Turut Berduka, Bonek Batalkan Konvoi Menyambut Kemenangan Tim Persebaya

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 03 Okt 2022, 12:05 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 12:05 WIB
Turut Berduka, Bonek Batalkan Konvoi Menyambut Kemenangan Tim Persebaya
Perbesar
Turut Berduka, Bonek Batalkan Konvoi Menyambut Kemenangan Tim Persebaya (Sumber: YouTube/Imul Pengen Sukses)

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan Arema FC dan Persebaya dalam lanjutan laga pekan ke-11 berhasil dimenangkan Persebaya dengan skor tipis 3-2 pada Sabtu malam (1/10/2022) di Stadion Kanjuruhan, Malang. Namun ternyata pertandingan laga derby tersebut menimbulkan kerusahan yang berujung tragedi memilukan. Tercatat, menurut pihak berwajib kini 125 orang meninggal dunia akibat tragedi kerusuhan tersebut.

Sejumlah ungkapan duka cita disampaikan oleh berbagai pihak, termasuk Persebaya yang merupakan tim rival Arema FC. Bahkan, ribuan suporter Persebaya atau Bonek membatalkan perayaan kemenangan yang awalnya akan dilakukan pada Minggu Malam (2/10/2022).

Bonek membatalkan konvoi merayakan kemenangan Tim Bajol Ijo untuk menghormati duka yang dialami oleh Arema FC. Video Bonek membatalkan konvoi ini viral di Twitter. Diunggah akun Twitter @dalbo__27 kemarin, video tersebut memperlihatkan ribuan suporter putar balik pulang ke rumah masing-masing.

Berikut berita selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari Twitter @dalbo__27 dan YouTube Imul Pengen Sukses, Senin (3/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Bonek Turut Berduka Cita

Awalnya ribuan Bonek berkumpul di sepanjang forntage A. Yani untuk menyambut tim kebanggaannya. Terlihat rombongan Bonek mengendarai sepeda motor dan membawa bendera kebesaran mereka menyambut kemenangan Persebaya usai 23 tahun tidak pernah menang di Kanjuruhan.

Namun kabar tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 Aremania membuat rencana Bonek itu dibatalkan. Atas nama kemanusiaan, mereka kemudian balik kanan dan pulang ke rumah masing-masing.

"RESPECT untuk dulur-dulur BonekBonek membatalkan Penyambutan Kemenangan Squad Persebaya .. Ribuan Bonek Lakukan Ini Untuk Menghormati Aremania," tulis akun Twitter @dalbo__27 menyertai video yang diunggah, Minggu (2/10/2022).

Mereka juga turut berduka cita dengan kerusuhan yang terjadi di Kanjuruhan. Salah satu Bonek menyampaikan belasungkawa dan berharap kejadian tersebut tidak terulang kembali.

"Semoga para korban diterima di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan serta Hal Ini Tak Boleh Terulang Kembali" dalam keterangan video yang diunggah YouTube Imul Pengen Sukses, Selasa (2/10/2022).


Menuai Respon Positif

Aksi solidaritas yang dilakukan oleh Bonek Mania pun menuai respon positif. Warganet juga berharap agar kejadian ini tidak terulang kembali dan sebagai pembelajaran.

"Terima kasih dulurku bonek mania,yang telah menghormati aremania yang telah menjadi korban semalam," komentar Rianto Rianto.

"RESPECT untuk semuanya... Kita jaga paseduluran diantara bolamania di Indonesia tercinta.. sedulur selawase yo lurs

"turut berduka cita atas insiden di kanjuruhan, salam damai dan santun dari kami bonek mania." komentar Aril Wowo.

"Betapa indahnya jika kalian kompak bersatu mendukung sportinitas.. Semoga apa yang terjadi hari ini membuka mata hati kalian bahwa kekuatan yang terbesar adalah kekompakan n persatuan.." komentar Elisa Petter.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya