Topografi adalah Gambaran Keadaan Muka Bumi, Ini Kegunaannya

Oleh Laudia Tysara pada 30 Sep 2022, 16:20 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 16:20 WIB
Ilustrasi kata-kata mutiara Batak, Danau Toba
Perbesar
Ilustrasi Danau. (Photo by Leo Sagala on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Memahami topografi adalah gambaran dari keadaan muka bumi. Topografi adalah bagian dari peta. Di mana peta topografi adalah peta yang menggambarkan bentuk tinggi rendahnya permukaan bumi.

Dalam peta topografi ada garis kontur, yaitu garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai ketinggian sama. Contoh dari topografi adalah seperti lembah, sungai, kawah, gunung, sawah, lautan, danau, bukit, dan masih banyak lagi lainnya.

Topografi adalah memiliki sejumlah kegunaan atau fungsi. Kegunaan topografi melansir dari Ducksters Science, berguna dalam bidang pertanian, berguna bagi lingkungan, berguna untuk cuaca, dan militer.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang topografi dan kegunaannya, Jumat (30/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Topografi adalah Gambaran Keadaan Muka Bumi

Ilustrasi mendaki gunung
Perbesar
Ilustrasi mendaki gunung. (Photo by Austin Ban on Unsplash)

Topografi adalah keadaan muka bumi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan topografi adalah menjadi empat definisi. Topografi adalah kajian atau penguraian yang terperinci tentang keadaan muka bumi pada suatu daerah.

Topografi adalah pemetaan yang terperinci tentang muka bumi pada daerah tertentu. Kemudian topografi adalah keadaan muka bumi pada suatu kawasan atau daerah. Topografi adalah uraian tentang suatu bagian tubuh sampai ke segala hal ihwal anatominya.

Dalam modul berjudul Topografi yang dipublikasikan Universitas Krisnadwipayana, topografi adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani. Berasal dari kata topos yang artinya faedahnya tempat dan kata graphia yang faedahnya tulisan.

Topografi adalah gambaran dari keadaan muka bumi meliputi permukaan tanah, seperti tinggi-rendah permukaan tanah. Contoh dari topografi adalah seperti lembah, sungai, kawah, gunung, sawah, lautan, danau, bukit, dan masih banyak lagi lainnya.

Topografi mengarah pada definisi karakteristik fisik sebuah permukaan tanah atau bumi. Topografi adalah representasi tertulis dari suatu tempat atau area tertentu. Wujud peta topografi adalah gambaran permukaan bumi melalui garis-garis ketinggian.

Topografi adalah memiliki sejumlah kegunaan atau fungsi. Ini kegunaan topografi melansir dari Ducksters Science:

1. Pertanian

Kegunaan topografi adalah pasti berguna dalam bidang pertanian. Topografi sering digunakan dalam pertanian untuk menentukan bagaimana tanah dapat dilestarikan dan bagaimana air akan mengalir di atas tanah.

2. Lingkungan

Kegunaan topografi adalah pasti berguna dalam bidang lingkungan. Data dari topografi dapat membantu melestarikan lingkungan. Memahami kontur tanah, para ilmuwan dapat menentukan bagaimana air dan angin dapat menyebabkan erosi. Mereka dapat membantu membangun kawasan konservasi seperti daerah aliran sungai dan penahan angin.

3. Cuaca

Kegunaan topografi adalah pasti berguna dalam bidang cuaca. Topografi tanah dapat berdampak pada pola cuaca. Ahli meteorologi menggunakan informasi tentang gunung, lembah, lautan, dan danau untuk membantu memprediksi cuaca.

4. Militer

Kegunaan topografi adalah pasti berguna dalam bidang militer. Topografi juga penting bagi militer. Tentara sepanjang sejarah telah menggunakan informasi tentang ketinggian, bukit, air, dan bentang alam lainnya ketika merencanakan strategi militer mereka.


Jenis-Jenis Peta dan Penjelasannya

Bersikap Egois dan Angkuh
Perbesar
Ilustrasi mendaki gunung/credit: pexels.com/pixabay

Topografi adalah bagian dari peta, disebut peta topografi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menjelaskan peta adalah gambar atau lukisan pada kertas dan sebagainya yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan sebagainya.

Di mana peta topografi adalah peta yang menggambarkan bentuk tinggi rendahnya permukaan bumi. Dalam peta topografi digunakan garis kontur, yaitu garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai ketinggian sama.

Selain peta topografi, apa lagi jenis-jenis peta yang perlu diketahui? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ini jenis-jenis peta yang perlu diketahui:

1. Peta Umum

Peta umum menggambarkan permukaan bumi secara umum. Peta umum ini memuat semua penampakan yang terdapat dalam suatu daerah, baik kenampakan alam maupun kenampakan sosial budaya.

Peta umum dikelompokan lagi menjadi 3, diantaranya adalah: Peta Topografi, Peta Chorografi, dan Peta Geografi.

- Peta Topografi.

Peta topografi adalah peta yang menggambarkan bentuk tinggi rendahnya permukaan bumi. Dalam peta topografi digunakan garis kontur, yaitu garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai ketinggian sama.

- Peta Chorografi

Peta chorografi adalah peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi dengan skala lebih kecil antara 1:250.000 sampai 1:1000.000. Contoh peta ini adalah Atlas, yang biasanya sering kita temui di sekolah.

Fungsi peta ini adalah untuk menggambarkan daerah yang luas, misalnya propinsi, Negara bahkan dunia. Dalam peta chorografi juga digambarkan semua kenampakan yang ada pada suatu wilayah diantaranya gunung, sungai, danau, jalan batas wilayah, kota dll.

- Peta geografi, atau peta dunia.

Peta ini merupakan peta umum yang berskala sangat kecil dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

2. Peta Tematik (Khusus)

Peta tematik ini merupakan peta yang dibuat untuk menggambarkan informasi khusus dengan tema tertentu. Contohnya seperti peta penggunaan lahan, peta persebaran objek wisata, peta persebaran flora dan fauna, peta politik, dan lain sebagainya.

Sekarang juga sudah muncul peta digital yang bahkan dipakai orang setiap hari, yaitu Google Maps. Setiap harinya berbagai aktivitas kamu telah dimudahkan oleh peta digital ini untuk menemukan lokasi yang ingin dicari, dengan hanya menggunakan smartphone.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya