9 Manfaat Berorganisasi yang Wajib Disimak, Pengertian, Fungsi dan Perubahannya

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 03 Okt 2022, 11:25 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 11:25 WIB
Ilustrasi Komunikasi
Perbesar
Ilustrasi komunikasi (Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Organisasi merupakan sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama, serta sebagai salah satu wadah untuk bekerja sama secara rasional dan sistematis. Organisasi Anda temukan di mana saja, baik itu di lingkungan sekolah, kampus, lingkungan masyarakat, perusahaan bahkan kelompok-kelompok kecil sekalipun.

Organisasi juga bisa mencakup kumpulan yang besar dalam artian bahwa negara juga ikut dilibatkan seperti ASEAN atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Adapun manfaat berorganisasi membantu meningkatkan komunikasi secara internal. 

Asalkan memenuhi unsur-unsur organisasi yang di dalamnya memiliki tujuan yang sama, maka sudah bisa dikatakan sebagai organisasi. Organisasi tentu terstruktur secara sistematis, di mana memiliki aturan yang harus dipatuhi. Oleh karena itu manfaat berorganisasi tentu menciptakan daya inovasi baru dalam mencapai tujuan sumber daya yang ada di dalamnya.

Manfaat berorganisasi yang memicu kreativitas juga perlu perubahan, karena dalam organisasi tidak bisa dihindari untuk kelangsungan hidup yuang memungkinkan untuk berkembang, berevolusi, bahkan berinovasi. Dengan banyaknya organiasai yang ada, baik itu dalam lingkup yang kecil sampai organisasi dalam tingkatan yang besar, maka tentu saja organisasi-organisasi tersebut memiliki manfaat dan fungsi yang berbeda juga.

Berikut ini manfaat berorganisasi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/10/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pengertian dan Fungsi Organisasi

Ilmu Komunikasi
Perbesar
Ilustrasi seorang manajer berkomunikasi dengan tim. (Shutterstock/fizkes) 

1. Pengertian Organisasi

Sebelum mengetahui lebih lanjut terkait dengan manfaat berorganisasi maka sangat penting bagi Anda untuk memahami seperti apa pengertian dan fungsi serta perubahan dari sebuah organisasi. Organisasi merupakan wadah bagi sekelompok orang untuk berkumpul serta bekerjasama dengan terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu Organisasi juga dapat diartikan sebagai sebuah kesatuan atau entity di mana melingkupi banyak orang, bisa berupa institusi, asosiasi atau lembaga, yang memiliki tujuan yang sama dan berhubungan dengan lingkungan luar.

2. Fungsi Organisasi

Sebagai  wadah bagi sekelompok orang untuk bekerjasama, fungsi organisasi juga dapat dinikmati oleh anggota-anggotanya, di antara fungsi organisasi yaitu:

- Dapat memberikan arahan serta aturan pengelompokan kerja untuk mengetahui apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh para anggota dalam organisasi.

- Mampu meningkatkan skill atau keterampilan serta kemampuan dari anggota organisasi dalam mendapatkan sumber daya dan dukungan dari lingkungan.

- Memberikan pengetahuan dan mencerdaskan pada tiap anggota organisasi, karena sistematis yang ada dalam cakupan organisasi tersebut.

 

 


Mengenal Perubahan Organisasi

Seputar Persuasif
Perbesar
Ilustrasi Strategi Komunikasi Persuasif Credit: pexels.com/fauxels

Perubahan organisasi akan mengacu pada sebuah tindakan yang diambil oleh organisasi perusahaan untuk membuat perubahan besar. Beberapa contoh terbaik adalah perubahan budaya, menerapkan model bisnis yang berbeda, mengubah departemen atau membuat yang baru, mempekerjakan orang-orang baru, dan bahkan meningkatkan teknologi yang sudah ketinggalan zaman. Terdapat dua jenis umum perubahan organisasi terjadi adalah:

- Perubahan secara adaptif, di mana terjadinya perubahan kecil dan penyesuaian yang dilakukan manajer setiap hari, mingguan, atau bulanan. Misalnya, memutakhirkan sistem operasi ke versi yang lebih mutakhir.

- Perubahan secara transformasional, mencakup perubahan yang lebih berdampak yang terjadi secara bersamaan. Hal ini juga dapat mencakup remodeling struktur perusahaan, membentuk kembali budaya organisasi, memodifikasi proses bisnis, dan perubahan signifikan lainnya.

 


Manfaat Berorganisasi

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi
Perbesar
Ilustrasi Profesi Videografer Credit: unsplash.com/Vanilla

1. Menarik Inovasi

Manfaat berorganisasi juga mampu menarik suatu inovasi dalam sebuah rumpun atau wadah. Untuk melakukan sebuah inovasi, maka sebuah organisasi akan berubah menuju ke arah yang lebih baik. Hal ini bisa Anda terapkan baik dalam ranah organisasi yang kecil maupun dalam tingkatan yang lebih besar lagi.

2. Menciptakan Gerakan

Manfaat organisasi jika Anda ingin untuk mendapatkannya, maka buatlah perubahan dalam menciptakan gerakan. Anda harus berlari setidaknya dua kali lebih cepat untuk bersaing dengan pesaing, maka menciptakan gerakan ke tingkat berikutnya dengan mengubah perilaku, pola pikir, serta mekanisme lain yang lebih relevan.

3. Meningkatkan Kreativitas

Orang-orang dalam sebuah organisasi akan terus berimprovisasi dan bereaksi terhadap apa yang terjadi, dan saat itulah mereka menjadi kreatif. Oleh karena itu dengan memberi orang tujuan akhir atau masalah untuk dipecahkan, mereka pasti akan menemukan solusinya.

4. Berkontribusi untuk Mengembangkan Keterampilan Baru

Manfaat berorganisasi diperlukan sebuah perubahan organisasi, yang biasanya menyiratkan banyak pelatihan dan tugas baru. Keduanya juga membutuhkan pembelajaran terkait dengan hal-hal baru, yang menghasilkan perluasan pengetahuan yang ada, mencapai keterampilan yang tak ternilai, dan bahkan mengembangkan perilaku yang berbeda.

5. Meningkatkan Pendapatan 

Dengan mengekspos perubahan dalam sebuah organisasi, maka hal itu dapat berdampak  pada hasil keuangan Anda. Ambil contoh, menciptakan budaya perusahaan baru yang mempromosikan inklusi dan keragaman, mengarah pada menarik talenta terbaik dan menempa rasa memiliki di antara karyawan Anda yang ada. 

 


Manfaat Berorganisasi

Seputar Ilmu Komunikasi
Perbesar
Ilustrasi Belajar Ilmu Komunikasi Credit: unsplash.com/Antenna

6. Memperluas Wawasan yang Dimiliki

Manfaat berorganisasi mampu memperluas wawasan yang Anda miliki. Perlu diketahui bahwa wawasan adalah sebuah pengetahuan bisa Anda temukan di mana saja dan kapan pun. Salah satunya dengan masuk dalam sebuah organisasi untuk memperluas wawasan tersebut. Karena dalam lingkup organisasi Anda bisa temukan berbagai kegiatan seperti seminar, diskusi, dan agenda lain yang ada di dalam organisasi. 

7. Memperluas Pergaulan dan Mengatur Waktu

Manfaat berorganisasi juga bisa memperluas jaringan pertemanan Anda, yang memang terbagi dari beberapa orang yang berasal dari berbagai kalangan yang berbeda. Selain itu, bisa juga melatih kedisiplinan dalam mengatur waktu yang dimiliki. 

8. Memiliki Mental Yang Kuat Pada Saat Menghadapi Tekanan

Dengan berorganisasi, maka mampu menumbuhkan mental yang kuat, karena dalam sebuah wadah organisasi dalam tingkatan apapun pada dasarnya ada tekanan yang muncul dari pihak lain untuk bersikap tegas dan tahan banting. Selain itu, anggota organisasi akan digembleng sehingga terbiasa untuk menghadapi tekanan tersebut dan membuat Anda tampil lebih percaya diri.

9. Memiliki Rasa Tanggung Jawab Yang Tinggi

Manfaat berorganisasi juga memicu rasa tanggung jawab yang tinggi. Di mana tanggung jawab yang dimaksud adalah bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi amanah. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya