Sukses

Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah Salah Satu Jenis Usaha, Pahami Keuntungannya

Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah salah satu jenis wirausaha yang memberikan keuntungan besar. berikut ini contoh usahanya

Liputan6.com, Jakarta Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah salah satu jenis wirausaha yang memberikan keuntungan besar. Selain sebagai bentuk upaya menghasilkan keuntungan wirausaha kerajinan bahan limbah adalah salah satu upaya untuk pencegahan pemanasan global.

Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah kegiatan usaha dengan memanfaatkan bahan baku dari bahan limbah atau bekas, baik itu berupa limbah rumah tangga maupun limbah industri. Umumnya limbah yang digunakan adalah limbah padat seperti kertas, karddus, plastic, kain, kaleng dan masih banyak lagi.

Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah alternatif usaha dengan modal murah dan keuntungan yang besar. Dimana limbah yang tidak memiliki nilai ini, dapat dibuat menjadi benda bernilai ekonomi tinggi seperti tas, dompet, topi dan lain sebagainya.

Untuk memahami dengan lebih baik tentang wirausaha kerajinan bahan limbah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang wirausaha kerajinan bahan limbah beserta dengan karakteristik dan contohnya. Jumat (30/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah

Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah

Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah suatu kegiatan usaha yang menggunakan bahan baku limbah baik industri maupun rumah tangga, untuk membuat barang dengan nilai jual yang tinggi. Sedangkan limbah sendiri, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyebutnya bahwa limbah adalah sisa proses produksi.

Menjadi seseorang yang melakukan wirausaha kerajinan bahan limbah adalah sesuatu hal yang menantang, karena dibutuhkan kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk membuat produk dari limbah yang memiliki nilai ekonomi dan estetika.

Umumnya, kerajinan dibuat menggunakan bahan limbah yang dapat dimanfaatkan kembali menjadi produk bernilai ekonomi. Seperti kain, kaleng, plastic, kardus, kertas, dan lain sebagainya. Meski terbilang sebagai usaha dengan modal kecil, namun untuk memulai bisnis ini, anda perlu mengambil resiko untuk memulainya.

Mulai dari proses mengumpulkan limbah sebagai bahan dasar, proses kreatif merancang barang, proses produksi hingga proses penjualan. Dalam hal ini seorang wirausaha kerajinan bahan limbah harus memiliki sejumlah karakteristik untuk bisa terjun ke dunia wirausaha kerajinan bahan limbah.

3 dari 5 halaman

Karakteristik Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah

Karakteristik Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah

Kerajinan yang dibuat dari bahan limbah tentulah memerlukan kreativitas dan inovasi ekstra untuk dapat membuat produk yang memiliki nilai ekonomi dan estetika. Di samping itu, produk yang dibuat juga harus bermanfaat bagi konsumen agar memiliki nilai lebih dipasaran.

Dengan memiliki karakteristik tertentu, seseorang bisa menjadi seorang wirausaha kerajinan bahan limbah yang sukses. Karakteristik dasar dan sifat yang harus dimiliki diantaranya adalah:

1. Kreatif

Hal pertama yang harus dimiliki untuk menjadi wirausaha kerajinan limbah adalah kreativitas yang tinggi. Hal ini akan berdampak besar pada bagaimana barang yang diolah nantinya mampu mempunyai nilai estetika yang tinggi. Nilai estetika yang tinggi ini akan berdampak pada tingginya harga jual produk.

2. Inovatif

Selain kreatif, sikap yang harus dimiliki untuk menjadi wirausaha kerajinan limbah adalah inovatif. Artinya, anda harus membuat produk ataupun model baru dari suatu kerajinan bahan limbah. Dengan memiliki inovasi, produk akan mampu bersaing dengan produk lainnya. Bahkan akan bisa bersaing dengan produk yang dibuat dengan bahan baku non limbah.

3. Think out of the box

Karakter ketiga yang harus dimiliki untuk menjadi wirausaha kerajinan limbah adalah mampu menemukan hal baru dan berbeda dengan yang lainnya. Anda harus bisa membuat produk dengan tingkat keunikan yang tinggi dan menjadi ciri khas tersendiri bahwa produk tersebut adalah hasil dari karya.

4. Berani Mengambil Resiko

Selanjutnya adalah berani mengambil berbagai risiko. Anda harus mampu menghadapi masalah yang terjadi di dalam kewirausahaan. Jika anda sudah mempunyai sikap untuk menjadi wirausaha kerajinan limbah, maka anda tinggal memilih jenis bahan kerajinan limbah agar bisa langsung diolah.

4 dari 5 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah

Kelebihan dan Kekurangan Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah

Sama seperti wirausaha lain, wirausaha kerajinan bahan limbah juga memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri, berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan dari wirausaha kerajinan bahan limbah:

1. Kelebihan

Peluang bisnis kreatif daur ulang sampah memiliki banyak keunggulan yang memudahkan para pelaku bisnis untuk menjalankannya. Keunggulan tersebut, antara lain:

- Membantu mengatasi permasalahan sampah yang sering dihadapi masyarakat, sehingga usaha semacam ini selalu mendapat perhatian para pemerhati lingkungan.

- Karena modalnya yang kecil, wirausaha kerajinan bahan limbah merupakan bisnis kreatif yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

2. Kekurangan

Meski merupakan peluang bisnis yang bagus, sayangnya wirausaha kerajinan bahan limbah masih sulit dikembangkan karena beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

- Walaupun usaha ini terbilang murah dan mudah, tetapi mendapatkan limbah atau sampah dengan kualitas yang baik masih sangat sulit. Sehingga para pengrajin terkadang mendapatkan kendala dalam mencari bahan baku.

- Persaingan bisnis kreatif daur ulang sampah cukup tinggi karena semakin banyak perajin kerajinan daur ulang yang menciptakan produk unik dan menarik.

5 dari 5 halaman

Contoh Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah

Contoh Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah

Secara luas, terdapat banyak produk dari wirausaha kerajinan bahan limbah yang bisa ditemui, diantaranya terdapat hasil kerajinan bahan limbah yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi diantaranya adalah:

1. Hiasan Patung dari Kayu Bekas

Pemanfaatan kayu bekas bisa digunakan untuk wirausaha kerajinan limbah. Banyak kayu bekas yang bisa dijadikan karya seni, salah satunya adalah dengan dibentuk menjadi patung. Patung dari kayu bekas ini bukanlah dipahat, tapi disusun dengan sedemikian rupa hingga membentuk suatu karya seni rupa.

2. Keset dari Kain Perca

Kerajinan bahan limbah selanjutnya adalah dengan menggunakan kain perca. Bahan ini banyak digunakan lantaran hasil dari karya ini memiliki banyak kandungan motif, sehingga memiliki keunikannya tersendiri. Anda bisa menggunakan kain perca untuk membuat berbagai jenis karya, seperti taplak ataupun keset atau taplak meja.

3. Aksesoris dari Sisik Ikan atau Kulit Kerang

Sisik ikan dan kulit kerang juga dapat dijadikan kerajinan tangan berupa aksesoris seperti anting, kalung dan gelang. Bentuk dari sisik ikan yang unik dan cantik ini cukup disusun saja menjadi sedemikian rupa hingga menjadi salah satu pernik perhiasan yang indah. Kerajinan tangan dari limbah sisik atau kerang ini bisa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan.

4. Tas dari Plastik Bekas

Plastic merupakan salah satu limbah yang sulit terurai, untuk itu ada baiknya bila plastik diubah menjadi barang yang lebih berguna dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Sampah plastik, terutama plastik bekas makanan dan minuman sachet bisa diubah menjadi tas yang unik dengan nilai jual yang tinggi karena keunikannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.