Sukses

Workshop Adalah Salah Satu Bentuk Pelatihan, Pahami Pengertian, Manfaat, dan Tujuannya

Workshop adalah salah satu upaya perusahaan dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuan seseorang, berikut ini manfaat dan tujuannya

Liputan6.com, Jakarta Workshop adalah salah satu upaya perusahaan dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuan seseorang. Bagi para karyawan maupun para pencari kerja, workshop adalah acara yang dapat memberikan beragam manfaat untuk meningkatkan kompetensi mereka.

Keterampilan dan kemampuan karyawan akan mempengaruhi bisnis perusahaan, yang mana hal ini diwadahi oleh workshop, selain itu juga workshop adalah tempat untuk menambah networking dan jaringan pertemanan untuk membuka peluang yang lebih luas.

Mengikuti workshop adalah bentuk usaha perusahaan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan karyawan, agar semakin sesuai dengan standar perusahaan. Semakin banyak keterampilan yang dimiliki seorang karyawan, semakin besar dampaknya terhadap kinerja individu tersebut.

Workshop adalah acara yang kerap dilakukan oleh perusahaan untuk para pekerjanya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang pengertian workshop, manfaat dan tujuannya. Jumat (30/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Workshop Adalah

Workshop Adalah

Workshop adalah pertemuan di mana sekelompok orang dengan minat, keahlian, atau profesi di bidang tertentu, yang secara aktif terlibat dalam diskusi dan penelitian intensif tentang topik atau proyek tertentu.

Pendapat lain menjelaskan bahwa konsep workshop adalah suatu kegiatan di mana beberapa profesional di bidang tertentu bertemu dengan sekelompok orang dari latar belakang atau profesi yang sama untuk terlibat dalam kegiatan interaktif untuk membahas masalah tertentu.

Kegiatan workshop adalah kegiatan yang fokus membahas isu-isu spesifik yang dihadapi karyawan. Program ini juga akan mengajarkan pelatihan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Karyawan yang mengikuti program ini tentunya dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat mereka gunakan di bidang pekerjaannya.

3 dari 6 halaman

Manfaat, Fungsi, dan Tujuan Workshop

Manfaat, Fungsi, dan Tujuan Workshop

Manfaat Workshop

Workshop ini sangat berguna untuk membantu meningkatkan kualifikasi profesional anda di seluruh bidang pekerjaan anda. Singkatnya, kegiatan workshop dapat bermanfaat dan meningkatkan keterampilan dan kualitas seseorang.

Manfaat lain yang akan ditemukan dalam workshop adalah membantu peserta membangun rasa persatuan, kerjasama, dan kemitraan. Kegiatan workshop juga dapat menjadi wadah yang baik untuk berdiskusi dan mengembangkan berbagai metodologi strategis untuk menyampaikan program baru kepada peserta lain.

 

Fungsi Workshop

Fungsi workshop adalah sebagai ruang diskusi dan pemecahan masalah. Berdasarkan fungsi tersebut, tujuan workshop adalah untuk memberikan pelatihan kepada peserta dengan menghadirkan pemateri yang ahli di bidangnya.

 

Tujuan Workshop

Sementara itu, workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan baru kepada peserta sesuai dengan bidang studinya. Selain itu, workshop juga bertujuan untuk meningkatkan keahlian masing-masing individu yang hadir pada materi yang berkaitan dengan kerja kelompok.

4 dari 6 halaman

Jenis Workshop

Jenis Workshop

Terdapat beberapa jenis workshop yang bisa disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan workshop tersebut. Berikut adalah empat jenis workshop yang dapat digunakan tim untuk tujuan proyek, yaitu:

1. Workshop segmentasi

Baik memulai atau menyelesaikan pekerjaan Segmentasi, memahami segmen target anda adalah salah satu tugas strategis terpenting. Menyatukan tim dengan mitra eksternal adalah cara yang efektif untuk merencanakan atau mendemokratisasikan pembelajaran segmen anda, mendiskusikan tren dan melakukan brainstorming implikasi seputar segmentasi.

 

2. Workshop kreasi bersama

Jenis workshop ini melibatkan tim merek bersama dengan pihak eksternal bersama-sama dalam sesi yang sama. Sesi ini sering menjadi perjalanan pembelajaran mendalam bagi tim, karena mereka berbicara dan bekerja secara langsung dengan konsumen untuk bersama-sama menciptakan ide, produk atau layanan baru, dan banyak lagi. Percakapan tatap muka ini membangun empati antara anggota tim dan konsumen, dan sangat berkesan dan efektif ketika tim dapat memecahkan masalah nanti.

 

3. Workshop curah pendapat

Workshop ini menerapkan kegiatan dimana konsumen berada dalam sesi dengan tim secara pribadi mendengarkan diskusi yang dimoderasi untuk menilai atau mengkritik ide. Dengan memberikan kebebasan kepada konsumen untuk berkreasi tanpa bias oleh masukan tim merek, masukan yang lebih jujur ​​dapat dikumpulkan.

 

4. Workshop aktivasi tim

Setelah ide atau arahan yang paling menjanjikan dikumpulkan dari salah satu atau semua lokakarya yang disebutkan di atas, meminta tim untuk bersama-sama merencanakan dengan hati-hati pengaktifan ide-ide ini dalam proses pengembangan sangat penting. Terlalu banyak ide bagus yang sering hilang karena tindak lanjut yang buruk dan kelambanan.

5 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Workshop

Kelebihan dan Kekurangan Workshop

Tentu saja, meskipun workshop adalah kegiatan yang sangat bermanfaat, workshop juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Yaitu:

Kelebihan Workshop

Dalam workshop, keuntungan yang biasa didapatkan peserta adalah penjelasan teoritis yang luas dan mendalam tentang permasalahan tersebut. Peserta juga mendapatkan petunjuk praktis untuk melaksanakan tugasnya. Tidak ketinggalan, peserta dilatih untuk bersikap dan berpikir ilmiah. Dengan demikian, membina kerjasama antar peserta dan menghubungkan lembaga pendidikan dengan masyarakat.

 

Kelemahan Workshop

Dan kekurangan pada workshop biasanya membutuhkan persiapan yang relatif lama serta tenaga dan biaya yang besar. Seringkali melibatkan banyak orang, sehingga membutuhkan waktu guru untuk melaksanakan pembelajaran di kelas. Hal tersebut menimbulkan banyak pro dan kontra, sehingga menimbulkan potensi konflik antara pemerhati pendidikan dan pelaksana kebijakan. 

 

6 dari 6 halaman

Tips Menjalankan Workshop

Tips Menjalankan Workshop

Berikut adalah beberapa tips untuk menjalankan workshop yang sukses, diantaranya adalah:

1. Kembangkan pra-baca dan pekerjaan rumah sehingga workshop dapat berjalan tanpa membuang waktu untuk informasi latar belakang

2. Tentukan dengan jelas tantangan dan hasil yang diinginkan dari workshop kepada semua peserta

3. Simpan daftar undangan untuk 12 hingga 14 pemain kunci, dan mereka yang benar-benar memahami semua dinamika situasi merek

4. Pastikan aktivitasnya merupakan kombinasi dari divergen (dipecah menjadi tim yang lebih kecil) dan kemudian berkumpul kembali untuk berbagi dan membangun ide

5. Bangun elemen kesenangan dan kreativitas ke dalam setiap kegiatan workshop

6. Pertahankan aktivitas hingga 20 hingga 30 menit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.