Sukses

9 Cara Membuat Paper Bag Dari Koran Bekas, Mudah dan Murah

Cara membuat paper bag dari koran bekas sangatlah mudah dan murah, berikut ini langkah mudahnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat paper bag dari koran bekas sangatlah mudah dan murah, karena menggunakan barang-barang yang mudah ditemukan. Paper bag merupakan tas yang terbuat dari kertas, yang biasanya digunakan untuk membawa berbagai barang hingga untuk membungkus kado.

Paper bag menjadi salah satu wadah yang disukai oleh masyarakat saat ini karena lebih murah, ringan dan ramah lingkungan. Namun anda tidak perlu harus membelinya karena terdapat cara membuat paper bag yang bisa dipraktekan dirumah, dengan menggunakan koran bekas.

Cara membuat paper bag dari koran bekas juga menjadi salah satu jalan untuk mendaur ulang limbah berupa koran bekas menjadi suatu benda yang memiliki nilai fungsi dan jual yang lebih tinggi. Yang mana papae bag dari koran bekas ini, bisa juga menjadi salah satu alternatif bisnis wirausaha yang bisa digeluti.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah cara membuat paper bag dari koran bekas. Untuk itu, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/10/2022). Tidak hanya tentang cara membuat paper bag, namun juga ide bisnis yang bisa dicoba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Paper Bag Dari Koran Bekas

Koran, dokumen, amplop lama, catatan dari semester kuliah yang lalu⁠, dan kertas-kertas bekas yang terdapat di rumah anda bisa dijadikan paper bag. Cara membuat paper bag dari kertas bekas ini bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Berikut ini 9 cara membuat paper bag dari kertas bekas.

Langkah 1: Kumpulkan Hal-hal yang anda butuhkan

- Koran lama

- Sepasang gunting

- Lem perekat

- Sepotong karton

- Pulpen

- Tali, pita atau pegangan dari tas bekas.

- Payet/renda dari baju lama, kerajinan origami (opsional)

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Paper Bag Dari Koran Bekas

Langkah 2: Lipat koran

Sebarkan koran di atas meja kerja dan ambil satu lembar. Tuang lem dengan murah hati di satu sisi lipatan dan rekatkan halaman-halamannya.

 

Langkah 3: Buat lipatan horizontal

Lipat lembaran secara horizontal dari kedua sisi dan rekatkan ujung-ujungnya. Biarkan perekat mengering sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

 

Langkah 4: Masukkan selembar karton untuk alasnya

Potong selembar karton persegi panjang, sesuai dengan lebar tas anda. Masukkan potongan dari satu sisi tas. Posisikan, sisakan celah 1 inci di semua sisi.

Ini akan membuat dasar tas anda lebih kokoh, sehingga anda juga bisa membawa barang belanjaan dan barang yang lebih berat!

 

Langkah 5: Segel alasnya

Tambahkan lem perekat di semua sisi alas karton. Lipat sudut menjadi segitiga dan tutup tepi kertas.

 

Langkah 6: Buat lipatan akordeon di kedua sisi

Tekan tepi di kedua sisi tas dan buat lipatan di tengah. Lipatan ini dikenal sebagai lipatan akordion dan membantu membuka tas dengan hambatan minimal.

 

Langkah 7: Buat lubang di ujung yang terbuka

Dengan menggunakan bolpoin, buat dua lubang di ujung terbuka tas. Ini untuk memasang pegangan.

 

Langkah 8: Ikat pegangannya

Potong dua potong pita/tali (masing-masing sekitar 15 cm). Masukkan satu pita/tali melalui lubang dan simpul kedua ujungnya beberapa kali. Ulangi hal yang sama di sisi lain. Pastikan simpul Anda kuat, dan pegangannya tidak meluncur keluar melalui lubang.

 

Langkah 9: Hiasi paper bag

Jika mau, anda bisa menambahkan hiasan seperti payet, renda, atau kerajinan origami ke paper bag anda.

4 dari 5 halaman

Tips Memulai Bisnis Paper Bag dari Kertas Bekas

Tips Memulai Bisnis Paper Bag dari Kertas Bekas

Berikut adalah langkah-langkah penting yang harus diikuti untuk memulai perusahaan pembuat kantong kertas yang menguntungkan:

1. Pahami Pasar

Banyak pemerintah saat ini semakin peka terhadap lingkungan. Karena larangan membawa tas plastik, permintaan paper bag menjadi berkembang sangat cepat. Ritel dan industri makanan dan minuman sebagian besar berkontribusi pada pertumbuhan pasar global untuk kantong kertas. Oleh karena itu, inilah saat yang tepat untuk memulai bisnis pembuatan kantong kertas

Namun, jika anda berencana untuk memasuki bisnis kantong kertas dalam skala kecil, penting untuk mengumpulkan informasi tentang permintaan dan tren pasar lokal. Lakukan riset pasar secara mendetail dan cari tahu celah-celah yang ada di pasar yang akan anda jual produk anda. Ini akan membantu anda dalam membuat rencana bisnis yang tepat.

 

2. Buat Rencana Bisnis Pembuatan Paper Bag

Seperti halnya bisnis lainnya, Anda perlu menulis dokumen rencana bisnis untuk bisnis kantong kertas Anda. Rencana bisnis berfungsi sebagai peta jalan untuk kegiatan bisnis di masa depan.

Untuk bisnis pembuatan paper bag skala kecil, tidak perlu rencana bisnis yang panjang dan panjang. Beberapa topik utama yang harus dibahas adalah sebagai berikut, Biaya awal dan biaya berulang, Target pelanggan, Paket harga, Rencana produksi dan Bagaimana serta dimana menjualnya.

5 dari 5 halaman

Tips Memulai Bisnis Paper Bag dari Kertas Bekas

3. Beri Nama Bisnis

Meskipun sering diabaikan oleh banyak pengusaha pemula, nama bisnis yang tepat sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang bisnis apa pun. Luangkan waktu sejenak dan pilih nama yang menarik untuk bisnis anda yang dapat dikaitkan pelanggan dengan produk Anda.

 

4. Temukan Lokasi Pabrik yang Tepat

Untuk bisnis apa pun, lokasi pabrik atau tempat produksi adalah salah satu keputusan penting yang perlu diambil oleh pemilik bisnis. Sesuai kebutuhan area, temukan tempat yang tidak jauh dari pasar lokal terdekat. Semakin sedikit biaya transportasi untuk pengiriman barang, semakin besar keuntungan anda.

 

Demikian informasi tentang cara membuat paper bag dari koran bekas dan tips untuk para pebisnis pemula yang ingin memulai bisnis paper bag. Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.