12 Manfaat Daun Karet Kebo, Sebagai Pemurni Udara Hingga Pembawa Keberuntungan

Oleh Woro Anjar Verianty pada 30 Sep 2022, 16:10 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 16:10 WIB
tanaman karet kebo
Perbesar
tanaman karet kebo sumber: trees.com

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun karet kebo sangat beragam, mulai dari sebagai pemurni udara hingga menjadi penghias rumah yang indah. Merupakan salah satu tanaman hias yang digemari, daun karet kebo merupakan tanaman yang berasal dari India dan telah banyak diperjual belikan di Indonesia.

Dikenal sebagai salah satu tanaman hias, manfaat daun karet kebo tidak hanya sebatas untuk memanjakan mata. Nyatanya daun karet kebo juga bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah yang sering ditemui saat memutuskan untuk menanam tumbuhan di rumah.

Karena manfaat daun karet kebo yang banyak, tanaman yang memiliki nama ilmiah ficus elastica ini, merupakan salah satu tanaman hias yang sangat direkomendasikan untuk ditanam di rumah. Jadi selain mempercantik ruangan, penanamnya juga akan mendapatkan sejumlah manfaat daun karet kebo yang beragam.

Lalu apa saja manfaat daun karet kebo? Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat daun karet kebo yang perlu diketahui. Jumat (30/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Manfaat Daun Karet Kebo

Daun Tanaman Hias
Perbesar
Ilustrasi tanaman hias/credit: pexels.com/Andrea

Manfaat Daun Karet Kebo

Tanaman daun karet kebo atau yang juga dikenal dengan Ficus elastica termasuk dalam genus Ficus dalam famili tanaman Moraceae (ara atau murbei) dan berasal dari bagian selatan dan tenggara Asia.

Tanaman pohon karet termasuk dalam kelompok beringin, yang artinya bijinya biasanya hanya dapat berkecambah dengan sukses di atas tanah pada cabang-cabang tanaman lain. Jadi, pohon karet memulai hidupnya sebagai epifit. Begitu benih mereka berkecambah, mereka menumbuhkan akar di sisi pohon inang atau tanaman ke dalam tanah.

Pohon karet menghasilkan daun besar, lebar, bulat telur yang berwarna hijau mengkilat dari batangnya yang sempit. Di alam liar, pada saat dewasa, tanaman ini dapat tumbuh setinggi 100 hingga 130 kaki dan memiliki batang berdiameter 6 hingga 7 kaki. Di dalam ruangan, tanaman pohon karet dapat mencapai ketinggian sekitar 10 kaki dan mempertahankan batang yang relatif ramping.

Daun karet kebo menjadi salah satu tanaman hias yang popular karena memiliki sejumlah manfaat, yang mana manfaat ini tidak hanya terbatas untuk mempercantik ruangan. Berikut manfaat daun karet kebo lainnya:


Manfaat Daun Karet Kebo

tanaman karet kebo
Perbesar
tanaman karet kebo sumber: trees.com

1. Pemurnian Udara

Manfaat daun karet kebo yang pertama adalah sebagai pemurni udara. Studi udara bersih NASA menunjukkan bahwa beberapa tanaman - bersama dengan akar, daun, tanah, dan mikroorganisme terkait - dapat menghilangkan berbagai racun dari udara. Tanaman karet kebo khususnya, membersihkan partikel formaldehida dari udara selain menghilangkan kotoran lain seperti bakteri dan jamur dari udara dalam ruangan anda.

 

2. Memproduksi Oksigen

Seperti tanaman lain, asupan karbon dioksida dan pelepasan oksigen berikutnya adalah bagian alami dari proses metabolisme tanaman daun karet kebo. Pohon karet kebo, bagaimanapun, menghasilkan lebih banyak oksigen daripada tanaman lain dan lebih efisien mengisi lingkungan udara dalam ruangan anda.

 

3. Digunakan dalam Feng Shui

Dalam feng shui, daun bulat lebih disukai daripada daun runcing dan tajam. Daun besar lebih disukai daripada yang kecil karena yang besar dan bulat melembutkan ruang dan menarik energi positif dan bergizi. Tepi lembut daun pohon karet yang besar, mengkilap, dan bulat telur sempurna untuk menarik energi positif ke dalam rumah dan melunakkan panah beracun dari sudut tajam. Menurut feng shui, karet kebo harus ditempatkan di sudut kekayaan dan karir dari rumah untuk menarik keberuntungan dan kelimpahan ke daerah-daerah ini.

 

4. Perawatannya Murah

Tanaman daun karet kebo relatif murah dan mudah dirawat, menjadikannya pilihan yang bagus jika anda tidak punya banyak waktu untuk merawat tanaman hias. Dengan hati-hati dan perhatian pada preferensi cahaya, kebutuhan akan air, tanah dan pemupukan, daun karet kebo akan berkembang dengan baik.


Manfaat Daun Karet Kebo

Tanaman Hias
Perbesar
Tanaman hias Rubber Tree atau bernama latin Ficus elastica. (Creative Commons)

5. Memiliki Nilai Hias

Meskipun perawatannya rendah, pohon karet menawarkan hasil yang tinggi dalam hal nilai hiasnya. Daunnya yang besar dan hijau mengkilap menakjubkan. Siluet tropis tanaman ini menambah daya tarik visual ke sudut-sudut kosong dan dapat menghangatkan ruangan mana pun.

 

6. Mudah Dibudidayakan

Tanaman pohon karet mudah diperbanyak dari stek, cukup potong batang yang panjangnya sekitar 6 inci dan memiliki setidaknya satu daun. Untuk hasil yang lebih cepat, celupkan potongan ke dalam hormon pertumbuhan akar. Masukkan batang ke dalam pot kecil dengan tanah yang lembab secara merata dan tutupi seluruh tanaman dengan plastik.

 

7. Menoleransi Berbagai Kondisi Cahaya

Pohon karet lebih suka menerima setidaknya 6 jam sinar matahari tidak langsung yang terang setiap hari, tetapi mereka dapat mentolerir berbagai kondisi cahaya, termasuk cahaya buatan. Ini menjadikannya tambahan yang bagus untuk ruangan dengan cahaya yang rendah atau tanpa jendela.

 

8. Hipoalergenik

Meskipun tanaman karet kebo berbunga dan menghasilkan serbuk sari di alam liar, karet kebo tidak mungkin mekar ketika ditanam di dalam ruangan. Akibatnya, pohon karet dalam ruangan tidak akan menghasilkan serbuk sari yang menyebarkannya ke dalam ruangan, yang mana serbuk tanaman sering dikaitkan dengan penyebab alergi pernapasan.


Manfaat Daun Karet Kebo

Ficus Elastica
Perbesar
Ficus Elastica

9. Nilai Terapi

Merawat semua tanaman, terutama tanaman yang perawatannya tidak menyebabkan stres, sangat bermanfaat bagi kesehatan emosional dan mental. Bahkan, perawatan tanaman kini menawarkan cabang terapinya sendiri yang disebut terapi hortikultura. Merawat tanaman dapat mengurangi stres dan kecemasan, membantu memerangi gejala depresi dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

 

10. Meningkatkan Akustik di Rumah

Daun, batang, dan batang tanaman menyerap suara dan meningkatkan akustik dalam ruangan. Tanaman dengan daun besar atau banyak dedaunan, seperti daun karet kebo, paling efektif. Menanam pohon karet dapat membantu menyerap suara yang datang dari luar, dari tetangga sebelah anda, dan bahkan dari peralatan di rumah anda.

 

11. Meningkatkan Tidur

Mungkin anda pernah mendengar bahwa tidak sehat untuk tidur dengan tanaman di kamar tidur karena, sementara mereka menghasilkan oksigen selama fotosintesis di siang hari, mereka melepaskan karbon dioksida di malam hari, menghambat tidur seseorang.

Namun, pohon karet menghasilkan oksigen 6,3 kali lebih banyak daripada karbon dioksida yang dilepaskannya di malam hari. Jadi, menyimpan satu di kamar akan meningkatkan kadar oksigen secara keseluruhan, dan kadar oksigen yang lebih besar dapat meningkatkan kualitas tidur anda dengan membantu otak tetap dalam keadaan tidur nyenyak dan memulihkan.

 

12. Memiliki Sifat Anti-Peradangan

Ficus elastica memiliki sejarah penggunaan sebagai anti inflamasi untuk mengobati berbagai kondisi inflamasi dalam praktek pengobatan tradisional. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami mekanisme yang tepat dalam ekstrak pohon karet yang mengurangi peradangan, penelitian telah mengkonfirmasi sifat anti-inflamasi pada tanaman.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya