubuh dan dapat menyebabkan kram yang menyakitkan, pendarahan hebat, iritasi dan peradangan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya