13 Manfaat Mandi Subuh, Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental dan Fisik

Oleh Liputan6.com pada 30 Sep 2022, 19:30 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 19:48 WIB
Ilustrasi mandi
Perbesar
Ilustrasi mandi. (Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-a-shower-head-4194866/)

Liputan6.com, Jakarta Mandi merupakan salah satu kegiatan yang wajar dan bahkan menjadi rutinitas sebagian besar orang. Entah itu mandi malam atau mandi subuh atau pagi hari. Tidak jarang ditemukan artikel atau berita yang membandingkan mana yang lebih baik antara mandi malam dan mandi pagi hari.

Meskipun demikian, sebenarnya mandi di malam hari dan di pagi hari atau subuh memiliki manfaatnya masing-masing. Manfaat mandi subuh tidak kalah dengan mandi malam, begitu pun sebaliknya karena kebutuhan setiap orang juga berbeda. Bahkan ada juga yang tidak berada di kedua pendapat tersebut, yaitu mereka yang tidak menjadikan mandi sebagai rutinitas. Pada dasarnya mandi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat mandi subuh dan mandi malam, terutama keduanya pasti berkaitan dengan kebersihan.

Salah satu manfaat mandi malam juga berkaitan dengan upaya mendapatkan kualitas tidur yang baik setelah lelah bekerja seharian. Sebaliknya manfaat mandi subuh berkaitan untuk menyiapkan diri menghadapi hari-hari yang akan melelahkan. Lebih lengkap lagi, berikut liputan6 rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat mandi subuh, pada Jum’at (30/9/22) :

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Manfaat Mandi Subuh Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Kesehatan mental
Perbesar
Ilustrasi kesehatan mental. (Foto: Pixabay/Total Shape)

1. Membantu Perubahan Kimiawi Pada Otak

Dilansir dari lifehack.org, Virginia Commonwealth University School of Medicine melakukan penelitian yang menemukan bahwa manfaat mandi subuh, terutama dengan menggunakan air dingin akan mengubah tingkat kimia di otak yang dapat membuat noradrenalin, yang mana membantu memberikan perasaan energi dan waspada.

2. Meningkatkan Energi

Lifehack.org menyebutkan bahwa kelelahan dapat menjadi salah satu bagian depresi yang susah untuk diatasi. Mandi air dingin di pagi hari dapat membantu menurunkan tingkat melatonin seluruh tubuh dan meningkatkan energi yang kendur. Hal ini juga dapat meningkatkan aliran darah dan sirkulasi, oksigen di otak dan nantinya dapat meningkatkan kewaspadaan mental.

3. Mencegah Depresi Karena Sulit Menurunkan Berat Badan

Bertambahnya berat badan dan tidak didukung dengan kemampuan untuk menurunkan berat badan seringkali dapat menyebabkan depresi atau minder. Akan tetapi, studi si Skandinavia menemukan bahwa ketika tubuh terkena periode singkat suhu dingin di pagi hari, ini akan merangsang metabolisme tubuh dan membuatnya lebih mudah membakar lemak da menurunkan berat badan ekstra, sekitar 9 pon ekstra setahun.

4. Membantu Mengatasi Kecemasan dan Kekhawatiran

Mandi subuh dapat meringankan perasaan cemas dan khawatir Anda secara alami dan membuat Anda lebih tenang menghadapi hari yang telah menanti. Mandi subuh dapat meningkatkan aliran darah ke otak membantu dengan fungsi neuron secara keseluruhan dan juga tampak melindungi dari stress.

 


Manfaat Mandi Subuh Bagi Kesehatan Fisik

Ilustrasi wajah berminyak.
Perbesar
Ilustrasi wajah berminyak (Unsplash.com/Amanda Hortiz).

5. Membantu Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

Dilansir dari Pennsylvania University, mandi di pagi hari mungkin merupakan salah satu metode terbaik untuk Anda yang mempunyai masalah dengan wajah berminyak atau berjerawat. Holly Philips, MD internis di NYC serta kontributor berita CBS menyebutkan bahwa mandi di pagi hari sangat baik bagi mereka yang mempunyai kulit berminyak karena minyak dapat menumpuk di malam hari dan mandi sangat bagus untuk membersihkan pori-pori.

6. Meningkatkan Kreativitas

Seorang dosen psikologi dari Harvard University, Shelley Carson menyebutkan bahwa manfaat mandi subuh dapat dirasakan bagi mereka yang memiliki minggu sulit ditempat kerja dan benar-benar ingin tampil dengan baik. Mereka dapat melakukannya dengan mandi subuh.  Ini disebabkan karena beberapa orang yang membutuhkan sesuatu yang disebut “masa inkubasi”. Proses tersebut da[at terjadi di kamar mandi karena kamar mandi dapat dikatakan zona relaksasi yang cukup banyak dibandingkan perasaan setelah meditasi atau yoga. Pada saat itu, mungkin akan muncul ide-ide terbaik.

7. Menyegarkan Kembali Indra-Indra

Manfaat mandi subuh yang selanjutnya adalah terkait dengan menyegarkan kembali indra Anda. Jika Anda mengalami waktu yang sulit untuk bangun, maka mandi pagi akan menyegarkan Anda kembali. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa dengan beralih ke mandi air dingin di beberapa menit terakhir mandi juga akan membantu Anda lebih waspada di siang hari. Mandi subuh juga aka membantu meningkatkan saraf pusat untuk merangsang kelenjar adrenal.

8. Membantu Menghasilkan Sel Darah Putih

Jika Anda mengalami pilek atau batuk bahkan setelah Anda rajin mencuci tangan atau meminum vitamin C, maka Anda dapat mempertimbangkan manfaat mandi subuh untuk yang satu ini. Dilansir dari lifehack.org, penelitian telah menyebutkan bahwa mandi subuh akan membantu Anda menghasilkan sel darah putih yang penting untuk kekebalan tubuh, membantu melawan bakteri, virus dan mikroorganisme lainnya.


Manfaat Mandi Subuh Bagi Kesehatan Fisik

Gambar Ilustrasi Seorang Wanita Mengalami Flu
Perbesar
Ilustrasi Seorang Wanita Mengalami Flu (Sumber: Freepik)

9. Membantu Mengatasi Hidung Tersumbat

Flu atau pilek dapat membuat Anda kesulitan, terutama karena mengalami pengap di pagi hari. Hal ini terjadi karena lendir yang menumpuk di malam hati lalu menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman esok harinya. Akan tetapi, manfaat mandi subuh, terutama jika Anda mandi dengan air hangat akan membantu karena uap dari mandi air hangat diwaktu subuh akan mengatasinya secara alami. Uap bagus untuk melegakan akumulasi lendir.

10. Membersihkan Tubuh dari Racun

Mandi air dingin di waktu subuh tidak hanya akan merangsang darah tetapi juga dapat merangsang aliran cairan limfatik yang membantu membersihkan tubuh dari racun dan menjaga agar tetap sehat.

11. Meredakan Nyeri Otot

Manfaat mandi subuh selanjutnya, terutama jika Anda mandi dengan air dingin akan membantu Anda dalam meredakan nyeri otot karena setelah olahraga atau menjalani aktivitas lainnya. Memang belum ada bukti kaitan yang pasti, tetapi diduga ini berkaitan dengan efek relaksasi dan aktivitas saraf yang dapat meredam efek nyeri.

12. Membuat Kondisi Rambut dan Kulit Kepala yang Lebih Baik

Dengan mandi subuh atau mandi pagi secara teratur dapat membantu dalam perbaikan kondisi rambut dan kepala. Terutama jika mandi dengan air dingin, ini akan membantu pori-pori kulit kepala menjadi lebih kencang. Kemudian, ini akan membuat rambut menjadi lebih kuat, tidak mudah rontok dan menambah lapisan kutikula.

13. Memudahkan Memangkas Kumis

Manfaat mandi subuh, terutama jika mandi dengan air hangat akan dirasakan laki-laki yang berkaitan dengan kumis. Mandi air panas atau hangat dan beruap akan membantu melembutkan rambut untuk mencukur yang lebih nyaman. Apalagi bagi pria yang berjanggut tebal, mandi subuh ini akan membantu rutinitas menjadi lebih nyaman.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya