15 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dalam Waktu 3 Hari

Oleh Mabruri Pudyas Salim pada 04 Okt 2022, 12:40 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 12:40 WIB
Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat
Perbesar
Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Jerawat mungkin bukan kondisi yang berbahaya, namun hal itu cukup mengganggu penampilan dan memengaruhi rasa percaya diri. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari.

Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan jerawat dalam waktu singkat, termasuk chemical peeling. Hanya saja, perawatan tersebut bisa dibilang cukup mahal.

Menggunakan obat jerawat juga bisa menjadi salah satu pilihan penting untuk menghilangkan bekasnya dalam waktu singkat. Hanya saja ada kemungkinan bahwa beberapa jenis kulit tidak cocok dengan obat tertentu, sehingga alih-alih membaik, justru malah semakin parah.

Dengan demikian cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari mungkin menjadi pilihan terbaik untuk menghindari risiko kerusakan yang lebih parah.

Berikut adalah sejumlah cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, selasa (4/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang dikenal ampuh untuk perawatan kulit. Lidah buaya dapat mencegah penuaan, melembapkan kulit, mengurangi strech marks, dan mencerahkan kulit. Manfaat lainnya adalah lidah buaya dapat menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

Lidah buaya dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari. Dikombinasikan dengan air perasan jeruk lemon, akan membuat manfaat lidah buaya dalam menghilangkan bekas jerawat.

Caranya, campurkan lidah buaya dengan perasan air jeruk lemon. Kemudian gunakan campuran tersebut untuk memijat kulit wajah Anda. Fokuskan pada bagian yang ada bekas jerawatnya. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas.

Olive Oil

Olive oil atau minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan luka, termasuk bekas jerawat. Dengan menambahkan gula pasir, olive oil adalah salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari.

Caranya, campurkan satu sendok teh olive oil dengan satu sendok makan gula pasir. Gunakan campuran itu untuk memijat kulit wajah Anda yang memiliki bekas jerawat. Setelah selesai, lalu bilas.


Cuka Apel

10 Rahasia Kecantikan Rambut dan Kulit dengan Cuka Apel
Perbesar
Ternyata, cuka sari apel memiliki manfaat positif bagi kecantikan Anda, penasaran? (Foto: iStockphoto)

Cuka apel memiliki kandungan malic acid yang dapat memberikan efek eksfoliasi kulit. Cuka apel dipercaya dapat mencegah penyumbatan pori-pori dan penumpukan sel kulit mati. Dengan kata lain, cuka apel adalah salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari.

Untuk mengilangkan bekas jerawat, cuka apel dapat digunakan sebagai toner maupun masker. Caranya, campurkan dua sendok makan cuka apel dengan 2 cangkir air matang, dan satu sendok gel lidah buaya. Campurkan bahan tersebut kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan campuran bahan tersebut ke wajah.

Untuk menggunakannya sebagai masker, campurkan 2 sendok makan cuka apel dengan baking soda. Lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas.

Lemon

Lemon memiliki kandungan alami yang dapat mencegah kulit mengalami infeksi. Selain itu, lemon juga memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan lemon adalah sebagai berikut.

Campurkan lemon dengan air. Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah. Diamkan dalam waktu semalam. Kemudian bilas ketika bangun tidur.

Mentimun

Mentimun memiliki kandungan yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya dalam waktu singkat. Caranya, parut timun agar halus. Kemudian tempelkan parutan timun pada bagian kulit yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama sekitar 30 menit lalu bilas.


Putih Telur

ilustrasi telur
Perbesar
Ilustrasi/Copyright unsplash/Louis Hansel

Putih telur mengandung enzim lisozim yang terbukti ampuh dalam membunuh bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga dapat membantu dalam mengangkat sel kulit mati, sehingga menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari.

Caranya, pecahkan telur lalu pisahkan bagian kuning telur dengan putih telurnya. Kocok putih telur hingga mengembang lalu oleskan pada bagian kulit wajah yang ada bekas jerawatnya. Biarkan selama beberapa saat lalu bilsa.

Es Batu

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari dapat menggunakan es batu. Bahkan, cara ini sangat efektif untuk mengatasi jerawat yang sedang meradang agar segera hilang. Caranya cukup mudah, yakni dengan menggunakan es batu sebagai kompres untuk mengompres kulit yang terkena jerawat.

Baking Soda

Sebagai bahan campuran dengan cuka apel, baking soda memiliki efek untuk mengangkat sel kulit mati. Tidak hanya sebagai campuran saja, baking soda juga dapat bekerja mengangkat sel kulit mati dengan kandungannya beruka kristal sodium bicarbonate.

Dengan kata lain, mengaplikasikan baking soda adalah salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari. Caranya, campurkan baking soda dengan air, lalu aduk hingga kental. Aplikasikan pada bekas jerawat. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air hangat.


Bawang Merah

Bawang Merah Bakar dan Susu
Perbesar
Ilustrasi Bawang Merah Bakar Credit: pexels.com/Giovani

Bawang merah mengandung antimicrobial yang berkhasiat melawan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat dan menghilangkan bekasnya pada kulit. Caranya, parut bawang merah hingga halus. Lalu oleskan parutan bawang merah ke bagian bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih lima menit, lalu bilas.

Pepaya

Pepaya memiliki kandungan aktif yang menyerupai mentimun. Dengan kata lain, cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari bisa dilakukan juga dengan pepaya.

Caranya, haluskan pepaya, lalu oleskan pada bagian bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu menyembuhkan luka di kulit termasuk bekas jerawat. Caranya, iris kentang tipis-tipis. Lalu tempelkan irisan kentang tersebut pada bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Terakhir bilas hingga bersih.

Madu

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari adalah dengan madu. Madu memiliki kandungan alami yang bersifat seperti antibiotik yang mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat dan berfungsi memudarkan bekasnya.

Caranya, siapkan madu murni lalu oleskan ke bekas jerawat. Diamkan sampai madu mengering. Lalu bilas dengan air hangat.


Teh Hijau

Teh hijau
Perbesar
Ilustrasi teh hijau yang bagus untuk hilangkan bekas jerawat. (unsplash.com/Rawpixel).

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang berfungsi membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Teh hijau juga tinggi antioksidan dan bisa melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada orang dengan kulit acne prone.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari dengan madu adalah, rebus daun teh hijau selama 3-4 menit. Dinginkan air rebusan teh hijau, lalu oleskan ke bagian bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas.

Tomat

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari juga bisa dengan menggunakan tomat. Caranya, haluskan buah tomat yang sudah matang dengan menggunakan blender. lalu aplikasikan tomat yang sudah halus itu sebagai masker. Diamkan sampai tomat mengering, lalu bilas.

Oatmeal

Kandungan alami dalam oatmeal memiliki efek yang dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus mencerahkan kulit. Caranya, haluskan oatmeal, campur dengan perasan lemon atau madu. Kemudian oleskan pada kulit yang terdapat bekas jerawat. Diamkan sampai mengering, lalu bilas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya