Sukses

Viral Ikan Lele Raksasa Sebesar Badan Manusia, Beratnya Capai 30 Kg Lebih

Ikan tersebut ukurannya sebesar badan manusia dewasa.

Liputan6.com, Jakarta Memancing adalah salah satu kegiatan yang bisa menjadi sarana untuk menghilangkan stres. Hal ini disebabkan kegiatan ini tidak terlalu menguras banyak energi, tapi tetap seru dan menyenangkan.

Meski dianggap membosankan oleh beberapa orang, namun bagi yang hobi, memancing ikan justru jadi tantangan untuk mendapatkan tangkapan besar. Baru-baru ini jagat maya pun dihebohkan dengan penangkapan seekor kerabat ikan lele berukuran raksasa dari Malaysia.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @alexrafael03 baru-baru ini memperlihatkan video orang yang berhasil menangkap ikan berukuran besar. Bahkan tampak dua pria memegang ikan yang ukurannya sebesar badan manusia dewasa.

Jika diperhatikan dengan saksama, panjang ikan lele itu hampir sama dengan tinggi sang pemancing. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari TikTok @alexrafael03, Kamis (29/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beratnya Capai 30 Kilogram Lebih

@alexrafael03

Ada pla kapal salah paking,beso2 bas🤣🤣#fypシ #rivermosterhunter #sungaiselangor

♬ Ojo Dibandingke Steve Wuaten Remix 2022 - stevewuaten_

Dalam video tersebut, terlihat dua pria membawa seekor ikan yang ukurannya sangat besar. Ketika diangkat, ternyata itu kerabat ikan lele yang disebut dengan baung ekor merah. Menurut pria itu, ikan baung ekor merah raksasa tersebut ditangkap di salah satu sungai di Selangor, Malaysia.

Selain di Negeri Jiran, ikan baung ekor merah juga terdapat di Indonesia di daerah Sumatera Selatan. Ikan baung ekor merah atau ada yang memanggilnya sebagai 'Baung Mekong' atau 'Redtail Catfish' berasal dari Sungai Mekong di Vietnam.

Pemerintah Negeri Jiran sendiri melarang warganya memelihara ikan yang disebut lele raksasa itu karena sifatnya yang ganas. Ikan ini dianggap paling berbahaya kerana memangsa semua jenis ikan dan kehidupan lain di habitatnya.

Pria itu juga mengatakan ikan lele raksasa yang ditangkap saat memancing itu beratnya mencapai 34,7 kilogram. Sementara ikan baung ekor kerabat ikan lele merah sendiri mampu tumbuh membesar dengan panjang maksimal 130 cm dan berat mencapai 80 kilogram.

3 dari 3 halaman

Bikin Netizen Heboh

Sontak saja video yang memperlihatkan ikan lele raksasa itu jadi viral di media sosial. Video tersebut telah ditonton lebih dari 3,3 pengguna TikTok dan mendapat berbagai komentar.

"Kalau orang kampungku bilang ikan jin," komentar @Pandowo_Jaipong440

"kalau di danau itu harus dileoas bng.supaya perjalanan aman," komentar @arisaragih07

"kalok ditempatku dagingnya paling mahal diantara ikan tawar laenya...," komentar @anakbiasa1983

"di tempatku udah angker," komentar @Muaz Lemon67

"di tempat gue namanya ikan jadi-jadian, harus dilepas kmbli dan tdk blh dimakan," komentar @rendyaws

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.