4 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah, Sembuhkan Jerawat hingga Cegah Kanker Kulit

Oleh Fitriyani Puspa Samodra pada 04 Okt 2022, 19:10 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 19:10 WIB
Rentan Bermasalah, Simak 3 Tips Merawat Kulit di Iklim Tropis
Perbesar
Tinggal di negara tropis membuat kulit rentan mengalami masalah seperti minyak berlebih dan berjerawat. Yuk simak tipsnya berikut ini! (Pexels/antoni shkraba).

Liputan6.com, Jakarta Manfaat teh hijau sebetulnya baik untuk tubuh secara keseluruhan. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat teh hijau banyak digunakan dalam produk kecantikan. Antioksidan terkuat yang ada pada teh hijau disebut epigallocatechin gallate (EGCG).

EGCG mampu menangkal radikal bebas yang sering terbentuk di dalam tubuh. Radikal bebas yang berlebih dapat memicu stres oksidatif yang berujung pada kerusakan sel, termasuk kulit. Selain antioksidan, teh hijau juga mengandung asam amino, vitamin B, vitamin C, vitamin E, asam folat, magnesium, serta potasium yang memberi manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Ada banyak manfaat teh hijau untuk wajah. Beberapa di antaranya bisa menyembuhkan jerawat pada kulit wajah. Tak heran jika kini banyak produk kecantikan yang mengandung teh hijau.

Untuk merasakan manfaat teh hijau dapat dilakukan dengan cara mengonsumsinya langsung atau menggunakan teh hijau secara topikal ke kulit wajah. Berikut manfaat teh hijau untuk wajah dan cara menggunakannya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (10/4/2022).

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

Benarkah Teh Hijau Efektif Atasi Karies Gigi? (Nishihama/Shutterstock)
Perbesar
Benarkah Teh Hijau Efektif Atasi Karies Gigi? (Nishihama/Shutterstock)

Mencegah dan Menyembuhkan Kulit yang Berjerawat

Kandungan EGCG pada teh hijau tidak hanya membuat teh hijau kaya akan antioksidan. Teh hijau juga bersifat anti inflamasi dan anti bakteri, yang mampu membantu mencegah dan menyembuhkan kulit berjerawat. Anti inflamasi pada teh hijau membantu meredakan jerawat yang meradang. Sedangkan anti bakteri berfungsi untuk membunuh kuman atau bakteri penyebab jerawat.

Selain bakteri, penyebab timbulnya jerawat adalah produksi sebum atau minyak di wajah yang terlalu banyak. Mengaplikasikan teh hijau secara topikal terbukti mampu mengurangi produksi sebum berlebih. Mengkonsumsi teh hijau dengan cara diminum juga dapat membantu mengurangi produksi sebum berlebih dari dalam.

Jerawat yang meradang dapat meninggalkan bekas bopeng dan hiperpigmentasi. EGCG pada teh hijau dapat membantu menyamarkan bekas jerawat tersebut. Kandungan vitamin C, vitamin B, dan vitamin E dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi.


Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

Teh hijau
Perbesar
Ilustrasi teh hijau yang bagus untuk hilangkan bekas jerawat. (unsplash.com/Rawpixel).

Melembapkan Kulit 

Teh hijau mengandung beberapa vitamin, termasuk vitamin E yang dikenal memiliki kemampuan untuk menutrisi dan melembabkan kulit. Dalam satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology and Therapy, peserta eksperimen mengoleskan ekstrak teh hijau ke lengan bawah mereka selama 15 dan 30 hari. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa para peserta mengalami peningkatan kelembapan kulit dan kulit menjadi lebih lembut.

 


Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

teh hijau
Perbesar
ilustrasi teh hijau/copyright By Liv friis-larsen (Shutterstock)

Mencegah Kanker Kulit 

Sebagai orang yang tinggal di negara tropis, paparan sinar matahari merupakan sesuatu yang banyak kita dapatkan. Sinar matahari diperlukan untuk merangsang produksi vitamin D dalam tubuh. Vitamin D berfungsi meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus. Dengan begitu tulang, gigi, serta otot menjadi kuat.

Hanya saja, sinar ultraviolet (UV) dari matahari yang berlebih dapat merusak bahkan menyebabkan kanker pada kulit. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh yang berbahaya. Kekuatan antioksidan EGCG dalam teh hijau dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh dari matahari sehingga membantu melindungi Anda dari kanker kulit.

Meski baik untuk kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi teh hijau agar manfaat teh hijau dapat dirasakan secara maksimal. Teh hijau tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, kandungan kafein, flavonoid, dan tanin di dalamnya dapat mengganggu kerja hati jika berlebihan. 

Tannin yang ada pada teh hijau dapat menghambat penyerapan nutrisi dari makanan lain, oleh sebab itu tidak dianjurkan mengkonsumsi teh hijau  setelah makan. Meski kadar kafein dalam satu cangkir teh hijau lebih rendah dari pada kopi, tapi sebaiknya hindari mengkonsumsi teh hijau menjelang waktu tidur.


Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

green tea
Perbesar
ilustrasi teh hijau/Photo by Jia Ye on Unsplash

Membuat Wajah Awet Muda

Paparan sinar matahari dan polusi menjadi hal yang sulit dihindari saat beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari dan polusi udara ini dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. 

Teh Hijau dengan kandungan polifenol mampu menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab dari kulit keriput, timbulnya noda hitam, hingga kulit kusam. Kandungan vitamin B pada teh hijau membantu meningkatkan produksi kolagen yang dapat mencegah terjadinya keriput di wajah

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya