Manfaat Air Jeruk Nipis sebagai Pembersih Serbaguna, Hilangkan Karat juga Noda Baju

Oleh Mabruri Pudyas Salim pada 30 Sep 2022, 18:45 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 18:45 WIB
Jeruk Nipis
Perbesar
Ilustrasi Jeruk Nipis Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air jeruk nipis tentu sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan maupun kecantikan. Bahkan campuran jeruk nipis dan kecap dipercaya dapat menyembuhkan batuk.

Selain itu, jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang dapat memenuhi 20% dari kebutuhan vitamin C harian.

Jeruk nipis juga mengandung antioksidan seperti flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat yang sangat menyehatkan. Dengan kata lain, manfaat air jeruk nipis dapat meningkatkan kesehatan dan mengatasi kondisi tertentu seperti peradangan.

Namun, apakah manfaat air jeruk nipis hanya terbatas pada kesehatan saja? Tentu saja tidak. Manfaat air jeruk nipis ternyata lebih dari itu. Manfaat air jeruk nipis ternyata juga dapat digunakan sebagai pembersih, bahkan bisa menghilangkan karat.

Berikut adalah manfaat air jeruk nipis sebagai pembersih, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (30/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pembersih Serbaguna

Membersihkan kotoran yang membandel menjadi salah satu manfaat air jeruk nipis. Manfaat air jeruk nipis juga dapat menggantikan peran cuka dalam larutan pembersih buatan sendiri. Formula berbasis kapur dapat memotong penumpukan lemak dan air sadah. Bahkan potongan bekas jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau.

Manfaat air jeruk nipis juga dapat melarutkan kotoran, menghilangkan noda dan menghilangkan bau dari berbagai permukaan rumah tangga.

Pembersih Alat Dapur

Manfaat air jeruk nipis juga dapat menjadi pembersih alat dapur yang ampuh, termasuk menghilangkan noda gelap di bagian dalam teko kopi. Manfaat air jeruk nipis juga dapat mengembalikan kilau panci dan wajan yang gelap.

Untuk membersihkan peralatan dapur yang memiliki noda membandel, cukup gosok permukaan yang bernoda dengan air perasan jeruk nipis. Maka noda akan hilang. Air jeruk nipis juga dapat dijadikan semprotan untuk membersihkan permukaan talenan dan meja yang sering terkena noda berminyak.


Pemutih Pakaian Alami

Baju putih
Perbesar
Gunakan pemutih pakaian untuk hasil yang maksimal/copyright shutterstock

Manfaat air jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai pemutih pakaian alami. Bahkan memutihkan pakaian dengan air jeruk nipis tidak akan mengurangi kelembutan pakaian Anda. Sebagai pemutih, manfaat air jeruk nipis bisa dikatakan lebih baik daripada produk pemutih berbasis klorin.

Caranya, isi bak cuci dengan air hangat, lalu masukkan 1/4 cangkir soda kue dan 1/4 cangkir air jeruk nipis. Rendam bahan halus dalam campuran ini selama 30 menit, lalu bilas dan cuci seperti biasa.

Membersihkan Noda Pakaian yang Membandel

Selain pemutih pakaian alami, manfaat jeruk nipis juga dapat menghilangkan noda pakaian yang membandel di sekitar kerah atau ketiak. Caranya, campurkan air jeruk nipis dan air dengan perbandingan 1:1. Siram bagian pakaian yang terkena noda. Gosok pakaian dengan lembut agar larutan air jeruk nipis masuk ke serat kain. Tunggu selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.


Penghilang Bau Tak Sedap

Ilustrasi wanita yang mencium bau tak sedap
Perbesar
Ilustrasi wanita yang mencium bau tak sedap. Bukan hanya pria bersenjata laras panjang yang dapat membuat kerusuhan dalam bar, hal-hal sepele juga bisa menyulut kericuhan. (Sumber sendajart.com)

Selain dapat membersihkan peralatan dapur dan pakaian, aroma jeruk nipis bisa dibilang cukup enak. Oleh karena itu, air jeruk nipis dapat dijadikan sebagai pengharum ruangan.

Caranya, isi botol semprot plastik dengan 1 liter air, tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis segar, kocok botol dengan cepat dan semprotkan sedikit area yang memiliki bau tidak sedap.

Menghilangkan Karat

Selain dapat menghilangkan noda membandel dan bau tak sedap, manfaat air jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menghilangkan karat. Namun untuk dapat menghilangkan karat, diperlukan bahan tambahan lainnya, yakni lemon dan garam.

Caranya, pertama-tama lapisi permukaan yang terkena karat dengan garam. Kemudian peras jeruk nipis dan lemon di permukaan karat yang sudah ditaburi garam. Diamkan dalam 2 sampai 3 jam. Setelah itu, gunakan kulit jeruk nipis untuk menggosok permukaan yang terkena karat. Setelah permukaan logam bersih dari karat, bilas dengan air kemudian keringkan.


Manfaat Air Jeruk Nipis sebagai Disinfektan

Ilustrasi Gambar Disinfektan/Disinfektan Spray
Perbesar
Sumber: Unsplash

Jeruk nipis adalah bahan alami yang telah digunakan sejak zaman kuno sebagai disinfektan. Jeruk nipis memiliki kandungan alkali yang tinggi, sehingga dapat mencegah bakteri dan mikroorganisme yang menempel pada permukaan interior dan eksterior.

Untuk mendapatkan manfaat air jeruk nipis sebagai disinfektan, Anda perlu menyiapkan sejumlah alat dan bahan sebagai berikut:

a. botol semprot

b. 1 buah lemon

c. 1 buah jeruk nipis

d. 1 cangkir cuka putih suling

e. 1 gelas air

Caranya, peras lemon dan jeruk nipis untuk mendapatkan airnya. Kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Campurkan dengan bahan lain, yakni satu cangkir cuka dan satu cangkir air. Kosok hingga semua bahan tercampur.  Sekarang Anda sudah memiliki cairan disinfektan alami berbahan jeruk nipis dan lemon.

Selain dapat digunakan sebagai disinfektan alami, campuran bahan tersebut juga dapat digunakan sebagai pembersih serbaguna.

Caranya, semprotkan campuran tersebut pada apa pun yang perlu dibersihkan dan biarkan selama beberapa menit agar endapan mineral terlepas, minyak larut, kotoran terangkat, dan permukaan didesinfeksi.

Untuk penumpukan mineral di sekitar perlengkapan atau jamur yang berlebihan di kamar mandi, berikan semprotan setidaknya 10 menit untuk bekerja, lalu bersihkan area tersebut dengan sikat gigi berbulu lembut atau sikat gosok.

Bilas dengan baik dengan air, kecuali jika Anda membersihkan cermin atau jendela, dalam hal ini Anda dapat menggosok permukaan hingga kering dengan kain bersih dan lembut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya