10 Cara Mencegah Penyakit Jantung, Penyebab Serta Faktor Risikonya

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 04 Okt 2022, 09:50 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 09:50 WIB
Efektif Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung
Perbesar
Ilustrasi Jantung Credit: unsplash.com/Robina

Liputan6.com, Jakarta Penyakit jantung adalah salah satu istilah yang sering digunakan untuk semua penyakit yang biasanya menyerang langsung ke jantung. Penyakit jantung sering juga disebut sebagai PJK atau yang dikenal dengan penyakit jantung koroner, serta merupakan penyebab utam kematian. Oleh karena itu sangat penting mengetahui gejala, penyebab dan cara mencegah penyakit jantung. 

Cara  mencegah penyakit jantung yang perlu kita lakukan pertama adalah, menerapkan pola hidup sehat sehingga menunda atau bahkan menghindari penyakit jantung. Dapat dipahami bahwa penyakit jantung terdiri atas beberapa jenis, namun yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah penyakit jantung bawaan, juga penyakit jantung koroner. 

PJK atau penyakit jantung koroner biasanya terjadi karena, terdapat penyempitan pada pembuluh darah di jantung. Sedangkan penyakit jantung bawaan adalah masalah jantung yang memang dibawa sejak lahir. Hal yang sering terjadi ketika menderita penyakit jantung adalah kebocoran katup jantung, aritmia serta gagal jantung. Untuk itu dengan olahraga yang teratur serta mengatur pola makan dan hidup sengan benar, maka hal ini merupakan cara mencegah penyakit jantung yang tepat juga terbaik. 

Berikut ini cara mencegah penyakit jantung yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/10/2022). 

 

 

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Penyebab Penyakit Jantung dan Faktor Risiko

Hidup Sehat Hingga Tua, Kenali Penyakit Jantung Koroner Sejak Dini
Perbesar
Penyakit jantung koroner sendiri merupakan 'pembunuh' nomor satu di Indonesia. Ketahui tanda-tanda penyakit jantung koroner dan cara pencegahannya.

Sebelum mengetahui cara mencegah penyakit jantung, maka Anda harus mengetahui penyebab penyakit jantung. Penyakit jantung terjadi ketika plak berkembang pada arteri dan pembuluh darah yang mengarah ke jantung. Kondisi ini menghalangi nutrisi dan oksigen penting untuk mencapai jantung Anda. Plak merupakan zat lilin yang terdiri dari kolesterol, molekul lemak, dan mineral. Plak menumpuk dari waktu ke waktu ketika lapisan dalam arteri rusak oleh tekanan darah tinggi, merokok, atau peningkatan kolesterol atau trigliserida.

Beberapa faktor risiko juga dapat memainkan peran penting dalam menentukan apakah Anda mungkin terkena penyakit jantung atau tidak. Salah satunya adalah usia dan keturunan yang memang berada di luar kendali Anda. Perlu diketahui bahwa risiko penyakit jantung meningkat sekitar usia 55 tahun pada wanita dan 45 tahun pada pria. Risiko Anda mungkin lebih besar jika Anda memiliki anggota keluarga dekat yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Faktor risiko lain untuk penyakit jantung meliputi:

- Mengalami kegemukan

- Resistensi insulin atau diabetes

- Kolesterol dan tekanan darah tinggi

- Memiliki riwayat keluarga penyakit jantung

- Tidak aktif secara fisik

- Merokok dan makan makanan yang tidak sehat

- Mengalami depresi klinis

 


Cara Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah Penyakit Jantung
Perbesar
Ilustrasi Penyakit Jantung Credit: pexels.com/Fotos

1. Kontrol tekanan darah 

Cara mencegah penyakit jantung yang bisa Anda lakukan adalah selalu mengontrol tekanan darah. Tekanan darah tinggi, adalah faktor risiko utama penyakit jantung. Penting untuk memeriksakan tekanan darah Anda secara teratur, setidaknya setahun sekali untuk kebanyakan orang dewasa. Anda bisa mengambil langkah-langkah, termasuk melakukan perubahan terhadap gaya hidup. 

2. Jaga kadar kolesterol dan trigliserida

Cara mencegah penyakit jantung bisa dilakukan, dengan menjaga kadar kolesterol dan trigliserida. Kadar kolesterol yang tinggi mampu menyumbat arteri, serta meningkatkan risiko penyakit arteri koroner dan serangan jantung. Oleh karena itu, buatlah perubahan gaya hidup dan konsumsi obat-obatan jika memang diperlukan, agar  dapat menurunkan kolesterol. Kadar trigliserida yang tinggi juga memiliki risiko penyakit arteri koroner, terutama pada wanita, maka ambil tindakan tepat untuk menjaganya. 

3. Kelola diabetes

Cara mencegah penyakit jantung adalah menjaga kadar gula darah, karena dengan memiliki diabetes bisa menggandakan risiko penyakit jantung diabetes. Kondisi ini terjadi karena seiring waktu, gula darah yang tinggi akibat diabetes dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengontrol jantung dan pembuluh darah. Jadi, penting untuk menjalani tes diabetes, agar tetap terkendali.

4. Menjaga berat badan 

Mengalami berat badan yang tak terkendali juga memicu penyakit jantung, maka cara mencegah penyakit jantung yang aman dan mudah untuk dilakukan adalah dengan menjaga berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas memicu meningkatnya risiko penyakit jantung. Sebagian besar juga terjadi disebabkan karena faktor risiko penyakit jantung lainnya, termasuk kadar kolesterol dan trigliserida darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Mengontrol berat badan Anda dapat menurunkan risiko ini.

5. Batasi alkohol

Cara mencegah penyakit jantung juga bisa Anda lakukan dengan membatasi atau menghindari minuman beralkohol. Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah, serta menambah kalori ekstra, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Kedua hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

 

 


Cara Mencegah Penyakit Jantung

jantung-kezo
Perbesar
ilustrasi makanan mencegah sakit jantung saat bulan puasa/pexels

6. Kelola stres

Cara mencegah penyakit jantung bisa dilakukan dengan mengelola stres. Stres juga selalu dikaitakn dengan penyakit jantung dalam banyak hal. Hal ini memicu tekanan darah yang semakin meningkat. Ketika mengalami stres yang ekstrem bisa menjadi "pemicu" serangan jantung. Selain itu, saat mengonsumsi makanan secara berlebihan, minum berlebihan, dan merokok, sangat buruk bagi jantung. Dengan melakukan olahraga, mendengarkan musik, fokus pada sesuatu yang tenang atau damai, dan bermeditasi bisa membantu mengelola stres. 

7. Makan makanan yang sehat

Cobalah untuk membatasi lemak jenuh, makanan tinggi natrium, dan gula tambahan sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit jantung. Makan banyak buah segar, sayuran, dan biji-bijian juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol.  Anda juga bisa membatasi karbohidrat olahan, daging olahan, dan minuman manis, makanan kemasan untuk mengurangi sodium, menambahkan gula dan lemak jenuh, dan menghindari lemak trans.

8. Olahraga teratur

Dengan melakukan olahraga secara teratur, tentu memiliki banyak manfaat termasuk memperkuat jantung dan meningkatkan sirkulasi. Olahraga memang sangat membantu untuk menjaga kesehatan, termasuk mempertahankan berat badan yang sehat dan menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Semua ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas berat setiap minggu, dan bisa dimulai dengan hanya duduk lebih sedikit dan lebih banyak bergerak.

9. Jangan merokok

Merokok dapat meningkatkan tekanan darah yang lebih memiliki risiko tinggi untuk serangan jantung dan stroke. Jika Anda tidak merokok, jangan mulai. Namun jika Anda merokok, maka berhenti akan menurunkan risiko penyakit jantung. Anda dapat berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan bantuan dalam menemukan cara terbaik. 

10. Pastikan Anda cukup tidur

Cara mencegah penyakit jantung bisa dilakukan secara sederhana, yaitu pastikan untuk memiliki waktu tidur yang cukup. Ketika tidak menjaga pola tidur, maka risiko tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes dapat terjadi. Perlu diketahui bahwa kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur per malam. Oleh karena itu memiliki kebiasaan tidur yang baik membuat Anda terlihat lebih sehat dan bugar.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya