8 Cara Bangun Pagi dengan Segar Tanpa Alarm, Tidur Lebih Berkualitas

Oleh Liputan6.com pada 03 Okt 2022, 18:30 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 18:30 WIB
Bangun Pagi
Perbesar
Bangunlah lebih pagi karena memiliki segudang manfaat (Freepik/tirachardz)

Liputan6.com, Jakarta Cara bangun pagi mungkin terlihat mudah. Tapi, banyak orang mengalami kesulitan tidur sehingga mengalami kesulitan bangun di pagi harinya atau bahkan terlalu nyenyak tidur sehingga tidak dapat mengejar jadwal pagi hari dengan tepat waktu.

Cara bangun pagi pun sering menjadi kebutuhan informasi banyak orang. Bukan hanya bagi mereka yang terlalu malas atau membenci bangun pagi, tetapi juga bagi mereka yang tidak dapat bangun pagi karena faktor kondisi kesehatan dan bahkan efek obat-obatan.

Dilansir dari Healthline, beberapa kondisi medis yang mungkin menyebabkan Anda sulit bangun pagi, seperti parasomnia, sleep apnea, kekurangan tidur, stress dan kecemasan, depresi, gangguan ritme tidur sirkadian  dan mungkin karena sakit kronis. Kekurangan tidur juga dapat disebabkan oleh kualitas tidur yang kurang baik sehingga memungkinkan sulit bangun pagi.

Dilansir dari sleepfoundation.org, orang dengan sebutan “morning person” biasanya membuka mata mereka setelah mengalami tidur malam yang nyenyak. Oleh karena itu, cara bangun pagi yang utama berkaitan dengan pengaturan tidur Anda. Tidur yang lebih berkualitas akan memungkinkan Anda lebih mudah bangun pagi. Berikut liputan6 rangkum dari Healthline dan berbagai sumber tentang cara bangun pagi dan tidur lebih nyenyak, pada Senin (3/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cara Bangun Pagi

Mengatur Jadwal Tidur
Perbesar
Ilustrasi Jam Tidur Credit: pexels.com/Archaporn

1. Mengatur Jadwal Tidur

Cara bangun pagi yang pertama adalah dengan mengatur jadwal tidur. Anda akan mendapatkan jadwal yang baik dan bangun lebih awal jika Anda pergi tidur dan bangun di jam atau waktu yang sama setiap harinya. Anda perlu mengetahui lamanya tidur yang Anda perlukan. Kemudian secara konsisten, tidur dan bangun di waktu yang sama bahkan ketika hari libur maka Anda akan lebih mudah untuk bangun pagi secara alami. Jadwal tidur yang konsisten akan membantu mengatur jam internal tubuh yang memengaruhi siklus tidur-bangun.

2. Melakukan Rutinitas Sebelum Tidur

Cara bangun pagi yang selanjutnya ini dapat Anda usahakan dengan melakukan beberapa kegiatan sebelum tidur yang dapat mengantarkan Anda tidur tepat waktu. Anda dapat melakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur, seperti membaca atau mandi dengan air hangat. Kemudian Anda juga dapat menghindari sebisa mungkin kegiatan yang dapat mengganggu ritme sirkadian, seperti melihat layar ponsel atau laptop, meminum kafein di sore hari, terlalu banyak tidur siang dan meminum alkohol sebelum tidur.

3. Jangan Menekan Snooze

Anda akan bangun lebih mudah di pagi hari jika langsung bangun setelah alarm pertama. Jangan berpikir untuk menundanya dan menambah beberapa menit untuk tertidur kembali. Hal ini karena dilansir dari sleepfoundation.org, tidur tambahaan akan terfragmentasi dan tidur yang terganggu dapat meningkatkan stress, pusing di siang hari, menurunkan kinerja dan bahkan membuat Anda merasa lelah. Anda dapat menjauhkan alarm dari tempat tidur yang akan membuat Anda bangun untuk mematikannya.


Cara Bangun Pagi

Ilustrasi lansia olahraga
Perbesar
Ilustrasi lansia olahraga Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

3. Makan Makanan yang Sehat

Memakan makanan yang sehat dapat membantu Anda mendapatkan energi dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Anda dapat melakukan diet seimbang dengan makanan yang dapat meningkatkan energi, seperti buah-buahan, sayur mayur, biji-bijian dan makanan dengan tinggi kandungan asam lemak omega-3nya.

4. Olahraga secara Teratur

Cara bangun pagi yang satu ini tentu sudah diketahui oleh banyak orang. Ya, berolahraga dengan teratur adalah cara bangun pagi yang dapat dipastikan berhasil. Olahraga dengan teratur memiliki banyak manfaat, salah satunya membantu Anda tidur lebih cepat, lebih banyak dan membantu Anda bangun dengan lebih segar. Anda dapat berolahraga sekitar 30 menit setiap hari, tetapi tidak direkomendasikan berolahraga dua hingga tiga jam sebelum tidur. Peregangan dan yoga juga dapat Anda coba sebagai bagian dari relaksasi sebelum tidur.

5. Memanfaatkan Cahaya Alami

Cahaya matahari juga dapat memerankan peran penting dalam kualitas tidur dan bangun tidur Anda. Anda dapat mencoba tidur dengan tirai terbuka sebagian atau keseluruhan. Hal ini nantinya memungkinkan cahaya matahari masuk dan akhirnya membangunkan Anda. Cara bangun pagi yang satu ini tentu sangat mudah bukan?

Lebih dari itu, dilansir dari sleepfoundation.org, sebuah penelitian menyebutkan bahwa karyawan kantor yang terpapar cahaya matahari selama hari kerja juga mengalami suasana hati yang lebih baik dan kualitas tidur yang juga lebih baik di malam harinya. Siang hari juga membantu mengatur ritme sirkadian yang mana juga berkontribusi dalam meningkatkan kualitas tidur. Jika tidak memungkinkan, Anda dapat mencoba lampu yang menyala otomatis seperti layaknya cahaya matahari untuk membangunkan Anda.


Cara Bangun Pagi

Ilustrasi mandi
Perbesar
Ilustrasi mandi. (Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-a-shower-head-4194866/)

7. Mandi

Mandi bukan hanya bagian dari rutinitas pagi hari beberapa orang. Lebih dari itu, suhu air yang digunakan saat mandi dapat mempengaruhi kewaspadaan. Mandi air dingin di pagi hari dapat meningkatkan energi Anda sama dengan efek yang diberikan setelah mengonsumsi kafein.

8. Mendengarkan Musik yang Menyegarkan

Anda dapat memutar musik yang menenangkan sebagai bagian dari rutinitas sebelum tidur dan Anda dapat menggunakan musik yang menyegarkan untuk bangun pagi. Cara bangun pagi yang satu ini dilakukan dengan mengganti musik alarm Anda dengan yang lebih mudah disenandungkan. Hal tersebut karena penelitian menyebutkan musik yang seperti lagu pop yang energik yang membuatnya mudah disenandungkan akan lebih mungkin merangsang untuk Anda bangun. Jadi, Anda dapat mencoba musik yang jika Anda mendengarnya, Anda segera menyanyikannya bersama.

Nah, demikian beberapa cara bangun pagi dan tidur dengan nyenyak yang dapat Anda coba. Jika kesulitan tidur yang menyebabkan sulit bangun tidur terjadi secara terus menerus, Anda dapat berkonsultasi ke dokter atau tenaga medis terkait.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya