8 Konten Kontroversial Baim Wong yang Tuai Kecaman Netizen, Terbaru Prank KDRT

Oleh Arini Nuranisa pada 03 Okt 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 18:00 WIB
Baim Wong
Perbesar
Baim Wong (Youtube Baim Paula)

Liputan6.com, Jakarta Baim Wong menjadi salah satu artis yang merambah ke dunia YouTuber menjadi konten kreator. Profesi tersebut disebut menjanjikan di era globalisasi ini. Tak heran, banyak aktor dan juga penyanyi ikut membuka kanal YouTube pribadi. Namun, seringkali tidak diikuti dengan konten yang berbobot dan konsisten.

Konten yang tidak konsisten tersebut kerap menimbulkan kritikan dari netizen yang menontonnya. Seperti yang dialami oleh Baim Wong. Setelah bertahun-tahun menjadi konten kreator, ayah dua anak tersebut kerap mengalami kritikan dari netizen akibat konten yang dia buat.

Bahkan, Baim mendapat kecaman dari netizen akibat beberapa kontennya yang menimbulkan kontroversi. Terbaru, dia mengunggah sebuah video YouTube dengan ide prank Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) terhadap polisi. Banyak orang menilai konten tersebut tak layak menjadi bahan bercandaan.

Sebelum konten prank KDRT, video di YouTube Baim Paula sempat beberapa kali menuai kontroversi. Netizen menyebut pria 41 tahun itu kerap disebut hanya mengutamakan keuntungan pribadi di atas penderitaan orang lain.

Berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, beberapa konten kontroversial Baim Wong yang menuai kecaman dari netizen, Senin (3/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Konten memarahi Kakek Suhud

[Fimela] Baim Wong Kakek Suhud
Perbesar
Baim Wong dan kakek Suhud (Instagram/gerakmenebarkebaikan)

Sebelumnya, Baim Wong juga sempat menjadi kontroversi usai memarahi pria tua. Mulanya ia diikuti oleh kakek-kakek yang menggunakan motor yang diketahui bernama Suhud. Sesampainya di rumah, kakek tersebut meminta bantuan kepada suami Paula Verhoeven tersebut.

Bukan membantu, Baim justru memarahi kakek tersebut. Karena kontennya itu, ia mendapat hujatan dari netizen. Pasalnya, selama ini Baim membangun citra sebagai orang yang dermawan. Imbasnya, Baim Wong kehilangan hampir 300 ribu subscriber-nya. Seiring berjalannya waktu, keduanya kini telah berdamai.


2. Prank ancam tukang parkir masuk penjara

Baim Wong. (Foto: Dok. YouTube Baim Paula)
Perbesar
Baim Wong. (Foto: Dok. YouTube Baim Paula)

Baim Wong juga kembali jadi sorotan usai melakukan prank kepada seorang tukang parkir. Pemilik nama Muhammad Ibrahim itu dinilai kelewatan karena mengancam si juru parkir masuk penjara.

Berawal dari Baim yang berkunjung ke Surabaya. Dia melakukan prank terhadap tukang parkir yang tidak mengetahui siapa dirinya. Baim mengaku jika dirinya adalah anak dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Demi melancarkan aksinya, bapak dua anak itu bahkan bekerja sama dengan kepolisian terdekat. Dia pun berhasil membuat tukang parkir yang tidak tahu apa-apa itu menjadi ketakutan.


3. Borong burung Rp500 ribu

Baim Wong.
Perbesar
Baim Wong kerap memanfaatkan waktu senggang dengan main gim, untuk usir jenuh. (Foto: Instagram @baimwong)

Baim Wong mendapatkan kecaman dari netizen usai membuat konten tentang burung. Dia memborong burung di pinggir jalan karena kasihan melihat binatang tersebut tinggal di dalam sangkar. Setelah mengetahui harganya, Baim memborong delapan burung seharga Rp500 ribu. Burung-burung tersebut berjenis cerukcuk, parkit, sampai lovebird beserta sangkarnya.

Baim lalu membawa semua burung yang dibelinya ke kantornya. Setelah itu ia melepas semua burung tersebut di depan putranya Kiano Tiger Wong dan Paula Verhoeven.

Namun selesai membuat konten itu, mantan kekasih Marshanda itu mendapatkan kecaman dari netizen. Menurut mereka Baim menawarkan harga terlalu murah untuk membeli semua burung yang dilepaskannya itu. Tak sedikit pula yang kasihan dengan penjual burung karena rugi menjual burung-burungnya kepada Baim Wong.


4. Memberitahu identitas anak SD berkutu

Baim Wong Penuhi Janji, Terbang Ke Solo Temui Bocah SD yang Kepalanya Penuh Kutu. (instagram.com/baimwong)
Perbesar
Baim Wong Penuhi Janji, Terbang Ke Solo Temui Bocah SD yang Kepalanya Penuh Kutu. (instagram.com/baimwong)

Seakan tak pernah berhenti panen hujatan, Baim Wong kembali tuai kecaman dari netizen. Ia dihujat karena mengunjungi siswi SD viral bernama Tamara yang memiliki kutu di rambutnya. Kedatangannya hingga ke Solo, Jawa Tengah itu dituding memanfaatkan kesusahan orang lain demi konten.

Dalam konten tersebut, Baim membelikan gadis viral itu sebuah sepeda lipat dan sejumlah uang untuk ibunya yang bekerja sebagai pemulung. Setelah membuat konten, dia mengunggah foto-foto siswi SD beserta keluarganya di Instagram.

Banyak yang menghujatnya karena tidak menyamarkan wajah Tamara. Baim bahkan dibandingkan dengan ibu Vera (guru dalam video viral) yang tidak menampilkan wajah si murid.


5. Beri Bonge uang Rp500 juta

Baim Wong dan Paula Verhoeven Cabut Pendaftaran Citayam Fashion Week
Perbesar
Baim Wong dan Bonge saat konferensi pers terkait Citayam Fashion Week di kawasan Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa (26/7/2022). Baim Wong dan Paula Verhoeven telah sepakat untuk mencabut Citayam Fashion Week yang telah didaftarkan di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham setelah menuai pro dan kontra. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Viralnya Citayam Fashion Week membuat remaja bernama Bonge ikut populer. Setelahnya, Paula datang ke rumah Bonge dengan membawa uang Rp500 juta. Paula mengungkapkan akan mengadakan Citayam Fashion Week dengan uang tersebut. Tak sedikit yang beranggapan kalau uang tersebut untuk Bonge.

Namun, remaja yang tengah viral itu akhirnya buka suara terkait kabar tersebut. Bonge mengungkapkan tak menerima uang apapun dari Baim Wong. Hal ini ia ungkapkan melalui akun TikToknya @BongeCitayem. Ia menegaskan tak mendapatkan uang dari Baim Wong.


6. Kunjungi warteg di area kebakaran Simprug

Baim Wong saat berkunjung ke warteg di area Simprug, Jakarta yang masih berdiri setelah rumah-rumah di sekitarnya dilanda kebakaran. (Foto: YouTube/Baim Paula)
Perbesar
Baim Wong saat berkunjung ke warteg di area Simprug, Jakarta yang masih berdiri setelah rumah-rumah di sekitarnya dilanda kebakaran. (Foto: YouTube/Baim Paula)

Dalam konten Baim mengunjungi sebuah warteg di kawasan Simprug, ia tampak mengunjungi korban selamat dari musibah kebakaran hebat di kawasan Simprug, Jakarta Selatan. 

Maksud kedatangan Baim adalah untuk melihat kondisi lokasi kebakaran sekaligus untuk mengetahui mengapa bangunan warteg tersebut bisa utuh tak terbakar.  Baim pun menemui sang pemilik warteg bernama Pesona Dua Putri itu.

Namun, tiba-tiba ibu pemilik warteg itu meminta bantuan kepada Baim untuk memperbaiki listrik yang mati agar dapat kembali menjalankan usahanya dan menampung sejumlah warga untuk tinggal di warung miliknya. Namun, setelah Baim berkunjung, warteg tersebut mendadak dipenuhi coretan yang berisi protes dari warga setempat.

Warga menilai bantuan tersebut hanyalah sebuah konten.


7. Jadikan Citayam Fashion Week sebagai merek dagang

Baim Wong dan Paula Verhoeven Cabut Pendaftaran Citayam Fashion Week
Perbesar
Baim Wong memperlihatkan surat peNcabutan kembali Citayam Fashion Week sebagai merek bisnisnya saat memberikan keterangan pers di kawasan Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa (26/7/2022). Baim Wong dan Paula Verhoeven telah sepakat untuk mencabut Citayam Fashion Week yang telah didaftarkan di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham setelah menuai pro dan kontra. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelum mendaftarkan Citayam Fashion Week jadi merek, istri Baim Wong, Paula Verhoeven kedapatan mengucurkan dana sebesar Rp 500 juta untuk Bonge. Ia berdalih bakal membuat Citayam Fashion Week lebih besar. Namun aksi lanjutan Baim Wong mendaftarkan Citayam Fashion Week (CFW) jadi merek ini seketika menyulut perdebatan dari netizen.

Mendapat hujatan dari netizen hingga publik figur, Baim Wong pun minta maaf dan mencabut pendaftaran Citayam Fashion Week menjadi merek dagang.


8. Konten prank KDRT

Baim Wong dan Paula Verhoeven Minta Maaf soal Konten Prank KDRT, Ini Klarifikasinya
Perbesar
Baim Wong dan Paula Verhoeven minta maaf soal konten prank KDRT. (Sumber: Instagram/@baimwong)

Baim Wong kembali menuai hujatan usai mengunggah sebuah video di mana keduanya melakukan prank terhadap polisi. Konten prank tersebut berisi tentang laporan Paula yang mengaku mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ke polisi. Konten tersebut pun langsung diserbu oleh netizen.

Banyak netizen yang kesal melihatnya. Konten tersebut membuat Baim dan Paula dinilai tak memiliki rasa empati. Karena prank tersebut dilakukan di tengah berita kasus KDRT yang dialami oleh Lesty Kejora dan diduga dilakukan oleh Rizky Billar.

Menanggapi hal tersebut, Baim dan Paula pun minta maaf kepada pihak polisi dan memberi klarifikasi kepada publik melalui laman Instagram masing-masing.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya